Dya Iganov

Kamis, 02 Februari 2012

CERITA SEMERU, CERITA TENTANG KITA

Ahirnyaaaa setelah nunggu ampir 2 taun, bisa juga saya pergi ke tempat berikutnya yg juga masuk list prioritas, yup, SEMERU!!!! Setelah Krakatau & Ujungkulon sudah berhasil saya datengin, sekarang giliran Semeru. Awalnya bingung juga mau ajak siapa dari Bandung, kebanyakan pada ga memungkinkan semua, apalagi taun baru,, ahirnya saya inget 3 orang temen saya yang sama kaya saya, dari dulu mau ke Semeru gagal mulu, saya coba lagi, siapa tau sekarang mah kita bisa pergi, daaaaannn ahirnyaaaa setelah rempong & nunggu-nunggu kabar, ahirnya kita ber-4 siap berangkat ke Semeru dri Bandung... yippii pertama kalinya jalan bareng mereka. Rempong segala-galanya, muali dari itung biaya sendiri,soalnya beda sama rombongan Jakarta, rempong mau beli tiket apa, kapan, & cek harga, rempong minjem tas (khusus buat saya sih), rempong sama gosip Semeru aktif trus ditutuplah, rempong sama urusan kantor temen-temen yang laen dll pokonya serba rempong deh. Tapiiiii ahirnya selesai jugaaa fiuuuhhh. Ahirnya, kita fix berangkat tgl 28 Desember pake kereta jam set 4 sore, ekonomi & lagi-lagi cwe sendiri hahaha tapi kalo sama mereka sih malah bakalan jadi menyenangkan hehe & aternatif klo Semeru bener-bener ditutup kita ke Argopuro yippii nampak ga rugi-rugi amat kalau gantinya Argopuro sih hehehe tapi ternyata setelah cari info sana-sini, ternyata ada beberapa temen saya yang emang pergi duluan ke Jawa Timur, dah berhasil nyampe Ranu Kumbolo, hmmmm artinya kita tetep bakalan bisa ke Semeru horeeeee, let's the story begin....

Tim Bandung kumplit Tumpang-Ranu Pani

RABU, 28 DESEMBER 2011

Jam 12 sesuai rencana awal, saya udah nyamper ke rumah temen saya. Tapiii begitu sampe rumahnya, ga ada yang bukain pintu hadddeeehh. Setelah nunggu aga lama, datenglah temen saya sama temen satu lagi & mulai packing ulang. Ga berapa lama, dateng temen saya 1 lagi, tapi temen yang 1 lagi sih bilangnya mau nyusul ke stasiun, soalnya ada urusan kerjaan dulu, jadilah jam set 3 kita ber-3 brangkat ke stasiun ber-angkot ria, haaaa nyampe ga yah nih ke stasiun???hahaha. Mulai dari keluar dari rumah temen ke tempat nunggu angkot, orang-orang pada ngeliatin haha kayanya mereka heran, menjelang taun baru, orang-orang pada prepare ke acara-acara di pusat kota dengan dandanan semenarik mungkin, lah ini malah dandan seadanya + bawa-bawa ransel super gedeee haha kita beda hobi, kawan Ahirnya jam 3 lebih sedikit, kita sampe di stasiun, untungnya jalannya kosong & angkotnya nampak ga hobi ngetem, fiuuh untunglah. Setelah beli beberapa makanan ringan, kita masuk ke dalem stasiun soalnya keretanya pun dah dateng, tapiiii temen saya yg 1 ini belum dateng, terakhir katanya masih dijalan & ternyata naek angkot huaaaaaa H2C semua. Sampe kita beres nyimpen tas & udah ada pengumuman kereta bakalan berangkat sebentar lagi, ahirnyaaaaa temen saya yg 1 itu dateng juga, persis kaya sinetron-sinteron, muncul di detik terakhir. Begitu kita semua masuk, bener aja, keretanya langsung berangkat... yippii Malang, here we comeeee

Tim Bandung with Angga

Tim Bandung with Hilman

Sebenernya ini bukan tempat duduk kita, tapi berhubung masih kosong, ya udah kita duduk disini aja, pas banget sama kita. Jalan sama 3 orang cwo yg ngerokoknya udah nyaingin kereta api itu artinya siap-siap ditinggal mereka buat ngeroko di luar gerbong penumpang haha Sepanjang jalan ga berenti ketawa, aslinya ancur banget deh ni temen-temen SMA saya. 1 SMA, punya hobi sama, udah kenal dari taun 2005, tapi baru di akhir taun 2011 bisa pergi bareng hahaha aneh rasanya, kaya reunian jaman SMA, padahal waktu SMA kita punya lingkungan maen yang beda, ahirnya bisa jalan bareng juga, ke Semeru pula yippii. Heemmm sampe besok pagi duduk di kereta ini bareng mereka, full ketawa-ketawa nampak bakal menyenangkan, sampe ahirnyaaaaa.....

Begitu kereta masuk Tasik, ternyata banyak juga penumpang yang naek dari sini, salah satuny apasnagan suami-istri yang ternyata duduk di kursi no 20, jadilah terpaksa kita pindah ke kursi kita sesai tiket, 19 A B C D, yang artinya ada 1 temen saya yang pisah kursinya..... hueeehhh meyebalkan memang, tapi beginilah resiko naek kereta, kelas ekonomi pula di hari-hari menjelang libur akhir taun & liburan anak sekolah. Ahirnya suasana jadi ga semenarik tadi, setelah kita tanya beberapa kali mau tukeran apa ngga dan tetep ditolak, huufftt ya sudahlah, mari kita tidur saja, sementara 2 temen saya ngerokok di luar. Tapiiii... ternyata di kursi laen, ada yang bermasalah juga, intinya sih siapa duduk di kursi siapa & ga ada yang mau ngalah, sampe ahirnya ada beberapa orang yang naek di Tasik ga kebagian kursi gara-gara orang yang nempatin kursinya ga mau pindah. Ahirnya setelah panggil petugas & Polsus, dan rempong-rempong dikit, ahirnya ketauan juga siapa yang mengacau. Pheeeww emang sih ini kereta ekonomi, tapi bukannya sekarang kereta ekonomi pun udah pake peraturan harus duduk sesuai nomer, ga ada lagi yang berdiri, ga ada lagi pedagang yang mondar-mandir & ikut didalem kereta, tapi ini.... masih ada ajah yang duduknya seeneaknya, entah ga ngerti baca tiket, entah males, entah ga tau peraturan ckckckc bikin repot aja sih. Tapi kita ga ilang akal, ternyata suami-istri yang juga naek di Tasik duduknya kepisah, suaminya duduk di depan kita & istrinya dikursi belakangnya. Ahirnya temen saya yang duduk di 19 D nawarin untuk tukr tempat biar suami-istri ini duduk bareng di kursi 19-10 D E, dan temen saya duduk hadep-hadepan sama kita ber-3, daaan berhasil hahay.

Daaann setelah beres nonton yang rempong-rempong, saya pun ketiduran.sampe kereta di Jogja, disini juga banyak yang naek ama turun, salah satunya 1 keluarga yang gantiin rombongan keluarga yang duduk di kursi pas didepan saya.1 keluarga ini (4 orang), dengan santainya duduk di kursi temen saya yg kebeneran lagi beli sesuatu diluar kereta. Waduh, saya sama 1 temen saya yg tinggal dikereta langsung ngasih tau kalau kursi itu ada yang nempatin. Ahirnya 2 temen saya masuk lagi ke kereta & bilang klo 1 kursi di hadepan saya itu punyanya, c istri tetep ngotot pengen duduk sekeluarga di kursi didepan saya, untungnya temen saya ga mau, dan bilang kalau sebenernya ini udah 2x tuker-tukeran & udah sepakat bareng-bareng & cukup rempong juga jadi kalau harus tukeran lagi & ahirnya tetep kepisah juga, percuma donk. Untungnya bapa-bapa yang kursinya tadi kita tempatin bantuin kita biar temen saya yg 1 itu tetep duduk barengan sama kita daaan berhasil, ahirnya 1 keluarga itu tetep duduk di kursi sesuai nomer tiketnya. C ibu + anak perempuannya duduk di kursi diepan saya, suaminya sama anak laki-lakinya duduk di kursi 18 pheeewww... mari kita terusin tidurrr zzzz.

KAMIS, 29 DESEMBER 2011

Perjalanan monoton sampe ahirnya udah mulai pagi dan ternyata udah ampir deket ke Blitar. Di Blitar, lumayan banyak jga yang turun, di gerbong saya udah lumayan banyak bangku yang kosong, ahirnyaaaa bisa selonjoran jugaaa soalnya temen-temen saya juga mencar duduknya cari kursi yang kosong. Setau saya, pernah ada yang bilang kalau Blitar-Malang itu sekitar 2 jam kalau pake bis, nah kayanya kereta juga ga jauh-jauh deh. Tapi sebenernya ini telat banget, di tiket sih harusnya jam 7 pagi kita udah sampe di Malang, tapi berhubung katanya ada gosip Pa Beye di tgl 28-29 ada tour ke Jatim dan pake kereta, jadi semua jadwal kereta molor 1 jam, termasuk Argo hueeehh. Tapi bener juga sih, di beberapa stasiun sempet papasan sama beberapa kereta Argo yang harusnya sih udah ga di jalur itu lagi jam segitu ckckckc. Ahirnya jam 9 nyampe juga di Stasiun Kota Baru, Malang, langsung cari Masjid + warung buat beli cemilan. Beres packing ulang + istirahat sebentar, kita kluar stasiun buat cari makan, ahirnya kita mutusin buat makan di warung soto. Hmm liat menunya, kayanya baru denger semua deh, pas denger penejelasan dari ibu warungnya, jadi galau deeeh, pengen nyoba semuanya hahaha tapi cari aman aja deh pesen Soto Ayam 1 mangkok + jus apa yah, lupa haha. Sambil makan, sedikit ga percaya ahirnya sampe juga di Malang setelah kayanya se abad di dalem kereta. Ahirnya tinggal 1 hari menuju pendakian Semeru, yap, Semeru yg jadi inceran saya selama ampir 2 taun, yang dulu rasanya susaaah banget ke Semeru, sekarang tinggal 1 hari saya bakal kesana, liat sendiri bagusnya view Semeru.

Tampang setelah semalam perjalanan Bandung-Malang

Beres makan, bagi-bagi tugas, temen saya kebeneran punya temen di Malang yang katanya mau jemput kita & udah mesenin hotel buat kita nginep 1 hari di Malang. Temennya itu masih kerja & kita disuruh nunggu dia ngejemput, daripada nunggu ga jelas, ahirnya rundingan & saya + 2 orang temen saya laennya ke Tumpang ngurus ijin buat pendakian, bair besok hanya tinggal naek ga usah berenti buat ijin-ijin lagi skaligus tanya-tanya kondisi Semeru yang benernya gimana, soalnya banyak gosip-gosip di tv. Ahirnya jam 10an, kita ber-3 berangkat ke Tumpang dengan modal nanya angkot di depan terminal. Ternyata kita harus naek angkot AMG dulu (kode buat angkot-angkot di Malang) sampe ke Terminal Arjosari dengan biaya sekitar 2500 & terusin pake angkot Arjosari-Tumoang warna putih dengan ongkos 5000. Dan naeklah kita angkot AMG yang dimaksud. Ga lama dari kita naek angkot, angkot pun penuh. Diangkot, ada bapa-bapa sama istrinya yang udah lumayan tua nanyain kita mau kemana. Setelah kita tau mau ke Arjosari & bukan asli Malang, bapa-bapa tadi langsung nyerocos kasih gambaran kita harus turun dimana, ongkosnya berapa & harus naek yang mana buat ke Tumpang + naeknya dimana biar cepet. Ternyata Bapa ini smaa istrinya punya rumah dideket Terinal Arjosari, fiuuhh seengganya kita ber-3 ga kaya anak ilang banget, kita tinggal ikutin aja bapa itu turun dimana. Tapiii kalau versi supir angkot beda lagi. Begitu tau kita mau urus surat ijin pendakian, bapa supir ini malah bilang kalau mau ngurus surat perijinan di kantor kehutanan di pinggir jalan.

Dari sebutannya aja udah beda, kalau kita taunya ngurus ijin itu di pos pendakian TNBTS di Tumpang & posisinya emang di pinggir jalan, sementara bapa supir ini bilang ngurus ijin di kantor kehutanan & sama-sama di pinggir jalan, hmmm ada yang aneh. Mana cara ngomong supirnya ini cepet banget lagi, ga ngerti deh kita. Ternyata bener aja, setelah ngelewatin kantor kehutanan, kita ber-3 disuruh turun, katanya udah sampe, padahal ini masih di Kota Malang deh & belum liat sama sekali yang namanya Terminal Arjosari. Berhubung angkot udah berenti & daripada dipelototin penumpang angkot yang laen, kita pun turun dengan masih penuh tanda tanya. Setelah turun, kita sama-sama sependapat kalau ada miskom antara kita Vs supir angkot hueeeehhh jadilah kita buang-buang ongkos & ga tau juga kita dimana & harus naek apa ke Arjosari, Arjosari juga dimana pula posisinya haddeehh kaya anak ilang. Tapi klo diperhatiin sih banyak bis-bis lintas kota yang daritadi ngelewat dijalan di depan kita, hmm seengganya ini bener arah ke Arjosari. Lagi ngelamun karna ngantuk + lapar, lewatlah angkot warna putih yang ke Tumpang, yaaaah sayang sekali lewaat deeh.

