Dya Iganov

Rabu, 25 Januari 2012

TOURING STRESS UGAL-UGALAN BANDUNG-GARUT SELATAN-CIANJUR SELATAN

Touring yang udah ketunda dari lama banget, dari jaman tahun 2009 mulai penasaran sama jalur ini, sampe sekarang hanya bisa denger cerita-cerita dari temen-temen yang udah pernah touring kesana, katanya sih rata-rata pada males buat balik lagi lewat jalur itu, yup, jalur Pangalengan-Rancabuaya!! Jalur yang sering banget dapet banyak komentar dari papah & banyak juga 'cerita' dari jalur ini. Kebeneran saya belum ada acara buat libur Natal sekarang. Ada beberapa yang punya acara, tapi ko kayanya saya lagi pengen nagbur yang jauuuh, yang bener-bener bisa bikin pikiran & mood balik lagi. Yah, kayanya jalur ke pantai selatan Garut yang bikin saya penasaran lumayan juga. Seperti biasa, saya kumpulin beberapa temen, awalnya udah fix dengan beberapa kali ganti-ganti list temen toring. Sampe pas malem tanggal 24 Desember 2011, 1 temen saya tiba-tiba batal ikut soalnya ada urusan keluarga yang bener-bener ga bisa ditinggal.

Waduh, tinggal ber-3, gimana caranya ini, 2 cwe, 1 cwo, bener-bener riskan banget klo kaya gini. Ahirnya setelah lumayan rempong & sakit kepala nyari sana-sini siapa yang bisa ikut gantiin temen yg batal, ahirnya ada 1 orang yang bisa ikut. Fiuuuhhh untung deh. Ahirnya saya bisa tidur juga malem ini yaaa biar ini udah jam 12 jga, artinya saya cuman punya beberapa jam aja buat tidur zzzzz.....


Perkebunan Teh Cukul, Pangalengan, Kab. Bandung

Minggu, 25 Desember 2011

Yap, sesuai jadwal, jam 6 lebih dikit temen saya udah jemput ke rumah, padahal saya juga belom siap banget, apalagi 2 temen saya yg laen, yang masih punya urusan sampe seengganya jam 7an weeew. Tapi, saya emang harus pergi jam 6, soalnya orang rumah bakal pergi ke acara keluarga di luar kota. Jadi ahirnya kita mutusin buat cari sarapan sambil nunggu 1 temen saya beres sama urusannya, kita janjian jam 7. Ahirnya jam 7 kurang, berangkatlah kita ber-3 jemput temen saya yg 1 lagi di daerah Taman Sari. Sebenernya sih ini jadi muter banget, tapi berhubung masih masuk toleransi waktu jadi yaaa ga masalah ko. Ahirnya setelah ini-itu yang lumayan lama, jam 8an kita cabut kluar dri Bandung. Baru juga sampe di daerah Buah Batu udah mendung & aga-aga gerimis, waduh gimana ini klo ujan, soalnya berabe juga klo ujan,belum terlalu tau kondisi jalannya. Yaaa hajar aja deh. Tapi untungnya begitu mau masuk Pangalengan, jadi cerah lagi.

Di Situ Cileunca sempet berenti dulu, ga mask sih, hanya di jembatan, tempat starting rafting Palayangan. Kebeneran pula, yg lagi mau mulai rafting KAYANYA temen-temen saya juga dari Jakarta, soalnya saya liatnya dari atas jembatan, mau turun ke sungai, takut ga boleh huhuhu naseeb naseeeb. Ahirnya setelah perahu terkahir temen saya brangkat, saya pun lanjutin jalan ke arah Selatan.


Awalnya sih jalannya kaya gini sampe ujung Pangalengan

Tiba-tiba jadi berubah kaya gini

View di sekitar jalan yang longsor

Ahirnya sampai juga di kebun teh tempat ahir Oktober saya foto-foto, sempet berenti sebentar juga disini buat ambil foto & terusin jalan lagi. Ga lama jalan, ahirnya ngelewatin tempat terakhir kali saya kesana, tempat saya muter balik gara-gara udah terlalu sore + mau ujan, dan ternyata waktu itu pilihan buat balik arah sangat-sangat tepat soalnya jalan mulus di sepanjang jalan perkebunan cuman sampe di pertigaan aneh di ujung jalan. Yap, jalan di perkebunan teh Cukul yang belok-belok tapi bagus tiba-tiba abis gitu ajah di pertigaan yang cukup bikin bingung siapapun yang lewat. Pertigaan jalan yang cukup lebar, jalan ke sebelah kanan dengan lebar jalan yang cukup besar, dan jalan ke arah kiri yang waktu itu ditutup dan punya lebar jalan yang kecil banget. Bingung lewat mana & mulai gerimis juga, ahirnya kita berenti di warung sebelum pertigaan deket kantor polisi. Sambil istirahat, kita nanya jalan, dan ternyata kata ibu warung, 2 2 nya jalan ke Rancabuaya, tapi 2 2nya longsor. Yayayaya ga kaget sih sebenernya denger jalan longsor di arah selatan Jawa Barat,udah tipikal kondisi eksisting jaringan jalan antar desa di selatan Jawa Barat, GA KEURUS!!! tapi kenapa harus sekarang??? udah berapa taun saya nunggu kesempatan bisa berkunjung ke jalur Pangalengan-Rancabuaya & dengan usaha sedikit rempong juga ahirnya bisa juga saya pergi kesini, tapiiii kenapa harus longsornya sekarang jga??? huhuhu Untungnya kata ibu warung, jalur yang sebelah kanan lebih layak buat dilewatin daripada yang kiri, hmmm diliat dari lebar jalannya sih ada benernya juga + kebanyakan motor-motor yang kayanya punya warga sekitar sini lebih banyak yang ambil jalan ke kanan. Kondisi jalan di kiri, hmmm ga jauh dari jalan masuknya, jalannya aga nikung ke arah kiri, pas diatas tikungannya, bisa diliat dengan jelas jalur longsoran yang bisa dibilang cukup repot juga klo dilewatin.


