Dya Iganov

Senin, 09 Januari 2012

TRIP 2011

TRIP SELAMA TAHUN 2011


29-30 JANUARI 2011 Hiking Riweuh + Nekat Burangrang


Sebelum pendakian di Pos Lawang Angin


Yup, hiking pertama kalinya yang bener-bener hiking masuk hutan. Rencana mau pergi ngajak temen-temen HMPL, dari sekian banyak yang diajak, ahirnya di hari H cuman ber-4 yang ahirnya berangkat. Di hari keberangkatan masih juga dirempongin sama urusan nganter TA saya ke pembimbing, ambil tenda, minjem kompor + alat-alat masak, packing, belanja makanan. Dan sialnya sampe jam 11 siang, kompor masih belum dapet, dan ahirnya diputusin buat bikin kompor dari kaleng minuman sajaaah sodara-sodara, dan ahirnya kita pun pinjem panci ke salah satu temen HMPL 2006. Berhubung dadakan, jadi kita harus nunggu panci dulu diambil sama temen yg ikut pendakian. Ternyata eh ternyata entah gimana ceritanya kita malah dikasih katel sodara-sodaraaaa. Ya udahlah yaaa udah mepet waktunya.

Sambil nunggu panci, kita sempet makan siang + beli spirtus dulu. Jam 1 siang barulah berangkat ngeteng naek 3x angkot sampe di gerbang Komando. Karena kita ga tau klo naek ojek berapa & bawa uang pas-pasan banget ahirnya kita pun jalan dari gerbang Komando sampe Pos Lawang Angin. Sempet-sempetnya berenti dulu numpang ke WC di rumah penduduk & nyampe pos Lawang Angin jam set 6.Berhubung ga tau apa-apa kita ke pos Lawang Angin & bilang mau camp di Situ Lembang dengan ga ngerti Situ Lembang itu sejalur ama jalur pendakian atau ngga. Dan ahirnya kita pun kena ceramah panjang lebar tentara yang jaga. Setelah tau maksud kita, ahirnya kita diijinin naek ke Burangrang tanpa ke Situ Lembang dengan ninggalin KTP & bayar sumbangan seadanya. Kayanya tampang kita ber-4 bener-bener kaya anak ilang waktu itu. Ahirnya kita mulai pendakian dan udah ampir magrib. Rasanya belum terlalu lama jalan, kita mutusin buat camp di tanah datar yang ga tau deh posisinya berapa lama lagi ke puncak.

Beres buka tenda, langsung masak dengan kompor buatan dari bekas bolot minuman jadi kompornya, robekan kemeja yg jadi sumbunya, sendok makan yang jadi pengaduknya, katel, masakan pertama yg dibuat adalah mie, trus masak nasi, trus kornet di katel yg sama haddeehh. Giliran mau tidur, ga bawa SB, cuman pake matras, jaket, kaos kaki, senter seadanya, dan kita pun tidur jam 7, bangun jam 12, makan, tidur lagi, jam 4 bangun packing, lanjut jalan. Ternyata belom lama jalan, ujan deres, kepaksa berteduh sampe langit lumayan ternag. Ahirnya maksain naek ujan-ujanan dan hanya sampe di tanah datar berikutnya soalnya ada 1 temen yg mu pergi ke Jakarta & ga mungkin kekejar kalau kita ke puncak. Ahirnya jam 7 pagi kita turun tanpa sempet sampe ke puncak, malahan kita aja ga tau dimana posisi kita berenti. Hiaaaah harus diulang nih pendakian Burangrang laen waktu.


Situ Lembang di pagi hari dari Puncak Burangrang

4-6 MARET 2011 PENDAKIAN NANJAK CIKURAY


Gunung Ciremai di kejauhan

Ini baru bener-bener pendakian yang asli. Setelah cari-cari info tentang Cikuray, dan ternyata ampir semua yang ditanya bilang klo Cikuray itu berat, nanjak 6 jam ga ada bonus, dengkul ketemu jidat, dingin banget diatas, dll. Weddeehh sempet ciut juga, tapi penasaran juga, dan ahirnya ngikut deeeh. Ternyata bener aja begitu pendakian dimulai, dari awal masuk kebun teh, jalannya udah nanjak aja, sampe ujung ladang-hutan pun tetep nanjak, masuk hutan pun nanjak dan disambut sama trek akar pohon yg harus kita sedikit panjat, soalnya jaraknya tinggi ckckck bener2 deh ni dengkul diangkat banget. Daaan selepas makan siang ujan gedeeee kepaksa berteduh dulu. Ujannya ga berenti-berenti, ujan kecil biasa, ahirnya kita mutusin buat terus naek ujan-ujanan soalnya kalo ga jalan bisa-bisa sampe puncaknya malem banget. Hadddeeehh yahud banget deh manjat-manjat akar pohon selama 5 jam diguyur ujan pula.