Ahirnya angkot yang kita tunggu dateng juga, dan kebeneran angkotnya kosong banget, cuman ada kita ber-3, seengganya bisa selonjoran dikit berhubung dari sini kita tinggal bablas aja ke Tumpang & dri sini ke Tumpang perlu waktu sekitar 1 jam + mampir dulu ke Terminal Arjosari hueeehhh.... ngantuknyooooo mana hp pada sekarat semua abis batre. Bener aja angkot masuk Terminal Arjosari, ternyata di terminal kita liat 3 orang pendaki & kata 1 temen saya, itu jaket PA nya anak Unpad hmmm tapi ko mereka ga naek ya, padahal ni angkot ngelewatin persis di depan mereka. Sampe keluar terminal pun angkot masih tetep kosong.

Tim Bandung + temen-temen Geologi sebelum nanjak ke Ranu Kumbolo

Ngaso sambil nunggu ujan reda di pos 3

Tim Bandung di pos 4

Ahirnya setelah muter-muter didalem terminal yang untungnya ga pake ngetem, angkot ini pun keluar terminal dan menuju Tumpang. Tapiii hadeeeh ngantuk pisaaan, nampak 2 orang temen saya pun sama aja ngantuk juga. Ahirnya setelah yakin kalo ini udah di pinggir Kota Malang, jalannya pun mulai momoton lurus, pertama kalinya dalam acara naek angkot, saya bisa tidur diangkot!!! Tapi biar tidur juga, masih kerasa deh kepala ngebentur-bentur besi di jendela. Oya, kayanya angkot di Malang ampir semuanya jendelanya dilapisin beso lagi pheeww.

Ahirnya entah berapa lama ketiduran, saya bangun & liat view sekeliling udah mulai sedikit menyempit jalannya, nanjak, view disekitarnya udah mulai pegununggan Tengger, Gunung Arjuno & Semeru tentunyaaa wuiihh lumayan sedikit seger deh. Diangkot tinggal kita ber-3 sama 1 orang penumpang, yaa sekitar 3 atow 4 taun diatas kita. Setelah ngobrol & tanya-tanya kita darimana & mau kemana, ternyata tujuan Mas ini sama kaya kita, hanya Mas ini emang rumahnya di sekitar Tumpang, dan ternyata kata Mas ini, klo kita mau ke pos TNBTS dri Pasar Tumpang, harus naek angkot lagi 1x lagi. Pas sampe di Pasar Tumpang, kita ikut Mas ini dan ternyata angkotnya masih kosong melompong, malah mesinnya oun belom dinyalain. Haddeehh ini mah pasti lama, dan ga sengaja kita liat ada Puskesmas ga jauh dari tempat angkot kita ngetem. Ya udah deh daripada bengong-bengong ga jelas nunggu angkotnya jalan, kita bagi tugas, 1 temen saya nyari foto copyan buat foto copy KTP + beli materai, saya nganter temen 1 lagi buat bikin surat dokter. Puskesmasnya lumayan gede, bersih, sepi. Yaiyalah sepi ini nyaris tengah hari, ga lama beres temen saya bikin surat keterangan sehat, temen saya yg tadi foto copy dateng & bikin juga, jadi tinggal temen saya yang di Malang yg belom ada surat. Ternyata eh ternyata lagi ada pemadaman listrik se-Tumpang, jadilah gagal urusan foto copy.

Foto keluarga tim Bandung di Ranu Kumbolo

Beres urusan surat keterangan, kita balik ke angkot, Mas yang tadi jga masih ada & angkotnya belum juga nyalain mesinnya hueeehh.... ternyata eh ternyata kata temen saya yang di Malang, tadinya kita ber-3 mau dijemput pake mobil sama temen saya yg 1 itu sama temennya, tapi karna 1 dan lain hal, kita ber-3 ahirya harus balik ke Malang ngangkot lagi. Okeee jalan-jalan di Kota Malang hehe. Saking lamanya angkot ngetem, kita ber-3 masih sempet beli minum & minum dulu diluar angkot. Ahirnya ga berapa lama kita abisin minum, ada beberapa ibu yang naek ke angkot & ahirnya mesinnya pun dinyalain daaaan berangkat juga fiuuuhh. Tapiiii ada yang aneh, ni angkot ko malah muter balik ke arah Pasar Tumpang??? buset masih nyari penumpang ternyata, dan hasilnya nihil. Pas angkot nyampe ke tempat semula, ternyata di angkot yang tadi parkir di belakang angkot saya, udah keisi sama pendaki yang saya liat di Terminal Arjosari, yang dari Unpad, tpi pas supir nyuruh pindah, mereka ga mau pindah & ahirnya angkot saya pun berangkat menuju Tumpang fiuuuhh.

Ternyata jarak dari Pasar Tumpang ke Kantor TNBTS ga terlalu jauh juga, ga lama kita turun dengan ongkos 2000. Ternyata eh ternyata sama ajah, di kantor pun lagi kena pemadaman listrik, jadilah kita ga bisa ngurus ijin, yang ada cuman ngobrol-ngobrol sebentar tentang info terbaru Semeru. Kata bapa petugasnya sih, dari malem Natal udah banyak pendaki yang dateng kesini & kondisi Semerupun sama kaya sebelum-sebelumnya, ga seheboh yang diberitain di TV, malah bapa itu heran, TV itu dapet info darimana, soalnya Kantor TNBTS pasti dapet update langsung dri BMKG + pos pengamatan Gunung Semeru. Fiuhhh legaaaa ternyata masih bisa ke Semeru sesuai rencana semula & ternyata batas aman pun masih sama, sampai Kalimati yang sebenernya sih hanya formalitas aja, kalo kondisi memungkinkan ya ke Puncak juga gpp. Setelah lumayan lama ngobrol-ngobrol, kita bertiga pun pamit & bakal dateng lagi besok pagi buat ngurus ijin. Sama bapa petugas tadi kita dikasih tau kalau mau ke Pasar Tumpang, naek angkot yang biru lagi, bisa nunggu di sebrang kantor. Tapiiii dari kita kuar kantor, nampak ga ada tanda-tanda kendaraan lewat satupun ke arah Pasar Tumpang. Jadilah kita jalan kaki sambil nunggu angkotnya. Di tengah jalan, kita liat ternyata pendaki yang dari Unpad malah balik arah bukannya ngurus perijinan dulu. Ah, yasudahlah, mungkin masih nunggu temennya. Ahirnya kita mutusin aja buat jalan kaki ke Pasar Tumpang berhubung jalan udah lumayan jauh tapi ga ada angkot lewat sama sekali. Jadi klo naek angkot pun sama ajah boong, jaraknya udah lumayan deket haha

Sunsrise terakhir di tahun 2011 @ Ranu Kumbolo

Sialnya begitu sampe di pertigaan makam pahlawan, ujan lumayan gede & pas kita tanya sama warga disitu, katanya ke Pasar Tumpang masih lumayan jauh kalau jalan kaki, ahirnya kita bertiga merapat ke warung buat neduh sekalian makan siang. Kebeneran di warung ini, lagi ada beberapa orang yang makan & kita bertiga kabita soalnya masakannya aneh. Ternyata ini warung yang ngejual Rujak Cingur, hmmm berhubung penasaran + lapar kita bertiga pesen Rujak Cingur (buat saya tanpa cingur tentunya) & rasanya lumayan juga. Pas lagi makan, kita dapet info katanya temen kita yg di Malang udah ketemu sama temennya & udah di hotel sekalian ngasih alamat hotel. Beres makan, kita lanjut jalan kaki lagi, ujannya juga udah berenti. Ini sih namanya jadi jalan-jalan sore di Tumpang, tapi suasananya enak, mendung, sejuk, ga terlalu banyak kendaraan, ga semrawut, jadi buat jalan kaki juga enak. Ga lama, kita sampe di Pasar Tumpang, bergubung masih penasaran, kita nyoba sekali lagi ke tempat foto copy, ternyata masih belum nyala juga. Ya sudahlah nanti aja di Malang.Pas kita naek angkot yang ke Terminal Arjosari, eeehhh listriknya nyala ternyata, jadilah 2 temen saya turun dulu buat foto copy, untungnya supir angkotnya pun berniat buat ngetem dulu skalian nungguin 2 temen saya.

Lumayan lama juga nungguinnya, tapi ahirnya begitu temen saya selesai, angkot pun kebeneran udah penuh, berangkatlah kita sambil ga lupa bilang sama supirnya kita mau kemana & minta tolong ditunjukin tempat turunnya, soalnya ternyata aga beda jalur sama yang tadi kita lewatin pas pergi. Kata supirnya kita turunnya di perempatan sebelum Terminal Arjosari, biar naek angkot yang langsung lewat ke depan hotel. Sepanjang jalan udah ga kuat nahan ngantuk & pengen mandiiii, terakhir mandi ya kemaren siang huhuhu nyampe Malang, langsung hajar ke Tumpang & muter-muter dulu. Ahirnya kita sampe di perempatan yang dimaksud & kita pun turun, ganti angkot sama yang langsung ke arah hotel. Ga lama naek angkot ke-2, kodenya AG kalo ga salah, eehhhh ujan lagi, lumayan gede + angin pla, haddeehhh kumplit deh. Tapi untungnya ujannya ga lama, begitu kita nyampe hotel, ujannya berenti. Huaaaaa ahirnya nyampe hotel jugaaaa, mandiiiiiii!!!!

Ranu Kumbolo dari Tanjakan Cinta

Ranu Kumbolo 1

Sampe hotel sekitar jam 4 sore, beres mandi, kluarin barang-barang buat di packing ulang besok pagi & berniat buat tidur. Ternyata, ada 1 temen kuliah saya dulu yang kerja di Malang, udah OTW ke hotel tempat saya nginep, dia baca status saya yg lagi di Malang. Ahirnya ga berapa lama, saya kluar ngemil sama temen saya itu. Huaaaah terakhir ketemu sama temen ini, pas bulan puasa, pas lagi survey di Gresik & kebeneran lagi maen-maen ke Malang. Hmmm dah lama juga yah.

Berhubung saya sedikit cape & harus nabung tenaga buat besok, jadi makannya di deket hotel aja & dibungkus. Abis Magrib saya udah balik lagi ke hotel. Sebenernya temennya temen saya mau ngajakin makan malem diluar, tapi saya udah ngantuk tingkat tinggi, jadi kayanya saya mending diem di hotel aja, simpen tenaga buat besok. Jam 7an, temen-temen saya pergi makan & saya tidurrrrzzzzz. Jam 9an, baru pada pulang & ternyata saya dibeliin makan malem jga hehe, beres makan, langsung tidur lagi tepar pisaaaaannn.

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

Ahirnyaaaa.... hari yang ditunggu-tunggu, karna udah diwanti-wanti terus dri kmaren, jam 5 udah harus bangun, mandi, re-packing, dan jadilah saya jam set 5 subuh udah bangun, mandi, Solat, bangunin yg laen di kamar sebelah & packing ulang, fiuuhh sebenernya masih pengen tidur, masih belum kebayar nih jam tidur yang kepotong gara-gara di kereta smaleman. Ahirnya yang rencana awalnya berangkat jam 6 molor juga, ahirnya mah berangkat jam set 7. Begitu keluar hotel, seperti biasa, diliatin sama orang-orang, pagi-pagi buta liat 4 orang yang terdiri dari 3 orang cowo 1 orang cewe jalan kaki bawa tas segede gaban didaerah yang bukan kawasan yang biasa didatengin pendaki haha. Seinget saya, kalau dari hotel ini, naek lagi angkot yang kmaren sore saya naekin pas pulang dari Tumpang, kalo ga salah kodenya AG, tapi ternyata ada angkot dengan kode laen, saya lupa, nawarin kita naek & pasti ke Terminal Arjosari. Ahirnya daripada buang-buang waktu nunggu angkot, naeklah kita, kebeneran angkot yang ini juga kosong. Pas naek, kebeneran kita duduknya di pojok, ternyata di belakang angkot yang kita naekin tu angkot yang kmaren sore kita pake dari Arjosari ke hotel, damn sial. Ternyata kalau naek angkot yang ini rutenya lebih muter-muter & dateng ke Terminal Arjosarinya pun daria rah yang berbeda, baguus berarti sedikit buang-buang waktu ternyata. Ahirnya kita sampe di Terminal Arjosari & untungnya begitu turun angkot, langsung ada angkot putih ke Tumpang, kalau ga salah liat, kita naek angkot ke Tumpang itu sekitar jam set 8 lebih.