Ahirnya ada juga air terjun yang bisa difoto di Cisewu

Penginepan kita

Ahirnya kita putusin buat berenti dulu diwarung soalnya ujannya tambah gede. Hmmm kombinasi yg bagus buat awal yang kacau : ujan gede, ga tau lewat jalan mana, 2 jalan 2 2nya longsor, belom makan dari pagi, udah siang, ga tau kondisi jalan didepan, pheeww. Sambil berenti, saya sama temen saya tanya sama polisi yang kebeneran lagi jaga disana, katanya sama, 2 2 nya jalan ke arah Rancabuaya & 2 2 nya longsor weeew lagi. Tapi, polisinya nyaraninnya buat lewat jalan yang sebelah kanan, yang cukup lebar tapi dengan perkerasan yang meragukan. Tapi kata Ibu Warung, kalau lewat kanan, bakalan ada yang bantu angkat motor pas ditempat banjir. Hmmm ini jasa angkut motor kaya yang suka saya liat di TV ga yah kalo Jakarta kena banjir?? Tapi di Jakarta itu kan jalannya datar, jalan datarpun udah kebilang lumayan, lah ini, di tengah-tengah antah berantah jauh darimana-mana dengan kemiringan kontur yang udah pasti ga mungikin datar, weew nyiapin uang berapa cobaaa?? Dan kata Bapa Polisi ini lagi, jarak darisini ke Rancabuaya sekitar 60 km lagi, 30 Km Talegong-Cisewu dengan ngasih sedikit petunjuk jalan & kondisi jalan -bisa diliat dari mukanya- bukan ide bagus jalan lewat sana di kondisi cuaca kaya gini dan 30 Km sisanya Cisewu-Rancabuaya jalannya udah mulus. Aga kaget juga denger Cisweu, yup, 1 taun yang lalu, saya nganterin temen survey TA tentang "Tipologi Desa" di Kab. Garut, dan beberapa orang yang kita wawancara pendapatnya sama, yaitu desa yang paling susah aksesnya & paling lambat berkembang dibanding yang laen, Cisewu, disusul sama beberapa desa di pesisir Garut Selatan weeew dan sekarang saya malah harus lewat ke Cisewu??? yang akesnya susah?? huaaaa saya tau banget apa arti "susah akses" apalagi di kondisi ujan kaya sekarang, jadi kayanya jam 12 waktunya kita terusin perjalanan. Daripada balik ke Bandung & muter lewat Garut kota yang malah jadi lebih jauh & lebih geje lagi, kenapa ga diterusin aja, udah terlanjur ini. Berangkaaaat ujan-ujanan pastinya.


Salah satu spot di Pantai Rancabuaya

Ada air terjunnya juga di sisi laen Pantai Rancabuaya

Ahirnya kita lewat jalan yang sebelah kanan, hmmmm jalannya turun, kanan-kiri bukit yang ternyata masih kebun teh, jadi ini tipikal jalan yang baru ibuka, perkerasannya pun masih batu-batu macam kerikil (anak sipil pasti lebih tau deh sebutan perkerasannya apa) tapi yang saya tau pasti tentang jalur itu adalah, SEPI, SEREM, SUNYI, MISTERIUS. Yap, ga tau kenapa begitu masuk ke jalur itu, bawaannya bener-bener senyap, padahal dibelakang motor kita ada beberapa motor penduduk, ujan gerimis, langit abu-abu, jalan di tengah-tengah antara tebing perkebunan teh dan jurang, view kebuka, jarak pandang luas banget, jalur yang asing, hmmm enjoy it. Ga berapa lama, kita sampe di jalan yang longsor, ternyata untung (waktu itu) ga separah yang saya pikirin, tapi tetep aja sih ngeri juga, jalannya turun, ujannya ga terlalu gede, tpi sisa-sisa ujan kemaren-kemaren lumayan bikin repot juga ngelewatin longsorannya.