Ahirnya kita mutusin berenti di puncak bayangan & bangun tenda disitu. Begitu smape begitu ujan berenti, ampir magrib, anginnya guedeeee banget, bikin badan menggigil, mati rasa, kesiksa banget deh. Lepas magrib ga pake basa-basi langsung tidur ga pake makan malem. Besok paginya dengan sedikit males2an summit ke puncak, dan ternyata lumayan jauh juga. Tapi semuanya kebayar sama view di puncak yang lagi cerah, keliatan deh semua-semua yg ada di bawah, yaaa biar ga dapet view lautan awan, gpplah, keren looh. Perjalanan turun juga lumayan bikin kaki sakit, nunggu ojek, makan baso kampung sambil nunggu jemputan angkot,berendem aer panas di Cipanas (ga ikut) langsung balik ke Bdg udah cape banget.


Full team di pemancar

25-27 MARET 2011 TRIP IMPIAN 1: KRAKATAU


Anak Krakatau

Dari sekian banyak tempat yg masuk List Prioritas, Krakatau masuk dan bener2 ga nyangka bisa kesini. Dimulai dari ajakan temen di grup yg katanya cuman dibates 5 orang aja. Dan ahirnya kekumpulah 5 orang yang 4 diantaranya belum pernah trip bareng, bener-bener komunikasi lewat message + sms. Sampe menjelang hari H, 2 orang batal, dan menyusul temen yg nawarin pun ikutan batal, weekksss. Tinggalah ber-3 dan menurut info, total yg ikut ada 20 orang lebih. Wooow, abstrak semua ga ada yg kenal, modal nekat deeeh. Janjian di Pelabuhan Merak, waduh, belom pernah ke Pelabuhan sendiri. Ahirnya transit dulu di rumah Kakek di Serang, jam 1 malem ke pelabuhan & ketemu sama 1 orang temen yg udah janjian sebelumnya & langsung gabung sama yg laen. Hmmm pertama kalinya ke pelabuhan sendiri, nyebrang tanpa bawa kendaraan, malem2 buta, sama sebagian besar orang yg belom pernah ketemu sebelumnya.

Pertama kalinya juga nginjekin kaki di Lampung lagi setelah pas umur 3 taun ke Lampung, entah dimananya, ga inget lagi. Pertama kalinya ikut trip laut, sedikit aga bego juga ga tau harus ngapain :D, pertama kalinya naek motor ugal-ugalan tengkep 3 di Pulau Sabesi dengan kondisi jalan motor yg cuman jalan setapak, motor tanpa rem belakang, rangka udah dipretelin weeew. Dan ahirnya merasakan ombak laut di Selat Sunda yg ganaaas bikin pada jackpot, ujan gede di Krakatau, tidur pingsan selain gara2 mabim. Tidur dari jam 7 malem-5 subuh tanpa makan malem. Begitu pulang ke Bandung di hari Senin subuh, Senin siang dapet kabar klo udah kluar jadwal sidang pembahasan. Doeeeennkkk....


Nunggu sunset sambil foto keluarga di Gosong Seng, Pulau Sabesi, belum full team

9-10 APRIL 2011 PENDAKIAN GEDE, PENDAKIAN MASSAL PEMANASAN RINJANI


Suryakencana, view ke arah Gunung Salak

Ahirnya seminggu setelah sidang pembahasan, langsung ngabur naek gunung. Naek gunung kali ini pertama kalinya juga naek gunung yang pesertanya ampe 20 orang buseet deeeh. Dan buat pertama kalinya lagi ga pergi sendiri dri Bdg. Nanjak gunung yang ga pake jogging dulu, pertama kalinya juga naek gunung ketemu Edelweiss (haddeehh). Pendakian paling rame orangnya, paling seru ceritanya, paling asik orang-orangnya, paling oke tempatnya.