Untungnya angkot putih ini juga kosong & ga berniat ngetem. Selama perjalanan seperti biasa full ketawa-ketawa, sampe-sampe Mas yang duduk di bangku artis ga kuat nahan ketawa. Ga lama penumoang diangkot pun tinggal kita ber-4 sama mas-mas yang duduk dikursi artis. Dan seperti biasa 3 temen saya yang ngerokoknya udah kaya kereta api berasa dikasih kesempatan buat ngerokok setelah dari tadi ada penumpang ibu-ibu terus, saya pun disuruh pindah tempat duduk ke pojok, ahirnya kita pun ngobrol sama mas-mas yang tadi udah ga kuat nahan ketawa. Ternyata mas ini baru pulang, lagi liburan, masnya kerja di mess tentara di Bali, dan kebeneran dapet jatah libur buat taun baruang. Rumah mas ini di Tumpang juga, jadilah sedikit-sedikit cerita tentang Semeru dan sekitarnya, Mas ini dari kecil tinggal di Tumpang tapi belum pernah ke Semeru hehe jadilah iseng kita ajakin, tapi masnya ga mau, mau diem dirumah aja istirahat katanya hahaha

Tanjakan Cinta & Ranu Kumbolo

Kabut di Ranu Kumbolo

Jam 9an, kita dah sampe di Tumpang, dan untungnya, begitu turun angkot, langsung ada yang nawarin sewa jeep soalnya ada rombongan laen baru ber-4 siapa tau kita mau gabung, wah dengan senang hati, jadi kita ga usah susah-susah nyari jeep & nawar-nawar. Ternyata eh ternyata rombongan yang dimaksud sama bapa tadi
tu rombongan yang dari Unpad yang kmaren kita liat haha nampak jodoh, tapi baru ada 1 orang yang siap, yang laennya katanya masih ada yang diurus. Kebeneran, temen saya yang 1 belum ada surat dokter, jadilah saya nganter temen yang 1 ke Puskesmas Tumpang, temen yang 2 packing lagi sambil jagain tas. Ternyata eh ternyata puskesmasnya ruameeeeee. Banyak banget pendaki yang lagi bikin surat dokter. Ya sudahlah saya ke wc & tunggu diluar aja. Sambil nunggu temen, ada mas-mas ngajak ngobrol, ternyata mas ini dari Bekasi, temennya dari Tangerang (maaf klo salah, lupa soalnya hehe) dan cerita mereka sampe ke Tumpang ini lebih seru lagi. Jadi mereka ke Semeru tanpa rencana, jadi berhubung mas yang ini bingung mau taun baruan dimana, tadinya mau ke Gunung Gede, tapi bosen & pasti rame juga, ahirnya mas ini punya ide gila ngajakin temennya di siang bolong ke Semeru. Dan yang lebih gila lagi, ngajakin temennya siang bolong pas jam kerja & pergi sorenya, tanpa prepare apapun buseeett. Dan ide gila itu munculnya tanggal 28 Desember, bisa ditebaklah ga akan kebagian tiket kereta. Ahirnya mas-mas ini ke Semarang dulu pake kereta, dari Semarang nyambng-nyambng bis sampe ahirnya berhasil juga nyampe di Tumpang ini. Di Tumpang pun sewa truk gabung-gabung sama rombongan laen yang ketemu selama perjalanan ke Tumpang. Gilaaaaaa!!!!

Ga berapa lama ngobrol, temen saya selesai ngurus surat dokter & kita berdua pun balik lagi ke tempat tadi turun angkot. Ternyata 2 temen saya lagi sarapan, ya sudhalah saya pun sarapan. Biarpun makan di pasar & diwarung yang kecil banget, tapi entah kenapa itu makanan diwarung nampak enak semua huhuhu ahirnya makan dengan lahap, bener-bener nikmat deh. Beres makan, kita siap buat lanjutin jalan ke Ranu Pani. Dan ahirnya kita kenalan sama ktemen-temen yang dari Unpad, yaaaa jauh-jauh kesini ternyata 1 jeepnya sama orang Bandung juga, anak Unpad & ITB juga, angkatan 2010 sama 2011 daaan ternyata yang anak Unpad ini masih kenal juga sama 1 temen kita yang ngediriin PA di Geologi Unpad duaaaarr sempit yah?? Ahirnya jam 10 kita brangkat, tapiii.... ternyata ada tambahan 2 orang cwe, sebenernya tujuannya ke Bromo, tapi berhubung kasian kalau disuruh nunggu jeep laen pasti lama, ahirnya setelah nego, mereka ikut kita, tapi ke Ranu Pani dulu baru mereka dianter ke Bromo sekalian jeepnya balik lagi ke Tumpang. Jadilah 1 jeep ini 10 orang, yipppiiii patungannya lebih murah uuyyy hahaha tapi tetep wee saya cewe sendiri di belakang & disitulah serunya. Daaan jam 10 kita pun berangkat... Semeruuuu here we come....!!!

Tenda-tenda di Ranu Kumbolo menjelang tahun 2012

Tempat kita narsis pagi hari di Ranu Kumbolo

Lapak tenda di Ranu Kumbolo + temen-temen baru

Ternyata sama bapa supirnya kita disuruh ngurus ijin di Ranu Pani aja, tapi dengan syarat semua persyaratan pendakian kita udah lengkap, oooo tenaaang klo itu udah lengkap semua, jadi kita langusng menuju Ranu Pani. Hmmmmm view sepanjang jalan bener-bener juara deeeh, didepan kita view ke arah Ranu Pani nampak menduuuung & disini juga sedikit berkabut, view ke arah belakang kita Gunung Arjuno Welirang & Kota Malang yang cerah dan jelas banget waah bener-bener deh ini obat stress paling manjur. Begitu udah sampe di gerbang TNBTS, jalan udah ga mulus lagi, udah bukan aspal lagi, tapi jalan yang disemen dengan hiasan becek di beberapa titik & tebing-tebing yang longsor. Daaan mulai dari sini kita harus bener-bener liat jalan kalau ga mau kepala kita kehajar sama ranting pohon atau daun pohon yang kebeneran ngejulur sampe ke jalan, dan saya pun ngerasain gimana rasanya pipi ngehajar ranting haddeehh.

Selama ngelewatin jalan ini disuguhin ama view yang keren, konsentrasi juga sama jalan, nahan badan soalnya jalannya super jelek + nikung +nanjak + ngobrol bikin kita ga terlalu ngerasain & ngebayangin kalau kita bakal kaya gini terus selama 2 jam dan berdiri haha. Selama beberapa Km jalannya tetep monoton semen, jelek, ada longsor di beberpa titik, harus nunduk-nunduk sampe ahirnya kita masuk di 1 desa & jeep berenti. Loh ko?? oh ternyata ada yang mau ke kamar mandi, ya udahlah sekalian aja ikutan & istirahat sebentar. Udara disini sejuk banget, viewnya juga jura, tapii jalan ke kamar mandinya pun ga kalah juara, nanjaaak -___- Sambil nunggu giliran, sambil kenalan juga sama 2 orang cwe yang mau ke Bromo, ternyata mereka juga dari Jakarta & ga kebagian tiket kereta, jadilah mereka naek bis nyambung-nyambung dari Jakarta dengan total lama perjalanan 24 jam! weeew Beres urusan kamar mandi, kita jalan lagi, dan sampelah kita di pertigaan Bromo & sekaligus disuguhin view Bukit Teletubbies yang terkenal itu. Wuaaaahhh ijooooo banget, banyak juga jeep & penduduk sekitar yang berenti disini buat foto-foto, tapi kita mutusin buat berenti aga depan bair sepi. Ahirnya kita turun lagi & foto-foto dulu disini, bener-bener juara deeeeeh.

Ranu Pani

Bukit Teletubbies Bromo (Sendang Wedhi)

Ranu Kumbolo

Puas foto-foto kita terusin jalan, kali ini jalannya balik lagi kaya awal, masuk hutan lagi sekitar 1 jam & ngelewatin bukit-bukit yang dari tadi keliatan dari awal perjalanan daaan setelah ngelewatin bukit terakhir di kejauhan udah keliatan Desa Ranu Pani, wuiiiihhh kereeeennnn. Ga berapa lama dari bukit ini jalannya turun terus sampe ahirnya masuk ke Desa Ranu Pani, ah, ahirnya sebenetar lagi perjalanan Tumpang-Ranu Pani selesai & sebentar lagi juga pendakain Semeru bakal dimulai. Kita diturunin di base camp Ranu Pani & udah buanyak banget pendaki yang sampe sini. Beres urusan bayar membayar, saya & 1 temen saya ngurus perijinan. Dimulai dari nulis nama-nama anggota, ceklis barang, sampe ahirnya 1 parang harus rela ditinggal disini soalnya ga boleh dibawa, tanda tangan surat perjanjian & selesai sudah. Ternyata di Ranu Pani lagi kena pemadaman listrik, jadi proses nulis surat ijinnya pake cara manual, pake mesin tik, woooow

Beres ngurus ijin, kita makan dulu, beres makan, ternyata kita ketemu lagi sama mas-mas yang ketemu di Puskesman Tumpang, ahirnya kita gabung, ngobrol-ngobrol sambil nunggu bakal Jumatan atau cuman Dzuhur aja berhubung dideket sini ga ada Masjid, ada Masjid tapi jauh, harus turun lagi & letaknya masuk-masuk ke permukiman penduduk huaaah. Sambil ngobrol-ngobrol juga sama temen-temen Geologi yang ternyata salah satunya punya kk dan kknya ini temennya 1 temen saya & malahan dulu tetanggaan. Jiaaahh jauh-jauh ke semeru ketemunya tetangga haha Ahirnya diputusin buat Solat Dhzuhur aja. Sambil nunggu Adzan, kita ngobrol-ngobrol tapi udah banyak juga pendaki yang jalan duluan & yang ada di Ranu Pani tinggal rombongan saya, anak geologi, rombongan Mas Adul, sama beberapa rombongan kecil, pokonya sepi deh ga kaya tadi rame banget. Beres Solat, kita foto-foto & pendakian selama 4 jam ke Ranu Kumbolo pun dimulai yippiii

Oro-oro Ombo

C Kuning & Ungu di Oro-oro Ombo

Ga lama treknya masuk ke jalur perkebunan, sebenernya treknya udah dilapisin pake paving block, jadi ga terlalu licin & jadi jelas harus lewat mananya, begitu masuk trek, langsung nanjak, haddeehhh ko ga sanggup yah?? baru jalan bentar rasanya nafas udah Sabtu-Minggu, tas juga rasanya beraaat banget, selama naek gunung, beban tas paling berat ya sekarang ini + lagi-lagi jadi satu-satunya cewe hueeehh jangan sampe tragedi Ciremai keulang lagi huhuhu. Ahirnya saya cuman jalan ber-2 dan dibelakang pastinya. Saya mutusin buat jalan pelan-pelan & lumayan banyak berenti buat benerin tas, pundak rasanya sakiiiit banget, tapi berenti pun saya ga duduk, hanya berenti sebentar ambil nafas & angkat tas sebentar, sama sekali ga ngerasa haus, hmmm kayanya treknya ketutup & mendung jadi ga terlalu haus juga, ga kaya Sindoro yang ampun-ampunan deh hausnya. Ahirnya entah berapa lama, sampe juga di pos 1, ternyata udah rame ajah disini, rame sama rombongannya Mas Adul haddeeehh ribut banget deh. Disini istirahat bentar, minum, dan tanpa duduk pastinya. Cukup istriahat, kita jalan lagi, formasi masih tetep sama, di depan rombongana nak geologi disusul 1 temen saya, aga jauh ada temen saya, saya, & 1 temen saya lagi. Tapi ampun dah, itu yang didepan jalannya ngebut banget, ga bisa ngimbangin deh, nyerah, untung 2 temen saya jalannya mau nyantei & bareng sama saya.

Ahirnya setelah jalan entah berapa lama & entah berapa kali juga saya berenti, ternyata ujan hadeehh.... pas nanya sama pendaki yang mau turun, katanya ke Ranu Kumbolo masih lumayan, ini jalan ke pos 3, tapi Watu Rejeng sih udah lewat haha bener-bener ga ngafalin patokan deh saking sakitnya ini pundak. Ahirnya ditengah-tengah jalan ujan & berenti dulu di jembatan buat pake jas ujan, tapi saya sih udah males ngluarin apa-apa & males juga lepas tas jadi ya sudahlah, dan untungnya ujannya ga terlalu gede, hanya gerimis ajah. Setelah lewat jembatan formasi jalannya jadi sedikit berubah, dipaling depan rombongan anak geologi disusul sama 2 temen saya dan di belakang tinggalah saya sama 1 orang temen saya yang kebeneran lututnya aga-aga cedera gara-gara waktu naek ke Ciremai. Ya sudahlah bener-bener harus dipaksa jalan ini mah. Sebenernya ini juga gara-gara saya ga persiapan jogging rutin juga sih, jadi ajah fisiknya turun gini + 2 hari sebelum pergi, saya kan touring dulu ke Garut Selatan & lumayan juga loh itu nguras fisik haddeehhh kaga lagi-lagi deh, mending dibalik, naek gunung dulu baru touring.