Setelah berhasil ngelewatin longsoran yang ternyata lumayan panjang, kita berenti sebentar buat foto-foto. Kalau cucaca cerah, view disini keren banget, tapi beruntung waktu kita berenti cuacanya mendung banget, tapi di sisi laen gunung, cerah, jadi sedikit menghibur deh abis lewatin jalan longsor hehe. Ahirnya kita nerusin jalan, kondisi jalan masih tetep sama, lebar, batu, turun, kanan-kiri jurang, tapiiii ga lama dri kita jalan, ujan turun lumayan gede, wuaaaah lumayan juga nih, kelabakan kalo mau berenti soalnya ga ada tempat buat berenti. Ga lama, jalan yang tadi gede, tiba-tiba nyempit drastis, jalannya tiba-tiba ke arah kiri dan mendadak lebar jalan hanya cukup buat 2 mobil papasan mepet banget! Di awal jalan, view jurang digantiin sama tebing di sisi kiri, kebun-kebun dan beberapa rumah penduduk di sisi kanan, waduh ini seriusan jalannya kesini? ga salah belok kan tadi? ko kaya jalan di depan halaman rumah di desa-desa bukannya Jalan Kabupaten yang harusnya punya lebar & perkerasan sesuai standar??? ada yang salahkah??


Sunset Pantai Rancabuaya 1

Sunset Pantai Rancabuaya 2

Sunset Pantai Rancabuaya 3

Tapi setelah yakin kalau dari tadi jalannya emang cuman 1, kita terus jalan, dan ga lama kluar dari jalan geje tadi, ujan gede ga pake basa-basi langsung turun huaaaa kelabakan juga. Ga sampe 15 menit dengan kondisi ujan kaya gini, jalan yang perkerasannya batupun sukses aga kegenang air, dan karna jalannya turun, jadilah jalannya kaya solokan lebar & lumayan repot juga ini harus bener-bener ati-ati jalanin motornya. Dan sialnya di depan kita ada tikunga, 2 elf saling papasan, di belakang kita ada mobil pribadi, yak atur posisiBener aja beberapa kali motor aga susah lewat karna ternyata jalannya berlubang cukup lumayan juga weeew lah. Ditengah jalan, ahirnya saya & temen saya mutusin buat turun lagi aja, sambil bantuin bapa-bapa yang kardus belanjaannya ampir semuanya rusak gara-gara kena ujan. Setelah ngasih keresek ke bapa-bapa tadi, kita terusin perjalanan masih dengan basah kuyup ujan gede banget, dan jalan kaki, jalannya bener-bener bikin stress..... Ga jauh dari tempat kita bantuin bapa-bapa tadi, ada pertigaan, satu jalan ke arah kanan dengan kondisi yang lebih bikin stress. Ahirnya kita mutusin buat nanya sama beberapa orang yang lagi berteduh disana, dan ternyata jalannya lurus ajah. Ahirnya kita terusin perjalanan yang malah makin buruk ajah ni jalurnya. Beberapa kali ngepot, salah ambil jalan, yap, sebenernya ga keliatan sama sekali kondisi jalannya kaya gimana, soalnya bener-bener ketutupan air & makin deres aja, jadi jalan cuman ngandelin feeling aja, smoga ga salah ambil jalur yang tau-tau lubang dalem atow batu gede.

Sampe beberapa kali kita nemuin pertigaan, dan ikut feeling aja, lurus teruuuss.... Sampe beberapa Km kedepan, kondisi jalan masih sama aja, batu-batu ketutupan air deres, tapi sedikit-sedikit jalannya udah mulai aga lebar & ujan udah ga begitu deres lagi (tapi tetep aja kita basah kuyup). Sampe ahirnya kita nemu pertigaan lagi, yang sekarang aga meragukan, soalnya dua-duanya jalannya gede, setelah tanya sama penduduk yang ada di warung, ternyata jalan ke arah Rancabuaya yang ke arah kanan. Okeee, kali ini jalan kearah kanan menurun lagi, tapi kondisinya beda dari jalan yang udah kita lewatin tadi. Jalannya lumayan lebar, truk pasir udah bisa lewat sini, udah bukan batu kerikil lagi, tapi tetep aja jelek, dan untungnya ujannya udah tinggal gerimis aja. Sampe beberapa menit kedepan, jalan monoton turun, sampe ahirnya kita dapet view jurang yang dasarnya sungai dengan air yang bener-bener meluap plus batu-batu kali yang gede-gede, bener-bener view yang bagus sekaligus nyeremin. Ternyata kondisi jalannya jadi jelek lagi setelah ampir deketin sungai, dan yap, ternyata kita nyebrang jembatan ke bukit yang tadi ada di depan jalur yang kita lewatin. Sekarang, jalan yang kita lewatin, udah bukan kerikil lagi, tapi lubang disana-sini ditambah sama lumpur yang tebel & pastinya jalannya jadi ga keliatan lagi. Bener aja, di lumpur yang kesekian, motor temen saya ampir kegelincir kearah sungai, huaaaahh udah deg-degan aja. Sampe beberapa Km kedepan, jalan masih tetep sama ditambah tiap kita ngelewatin jembatan, view disebelah kanan jurang yang dasarnya sungai yang tadi, kalo aja ga lagi ujan kaya gini, uah pasti bakalan minggir buat foto-foto. Dan yang lebih 'sayang' lagi adalah ternyata jalur ini sama kaya jalur Ciwidey-Cidaun, punya banyak jalur air di tebing yang lebih deket & lebih deres, dan sangat sayang sekali ga bisa melipir buat foto-foto gara-gara udah basah kuyup & ngejar waktu. Sampe ahirnya kita nyebrang sungai lagi, jalannya masih ada diantara bukit-bukit & tetep jelek dan berlumpur plus gerimis dan ahirnyaaa kita keluar dari bukit-bukit nyeremin tadi ke jalan yang kebuka. Sekarang jalannya sejajar sama sawah-sawah yang dari tadi kita liat pas diatas bukit, plus ada beberapa view air terjun juga, dan ahirnya juga kita bisa berenti dulu sebentar disini buat ambil beberapa foto.