Full Team under the blue sky of Suryakencana

22 APRIL 2011 TRIP 1 HARI DARI GUNUNG KE PANTAI


Pantai Jayanti, Kec. Cidaun, Kab Cianjur di sore hari

Berhubung bentrok sama TA & udah nge-trip di minggu-minggu sebelumnya, jadilah rencana nge-trip di weekend ini ke Pantai Sawarna dibatalin. Sedikit kesel & gondok juga sih, suntuk. Ahirnya seperti biasa dari obrolan ngalor-ngidul di chat sama beberapa orang, jadilah kita ber-4 hunting foto sajah di jalur Ciwidey-Naringgul. 2 motor, 4 orang. 1 orang gugur gara-gara masih ngantuk :D. Ngantuk sangat, cuaca panas. Ahirnya sampe di pertigaan pabrik teh-Cidaun, foto-foto sebentar, langsung terus ke puncak gunung. Ternyata oh ternyata kabutnya udah turun, jadi ajah ga keliatan deh view ajib ke jurangnya. Dan ada yg nanya klo jalan ini diterusin kemana, begitu dijawab ke pantai, langsung aja pada mau bablas hue he he Dengan modal nekat & berenti sebentar buat foto di sungai, numpang Solat Jumat di Masjid kecil yg punya view ajib ke arah tebing2, jalan sepi, bener-bener tenang deh, suasananya desa banget.

Ga nyangka 3 kali lewatin jalur ini ahirnya nyampe juga ke pantainya, nginjekin kaki di pasir pantainya. Yaaa biar cuman sebentar & dengan batre kamera SLR yg mu abis, riweuh ngatur settingan SLR yg dipinjemin temen, ahirnya dapet deh foto-fotonya biar dikit juga. Begitu kamera abis, jam 4 sore cabut pulang ke Bandung. Sempet deg-degan juga soalnya pas ditengah jalan ada beberapa orang yg aga mencurigakan, yah, maklum katanya daerah selatan ini masih rawan kejahatan. Ternyata motor temen baru ajah turun mesin, ga bisa terlalu dipaksa, lampunya pun redup, walhasil nyampe hutan pinus udah gelap. Waduh jangan sampe deh kejadian taun 2009 keulang lagi huhuhuhu. Dan bener ajah, pas sampe di puncak gunung udah gelap, kabut tebeeel banget, motor temen yg 1 udah duluan, jadilah naek motornya pelan-pelan ngandelin sinar lampu yg cuman jarak beberapa meter aja, salah jalan, ampir masuk jurang, ketemu bapa-bapa pulang mancing naek motor sendirian & tiba-tiba ajah berenti di pinggir jalan di puncak gunung, kabut tebeeel banget, gelap, sepi, hiaaaah sedikit khawatir juga sendirian ditempat kaya gini, tapi aneh juga hueeeh. Pas nyampe Katapang, muaceeet paraaaaah gara2 bubaran Persib (sial ga tau klo ada Persib) + ujan gueedeeee buangeeet.


Full team @ Pantai Jayanti, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur

Full team @ jembatan Kec. Naringgul, Kab. Cianjur

6 MEI 2011 MALELA 1/2 JALAN


Road to Malela, stop right here & turning back to Bandung

Lagi-lagi trip spontan gara-gara chat ngalor-ngidul, kali ini yang dipilih Curug Malela yg waktu itu masih merangkak booming. Dengan modal nekat pergi ber-2, ga tau jalan, ga tau kondisi jalan, ga bawa bekel makan yg cukup, uang seadanya, brangkatlah kita ber-2 ke Curug Malela. Lepas Cililin aga-aga stress juga bener apa ngga ni jalannya ko ga nyampe-nyampe yah?? mana sepi banget lagi, jalannya jelek banget, kanan-kiri jurang, hutan, ladang, jarang rumah-rumah penduduk. Tapi begitu sampe di pertigaan Rongga-Gununghalu-Cianjur, kita nanya sama tukang ojek, bener katanya & kita lewat ke jalur yg ke arah Cianjur.

Sampe di pertigaan nanya lagi katanya jalannya belok ke kanan. Tapiii begitu udah belok ko jalannya makin lama makin kecil & lewat pematang sawah??? Ditambah lagi pas bubaran anak SD, jadi ajah jalannya rebutan ama anak SD, mana takut kejebur ke sawah pula. Begitu udah smape di kampung di ujung pematang sawah, ternyata jalan ke arah Malelanya ditutup, lagi di semen, jadilah kita muter balik ke pertigaan yang gede dan ditunjukin jalan ke arah Rongga. Diujung jalan, jalan kebagi 2, yang 1 ke perkebunan teh, yang 1 kearah Rongga. Untung disini ada papan penunjuk jalan ke arah Malela. Tapi ko jalannya adhai begini yah?? hahaha Begitu masuk perkebunan, jalannya makin parah, batu-batu gede yang udah bolong-bolong diganti tanah merah. Berhbung lagi puncak-puncaknya musim ujan, jadilah jalanannya lumpur semua... dan saya pun turun dari motor, tanjakan berat, lumpur, batu-batu gede kayanya mendingan turun & jalan kaki takut motornya jatoh. Tapi berhubung udah siang, ga jelas masih berapa jauh lagi, udah mulai mendung, takut terlalu sore di jalan perkebunan, ahirnya di pertigaan entah dimana, kita mutusin buat muter arah & pulang. Ya sudahlah kapan-kapan lagi sajah ke Malelanya dengan massa yg lebih banyak, Yang sekarang anggep aja survey. Bener aja, begitu mau kluar Batujajar, ujan gedeeee. Hueeeeh