Jalur melipir di Oro-oro Ombo

Kabut + becek di Oro-oro ombo

Ternyata di tengah jalan ke pos 3, lutut temen saya kena deh, jadi berenti sebentar & ternyata ujannya nampak sedikit makin deras, jadilah kita jalan lagi sebisanya haha. Ga berapa lama, nyampe juga di pos 3, begitu nyampe, begitu ujannya lumayan gede, jadi kita mutusin buat berenti dulu sampe ujannya aga reda. Di pos 3 ini selain kita, ada 1 mas-mas yang ketinggalan sama rombongannya, nampak lebih rempong dari saya, tasnya lumayan lebih gede dari saya + bawa tenda pula weeew. Dan kita semua nyangkanya treknya ke arah kanan pos, yang jalannya datar, tapi ternyata jalannya ke arah belakang pos dan langsung disuguhin sama yang namanya tanjakan!! Tanjakannya pun lumayan panjang, katanya sih ini tanjakan terkahir, haddeehh klo terakhir itu curiaga panjang & berat haha ya sudahlah pelan-pelan lagi aja deh. Ga lama ujan berenti & kita terusin jalan, sebenernya sih masih pengen diem dulu, tapi nampak yang laen pengen cepet-vepet nyampe. Awalnya saya disuruh didepan sama temen saya, tapi klo saya didepan dengan kondisi fisik kaya gini beuuhh bisa-bisa ngagokin jalan, jadilah saya minta dibelakang aja, toh dibelakang kita pun masih banyak rombongan laen & temen-temen yang dari Jakarta pun masih jauh dibelakang, jadi seengganya kalau saya dibelakang & ketinggalan juga masih ada orang dibelakang saya & jalurnya pun jelas, hanya 1, jadi saya mutusin buat dibelakang. Ahirnya formasi jalannya kaya awal, 2 temen saya didepan saya & 1 temen saya dibelakang saya, dan bisa ditebak kita ber-2 ketinggalan sama yang depan.

Ahirnya dengan susah payah, abis juga tanjakannya, dengan beberapa kali berenti, 2 temen saya didepan jadi harus aga sering berenti nungguin saya, jadi ga enak, rasanya kaya diburu-buru, jadi pengen cepet gabung sama yang laen, seengganya kalaupun ketinggalan, jumlah kita banyak & ga tau kenapa kalau jalan sama mereka bawaannya seneng, cape pun bisa jadi ga terlalu dirasa huaaaaa cepetlah nyampe kaliaaaan hikz hikz. Setelah sekian lama jalan, ahirnya treknya sedikit kebuka & jalannya udah mulai datar trus ada beberapa turunan, hmm kayanya udah mau nyampe Ranu Kumbolo, kalau liat waktu juga, itungannya udah mendekati 4 jam jalan, lumayan bikin semangat. Ternyata bener aja setelah muterin sekitar 2 bukit, view didepan mata udah berubah dari bukit-bukit+jurang jadi Ranu Kumbolo yang ternyata bener-bener keren abiiiiis daripada yang ada di foto-foto. Huaaaah ahirnyaaaa. Tapi ini baru ujungnya Ranu Kumbolo, belum sampe ke depannya banget yang jadi tempat camp. Dari sini keliatan udah banyak banget warna-warni tenda dikejauhan, ruameeee banget. Dan dari tempat saya liat Ranu Kumbolo ini, jalannya turun ke dataran trus naek lagi ke bukit, melipir bukit & ahirnya sampelah Ranu Kumbolo. Ditengah-tengah dari tempat saya berenti sama trek turun ternyata ada pos 4, kita istirahat dulu disana sambil foto-foto dulu, kebeneran ada 1 pendaki juga yang lagi istirahat, jadi bisa minta fotoin dulu hehe.

Tenda saya di Kalimati

Trek muncak, bates Arcopodo

Berenti di pos 4 ini ga pake lama, langsung jalan lagi turun ke tanah datar, lumayan juga ni treknya licin, jadi harus pilih-pilih jalur juga. Daaannn sampelah ke tanah datar yang juga hadep-hadepan langsung sama Ranu kumbolo & rombongan anal Geologi udah nyampe duluan & lagi foto-foto. Ahirnya kita foto-foto sebentar dulu disana & terusin nanjak + meilipir bukit lagi buat yang terakhir kalinya sebelum bener-bener sampe di Ranu Kumbolo. Huaaahh udah ga sabar rasanya lepas tas, nyari beberapa temen saya yang katanya udah duluan disana. Diturunan terakhir, ternyata tenda temen saya pas ada dideket jalan mausk Ranu Kumbolo huaaaaaa saya langsung lari ahirnyaaaaa ketemu jugaaaa, ga tau kenapa lega rasanya begitu udah ketemu mereka huhuhuhu. Begitu dateng, langsung disuruh makan dulu sambil nunggu 3 temen saya nyari lapak tenda + bangun tenda. Tapi, kayanya enakan saya ganti baju dulu, jadilah saya ikut 3 temen saya yang ternyata bangun tendanya lumayan jauh dari tempat temen saya, ya udahlah gpp, yg penting dah ketemu & besok jalan bareng. Beres ganti baju, saya ke tenda temen saya buat makan & ngobrol2 dulu bentar. Menjelang magrib, saya ke tenda buat istirahat, tapi tetep ga bisa tidur, 3 temen saya yang laen juga ga bisa tidur, jadilah kita kluar lagi. Sampe gelap, temen-temen saya yang dari Jakarta belum nyampe jga, padahal ini udah ampir jam 8 weeew.

Ahirnya berhubung temen saya di tenda sana juga udah mulai siap-siap mau tidur, saya juga balik ke tenda & ngobrol-ngobrol aja ditenda. Ranu Kumbolo malem itu asli rameeee banget & berisiiiiik banget, jadi ga berasa di gunung. Pas lagi didalem tenda, ada yang manggil-manggil, ternyata itu temen saya yang dari jakarta, horeee ahirnya nyampe juga. Saya langsung kluar tenda nyamperin mereka. Ternyata jam set 9 ini udaranya lebih dingin daripada sore tadi. Sambil bantu-bantu dikit temen-temen saya bangun tena, saya ngobrol sama beberapa yang pernah trip bareng sebelumnya, dan kayanya saya mutusin buat balik lagi aja ke tenda soalnya dah lumayang ngantuk + badan saya sakit semua. Mumpung temen-temen saya juga lagi padi ngobrol + ngopi2 di luar, saya tidur2an aja ditenda.

Ternyata ga lama temen-temen saya masuk & tiduur. Tapiii.... namanya juga menjelang tahun baru, Ranu Kumbolo rame banget & sampe ampir jam 2 subuh pun masih aja ada yang teriak-teriak ga jelas, ngobrol kenceng-lenceng, sampe yang ketawa-ketawa ngakak ga jelas pun ada. Dan sialnya beser saya kambuh, jadilah saya kluar tenda sendirian, berhubung 1 tenda cwo semua & udah tidur pules semua. Haddeehh inilah malesnya bangun tengah malem, ngantuk,dngin banget, susah kluar masuk tenda & pake SB lagi, tapi ahirnya beres juga semua kerempongannya & lanjut tiduuur. Tapi ga tau kenapa tidurnya ga terlalu nyenyak. Emang sih mimpi, tapi masih bisa kedengeran yang berisik diluar, masih kerasa temen di sebelah kanan-kiri balik-balik badan & geser-geser, masih nyadar juga kalau saya tidurnya ga bisa diem.

SABTU, 31 DESEMBER 2011

Ahirnya pas subuh ga tau jam berapa & setelah saya bisa bener-bener tidur, saya kebangun sedikit benerin posisi tidur & tidur beneran sampe saya bangun & ternyata di luar udah terang & ternyatanya lagi baru jam 5 haaaaa.... ini di Timur, di gunung pula. Jadilah saya bangun aja, kluar tenda, nyamperin tenda temen-temen saya yang kebeneran tempatnya lumayan jauh juga fiuuhh misah-misah gini yak tendanya, kebagi 3 lapak heu heu. Udah ada sebagian temen-temen saya yang udah bangun, ampir yang cewe-cewenya haha. Ritual pagi ga lain ga bukan adalah foto-foto di pinggir Ranu Kumbolo. Heemm mungkin aga norak yah, tapi beneran deh setelah 1 taun harus sabar biar bisa foto-foto langsung di pinggir Rakum, ngeliat sendiri gimana bagusnya Rakum & sekitarnya, ngerasain sendiri gimana dinginnya Rakum,gimana suasana Rakum bikin semangat + mood saya yang bener-bener ancur total dari pertengahan Desember & bener-bener ampir stress serasa balik lagi kaya sebelum bulan Novemember 2011. Ternyata bener juga, Ranu Kumbolo bener-bener nenangin, bener-bener berasa diatas awan, sesuai namanya, "Ranu Kumbolo" Danau diatas awan (kata temen yg aslinya dari Jawa Timur sih hehe). Beres foto-foto & ternyata ga berhasil dapet sunrise, hanya dapet warna langit yang merah aja, kita cuci mka + sikat gigi ke sisi laen danau yang ga dipake jadi tempat kemping.

Trek muncak 1

Trek muncak 2

Trek muncak 3

Trek muncak 4

Trek muncak 5

Tempat yang kita pake buat cuci muka, ternyata punya view yg bagus juga buat foto-foto, ditambah ada batang pohon tumbang yang arahnya ke danau pas banget dijadiin aksesoris buat kita foto-foto narsis. Ada juga spot dibalik bunga-bunga kuning setinggi dada yang view kebelakangnya Rakum lengkap sama lapak-lapak puluhan tenda warna-warni yang bikin kaya lagi ada di pasar malam. Acara cuci muka +sikat gigi yang biasanya hanya 15 menit berubah jadi 1 jam lebih dengan 2 personil tambahan cwo yang sukses kita panggil kesini & dengan senang hati motoin & difoto disini. Puas foto-foto & nampak ada orang yang ngantri juga, kita balik ke tenda. Oya, lumayan galau juga buat bisa foto diatas batang pohon ini, modal nekat, kaki gemeteran, ambil posisi dengan cara ngesot, begitu udah di posisi masing-masing, diem ga bisa banyak gerak, beberapa foto di awal gaya +posisinya monotn, tapi lama-lama udah bisa adaptasi, lumayan deh bisa ganti-ganti gaya, termasuk 2 gaya idiot "nyari kutu berantai" & "posisi ngerakngkak di pohon berurutan".

Ritual selanjutnya adalah sarapaaan!! dan berhubung tenda tempat saya tidur misah & temen-temen saya dari Bandung lagi masak juga di depan tenda, saya pun harus pisah lagi sama temen yg dri Jakarta ini, haaaah dah kaya setrikaan aja saya bolak-balik sana-sini hehehe. Beres makan, saya pun balik lagi ke tenda temen-temen saya yg dari Jakarta, ga tau kenapa tapi kayanya saya lagi kangen buat jalan rame-rame, jadilah saya lebih banyak bareng-bareng sama temen-temen dari Jakarta yang udah lebih sering jalan bareng sama saya dibanding sama temen-temen saya yang dari Bandung, padahal mereka temen SMA saya, 3 taun bareng, tapi ga tau kenapa rasanya canggung, baru pertama kali jalan bareng kali yah. Sementara saya sama temen-temen dri Jakarta udah berkali-kali jalan bareng dri awal taun 2010, udah tau kebiasaan mereka, udah tau heboh & rempongnya mereka, udah tau becandanya kaya gimana, udha tau cara mereka ngitung waktu dll.

Sebenernya jadi bingung sendiri juga sih, fokusnya jadi kebagi 2 soalnya kayanya ko ga gabung yah?? huhuu. Beres ini-itu di tempat temen Jakarta, saya balik ke tenda buat packing, beres packing pun saya balik lagi ke tenda temen2 dri Jkt sampe mereka beres packing tenda. Setelah temen-temen dari Jkt beres packing, saya niatnya mau nunggu di bekas lapak tenda saya tadi malem, biar mereka ajah yang jemput saya berhubung lapak saya lebih deket sama jalur selanjutnya. Tapiiii ternyataaaa maish ada 1 ritual yang kelewar, foto narsis + foto kluarga!! Demi ikut sesi narsis + foto keluarga saya balik lagi ke bawah ninggalin tas & beres foto-foto narsis + foto keluarga, berangkatlah kita. Tapi lagi-lagi berenti, sebelum nanjak Tanjakan Cinta, foto keluarga lagi, tapi tetep aja temen- temen saya yang dari Bandung ga gabung, haddeeuuhh bingung saya. Begitu mulai jalan, mendung, nyaris gerimis malah. Seperti biasa saya ambil posisi jalan ampir di belakang, apalagi jalan nanjak gini, saya dibelakang aja biar konstan jalannya, lambat haha 3 temen saya yang dari Bandung, seperti biasa udah jalan duluan, ah, ya sudahlah saya ikut mereka ber-3 juga ga akan bisa ngimbangin & dari awal saya udah gabung sama rombongan dari Jakarta jadi mending saya jalan sama rombongan Jkt aja nampak lebih nyantei. Tanjakan Cinta itu kalau diliat dari Ranu Kumbolo mungkin lumayan panjang, tapi kalau udah nanjak langsung, gileeeee cukup sukses bikin nafas Sabtu-Minggu. Ada mitos salah satunya kalau mau awet atau bisa pacaran sama orang yang disukain, kita harus nanjak tanjakan cinta ini tanpa nengok ke belakang (ini sih oke) yang ke-2 ada juga yang bilang janga berenti!! Naaahh ini yang susah, ajegileee aja kalao ga pake berenti hahaha Jadi dari awal sih biar sedikit tergoda buat nyoba, tapi begitu liat dari deket & liat jaraknya + miringnya + kondisi treknya yang licin gara-gara ujan terus 3 hari kebelakang, saya mutusin buat nanjak sekuatnya ajah & buang jauh-jauh cerita-cerita beken itu haha