Pantai Santolo

Ga tau nama pantainya

Ga tau nama pantainya

Ga tau nama pantainya

Pintu masuk ke Puncak Guha

Beres foto-foto, kita lanjut jalan lagi, sekarang jalannya nanjak lagi ke bukit yang disebrang, tapi di kanan-kiri jalan udah mulai banyak rumah-rumah penduduk & jalannya udah ga separah yang tadi. Kali ini jalannya nanjak terus dan gerimis lagi. Sampe ahirnya kita berenti sebentar buat isi bensin, dan kata yang punya warung, dari tempat kita sekarang, udah deket ke Rancabuaya & jalannya udah ga separah tadi, tapiii kita harus ngelewatin 1 lagi jalan yang bikin stress, yup di tengah jalan, ternyata ada jalan longsor dlengkap dengan jembatan panjang yang belum jadi, hanya masih rangka kayu huadooooohh... Tapi setelah stress ngelewatin itu kita ahirnya keluar dari Cisewu, fiuuuhhh ahirnyaaaaa.

Dengan kondisi basah kuyup semuanya, kelaparan, kedinginan, syok gara-gara kondisi jalan yang ternyata kaya gitu, kita lanjutin jalan dengan iming-iming makan baso atow mie rebus di pantai huhuhu. Ternyata bener aja, ga jauh dari tempat tadi isi bensin, kita ketemu perempatan Santolo-Rancabuaya-Cidaun-Cisewu fiuuhh ahirnya keluar juga dari jalur stres tadi huhuhu. Daaan kita pun meluncur ke arah Rancabuaya, jalannya udah mulai asik, jalannya kebuka, nyusur turun dari atas bukit dengan view langsung ke arah pantai selatan Jawa Barat tapi sayang masih terllau mendung buat ngeliat sunset. Tapi gpplah, tujuan berikutnya adalah cari penginepan.


Jembatan ke arah Cianjur Selatan

View sepanjang jalan Garut-Cianjur 1

View sepanjang jalan Garut-Cianjur 2

View sepanjang jalan Garut-Cianjur 3

View sepanjang jalan Garut-Cianjur 4

Ternyata nyari penginepannya pun lumayan rempong, tanpa referensi & liat foto-foto sebelumnya, jadilah kita survey + harus langsung nentuin saat itu juga. Penginepan pertama yang kita datengin punya ibu-ibu yang udah tua, kamar kita ada di lantai 2, kamar mandi dibawah, semua bangunan dari kayu, isi kamar hanya ada kasur, kalo buat saya pribadi, ga ada masalah, tapi harganya yg jadi masalah, ga sesuai sama target menghemat kita, jadi pindah lokasi. Sekarang kita cari kearah setelah TPI, hmmm yang 1 ini tempat cocok, harga cocok, tapi fasilitas ga cocok, ahirnya nyari lagi & ahirnya fix sama yang ini. Hmmmm baru tau klo ciri khas bangunan di daerah ini kaya gini, beda sama di Sawarna & Ujunggenteng yang punya tipe homestay berupa rumah kaya biasa rumah penduduk, di Rancabuaya tipenya penginepan 2 tingkat, lantai 1 biasanya rumah + rumah makan, lantai 2 baru kamar-kamar model kaya kosan dan semua bangunannya dibangn dari kayu, lantai di tingkat 2 juga dri kayu, lantai 1 dari ubin tegel, kalau di Sawarna & Ujunggenteng, bangunannya udah ga pake kayu lagi.