Partner touring nekat

Mariii jalan kaki becek-becekan lumpur

4-5 JUNI 2011 TRIP IMPIAN 2: UJUNGKULON


Pantai Pulau Peucang, Ujungkulon, Banten

Trip ini juga ga sengaja nemu dari tag foto di temen, yang ternyata fotonya nawarin trip ke Ujungkulon, wah ga pikir panjang, langsung add yg punya album foto, setelah di confirm langsung deh tanya-tanya seputar tripnya. Berhubung PP nya gambar orang Baduy, saya kira lebih tua dari saya, udah bapa-bapa, eeeh ternyata pas udah ngubek-ngubek fbnya, cuman lebih tua 1 taun dari saya & di Bandung pula hahaha ya udahlah ga banyak ini-itu langsung datengin kasih DP sambil ngobrol-ngobrol. Berhubung ini tripnya nemu sendiri, jadi asli smaa sekali ga ada yg kenal. Ahirnya saya mutusin buat ngajak 2 orang temen saya yg kmaren ikut ke Krakatau & fix ikutan. Fiuuhhh ahirnya ga sendiri banget. Tapi tetep aja pas pergi ke Banten sendiri.Temen saya sewa mobil dari Bandung ke Pandeglang & saya numpang ama dia. Ternyata temen-temennya pada nebeng pulang dari Bandung, jadilah mobil penuh & saya cwe satu-satunya diantara cwo-cwo asing dengan bahasa yang ga terlalu ngerti juga. Perjalanan malem Pandeglang-Sumur pake mobil pribadi lumayan juga, tapi yang ga nahan itu jalannya... sepanjang jalan lepas dari Saketi ke Sumur bener-bener rusak paraaaah. Sempet berenti bentar di pasar buat beli ikan + ayam, tapi gagal. Jemputin rombongan yg pake elf yg salah turun, istirahat sebentar sebelum nyebrang ke Pulau Peucang. Hmmm ga nyangka jga bis anyampe Ujungkulon yang sebelumnya cuman tau dari cerita-cerita & foto-foto temen yg nge-trip.

Trekking hunting sunset yang sedikit 'drama' duuh tanteee tanteeee -___- trekking pulang yang lewatin hutan penuh pohon beringin tua, gelap, ujan gede pula, nyampe penginepan, ujannya reda, sial banget dah hahaha. Ujan lebat semaleman di Pulau Peucang, trekking ke Pantai Tanjung Layar, perjalanan pulang Sumur-Pandeglang-Serang-Bandung semaleman tanpa tidur!! Pulang ke rumah langsung pingsan, tidur dri pagi-sore baru bangun


Full team Ujungkulon

22 JUNI 2011 MAEN MAMPIR SURVEY


Full team 1 @ Cibogo Waterfall, Kebun Raya Cibodas, Bogor

Niatnya sih mau nemenin temen survey bat TA, kebeneran lokasinya di daerah puncak, jadi yaaa dengan sangat senang hati nemenin dia. Awalnya sih mau b'2 aja pake motor, tapi ahirnya jadi ber-5, dengan formasi 4 cwe + 1 cwo. Mobil + supir dibayarin temen yg mau survey, pokonya kita semua super kere di hari itu, hanya modal nekat & bareng-bareng, kita cuuus dri Bdg jam 8 pagi menuju Puncak, tepatnya Cipanas. Tapiiii ternyataaaa lokasi survey & yg harus disurvey sih ga seberapa, ahirnya ya kita maen ajah. Pertama-tama kita ke Taman Safari. Eiiittsss jangan salah, kere-kere gini bisa looh kita ke Taman Safari, tapi yaa cuman ampe gerbang awal doank, ga sampe beli tiket hahaha. Dari situ kita ke (lupa namanya), satu tempat wisata keluarga yang ditata rapih kaya taman-taman & diujung treknya langsung nyambung ke kebun teh. Beres foto-foto, kita melancarkan ide gila pura-pura syuting FTV yg hasilnya udah dipastikan GAGAL!! Putus asa sama pura-pura syuting ftv, kita coba bikin iklan, dan lagi-lagi gagal pemirsaaaa!! Tadinya mau bikin iklan produk 1 minuman kemasan, eeehh yg ada malah ngelenong hahaha ga bakat jadi artis. Putus asa + sakit perut gara-gara ketawa terus gagal bikin iklan, batre kamera pun nyaris abis. Kamera yg 1 memory cardnya full jdi harus di hapusin dulu, ahirnya kita mutusin bat Solat dulu di masjid di puncak yg pasti semua orang pada tau deh.