Puncak Mahameru 1

Puncak Mahameru 2

Puncak Mahameru 3

Puncak Mahameru 4

Puncak Mahameru 5

Oya, begitu kemaren saya smape di Rakum, kata temen saya yang udah kemping hari ke-2 di Rakum, cuaca 2 hari kebelakang bener-bener cocok buat diem di tenda, yap, ujan gede + angin, malahan ga ada yang berhasil muncak sampe tadi malem gara-gara badai di Puncak Mahameru, padahal kalao tadi malem sih, diatas jam 9 cuaca udah ga ujan, malahan ada bulan + banyak bintang, tapi ga ta juga sih kondisi beberapa meter diatas Rakum. Ampir setiap pendaki yang kita temuin dari atas tanjakan cinta rata-rata gagal muncak semua, haddeeuhh rombongan kita pun jadi H2C, nanti malem bisa muncak ga yah?? kalau saya pribadi sih tergantung mood & berat tas hari ini, kalau tasnya bikin dada saya sakit lagi sampe ke tulang, saya ga akan muncak, mending siapin fisik buat pulang aja deh heu heu

Begitu mau turun ke Oro-oro Ombo, gerimis, hiaaahhh jalan ujan-ujanan lagi haddeehh siap-siap aja deh nanti di Kalimati rempong ganti baju. Dari atas sini saya liat 3 temen saya udah lumayan aga jauh & ber-3, yap ga gabung sama mana-mana & jalannya cepet banget, udah deh putus asa ngimbanginnya huhuhu. Ikut sama rombongan Jkt artinya lebih banyak waktu buat nikmatin Oro-oro Ombo, yaaa biar jalurnya bsuper becek, tapi viewnya bener-bener nenangin. Bukut-bukit ijo, kanan-kiri bunga-bunga warna kuning setinggi bahu, kabut yang mulai ilang gara-gara gerimis, udara yang dingin normal, huaaaahh bener-bener nyembuhin stress saya.... Sampeilah kita di Cemoro Kandang, ujung dari trek Oro-oro Ombo, disini ujannya makin deres & terpaksa pake jas ujan yang sebenernya ribet tapi untung ada yang mau tukeran jas ujan sama payung. Haaa ini pertama kalinya saya naek gunung pake payung. Sebenernya sama ajah sih, lebih ribet malah jatohnya, tapi berhubung treknya masih memungkinkan buat ber-rempong ria pake payung yaaa gpplah, lumayan celana jadi ga terlalu basah.

Trek Ayek-ayek 1

Trek Ayek-ayek 2

Sedikit Ranu Kumbolo dari trek Ayek-ayek

Lumayan juga berenti di Cemoro Kandang ini nunggu beberapa temen di belakang sambil ngemil-ngemil, ada yang tidur, ada yang ngobrol. Temen saya yg 3?? jangan ditanya, kayanya sekarang udah kluar Cemoro Kandang huhuhu knapa mereka ga gabung ajah yak.... pas lagi istirahat, lewatlah Kang Ale & Kang Adul, buset deh ternyata mereka udah turun lagi ajah. Kata Kang Ale sih, mereka ga memungkinkan baut muncak, soalnya ngejar masuk kerja & ga mungkin kalau bolos, jadilah harus serba cepet-cepet. Tapi kalau jam segini udah mau Oro-oro Ombo, kayanya malem juga udah ada di Malang lagi, apalagi mereka berdua kan jalannya cepet banget wuuusss. Beres istirahat, satu persatu mulai jalan, saya seperti baisa ambil posisi di belakang ajah, soalnya katanya jalannya nanjak, dibelakang saya juga masih ada sekitar 3-4 orang temen saya, jadi ga terlalu serem juga. Udah setengah nanjak Cemoro Kandang, baru nyadar kalau jarak saya sama temen di belakang saya jauh, ga keliatan & sama yang depan, luamayan juga, tapi masih keliatan, jadi kesimpulannya, saya jalan sendiri di tengah hutan cemara ini, waduuhh muali deh deg-degannya. Untungnya ga berapa lama, berenti lagi sebentar buat istirahat & nunggu temen yang paling belakang. Nah, inilah enaknya jalan ama rombongan Jkt, saling nunggu, kalaupun ada beberapa yg ga sabar & ga pengen berenti, amsih ada yang lainnya yang mau berenti & nungguin.

Jalan lagi, berenti lagi bentar sambil nunggu biar tetep barengan, gitu terus, sampe kata temen saya udah ampir mau keluar dari Cemoro Kandang & masuk Jambangan. Kalau Jambangan jalannya datar & turun terus begitu udah mau deket Kalimati, hmmm kalau gitu jalannya kita lumayan tepat waktu juga yah. Berkali-kali berenti sebentar + jalan nanjak yang masih jauh lebih landai daripada tanjakan di Ciremai & Sindoro, jalan yang konstan & nyantei, bikin pendakian kali ini ga secape pendakian-pendkaian sebelumnya, malah cenderung konstan. Apalagi kalao diinget-inget pas pendakian hari pertama Ranu Pani-Ranu Kumbolo, minum bisa diitung jari, air minum pribadi di tas masih ada 2 botol, 1 botol gede + 1 pocari. Sampe ahirnya sebagian dari kita mutusin buat berenti bikin makan siang. Dari tempat kita berenti makan siang, udah deket ke Jambangan, hanya tinggal nanjak 1x lagi, tanjakan terakhir,hmmm okelah. Pas berenti disini, baru kerasa dinginnya, keringet campur basah air ujan, haddeehh bener-bener kombinasi yang ga enak banget ditambah mual banget, waduh kenapa ini?? ini mual maag atau masuk angin yah?? kalo maag, waduh gaswat, bisa-bisa lama ini. Ahirnya ga terlalu dirasain, makan nyomot dikit-dikit, minum ini-itu termasuk iced tea anget + jahe yg rasanya campur aduk + rasa aneh di tenggorokan.

Beres makan siang, terusin jalan, tapi mualnya belum ilang-ilang, haduh gimana ini.... saya mutusin buat jalan paling belakang aja, biar kalau ada apa-apa ga ngagokin orang. Jalannya pertama-tama turun, datar trus nanjak lagi, tanjakan terakhir di Cemoro Kandang, di ujung tanjakan udah Jambangan yang datar & udah mulai keliatan Mahamerunya kalau ga kabut. Sialnya begitu sampe di jalan yg datar, udah ga bisa ditahan, ahirnya muntahlah saya... yap untuk pertama kalinya selama pendakian, bisa juga muntah fiiuuuhh. Sebelumnya pernah mual juga pas pendakian Sindoro, tapi berhubung udah mcape banget & udah mau tidur, yaaa bablasin tidur aja deh, jadi ga muntah. Abis muntah rasanya lumayan jauh lebih enak, lebih ringan, ah, berarti ini mah masuk angin aja. Jadilah saya jalan paling belakang bareng 2 orang temen saya, pperempuan. Jalan sama mereka asik, pelan-pelan, nyantai, tapi konstan, plus ga dipaksain, kalau emang perlu berenti, ya berenti sebentar buat atur nafas atau istirahatin lutut dulu.

Meipir di Ayek-ayek 1

Meipir di Ayek-ayek 2

Sampe di Jambangan, gerimisnya mulai berenti dikit, ooh ternyata ini toh yang namanya Jambangan, di jalur pendakian sih tanahnya datar, di kanan jalur pendakian, kaya ada tanah lapang penuh sama edelweis, tapi di beberapa bagian jalurnya nurun, di sisi kiri jalur pendakian, hutan-hutan lagi dan kalau cerah, di atas hutan di sisi kiri kita bisa liat Mahameru, sayangnya cuaca sekarang mendung parah, malah sedikit-sedikit gerimis, berenti, gerimis, berenti lagi gitu aja terus. Ga lama jalur pendakian mulai masuk hutan lagi, kata temen saya yang udah pernah kesini kalau kita udah masuk hutan lagi & jalannya turun terus, berarti udah mau sampe di Kalimati, wah?? horeeee Semangat deh jalannya biar ternyata lumayan juga ngos-ngosan. Begitu keluar hutan, ketemulah kita sama tanah datar yang luaaaaaass banget, ada beberapa Edelweis tapi ga sebanyak kaya yang saya liat di Suryakencana sih, daaan inilah Kalimati!!! ahirnya nyampeeee horeeee. Temen-temen saya yang duluan udah dapet lapak tenda & lagi diriin tenda, jarak dari tempat saya berdiri ke lapak tenda masih lumayan sih ga deket-deket amat,begitu tenda ampir beres, saya nyampe & langsung ujan gede, waduh gimana ini?? untungnya saya diajakin ganti baju dulu di salah satu tenda, lumayan rempong sih, maklum basah semua haha. Beres ganti baju, urusan saya masih belum selesai, saya ga akan tidur disini, saya tetep tidur di tenda barengan sama temen-temen saya yg dari Bandung, tapi lagi-lagi lapak tendanya misah sama temen-temen saya yang dari Jakarta huhuhu. Untungnya tadi begitu masuk Kalimati, dari kejauhan saya liat tenda kuning punya temen saya, di sisi kiri dari lapak tenda rombongan Jakarta, deket sih, tapi kalau dikndisi ujan gede kaya gini, buka pintu tendapun malesnya udah setengah idup hueehh. Unutnglah ada 1 temen saya laki-laki yang mau nganter ke tenda, dan sampailah saya di tenda & bereslah urusan saya fiuuhh.

Aga sedikit susah juga masuk ke tenda temen saya ini, soalnya penutup yang ngehbngin tenda temen saya sama tenda temen-temen Geologi lumayan terlalu rendah heu heu. Ternyata temen-temen saya ini mau siap-siap tidur, hadduhh ini masih jam set 4, mana bisa saya tidur, emang sih diluar ujan & mereka udah pada makan, jadi mau ngapain lagi selain tidur, yaaa ngikut aja deh masuk tenda, tapi ko ada yang kurang, apa yah?? ooo mereka mau tidur tapi SB nya sama sekali ga ada yang dibuka weew padahal ini didalem tenda lumayan dingin looh. Ahirnya saya pun ikutan ga buka SB & langsung tiduran aja, tapi adaaa aja gangguan, ternyata tendanya ngerembes malahan ada air yang netes hahaha jadilah riweuh lagi, begitu pintu tenda dibuka.... bbbbbrrrrr asliii dingin bangeeeett ampir nyamain dingin waktu di Sindoro. Setelah beres dibenerin, 3 temen saya pun kembali nerusin tidurnya, dan sialnya saya malah beser, dari tadi perasaan pipis terus, dari selama jalan smape sekarang udah pengen lagi, yaaa berhubng kayanya diluar ujannya udah tinggal gerimis, nekat aja deh kluar sendiri, tanpa payung huhuhu soalnya disini ada hutan-hutannya siapa tau saya nemu tempat yang lebih ketutup daripada di Ranu Kumbolo. Baru 1 langkah, badan udah kerasa beku, aslinya ini dingiiiiiiiin bangeeeeeeet sama kaya waktu di Sindoro, bedanya di Sindoro ditambah angin, kalau disini ga ada angin, hanya ditambah gerimis kecil, tapiii sama ajaaaaah. Nampak susah juga nyari semak-semak, kayanya ini tenda semua deh di sekeliling, tapi dibelakang tenda saya kaya ada jalan setapak diaspal, hmmmm jangan-jangan ini jalan ke puncaka tau jalan buat ke mata air, soalnya kalau ngikutin jalan ini didepan mata keliatan Mahameru jelaaaaas bangeeet & beruntung jga saya kluar tenda, soalnya Mahaemerunya bener-bener kebuka, kabutnya udah mulai turun, huaaaaa ahirnya liat Mahameru pake mata sendiri, keliatan jelas banget pasir-pasirnya, jalurnya dsb. Beres urusan saya diluar tenda, saya amsuk ek tenda lagi & ternyata diem di tenda tanpa SB dikondisi cuaca super dingin itu bukan ide bagus. Badan menggigil banget, kalau tiduran malah ga enak, tanpa SB, ahirnya saya duduk aja buat ngangetin badannya. Ternyata 3 temen saya bangun lagi & terjadilah berbagai hal konyol di sore yang ternyata ujan lagi itu.

Ayek-ayek 1

Ayek-ayek 2

Ahirnya saya mutusin buat ga muncak & udah bilang juga sama mereka ber-3, saya mau nyimpen tenaga buat pulang aja, ga amu terlalu diforsis, bayangan jalan nanjak 6 jam + udara super dingin + kondisi badan saya yang lagi ga terlau bagus bikin mikir-mikir lagi deh, daripada ngerepotin orang gara-gara maksa uncak, mending saya istirahat sendiri. Nanjak 6 jam dengan jalur pendakian macem Ciremai aja udah sukses bikin saya K.O ditengah jalan, nah ini, harus ngadepin trek pasirnya Mahameru?? hmmm berharap ga KO ditengah jalan deh huhuhu. Ga kerasa ternyata diluar udah amir gelap aja, cuaca masih tetep dingin, maish tetep gerimis & kayanya temen-temen saya di lapak sebelah juga udah pada males kluar tenda, ga ada yang nyamper atau ribut-ribut gosip. Saya mutusin buat ngeluarin SB, soalnya udah fix ga akan muncak, jadi yaaa bikin senyaman mungkin dari sekaranga aja deh biar istirahatnya lebih banyak, soalnya sayaminta buat dibangunin juga kalau 3 temen saya ini mau berangkat tengah malem nanti. Dan sampe saya bener-bener ketiduran 3 temen saya masih aja bisa bikin ketawa-ketawa.