Ahirnya bisa istirahat, ganti baju & makan tentunyaaaa. Dan setelah sedikit balik lagi tenaganya, saya & 2 orang temen saya mutusin buat jalan-jalan di pantai, sambil hunting sunset, semoga kebagian, soalnya dari tadi ujan terus & sekarang pun masih mendung. Kalopun dapet sunset, kayanya bakalan jauh banget, ga akan sejelas & sebesar di Sanghyang atow Pantai Jayanti, tapi gpplah, yang saya perluin cuman nyepi di pinggir pantai, dengerin suara ombak & liat perubahan warna langit, kayanya itu udah cukup buat menghibur diri saya yang bener-bener lagi down & stress berat seminggu kebelakang. Ternyata view di ujung Pantai Rancabuaya lumayan juga, dengan tipikal pantai yang penuh sama bebatuan karang + air yang lagi surut banget, ditambah view tebing di belakang pantai lengkap sama air terjunnya yang kebeneran lagi deres-deresnya & ternyata dapet view sunset yang bener-bener oke dari sini.


Pantai Jayanti, Cidaun, Cianjur

Pintu masuk Objek Wisata Pantai Jayanti

Daaan ahirnya sunset yang ditunggu-tunggu pun muncul, yap,lumayanlah bisa dapet sunset seengganya. Pas mau balik ke penginepan, baru deeeehh sunset yang bener-bener sunset muncul, langit di sebelah Timur yang tadi bener-bener gelap, warna abu-abu berubah jadi ke-ungu-unguan, langit di Barat berbah jadi meraaaah banget, pokonya sunset disana bikin betah banget, sampe sunsetnya bener-bener abis & gelap, saya & 2 orang temen saya balik ke penginepan dengan susah payah tentunya, soalnya udah gelap banget, ga ada lampu penerangan, jalan becek, ga bawa senter pula,jadi hanya ngandelin penerangan dari beberapa rumah & feeling ajah huhuhu Untungnya sampe ke penginepan ga terlalu belepotan lumpur. Setelah bersiin kaki, kita ke kamar dan ternyata buanyaaaak banget Laron di lantai atas, soalnya keadaan sekeliling dominan gelap banget & lampu-lampu penginepan bener-bener jadi penarik perhatian, dan ahirnya kita juga yang repot ngusirin laron dari dalem kamar. Dan saking capenya jam 9 malem pun kita semua udah tidur zzzzzz

Senin, 26 Desember 2011

Pagi-pagi jam 7 kita udah siap-siap, mandi, packing, sarapan, & tancap gas lanjut jalan lagi. Sekarang udah diputusin buat langsung ke Pantai Santolo, baru deh dari situ nyusur pantai-pantai yang ada disepanjang Garut Selatan-Cianjur selatan. Yap, kita mutusin buat pulang lewat jalur Cidaun-Ciwidey, soalnya klo lewat Pameungpeuk, Garut, ga tau jalan & kalo harus ngelewatin Nagreg, kayanya ga sanggup deh. Lewat jalur Cisewu lagi, haduh, makasih deh di musim ujan kaya gini ga deh pulang lewat sana dengan kondisi nanjak huhuhu. Jam 8 kita lngsung ngacir ke Pantai Santolom di Cilauteureun, Kec. Cikelet, Kab. Garut. Cuaca lumayan cerah, jalannya juga ternyata udah gede & lumayan mulus, sepi banget, selain kita yang ada di jalan, hanya ada beberapa penduduk setempat yang lewat dijalan itu. View sepanjang jalannya pun juara, disisi kanan, ada kebun penduduk yang langsung nyambung ke pantai, di sisi kiri kebun penduduk dengan view bukit-bukit & beberapa gunung yang lumayan tinggi (termasuk Gunung Cikuray), langit juga cerah, yaa seengganya buat pagi sampe siang ga harus basah kuyup gara-gara ujan lagi. Disepanjang jalan menuju Santolo, lumayan banyak juga jalan-jalan kecil ke arah pantai, muara sungai yang lumayan bagus jga buat difoto, tapi berhubung ngejar waktu, kita ga berenti-berenti dulu. Ahirnya sekitar jam 10an, kita sampe di Santolo. Setelah bayar retibusi, kita masuk ke area peluncuran roket TNI yang persis ada disamping Pantai Santolo, hanya dibatesin ladang jagung aja.


View sepanjang Cidaun-Ciwidey 1

View sepanjang Cidaun-Ciwidey 2

View sepanjang Cidaun-Ciwidey 3

Ternyata setelah masuk ke kawasan wisata Pantai Santolo, tempatnya udah ruameee banget, udah komersil dibandingin Rancabuaya, sampe sedikit bingung juga mau parkir dimana & ngeliat rame kaya gini, kayanya enakan ambil foto sebentar disini, terus nyusurin pantai-pantai kecil yang tadi diliat dari pinggir jalan, skalian pulang ke arah Cianjur. Beres foto, kita langsung pergi dari Santolo dan menuju ke Pantai Gunung Geder. Ternyata eh ternyata, kita salah ambil jalur, harusnya pas amsuk kita ambil jalur kanan yang kebawah, tapi kita malah ambil jalur kiri yang naek ke atas bukit, jadilah kita liat pantainya dari atas bukit, ga bisa ke pinggir pantainya banget. Sayangnya lokasi pertama ini udah ada pembangunan beberapa fasilitas buat nikmatin alam, tapi jadi ga keurus & orang yang ada di tempat ini hanya kita ber-4 & ada 2 orang cwe yang lagi belajar motor didaerah sini. Jalan masuknya??? ga usah ditanya, pasti batu-batuan yang licin gara-gara lumut & tanah basah weeeew.