Beres solat kita cari makan di sekitar Kebun Raya Cibodas,dan dapet warung nasi murah meriah tapi makanannya enak bangeeet. Beres makan, kita masuk ke Kebun Raya Cibodas, tapiii buset itu tempat penuh banget. Rencana awal sih mau trekking ke Air Terjun Cibeureum, yang ada di jalur pendakian Gede-Pangrango, tapi apa daya, gara-gara tempatnya penuh banget, jadi bingun & rempong & ahirnya malah masuk ke Taman Sakura & puas2in foto disitu smape menjelang Magrib, sampe kamera abis batre, sampe memory card udah ga ada lagi yg bisa dihapus. Survey 1 hari yang sangat menyenangkan, teman.


Full team 2, the girls

29 JUNI TRIP UGAL-UGALAN KE GUNUNG PADANG + CURUG CIKONDANG


Curug Cikondang

Situs megalitikum Gunung Padang

Dimulai dari bangunin orang-orang jam 4 subuh, jemput temen & nganter sampe ke Samsat, ngebut ke kampus abis Solat Subuh, nyampe kampus pas jam 5 subuh & ga ada siapa-siapa, di tlp, ga pada diangkat, padahal pas jam set 5 ada 1 orang yg nyaut & bilang udah bangun & mau sarapan dulu, tapi ampe jam 6 ga ada satupun yg nongol frustasiiiii. Sampe ahirnya jam set 6 lebih baru ada yg nongol 1 & tempat janjian dirubah ke pom bensin Pasteur. Pasteur uah mulai macet, ugal-ugalan gimana caranya nyampe Cianjur jam 7 soalnya ga enak ama rombongan dari Jakarta yang udah nyampe dari jam 2 subuh hoho.

Jam 7 pas sampe Cianjur, sarapan, jam 8 cabut ke Gunung Padang. Berhubung pake motor, jam 10 kita udah sampe di parkiran situs, tapi ternyata rombongan yg pake angkot nyasar & baru nyampe jam 12. Beres foto-foto di Gunung Padang, lanjut ke Curug Cikondang lewatin trek batu di perkebunan teh. Berhubung ga tau jalan, tiap ada persimpangan kita nunggu orang lewat dulu & ahirnya jam 4 sampe juga di Curug Cikondang. Berhubung udah sore banget, belom makan, ga ada tempat makan, mendung parah, kita mutusin buat pulang. Tapiii baru beberapa meter dri parkiran ujan guedeee banget sodara-sodaraaa... basah total lah yang pake motor. Ternyata jalur kebun teh ini nyambung ke jalan desa & keluar di persimpangan di jalur ke arah Cianjur selatan, tepatnya jalur Cibeber-Sindangbarang. Magrib ahirnya merapat di RM Padang di deket Terminal Pasir Hayam, jam set 7 malem pisah sama rombongan Jakarta, dan lagi-lagi baru beberapa meter pisah udah kena ujan guedeee lagi. Berteduh dulu di pemadam kebakaran sampe reda, lanjut lagi tapi ujan lagi, kali ini hajar ajah & ahirnya nyerah & mampir isi perut di warung kopi terdekat yang isinya cwo semua & serem-serem pula. Beres makan + ngobrol ngalor-ngidur error, lanjut pulang ke Bandung. Sampai rumah lagi jam set 10an.


Full team trip Gunung Padang & Curug Cikondang

1-3 JULI 2011 TERTATIH MENUJU PUNCAK TERTINGGI DI JAWA BARAT


Kawah Ciremai

Dimulai dari rempong janjian di kampus sama temen yg rumahnya di Cimahi sana sampe-sampe ketinggalan bus Damri terakhir ke Kuningan dan ahirnya pake bis ke Cirebon dulu. Brangkat menjelang magrib kena macet di Ujungberung-Tanjungsari. Nyampe terminal Cirebon carter angkot & mang angkotnya dengan baek hati nganterin ke tempat Nasi Jamblang di terminal, mampir di mini market & nganterin sampe basecamp Linggarjati. Jam 12 sampe basecamp, tidur, jam 3 bangun ke wc & ternyata wc penuh sama katak pohon, jadilah saya & 1 temen saya nyari wc ke Masjid di permukiman penduduk, tapi nihil & ahirnya numpang di rumah pendaki & kebeneran ada yg baru turun dri Ciremai. Jam 8 rombongan Jakarta nyampe, dan resmi sudah jadi perempuan satu-satunya di pendakian kali ini.