MINGGU, 1 JANUARI 2012

Entah deh ini jam berapa, tapi yang pasti saya ngantuk banget, tapi dibangunin sama temen saya, disuruh makan malem dulu. Biar udah nolak juga tetep dipaksa apalagi tau tadi siang saya muntah & belum diisi apa-apa lagi, dengan setengah sadar saya makan dikiit banget trus langsung pingsan lagi zzzzz. Sebenernya tidurnya dari abis makan itu ga terlalu nyenyak, malahan saya mimpi kalau saya ama 3 temen saya ini mau pergi muncak ke Mahameru juga, tapi di mimpi nampak lebih rempong, malahan saya sempet kebangun gara-gara kaget & liat ke sekeliling tenda gelap banget, oh berarti semuanya udah pada tidur & ini belum jam 12 malem, soalnya rencananya 3 temen saya sama rombongan temen dari geodesi mau pergi jam 12an. Saya tidur lagi & parahnya saya mimpi kalau saya udah beres muncak di Mahameru & lagi ngebahas treknya sama temen saya entah siapa, haddeehh parah parah sampe kebawa mimpi gini. Ga lama saya tidur, tiba-tiba kebangun sama sara ribut-ribut diluar, huaaaa ternyata ini udah jam 12 malem, yap, malem tan baruan hahaha saking capenya lupa deh kalau sebenernya ini teh malem taun baruan. Pertama kalinya malem taun baru ga dirumah, malaha diatas gunung didalem hutan hahay. Kalau ngebayangin di Bandung atau kota-kota besar lainnya, pasti lagi rame banget sama kebang api, suara terompet & klakson, nah kalau disini hanya ada suara terompet (mungkin bisa diitung jari), suara orang ngobrol & ketawa-ketawa + dingin + gerimisnya Kalimati asli dingiiiiiiiin bangeeeet. Temen saya yang cek diluar ajah sampe menggigil banget pas masuk tenda. Katanya udah ada beberapa rombongan yang jalan ke puncak & kebeneran cuaca lagi bagus, ga ada badai di puncak kaya 3 hari yang lalu.

Puncak Ayek-ayek 1

Puncak Ayek-ayek 2

Jam set 1 3 temen saya sama rombongan temen-temen geologi berangkat & saya pun lanjut tidur dengan leluasa ditenda, ya iyalah cuman sendiri gitu loh haha Saya tidur kaya pingsan nih kayanya, bangun-bangun udah terang, saya sih nebak ini jam set 6, setelah ngumpulin nyawa & niat, barulah saya kluar tenda, ke lapak temen2 dri Jakarta, niatnya sih pengen pipis skalian sapa tau lagi ada yang masak. Ternyata eh ternyata temen-temen saya yang ga muncak belum ada yang bangun hahaha ada yang bangun pun masih males kluar tenda, tapi seengganya saya tau ada 8 orang yang ga muncak totalnya. Saya pun balik lagi ke tenda & ketiduran lagi. Saya ahirnya kebangun soalnya ada 1 temen saya yang muncak udah balik ke tenda & ternyata udah jam 8 lagi hahaha kalau sekarang sih beneran bangun deh, gantian sam ayg baru turun biar tidur di tenda. Saya ke lapak sebelah, daaan untungnya sekarang sih udah pada bangun, ada yg masih ngobrol-ngobrol didalem tenda ada jga yang lagi ngambil air. Air dateng, waktunya masak-masak & makan-makan. Dan beruntungnya kita waktu itu, nasi goreng+sup ayam+puding yang dibikin buat tim ga muncak rasanay enaaak banget. Padahal kalo tau cara masaknya hahah jamin bakal geleng-geleng kepala. Tapi setelah jadi rasanya enak & abis pula hahaha. Jam set 9 saya sempet ke tenda & ternyata semua personil yg muncak udah kumplit & lagi pada tidur nyenyak haddeehh.

Jam set 11 rombongan yg muncak udah kumplit, saatnya gantian mereka yang makan-makan masakan yg dimasak tim masak-masak. Beres makan satu persatu tim muncak pada tumbang, masuk tenda mana aja buat nerusin tidur & sialnya gerimis lagi, saya pun ahirnya mutusin buat ikutan masuk tenda mana aja di lapak temen-temen Jkt daripada di tenda sana pada tidur & ga kebagian lapak. Ahirnya saya masuk tenda temen saya yg sebenernya kapasitasnya 3 orang tapi jadinya diisi 5 orang di siang itu & dengan posisi rebahan semua, haddeehh pindang-pindang hahaa. Mumpung ujannya masih gerimis, saya mending packing dulu & bawa tasnya kesini, soalnya sebagian temen saya dah packing & udah ngluarin tas dari dalem tenda. Sedikit rempong juga masukin SB, pake acara salah tasnya segala pula, ahirnya sukses bikin 1 temen saya pegel-pegel tangannya gara-gara masukin SB saya huhu maaf ya. Skalian rundingin juga mau turun ke Ranu Kumbolo jam berapa. Hasil obrolan dari temen-temen Jkt sih ada 2 kemungkinan & kalaupun saya harus misah turunnya sama temen saya dri Bandung mungkin bisa ketemua di RanU Pani ajah, soalnya ada 1 temen saya yang sakit, jadi takut ga memungkinkan buat ikut turun sama temen-temen yang laen jam 2 siang ini.

Foto keluarga 1

Foto keluarga 2

Foto keluarga 3

Pas balik lagi ke tenda temen saya di lapak sebelah, pas ujan gede, haddeehh ternyata emang ga diijinin buat turun jam 2 nih, udah mah masih ada yg tidur, masih pada males jalan, ujan pula, lengkaplah sudah, ahirnya terjebak di tenda kapasitas 3 orang yang ahirnya diisi 5 orang, mana baju ama celana aga basah gara-gara mindahin tas barusan, dah gitu kebagian lapak paaaas dideket pintu hadeeehh tahan deh yaaaa. Ujannya nampak bukannya reda, tapi tambah gede, yaaa lapur deeh turun jam 2 siang, lanjut leyeh-leyeh didalem tenda kaya pindang. Sekitar jam set 3an, 1 temen saya di tenda sebelah ngajak berangkat aja soalnya tendanya basah gara-gara banjir, ya juga sih tenda yg saya tumpangin juga bagian depannya kena banjir, jadi mau diem ditenda juga percuma sama aja kena basah, ahirnya ditengah gerimis pada packing-packing tenda basah. Berhubung masih ada yg tidur, jadi buat turun kebagi jadi 2 rombongan, dan saya sih berhubung ga ada tanda-tanda dari temen-temen saya dari Bandung, saya ikut rombongan paling ahir. Gerimis ga berenti-berenti, jadi bikin saya males buat bolak-balik ke tenda temen saya yg dari Bandung, ya sudahlah ketemu besok aja. Ahirnya rombongan paling ahir pun bernagkat dengan total 5 orang & 1 orang mutusin buat nyusul aja soalnya masih belum beres packing. Seinget saya ahirnya saya sama 4 orang laennya ini jalan jam 5an.

Awal jalan lumayan bikin ngos-ngosan soalnya udara dingin, basah, jalannya najak & baru jalan lagi setela sekian lama istirahat haddeehh. Tapi harus dipaksain, siapa tau di Ranu Kumbolo bisa dapet tempat lebih nyaman. Begitu keluar Jambangan, masuk Cemoro Kandang, jalannya turun & jalan pun jadi makin cepet, ga berenti sama sekali & ga pake rem sampe-sampe ahirnya nyusul kloter pertama berangkat ayng kebagi 2 rombongan juga ahirnya. Disini juga ternyata temen saya yg ber-4 ga berenti sama sekali, ya udah saya ikutin. Kebeneran TL nya ada di kloter terakhir berangkat, ya ikutin Pa TL aja deh klo berenti ya berenti kalau ngga ya ngga. Aslinya ini jalan turun paling cepet selama naek gunung, cepet banget ampir setengah lari & ga pake rem, tau-tau saya udah mau keluar lagi dari Cemoro Kandang & masuk Oro-oro Ombo. DI Oro-oro Ombo juga ga pake berenti soalnya ujan + kabut, yaaah gagal total deh foto-foto banyak di Oro-oro Ombo hikz hikz. Berhubung di tengah Oro-oro Ombo pasti becek, ahirnya kita milih jalan melipir bukit di sisi kanan. Ya, meskipun ujan + kabut, tapi viewnya tetep juara & tetep sukses bikin stress saya ilang. Selama jalan ga berenti-berenti saya nikmatin bagusnya Oro-oro ombo yang artinya Rawa-rawa luas.

Ga kerasa udah mau turun di Tanjakan Cinta lagi & kloter 1 pun kesusul sama Pa TL & 2 temen saya. Sampe Ranu Kumbolo masih tetep ujan & kondisi baju & tas udah pada basah semua. Ranu Kumbolo di tanggal 1 Januari 2012 bener-bener penuh deh, ga tau mau buka tenda dimana. Kita dapet tempat di shelter, yaa bair diluar, seengganya ada atap & tempat buat duduk. Disini rundingan mau langsung bablas turun Ranu Pani atau diem dulu 1 malem disini, soalnya kalaupun nge camp 1 malem lagi di Ranu Kumbolo, tenda udah pada basah, males juga buka tenda dicuaca ujan lumayan gede gini udah cape juga abis mncak trus jalan turun dari Kalimati ke Ranu Kumbolo. Kalu bablas turun Ranu Pani, masih bis ajam 10 nyampe, biar basah, tap sekali ganti baju udah beres, besoknya tinggal pulang ke Malang & punya banyak waktu buat bersih-bersih & siap-siap pulang. Tapi ada beberapa juga yang mutusin buat tinggal 1 malem di Ranu Kumbolo soalnay ada yang sakit & kebeneran mereka ga dikejar waktu buat pulang. Ahirnya disini kebagi 2 tim & saya pastinya masuk tim yg setuju langsung turun Ranu Pani.

Sebenernya ga enak jga sih misah-misah gini, apalagi 3 temen saya juga belum ketauan gimana jadinya, apa langsung trun ntar subuh ke Ranu Pani, turun malem ini nginep di Ranu Kumbolo, atau gimana, haddeehh serba bingung. Sambil voting, sambil mikir, sambil isi perut & angetin badan. Untungnya ada 1 temen saya yg ternyata dari Bandung juga & 1 kereta juga pas plang nanti ikut milih buat langsung turun ke Ranu Pani, seengganya ada temen juga ntar huhu

Tapi ternyata rencana berubah total, TL nya pun udah kecapean, & dapet tempat buat beberapa orang di dalem shelter,sebagian di tenda pinjeman orang, sebagian lagi buka lapak di tempat kita ngumpul sekarang, berhubung tempat pada terbatas jadi mau ga mau tetep harus mencar-mencar. Saya sama 2 orang temen saya kebagian di tenda pinjeman orang, dan misahlah saya sama temen-temen laennya. Ternyata oh ternyata itu tendanya bocor paraaaaahh. Udah basah banget dimana-mana, malah didalem tenda pun masih berasa gerimis saking bocornya, hadeh ya biar deh yang penting ganti baju dulu, baju saya udah basah kuyup juga.

Narsis Ranu Kumbolo 1

Narsis Ranu Kumbolo 2

Narsis Ranu Kumbolo 3

Narsis Ranu Kumbolo 4

Narsis Ranu Kumbolo 5

Disinilah kesialan dimulai. Kita ber-3 lumayan rempong juga soalnya tendanya basah jadi sebisa mungkin ga terlalu kepojok, artinya spcae didalem tenda bener-bener terbatas, ahirnya baju ganti saya & temen pun jadi korban, basah deeeh artinya saya ga punya baju lagi buat malem ini hikz hikz untungnya saya dipinjemin baju sama temen saya. Begitu temen saya yang 1 beres ganti baju, dia keluar buat ngasih tau kalau tenda ini ternyata ga bisa dipake, dan sialnya lagi, SB saya juga basaaaaahhh!!! Ternyata airnya ngerembes dari bawah pas di Kalimati gara-gara banjir & tas saya kena, waduuhh gawat ini gimana tidurnya??? SB yang basah dari pinggang sampe bawah, bagian bawah, udah deh jangan ditanya, basaaaaah bangeeeeet. Tapi berhubung udah cape, ya udah deh paksain aja tidur, walhasil ujung SB saya jadi tambah basah gara-gara nempel ke pinggir tenda yang bocor parah ini. Temen saya yg 1nya pun mutusin buat tidur juga, soalnya dia lagi sakit, kecapean abis muncak. Ga berapa lama saya tidur, temen yg tadi kluar manggil-manggil kita ber-2 buat pindah, katanya temen saya yg bawa tenda mau buka tenda, tapi sayangnya saya ga bsa masuk disitu, yaaaa naseeb naseeeb. Untungnya saya ketemu sama 1 temen saya & saya minta tolong biar dia mau buka tenda soalnya SB saya basah, baju asah, celana basah, ga tau lagi deh mu gimana. Untungnya mau & dikasih tau juga ada temen saya 1 lagi mau buka tenda huhuhu ahirnyaaa. Setelah 2 temen saya beres buka tenda, ternyata di tenda temen saya yg saya minta buka tenda, udah diisi 3 orang termasuk saya & kayanya ga muat, jadilah saya ngungsi ke tenda temen yg 1 lagi yg lebih gede & ber-3.