Beres dari Gunung Geder, kita nyobain masuk ke salah satu objek wisata pantai, sayangnya saya lupa namanya. Jalan masuknya udah dikasih gapura tulisannya nama pantainya, jalannya lumayan lebar, rusak, atpi bukan bebatuan gede-gede kaya di tempat pertama, kanan-kirinya langsung rumah penduduk, Tapiii udah masuk sampe ujung, ternyata kita nemu lapangan bola yang di pinggir-pinggirnya malah kehalangan ilalang tinggi & kandang kambing. Penunjuk jalan pun putus sampe disini, dan ada beberapa jalan setapak kecil ke balik ilalang, tapi berhubung kayanya bakala makan waktu + motor ga mungkin ditinggal disitu & klo pun ngelewatin jalan setapak pake motor, takut ribet kalo ada apa-apa dijalur itu. Ahirnya kita mutusin buat terusin perjalanan. Ga jauh dari gapra masuk tadi, saya liat ada jalan setapak kecil yang didepannya dikasih pintu gerbang, ga pake basa-basi, saya pn masuk ke jalan setapak tadi. Ternyata jalan setapak ini, ngelewatin kebun penduduk & masuk ke 1 tempat kaya villa yang nampak kosong, cuman ada 1 penjaga di pos satpam. Begitu masuk, wad ternyata emang beneran villa, lengkap sama pendoponya yang kondisinya bener-bener ga keurus. Villanya punya 1 akses langsung ke antai, d sekeliling villa yang ngadep ke pantai, dipasangin pager. Ga pake basa-basi, saya & temen saya langsung ke pantai buat ambil beberapa foto, dan ternyata pantai yang ini bbagus + ombaknya juga lumayan tinggi banget + lokasinya cocok buat tempat surfing.


View sepanjang Cidaun-Ciwidey 4

View sepanjang Cidaun-Ciwidey 5

Puas foto-foto & istirahat sebentar disini, kita terusin lagi jalan. Ternyata udah ampir jam 12 siang, pantesan aja haus + panas banget. Sambil jalan, sempet foto-foto dulu di jalan, viewnya keren, sayang kalo dilewatin. Ga lama, kita sampe di 1 objek wisata Puncak Guha, sayangnya kesana harus bayar 5000 tapi jalannya jelek banget dah,lumpur semua ampun dah. Jadilah kita skip buat mampir kesini, padahal ini tempatnya bags, kaya tebing yang madep ke laut & udah ada saung-saungnya, sayangnya jalan masuknya udah bikin ilfil. Ahirnya kita muutusin buat bablas langsung ke Pantai Jayanti di Cidaun, Cianjur, jarak dari perpempatan Rancabuaya sekitar 28-30 Km lagi. Hmmm kalo kondisi jalannya sepi banget, lebar & ga banyak rusak sih, bisa cepet nyampenya. Ternyata, view selama menuju Cianjur selatan bener-bener bikin mata seger deh, di sisi kiri kebun penduduk, sawah diujungnya laut selatan, di kanan kadang perkampungan penduduk, hutan, perbukitan, haddeehhh betah deh naek motor lama-lama kalo gini sih hehe.

Sekitar 1,5 jam ahirnya kita masuk daerah Cianjur Selatan & sampailah kita di Pantai Jayanti, fiuuhhh ahirnyaaaa bisa istirahat + ngisi perut + ganti baju jugaaa. Berhubung ini hari libur, jadi Pantai Jayantinya ruameeee... banyak rombongan keluarga & touring yang kesini, tapi masih lebih sedikit dibandingin sama di Santolo tadi. Jadilah kita disini numpang makan siang, ganti abju, lurusin kaki bentar trus ambil foto sedikit trus kita mutusin baut pulang deh, soalnya lumayan cape + ngantuk juga nih gara-gara jalan non stop Garut-Cianjur. Perjalanan sekarang diterusin dengan naek ke arah pegunungan yang tembus ke Ciwidey & saya hafal bener gimana kondisi jalan disini, jadi pergi dari Jayanti jam 2 siang udah bener-bener keputusan yang pas hehe.