Jam 9 berangkat, belum juga nyampe pos 1 udah ngos-ngosan, kaki pegel. Sampe pos3 fisik terus turun, abis makan siang kebagi 3 kloter & udah pasti saya di kloter paling lelet. Ahirnya kloter 2 camp di sanggabuana 1 & saya camp di Batu Lingga, kloter cepet camp sesuai itin di Pangasinan. Nyampe Batu Lingga jam 8 malem, brangkat lagi ke puncak jam 8 pagi, ahirnya nyerah juga di Pangasinan jam 12 siang, panas, trek kebuka, pasir, dehidrasi, nyampe puncak jam 1 siang. Jam set 3 turun lewat Palutungan.

Lagi-lagi kebagi 3 kloter, kloter 1, kloter buru-buru biar nyampe kantor cepet, kloter 2 kloter lumayan cepet, kloter 3, kloter hore. Nyampe basecamp Palutungan jam set 2 subuh. Trek yang panjang ga ada ujungnya, bikin emosi. Turun dri Palutungan jam 4 & harus kejebak macet dri Cadas Pangerang-Cicaheum & ahirnya sampe Bdg jam 12 siang hari Senin pheeeww. Bener-bener ogah deh balik ke Ciremai lagi


Full team @ Puncak Ciremai, cwe satu-satunya :p

25-29 JULI 2011 PERTAMA KALINYA NGINJEKIN KAKI DI TANAH BORNEO


Samping Sungai Martapura, Banjarmasin

Tawaran jadi surveyor tentang 1 proyek ke Kalimantan, tepatnya Banjarmasin selama 5 hari hanya ber-2 ajah, wooow!! Bener-bener pengalaman serba pertama disini. Pertama kalinya ke Kalimantan, nyari hotel sendiri, nyari alamat sendiri, ngitung pengeluaran, bikin rencana survey sendiri. Mulai dari nyari hotel sampe 3x gagal, muter-muter cari atm, jalan-jalan ga jelas cari penginepan lebih murah, jalan kaki malem-malem gara-gara ga tau kendaraan. Bolak-balik ke Pelindo gara-gara perijinan yang geje, gagal ke ADPEL gara-gara orang-orangnya pada ga ada, keluyuran di Martapura, ketemu sesama planologi (Unisba) di Dishub Kota Banjar Baru, foto-foto di Masji Agung Banjarmasin, pinggir Sungai Martapura, pindah hotel ke yang lebih terjangkau & dapet lokasi yang oke, jalan malem-malem nyari pulsa, makan roti bakar teeerrrr-lama & muahal di Banjarmasin. Ngerasain panasnya Banjarmasin, denger logat & bahasa yang ga kita ngerti ampir selama 5 hari, muter-muter survey di Banjarmasin dengan mobil tanpa AC (ACnya rusak & ga ada mobil buat gantiin) bolak-balik ke pelabuhan yang panas & berdebu. Pengalaman kerja yang menyenangkan.


Just the 2 of us, Megawomen Kuning & Megawomen Ungu

31 JULI 1 DAY TRIP TER-REMPONG SANGHYANG TIKORO, SAGULING


Sungai purba Sanghyang tikoro

Dimulai dari kopdar grup di hari Sabtu sambil ngurus-ngurusin lamaran kerja, nongkrong di Cartil sampe jam set 12, besok paginya udah ngacir ke rumah temen yang jadi meeting point. Pergi kesiangan gara-gara nunggu 1 orang temen yang geje, debat jalur keluar Bandung yang berujung muter-muter banget buat kluar Bandung, kena macet di Padalarang, waktu mepet, rombongan motor & mobil kepisah gara-gara miskom & sempet buang-buang waktu disini Start trekking jam 1 siang tpi paling telat jam 3 udah harus cabut ke Bandung buat ngejar kereta ke Surabaya jam 7 malem weew. Ternyata rencana sedikit berantakan dengan sedikit rariweuh + rempong, baru kluar dari Saguling jam set 5, dan walhasil ngebut ugal-ugalan dari Saguling ke rumah & sukses sampe rumah jam 6 kurang 15 + sempet mandi dulu dan ahirnya rempong packing buat survey berikutnya ke Gresik fiuhh.

Tripnya sendiri ahirnya kebagi jadi 2 kloter, kloter 1 yang treking terus sampe ga bisa trekking lagi gara-gara lumpur, kloter 2 yang cuman sampe tempat saya survey & udah balik lagi ke PLTA sekitar jam 4an. Ahirnya temen-temen yang laen keluar dari Saguling setelah Magrib & lanjut nongkrong di Jalan Riau sampe jam 10 malem.