Berhubung baju + celana saya basah sampe kedalem-dalem & SB pun basah, jadi saya tidur didalem tenda itu tanpa SB dengan kondisi basah, ga ada yang lebih sengsara lagi dari ini deh. Saya tidur cuman dialasin 2 sarung hasil minjem, aga bagian bawah (di kaki) udah basah gara-gara dipake buat nyimpen jaket saya yg ternyata basah jga, tidur cuman diselimutin ama SB temen saya, itupun ber-3, jadi yaaa kebagian dikit-dikit deh semuanya. Aslinya malem itu ga bisa tidur sama sekali, kalau pun tidur kayanya cuman beberapa menit, abis gitu bangun lagi, udah gitu, rebutan SB pula haddeehh kaki udah ingin banget, ga jelas deh, jadi kepaksa harus tetep gerak-gerakin kaki, adduuhhh repoot. Ahirnya ya udahlah mau gimana lagi, tengah malem buta dingin pula, saya ambil SB skalian pengen pipis juga gara-gara kedinginan tadi. Aslinya udaranya dingiiiin sedingin-dinginnya, udah mah masih lembab baju ama celana, ditambah angin, haaa kumplitlah penderitaanku. Mana pas lagi mau pipis ada yg lagi iseng nyorot-nyorotin lampu pula haddeehh untung bawa payung, jadi aman deh hahaha. Ahirnya masuk tenda lagi dengan aga sedikit rempong dan ahirnya saya punya selimut sendiri SB saya yang basah. Bagian kaki sih emang udah basah, jadi ya pedulilah, yg penting badannya masih bisa keselimutin daaan ahirnya berusaha buat tidur lagi dengan kondisi basah, dingin & suara-suara berisik diluar. Ada yg lagi masak-masak sambil ngobrol keras-keras, ada yg ketawa-ketawa ga jelas, malah ada yg pasang petasan pula 2x aaarrgggg siaaaal tu orang-orang!!!

SELASA, 2 JANUARI 2012

Saya kebangun sama suara Adzan, ah dah Subuh lagi, mending bangun aja deh mu dipaksain tidur juga ga akan bener + udah mau terang pula. Ahirnya saya bawa SB ke tenda temen saya, untungnya temen yg 1 dah abngun & mau siap-siap hunting foto, jadi tinggalah saya sendiri di tend aitu aahhh lumayanaaaaan ngumpulin nyawa sambil lurusin badan. Baju, celana, daleman, jaket udah mulai kering, tinggal SB aja yang masih tetep basah. Haddeehh kalo gitu fix ini mah harus beli kaos begitu sampe di Ranu Pani. Yaa selaen buat oleh-oleh buat diri sendiri, buat baju ganti ke Malang juga, bisa masuk angin saya kalau sampe besok ga ganti baju iuuuuhh. Sambil nunggu yg laen bangun saya sama temen yg punya tenda ini bikin minuman anget sambil nunggu terang, daaaan ahirnya terang daaan temen-temen saya pun udah pada bangun & ngumpul lagi disini. Ga enak banget mencar-mencar kaya tadi malem, tapi bener-bener dadakan jadi yaaa gpp, ternyata yg laen pun sama ajah tidurnya ga seenak kalau tidur di tenda masing-masing heu heu Malem terakhir di Semeru diisi dengan kerempongan & ketidaknyamanan tidur gara-gara ujan yang ga berenti-berenti dari siang sampe tengah malem weeeew. Ahirnya setelah rundingan, jam 7 turun biar kereta yg ke Jakarta jam set 3 kurang bisa kekejar. Tapiiiii ini temen-temen saya yg dari Bandung mana yaaa??? hadduhhh panik deeh. Emang sih tiket kereta ada di saya, tapi, mereka gimana nanti??

Cemoro Kandang 1

Cemoro Kandang 2

Sesi masak-masak + makan-makan ugal-ugalan Kalimati

Beres sarapan & packing kita pamit sama beberapa temen yang masih mau tinggal disini & turun aga siangan. Jam 7 kita turun ke Ranu Pani. Aaaahhh bye Ranu Kumbolo, will be missing you so much :( Sempet debat dulu mau lewat jalur normal atau lewat Ayek-ayek. Emang sih lewat Ayek ayek katanaya lebih cepet soalnya motong 2 bukit & tanjakannya ga terlalu parah & klo dari arah sini sih lebih banyakan turun, kalau lewat jalur normal muterin bukit, nanjak sama-sama sedikit tapi lebih jauh. Ahirnya ngikut Pa TL aja deh lewat Ayek ayek penasaran juga sih, tapi nanjaknya itu loooh. Saya pernah diceritain sama temen saya yg udah pernah ke Semeru & pulang lewat jalur Ayek ayek, lumayan jga katanya. Heuuu ya sudahlah tas juga udah ga begitu berat ini hehe. Sampelah di jalan ke arah Ayek-ayek, ooh ternyata dari sini ya masuknya, ini tempat waktu saya pergi hari pertama, tempat saya foto keluarga sama temen-temen dari Bandung & temen-temen dari Geologi. Ternyata view disini ga kalah keren, liat Ranu Kumbolo dari sisi laen + view bukit-bukit & serba ijo ampir mirip oro-oro Ombo hanya ga ada bunga kuning atau ungunya, hanya rumput + kabut di puncak-puncak bukit di kanan-kiri jalur. Sebenernya trek dari jalan masuk Ayek-ayek sampe ke ujung nanjak ke bukit itu lumayan jauh tapi asli bener-bener ga kerasa gara-gara view keren & beberapa kali berenti bat ambil foto. Ga berenti senyum selama jalan di trek ini, ilang udah stress saya.

Sekarang waktunya najak ke bukit yang pertama, wuiih lumayan juga jalannya nanjak terus, ga ada ampun, begitu tanjakan abis, jalannya belok ke arah kiri & tetep nanjak juga biar ga kaya tadi, tapi disini licin & disambung sama trek pasir melipir jurang, asli lumayan ngeri disini, treknya sempit & langsung jurang di sisi kirinya. Lewat trek ini, masih terus nanjak sampe ahirnya ada tanag lumayan datar, yak, kita namain ini Puncak Ayek-ayek 1, disini istirahat sambil nunggu temen yg masih dibelakang. Fiuuh lumayan juga tu tanjakan-tanjakan. Beres istirahat disini jalan lagi, kali ini masih tetep nanjak dengan trek yang sedikit beda, yap trek tanah & aga tipis tadi diganti sama trek tanah gembur yang jarang dilewatin & lumayan ngebelesek klo diinjek, tapi tetep nanjaK. sisi kanan trek jurang, kabut juga mulai turun lagi, becek & malah kita ketemu trek yg longsor, aduuuh bener-bener deh bingung juga disini, mana masih nanjak terus pula didepan. Nanjak nanjak nanjak dan nanjak sampe ahirnya 2 temen saya yang jalan duluan ngasih tau kalau mereka udah sampe di ujung trek nanjak Ayek-ayek wuaaah semangat lagi deh. Tapi tanjakan terakhir ini bener-bener deh, liciiin apalagi saya pake sendak gunung bukan sepatu. Nasib sepatu saya pun sama abstraknya sama 3 temen saya yang dari Bandung. Waktu hari ke-2 pas mau jalan dari Ran Kumbolo ke Kalimati, sepatunya saya titipin ke temen. Ternyata pas di Kalimati, pas saya tidur temen saya itu ke tenda & balikin sepatu saya soalnya dikiranya saya mau muncak & kalau muncak pake sepatu. Tapi ternyata temen saya ga ada yg bilang 1 pun kalau sepatu udah dikembaliin ke tenda hiaaaahh terima nasib aja deh, semoga sepatunya dibawain sama temen-temen saya yg dari Bandung.

Narsis with K'Vera & K'Suyan

Narsis with K'Evi

Narsis with Andi

Ternyata bener juga, sampelah saya di Puncak Ayek-ayek 2, lagi-lagi ini cuman nama yang kita kasih haha. Kata temen saya di puncak bukit di sisi kanan ada jalan keatas & ada makam, katanya itu makam yang ngebuat jalur Ayek-ayek ini... buseeet deeeh bikin jalur kaya begitu?? ckckck kebayang susahnya waktu buka jalur. Oya, jalur Ayek-ayek ini bukan jalur resmi, ini jalur porter & penduduk desa setempat buat nyari kayu, jadi ya wajar ajah klo treknya lumayan juga & sepi banget pastinya. Beres istirahat dengan iming-iming baso malang & nasi goreng di Basecamp Ranu Pani, semuanya semngat turun. Kalau untk urusan turun sih saya milih dibelakang aja, apalgi treknya kaya gitu, sempit, kanan-kiri jurang & licin haddeeh. Tapi begitu udah mask ke hutan pinus, kabut tebeeeeeel banget, angin kenceeeeeng banget, sampe-sampe beberapa kali badan kena angin. Jadi saya mutusin buat turun aga cepet, soalnya baju saya basah & kalau jalan lama-lama bisa-bisa saya masuk angin lagi. Dan ahirnya saya pun pertama kalinya lagi turun dengan setengah lari tanpa rem diikutin sama 1 temen saya, lumayan ada temen.

Rombongan turun kebagi jadi 4 kloter. Kloter pertama yg saya susul, Pa TL yang katanya pundaknya sakit, jaraknya lumayan jauh juga dari awal saya turun sambil lari sampe ketemu, tapi berhubung Pa TL nya skait pundaknya, jadi saya duluan aja deh. Lari-lari lagi, sekarang saya yang ngikutin temen saya turun soalnya takut salah jalur, yaaa biar sampe sekarang ga ada cabang-cabang, tapi apa salahnya liat-liat kan. Lumayan lama juga saya turun ga nge-rem sampe ahirnya ketemu sama kloter 2 yang tadi turun duluan, ternyata mereka juga mutusin buat berenti dulu sebentar, saya yang berhubung pengen cepet ke Ranu Pani juga mastiin 3 temen saya udah turun atau belum mutusin buat jalan terus, tetep ditemenin sama temen saya yg dari awal nanjak Ayek-ayek 2 bareng saya. Ga lama setelah saya nyusul kloter 2, jalur pendakian penuh sama batang-batang kayu berserakan dimana-mana, pokonya berantakan banget, ternyata lagi ada penduduk yang lagi nebang pohon juga, aga serem juga, takut ketimpa, abisnya pohon yang ditebang jaraknya ga jauh dari jalur pendakian. Beberapa meter dari situ ada beberapa penduduk yang kebanyakan anak-anak kecil sama ibu-ibu yang lagi ngangkut kayu, haddeehhh kudu dipercepat ini jalannya, kalau dibelakang mereka bisa jadi lebih lambat. Berhasil disusul dan kembali turun setengah lari sama temen saya yg tadi. Nyampe sini lumayan juga ni kaki mulai kerasa pegelnya, tapi kata temen saya sih ini bentar lagi kluar & ketemu ladang, jadi bener-bener deh saya paksain kaki biar tetep setengah lari. Daaaaan ahirnya ketemu juga ladang penduduk wuaaaahh ga percaya ahirnya kluar juga dari trek Ayek-ayek, kluar sudah dari jalur pendakian Semeru haaaaa. Ga jauh, ada 3 temen saya , kloter pertama yg turun, saya ama temen saya langsung gabung sama mereka ber-3 sambil ngasih tanda buat belok ke arah Ranu Pani, soalnya di Ladang sini banyak belokan-belokan ke rumah-rumah penduduk, lumayan juga kalau salah belok, cape.