Kawah Rengganis, Cibuni, Rancabali, Kab. Bandung

Pelangi di akhir perjalanan

Setelah masuk jalur Cidaun-Naringgul-Balegede-Cibuni-Rancabali-Ciwidey, jalannya sedikit beda sama terakhir kali saya lewat sini April 2011 lalu. Yup, jalan yang rusak parah bangetnya sebagian besar udah diperbaiki, tapi yaaa tetep aja masih ada beberapa titik jalan yang longsor di dalem hutan pertama, lumayan ripuh juga nih ngelewatin hutan yang pertama, tanjakannya berat + jalan bolong-bolong + ada beberapa mobil yang ngalangin jarak pandang kita & susah juga buat disusul. Ahirnya hutan pertama kluar daaaaan ini diaaaa air terjun dari tebing di sisi kanan-kiri jalan mulai keliatan & jumlahnya kalo diitung-itung dari awal jalan sampe naek ke hutan pinus, sekitar 20 air terjun ada. Cuaca mulai mendung, tapi ga ujan, kabut juga belum turun banget, jadi viewnya bener-bener keren, inilah yang bikin saya ga bosen & rela lewat jalur jelek Ciwidey-Cidaun. Setelah berenti sebentar buat ambil foto, sampelah kita di air terjun pinggir jalan yang lumayan tinggi & deres loh. Air terjunnya biasa dipake mandi sama anak-anak desa sekitar dan pastinya gratiiiissss & tanpa trekking haha.

Perjalanan diterusin, kali ini kita udah turun dari bukit pertama & jalan udah muali kebuka, view sepanjang jalan hanya ada sawah di kiri-kanan jalan, sungai di kiri jalan, tebing dengan belasan air terjun di sisi kanan-kiri jalan kepisah jurang + jalan yang punya tikungan, tanjakan & turunan yang sadis pokonya paket kumplit deh.

Dan ahirnya sampelah di jembatan Naringgul, artinya kita udah setengah jalan lewatin jalur ini, bentar lagi bakal ketemu desa & masuk hutan pinus yang jadi perbatasan Kab. Cianjur-Kab. Bandung fiuuhhh jarak 235 Km dri Cidan sampe ke Bandung bener-bener deeeeh baru nyampe segini ajah haha. Ahirnya kita mutusin buat jalan terus tanpa berenti foto-foto soalnya udah mulai mendung banget. Ternyata bener aja, begitu mau masuk hutan pinus, udah mulai gerimis, berenti dulu pake jas ujan daaaan ga lama ujan guedeeee haddeehhh klo berenti disini masih kejauhan & rada serem jga kalo harus jalan pas kabut turun pas di puncak gunung nanti. Ahirnya kita mutusin buat ujan-ujanan lagi sodara-sodaraaaa.... yaaa udahlah yaaa kagok dari pas pergi ujan-ujanan terus, hajar we laaah. Di hutan pinus, berhubung ujan, jadi ga ada kabut, kalo ada kabut lumayan ngeri juga hohoho. Dan ahirnyaaaaa kita kluar dari hutan pinus yang berarti kita udah masuk ke Kab. Bandung horeeee ahirnyaaaa Banduuuung (masih jauh pisan sih sebenernya). Begitu keluar hutan, ujannya pun berenti, hanya gerimis kecil aja, dan jalan pun mulai nanjak lagi + tikungan sadis kearah puncak gunung. Pas dibawah puncak gunung, kita berenti dulu buat foto-foto mumpung kabutnya aga naek sedikit, soalnya kalau lagi ga kabut, view dari sini juara banget deh keliatan full sampe ujung.


Pantai Jayanti siang hari

Motor (tangguh) kita setelah lewatin lebih dari 250 Km

Beres foto-foto, kita terusin jalan & ternyata pas ampir mau masuk ke perumahan Cibuni, ga sengaja liat kaya tempat istirahat pas di tikungan di pinggir jalan, woooo ga disia-siain donk yang kaya gini. Ternyata dari kursi-kursi tadi ada bukit, ga terlalu tinggi sih, tapi posisinya pas banget deh buat liat view disekitar yang udah mulai masuk ke perkebunan teh Rancabali. Lumayan juga ni tangga, masih dari kerukan tanah merah dibentuk jadi tangga, jadi harus hati-hati juga apalagi ini abis ujan. Begitu sampe diatas, wuiiiiiihhhh sejauh mata memandang hanya ada kebun teh, bukit-bukit & puncak gunung ke arah Cianjur sana haddeeehh bener-bener deh manjain mata & nge-refresh otak banget. Disini kita ga lama-lama soalnya udah muali gerimis lagi. Kalau udah sampe sini sih, saya udah ga terlalu takut lagi, puncak gunungnya udah lewat & sukses ga kena kabut tebel di puncak gunung. Rada trauma juga gara-gara terakhir lewat puncak gunung pas udah gelap, kabut tebel banget, motor ga ada lampunya & cuman ber-4 wooow banget deh salah jalan ampir masuk jurang -__-.