Full team perdana P24 @ Bandung

1-5 AGUSTUS 2011 SURVEY + MAEN-MAEN DI JAWA TIMUR


Ga sengaja nemu objek wisata di jalur Pacet-Batu, Jawa Timur

Sunset @ Tanjung Kodok, Lamongan, Jawa Timur

Survey lokasi ke-2 yang bener-bener beda dari lokasi pertama. Disini kita ketemu temen yang bener-bener baeeeeekkk, nganter kemana-mana pas survey, maen-maen ke Surabaya, rentalin mobil, jalan-jalan keliling dari Pacet-Batu, berenti-berenti foto-foto pinggir jalan sampe ga sengaja nemu coban yang lumayan bagus. Trekking di kala puasa, cerita ngalor-ngidul di mobil, maen-maen di BnS, buka puasa yummy di BnS, nyasar-nyasar di Malang, lanjut ke Suramadu numpang lewat doank, sampe Gresik lagi pas Sahur. Besoknya langsung hajar maen ke wbl Lamongan siang bolong pas puasa tapi sama sekali ga kerasa lapar, haus, atow lemes, yg ada fun, malahan telat buka puasa gara-gara lewat jalan yang bukan jalan utama. Muter-muter di pasar kuliner Lamongan nyari makanan yang dicari tapi ga ada.

Surveynya sendiri dihajar 3 hari beres dengan masih ada sisa waktu buat maen-maen ke Surabaya. Mondar-mandir di kantor pengusaha Pelra di Pelabuhan Gresik yang panas tengah hari di kala puasa, diboongin pengusaha bilangnya ga ada, padahal ada, ditolak wawancara setelah nunggu 2 jam, wawancara borongan, dikira anak SMA sama salah satu pengusaha Pelra, orang-orang ADPEL yang rese, orang-orang Pelindo yang baek-baek, rela macet-macetan sore-sore di Pelabuhan Tanjung Perak ditengah-tengah truk peti kemas buat nyari data tapi ternyata salah jalan & baru berhasil besoknya. Hari terakhir dianter ke stasiun & sedih juga pisah sama temen yang udah baek banget nagnter-nganter, maen bareng & bantuin kita selama survey, entah kapan bisa ketemu lagi.


Just the 3 of us.... Makasih banyak bangeeet Mas Debby

8-12 AGUSTUS 2011 SURVEY SAMBIL MAEN DI BALI


Buka puasa @ Jimbaran

Gunung Batur, Kintamani

Survey kerjaan @ Pantai Sanur, what a job!! :D



Denpasar from the top

Upacara Larungan

Tanah Lot

Danau Bratan & Pura Ulun Danu

Kali ini surveynya sendiri lagi tanpa dibantu temen, tapi semuanya lumayan lebih gampang dibandingin waktu di Banjarmasin yang serba blah-bloh, nyoba semua moda transportasi dari kereta, kapal, bus, mobil rental, taxi, pesawat, insiden mobil keserempet & ditabrak dari belakang, supir yang aga-aga ga nyambung, debat ama supir, jalan-jalan nyolong-nyolong waktu disela-sela survey, yang disurvey ternyata sebagian besar udah aga ada datanya, jadi punya banyak waktu kosong buat jalan-jalan. Tapi ternyata ngedadak harus pindah lokasi & ngulang survey dari awal dalam waktu 1,5 hari & untungnya setelah cek sana-sini, ahirnya ga usah & ahirnya punya waktu bener-bener bebas 2 hari full. Belanja oleh-oleh yang ga abis-abis & untuk semua orang, Pondok Hasan yang ada diujung tapi nyaman, makanan yang serba mahal, bingung cari makanan buat sahur & buka, porsi sahur 2x lipat, bingung nentuin waktu Imsak & Bukam susahnya nyari tempat Solat klo lagi survey, godaan Sup kepala Ikan di Sanur di siang bolong, godaan buka puasa sore-sore gara-gara makanan di Kintamani. Macet-macetan lewat jalan tikus buat ngejar ke Bandara dari Tanah Lot, ketemu rombongan mobil Gubernur yg hupir di tengah-tengah macetnya jalur utama ke Bandara, buka puasa ber-2 ajah di Jimbaran, kaya anak ilang, pisah sama Pulau Bali & selesai juga serangkaian survey & pengalaman ugal-ugalan kita ber-2 di Bali.