Ternyata dari pertama masuk ladang sampe ke basecamp Ranu Pani lumayan jauuuuuhh an bikin kaki lumayan cenat cenut juga, udah males foto-foto, padahal view di ladang juga lumayan bagus sih, ah tapi lebih bagus lagi kalau cepet-cepet cari kaos ganti,ganti baju & makan baso malang haha. Daaan sampailah di basecamp Ranu Pani horeeee ternyata masih sepi banget, belum banyak pendaki yang turun. Ah, ya udahlah, saya pesen baso malang dulu sama 2 temen saya yg laen, 1 temen saya pesen nasi goreng, nikmaaaat. Sambil nungg temen-temen yg laen ngumpul, saya beli baju & sialnya baju Semerunya abis, yg ada baju Bromo, ya udahlah gpp yang penting udah dapet baju ganti buat sampe besok. Beres ganti baju, smabil nunggu temen saya nego jeep, saya cek ke pos, ternyata temen saya belum padat urun haddeehh.. kalau nungguin disini juga ga tau berapa lama, sendiri pula, temen yg dari Jkt udah pada mau berangkat semua, ahirnya saya titip pesen buat 3 temen saya, buat ketemuan di Staisun Malang aja. Jam 11 rombongan kita berangkat dari Ranu Pani ke Tumpang ditambah 4 orang dari rombongan laen yang juga kenal sama Pa TL. Ternyata oh ternyata saya salah ambi posisi, saya di posisi yang banyak kebagian kena sabet ranting huhuhu mana pegel pula tangan sama kaki harus nahan, berapa kali sempet juga kelempar gara-gara tikungan skaligus ngehindari ranting, mana cwo dari rombongan laen di sebelah kanan saya ngomong terus lagi haddeehh deh deh. Nikmatin 2 jam berdiri di jeep sambil ngehindarin sabetan dahan pohon, nahan biar ga klempar pas ada tikungan & jalan bolong itu rasanyaaaaa..... nano-nano

Ranu Kumbolo

Sendang Wedhi

Ranu Kumbolo dari trek pendakian

2 jam kemudian..... yeeee sampelah di desa deket pos TNBTS fiuuuhhh sebentar lagi nyampe Pasar Tumpang, cuaca disini sama di jalan tadi bener-bener beda drastis. Selaam 2 jam yang lalu, malah dri kemaren langka banget sinar matahari, sekarang di Tumpang langsung disambut sama terik matahari weleh weleh. Nyampe pasar Tumpang, turun dari Jeep, yang pertama dilakuin adalah lurusin kakiiiii buseett deh ni kaki mati rasa bangeeeet. Sambil nungg nego angkot, sambil lurusin kaki & beli minum. Fix harga angkot, naeklah rombongan ini ke angkot & jalan ke Stasiun Kota Baru Malang. Perjalanan ke stasiun ga selama Ranu Pani-Tumpang, tau-tau kita udah sampe aja di stasiun, temen-temen dari Jakarta pun masih punya waktu buat bersih-bersih dulu malah. Di stasiun ahirnya saya pisah, temen-temen dari Jkt masuk stasiun, saya sama 2 orang temen saya nunggu di ruang tunggu VIP. Sebenernya sempet banget buat mandi, tapi masih nyari 2 temen saya yg dri Bandung, harus stand by hp sama keliling-keliling stasiun, abislah waktu buat mandi. NYari 2 temen saya sampe muterin stasiun dari ujung keujung 3x, udah dikira calo atau copet malah kayanya nih hahaha. Putus asa!!! Kereta berangkat jam 15.30, sekarang 15.15 belum ada 1pun yg bisa dihbungin, ga ada dimana-mana, malah tadi sempet masuk ke masjid stasiun dari salah satu kamar mandi umum & ketemu 4 orang yg baru turun Semeru, ga liat juga. Ahirnya ya udah deh saya masuk aja, keretanya udah dateng hikz hikz binguuung. Untung ada 2 temen saya yg ternyata 1 kereta biar dudukna pada misah-misah juga. Yang 1 turun di Tasik, 1 gerbong beda nomer, yg 1 turun di Bandung, tapi di gerbong Eksekutif hueeeh.

Didalem stasiun ga langusng naek kereta, tapi muterin stasiun dulu ke arah masjid, ternyata yg tadi saya tanya masih ada di Masjid, tapi bukannya bantuin, malah mau beli tiket punya 2 temen saya, haddeehhh ga berani saya, kalau tiba-tiba dateng gimana.... saya pergi pun masih diikutin, untung saya ditemenin 1 orang temen saya, jadi ga terlalu maksa-maksa amat deh. Daann untungnya pas maish diikutin 1 temen saya nlp!!! Ah,ahirnyaaaa!!! langsung saya angkat & pindah ke temat yang lebih sepi, tapiii putus lagi aaaarrrgghhh emosiii, dah panik aja. Saya coba hubungin lagi malah tulalit, aahhh ini sial banget sih provider saya disaat diperluin malah ga berfungsi, ahirnaya numpang ke temen saya yg beda provider buat nlp 1 temen saya, saya kirim sms ke 2 2nya ngasih tau posisi saya dimana, tapi tetep pending & temen saya pun ga berhasil ngebuhungin. Tapi positifnya orang yg tadi mau beli tiket temen saya, ga berusaha ngejar lagi, soalnya dikiranya temen saya dah nyampe stasiun kali yah heu heu maaf ya Mas. Kata Mas yg tadi mau beli tiket saya, merek ber-4, yang 2 udah dapet tiket, yg 2 belum & tiket ke Bdg sampe lusa udah abis buat kelas ekonomi sih, ga tau kalau eksekutif ama bisnis.

Kalimati

Awan di Ranu Kumbolo

Oro-Oro Ombo

Dan, sialnya lagi, kereta udah bener-bener mau jalan. Daaan kaya sinetron, begitu kereta mulai maju, tlp saya berhasil diangkat sama 1 temen saya geloooo!!! Ternyata temen saya baru mau masuk Tumpang, masih di jeep, belum turun, hadeehhh, dia bilang ga akan keburu kalau ngejar kereta & minta tlong saya buat nukerin tiket kereta kita sama jadwal yg besok, waduh, ahirnya saya jelasin posisi saya & masalah tiket ahirnya ya udah mau gimana lagi kita harus misah pulangnya. Saya kasih tau bisa pulang naek bis langsung jurusan Malang-Bandung, kalau penuh, jangan ke Surabaya, tapi coba ambil ke Blitar, di Blitar juga ada bis langsung jurusan Blitar-Bandung, pokonya saya kasih deh info lengkap kalau naek bis. Aslinya ga enak banget sama 2 temen saya, uang tiket mereka angus donk, mana harga tiket pas pulang lebih mahal dari harag tiket pas pergi huhuhu maafin banget temaaan.

Sampe Kediri, saya duduk ber-3 sama 2 temen saya yg laen, sampe kediri 1 temen saya pindah ke kursinya di gerbong eksekutif skalian saya numpang cas hp, 1 temen saya duduk disini sampe Tasik, kebeneran ni kursi buat ber-3 pun kosong 2, jadi kayanya ga ada masalah kalau temen saya ini ga duduk di kursinya. Begitu sampe Blitar, kereta berenti & ada yang nempatin kursi didepan saya, 1 kelaurga suami-istri + anak perempuan yg masih balita 1 orang. Setelah ngobrol sedikit, ternyata kluarga ini turun di Tasik. Ga tau kenapa begitu ngeliat keluarga ini saya jadi inget sama keluarga adiknya Uyut yang tinggal di Manonjaya.

Ternyata keluarga ini cuman beli 2 tiket, jadi c anak harus dipangku, sebenernya kursi saya kan kosong 1, tapi ya terserah sih kalau mau duduk disini gpp, saya udah cape banget, pengen tidur. Ga tau berapa lama saya tidur, tapi udah gelap aja diluar sana & hp saya masih di temen saya, waduh, saya perlu hpnya, ternyata udah jam 8, berarti udah ampir 3 jam lebih, kayanya sih udah ya hp saya dicasnya. Tapi sialnya saya ga tau no hp temen saya yg bawa hp saya, ahirnya minta tolong sama temen yg 1 lagi buat nanyain no hp temen saya & dapetlah & segera d sms. Ga lama temen saya dateng, bawa hp & duduk lagi di kursi saya.

RABU, 3 JANUARI 2012

Ternyata udah mau tengah malem aja, saya kebangun & ternyata udah masuk Jawa Tengah, udah di Satiun Solo Balapan, aaahh ga kerasa, udah jauh aja ninggalin Semeru ckckck sampe Jogja, kereta lumayan lama berenti, banyak juga penumpang yg turun & naek. Begitu kereta kluar dari Jogja saya pun kembali ketiduran. Entah sampe mana, saya kebangun lagi, temen saya yg 1 pindah ke kursinya lagi di gerbong exe, saya pun dengan sedikit males, jalan ke wc yang lumayan jauh kalau dari tempat duduk saya. Setengah ngantuk jalan ke WC, ternyata di gerbong ada bapa-bapa yg tadi duduk di depan saya sama yg duduk di kursi belakang saya, sa,a 1 bapa-bapa duduk ngadep ke pintu. Beres urusan sama WC, saya balik ke kursi, sambil liatin 1 1penumpang di gerbong ini, siapa tau ada yg kenal.

Di kursi ujung kiri ada suami-istri udah aga tua, istrinya tidur sambil aga selonjoran, hueee enaknya kalau 1 kursi trus ama kelaurga, bisa rebahan kaya gitu, di kanan kayanya bukan keluarga, dan ampir semuanya tidur, kayanya cuman saya, bapa-bapa di gerbong, sama ibu-ibu di kursi depan saya yang ga tidur. Ah, ya udahlah saya juga masih cape + ngantuk, cepet-cepet saya jalan lagi ke kursi saya selagi keretanya berenti lagi buat kesekian kalinya hueeehh, Belum lama saya meremin mta, tiba-tiba ada yang teriak. Kaget, semua penumpang berdiri, ternyata yang teriak itu ibu-ibu yang duduk di kursi paling belakang jejeran sebelah kiri kalau dari arah toilet, yang tadi tidurnya rebahan ke suaminya. Sempet was-was juga, soalnya keretanya udah mulai jalan, takut kalo ada yang jatoh atau apalah. Ternyata ibu tadi tasnya dijambret sama bapa-bapa yg duduk di gerbong, yang ngadep ke pintu, yang saya liat waktu saya ke WC.

Ayek-ayek

Oro-oro Ombo & sedikit Mahameru?

Foto yang kaya lukisan editannya

Buseeet!! Kata c ibunya, tasnya dijjambret pas kereta baru mau jalan banget & penjambretnya langsung lompat turun dari kereta.Bapa-bapa yang duduk dikursi depan saya udah balik kekursi & cerita kalau bapa-bapa yang jambret tadi naek di stasiun setelah Jogja, oya ini udah masuk Kebumen. Jambret tadi bilang, dia kebablasan naek kereta, jadinya naek kereta ini sampe di stasiun berikutnya trus nunggu kereta buat balik lagi. Hmm sedikit ga logis sih, kalau emang dia kebablasan turun, emang si jambret ini turun dimana yah?? lompat turun dari kereta gitu?? mungkin aja kalau keretanya ekonomi, trus naek ke kereta ini gimana caranya?? perasaan kereta ini ga berenti di semua stasiun & ga mungkin juga berenti gitu aja di tengah jalan. Emang sih tadi beberapa kali kereta berenti nunggu kereta laen lewat, tapi perasaan di samping kanan-kiri ga ada kereta laen. Ah, sudahlah emang klo pencuri sih alesannya ga ada yg masuk akal. Ibu yg tadi dijambret maisih jga nangis, haddeh jadi aga-aga serem juga, apalagi saya ga jarang pergi-pergian jauh pake kendaraan umum sendirian & malem-malem ckckck.

Sisa perjalanan saya habiskan denga tiduuuurrrzzzz yaaa biar kepala kepentok-pentok & sedikit benjol gara-gara nahan badan ke pinggi kereta api, yang penting ni mata bisa merem dulu deh. Pas saya bangun, ternyata udah jam 4, udah ga bis atidur lagi deh, kereta jga udah hampir masuk daerah Jabar, fiuuhh. Begitu udah aga terang, kereta berenti di Tasik (eh, Tasik apa Ciamis ya, lupa ) pokonya di stasiun ini 1 temen saya turun, huaaa makasih banyak di hari pertama udah nitip sepatu, pas pulang minta buka tenda di Ranu Kumbolo, pas jalan ke Ranu Pani minta temenin dibelakang, minjem bajunya, rempong deh ya pokonya. Sekarang tinggal saya sendiri di kursi ini, ada sih 1 orang yg pindah duduknya, asalnya di kursi depan saya, pindah ke kursi saya, bebaslah, kursi saya kosong 2 ko hahaha.

Sebenernya ngebayangin kalau aja 2 temen saya ga ketinggalan kereta, pasti perjalanan Malang-Bandung ga kalah serunya kaya Bandung-Malang, yaaa biar ngurangin 1 orang gara-gara lanjut ke Lombok (aaah ngiriiii). Tapi 2 orang + saya yang selama di Semeru pisah jalannya pasti punya banyak yang bisa diceritain & diobrolin, pasti ada aja tingkah konyol mereka. Sebenernya saya pengen banget ngobrol sama kluarga yang duduk di kursi seberang saya, tapi asli malem itu saya lagi ga ada ide mau ngbrol apa, kalau ada 2 temen saya, pasti udah nyerocos terus sepanjang jalan huhuhu sedih juga. Ga lama temen saya turun di Tasik, temen saya yg 1 lagi ternyata pindah lagi kekursi saya haaa jadi ga enak, padahal udah enak-enak kayanya di exe heu heu Dan berhubung saya masih ngantuk & nyawa belum kekumpul semua + berisik anak kecil di kursi belakang saya pindah ke kursi depan saya, jadi ga konsen ngapa2in, malah sempet ketiduran lagi & cuman ngobrol sedikit sama temen saya yg 1 lagi. Ahirnya kereta nyampe juga di stasiun Bandung.

Yap, Bandung I'm homeeeee huaaaaaa Semeru yang bener-bener bagus & bikin kangen udah jauh disana.... bakalan kangen banget sama Ranu Kumbolo, Oro-oro Ombo, Kalimati, Cemoro Kandang, Jambangan, Ayek-ayek, Watu Rejeng daaan laennya. Malah sekarang pun masih kangen buat balik lagi kesana.

Terimakasih buat temen-temen di pendakian taun baru Semeru, maaf kalau ngerepotin. Terimakasih Semeru dan semua pesonanya, bener-bener ngilangin stress saya selama 1 bulan ini, bener-bener kembali ke alam, bener-bener nenangin, ngasih banyak pengalaman, pelajaran, temen baru di awal tahun 2012 ini.