Ternyata begitu sampe di pertigaan perkebunan teh-Cibuni-Rancabali, ujan lagi hadeeehhh. Disini saya baru inget kalo ditengah jalan itu ada 1 objek wisata yang dari dulu lewat sini kaga pernah ditengok-tengok, jadi ya udahlah udah skalian disini, kapan lagi balik lagi, bablas aja deehh. Sampe juga di objek wisata yang dimaksud, dan tampilannya beda dari terakhir saya lewat sini. Yup, objek wisata Kawah Rengganis. Dulu waktu pertama kali lewat sini, tulisan "Objek Wisata Kawah Rengganis" hanya ditulis di papan seadanya & ditempel gitu aja, jalan masuknya di portal, ga ada tanda-tanda tempat buat parkir & orang laen disana, jadi ragu hoho nah sekarang, seengganya tulisan "Objek Wisata Kawah Rengganis" nya udah ga se-mengkhawatirkan kaya dulu saya lewat sini pertama kali tahun 2009 :D Setelah tanya-tanya masuk berapa, ada apa aja, & jarak dari gerbang ke kawah 1/2 Km, ahirnya deal kita ber-4 masuk kesini, Yippiii babat abis semua objek wisata ini mah judulnya hahaha. Ternyata begitu masuk, jalannya dudah menegrikan, saya sih mending jalan dulu ajah sampe tikungan. Ternyata kondisi jalan masih ga menunjukkan tanda-tanda membaik, tapi ahirnya saya naek motor aja deh daripada lama, soalnya jalannya nanjak.

Bener-bener deh jalannya, keciiiiil, batu-batu + lumpur, kanan jurang, kiri tebing kebun teh, jalan raya yang tadi kita lewatin keliatan jelas dari atas sini, ya ampuun aslilah baru tau ada jalan kaya gini ke arah sini. Ahirnya sampe juga di parkiran, ga terlalu gede sih parkirannya, kawahnya pun ga terlalu gede. Tapi cukup menarik dengan view tebing-tebing full kebun teh disekelilingnya. Sayangnya masih gerimis juga pas nyampe sini. Di Kawah Rengganis ini, ada 5 pancuran dari 1 sumber tapi tiap pancuran punya tingkat panas yang beda-beda & bener aja makin ke kanan urutannya, makin panas, hanya kuat sampe pancuran no 4 -___-. Sayangnya ga bisa eksplore terlalu jauh kawahnya, kawahnya masih luas ke arah atas & harus sedikit nanjak sih, tapi berhubung dah sore banget, jam 5, gerimis, hp mati, takut knapa-knapa juga klo kemaleman nyampe rumah hehe Sampe pas mu pulang pun masih gerimis juga haddeehhh tapi gerimisnya ada mataharinya, wuaaaah kalo gini mah curiga ada pelangi. Saya mutusin buat jalan kaki aja deh dari parkiran ini entah sampe mana, soalnya sekarang jalannya nanjak & licin banget pastinya. Jalan kaki sambil dikasih view kaya gini sih bayaran yang setimpal ama cape+becek-becekannya plus ternyata ada pelangi, ga tanggung-tanggung, 2 sekaliagus & yang 1 pealnginya ampir ngebentuk lingkaran, soalnya pas didepan jalan yang saya lewatin, matahari nongol dri balik awan & siap-siap buat turn lagi ke balik bukit, beeuuuhh view keren dia khir perjalanan.


Foto dulu di jalur Garut-Cianjur

Kluar dari Kawah Rengganis udah sekitar jam set 6an, basah kuyup lagi, lapar, ngantuk, cape tapi perjalanan masih panjang, apalagi harus ngelewatin daerah Soreang-Katapang-Sayati yg pasti muaceeett apalagi abis long weekend gini huhuhu sabaaar. Sampe di Ciwidey, masih gerimis, tapi begitu ampir nyampe Soreang, kering kerontang, haddeehhh kaya apa aja ini pake-pake jas ujan. Tujuan pertama adalah nganterin 1 temen saya di Rancamanyar, Soreang, begitu beres karna 1 dan lain hal, saya jadi bawa motor sendiri ga dibonceng lagi, hueeeww nyetir motor di daerah ini, malem-malem dengan kondisi fisik & konsentrasi yang udah tinggal sisa-sisa hmmmmm berdoa sajalah. Ternyata bener aja, begitu pegang motor, aga-aga ga enak motornya gara-gara ngehantem jalan super jelen selama perjalanan, kondisinya jadi kaya waktu pas pulang dari Ujunggenteng haddeehh parah parah. Ahirnya dengan sisa-sisa tenaga & konsentrasi harus ngelewatin macet di Cibaduyut, debu, badan menggigil banget gara-gara abju basah semua, ngantuk, lapar, motor ga enak, baru pertama bawa motor ke jalan terkutuk sini, pake acara motor mati pula di pertigaan Rancamanyar-Sayati-Cibaduyut ggggrrrrr. Ahirnya sampe juga ke perempatan Sukarno-Hatta, artinya dari sini jalanan udah lebar, tinggal lurus & yang pasti saya udah hafal medannya fiuuhh. Tiap berenti di lampu merah, badan menggigil, rasanya pengen cepet-cepet nyampe rumaaaaaah, dan ahirnya jam 9an nyampe juga di rumah, langsng mandi-keramas-makan-istirahat.....

Daaaan selesai sudah touring saya ke Garut Selatan & Cianjur Selatan.... Terimakasih banyak buat semuanya, maaf kalo ada salah & ngerepotin


Full team 1 Gunung Geder

Full team 2, ga tau nama pantainya

With my best partner

With my best partner 2