Always 2 of us, Megawomen Kuning & Megawomen Ungu

20-21 AGUSTUS 2011 KEMPING CERIA PAS PUASA DI SUMEDANG


Sunrise from KAS Sumedang

Seminggu setelah pulang dari survey, langsung hajar kemping ceria di KAS Sumedang. Nah, klo Sumedang sih, kita yg dri Bandung lebih milih buat pake motor sajah ke Sumedang. Dengan rempong bawa bahan makanan + ta'jil buat buka puasa, macet dari Cileunyi-Tanjungsari, panas, ngantuk, lemes, nyalip truk ahirnya jam set 5 nyampe jga di Alun-alun Sumedang Tim kebagi 2, yg carter angkot & tim motor. Perjalanannya 1 jam & viewnya keren, ada 1 tanjakan berat yg bikin saya & temen saya harus turun dul dari motor gara-gara ga kuat nanjak. Niatnya bakal kemping (tidur di tenda), eeeh malah kebablasan tidur di pondok, udah enak & males pindah sih hehehe. Acara geje dari abis buka puasa, ada yg trekking geje sambil nunggu 1 temen yg nyusul dari Bandung, ada yg ngobrol-ngobrol aja di pondok ada yg nntn bola, ada yg udah tetep sama pendirian pertama, tidur di tenda jadi abis buka puasa langsung ngacir ke tenda.

Beres trekking, ada yg langsung tidur, nntn tv, maen UNO geje sampe jam 1. Jam 1 cwe-cwe masak-masak buat sahur, sahur bareng-bareng yang dilanjut trekking geje & foto-foto gila sampe cape. Pulangnya kepisah 3 rombongan, panas-panasan & ngantuk-ngantukan di jalan pulang ke Bandung. Kata siapa kalo lagi pasa ga bisa nge-trip, asal diatur & dipilih tempat & acara yg sesusai bisa pergi tanpa ngerusak pahala puasa, hati senang, otak fres, puasa lancar.


Full team Kemcer Puasa @ KAS Sumedang

14 SEPTEMBER 2011 TREKKING HUNTING REFRESHING DAGO PAKAR-MARIBAYA


View di jalur trekking Dago Pakar-Maribaya

Trekking buat refresh otak yang ngebul dipake maraton nyiapin syarat yudisium sekaligus hunting foto bareng temen-temen baru lagi. Hanya ber-5 tapi seru, heboh & gilanya ga berkurang. Sayangnya kita trekking pas lagi musin kemarau, jadi begitu sampe Maribaya, debit airnya ga terlalu gede, tapi hunting tetep dapet. Jadi anak Indomie buat 1 hari ini. Trekking pulang yang bikin kaki salah satu temen kram soalnya jarang trekking nanjak. Trekking yang sekaligus pemanasan ke Sindoro minggu depan yang bener-bener bikin fresh otak & fisik lagi.


Full team 1

Full team 2

16-18 SEPTEMBER BIRA SWEET ESCAPER TRIP WITH FAMILY


Pulau Bira Besar, Kep. Seribu

Ahirnya setelah sekian lama punya cita-cita pergi nge-trip bareng sepupu0sepupu ajah bisa terlaksana. Sekalian ada kk sepupu yang udah lama tinggal di luar negeri lagi maen ke Indonesia, plus deket hari ulang tahunnya, jadi kita adain acara nge-trip bareng keluarga ke tempat yang bagus, tapi ga terlalu jauh, ga terlalu mahal, & punya prasarana & sarana yang cocok buat acara kluarga Ahirnya dipilihlah Pulau Bira besar di Kep. Seribu.

Dimulai dengan kerempongan ambil cemilan pagi-pagi buta yang ternyata masih ada 1 macem kue yang belum jadi, nunggu 1 orang yang ga dateng-dateng, Muara Angke yang ruameee buangeeettt, becek, bau, kapal yang tadinya cuman punya kluarga tapi ahirnya penuh juga, pusing duduk di dek paling bawah, sumpek, ngantuk, nahan mual, makan siang outdoor di bawah pohon rindang + angin sepoi-sepoi + view ke arah laut + makanan yang enak-enak, suasana keluarga yang rame, snorkeling heboh, sunset kecepetan, makan malem otdoor, games kocak & konyol sesudah makan malem, muka coreng moreng bedak bayi gara-gara game geke + konyol Joko-Susanto", ngakak ga berenti selama games, trekking & hunting sunrise, makan siang terakhir, packing, makan darurat yamin di Jakarta.


Foot kluarga kumplit @ Pulau Bira Besar

23-25 SEPTEMBER 2011 PENDAKIAN PERDANA SETELAH RESMI JADI "S.T"


Sunset @ Puncak Sindoro, view Gunung Sumbing

Rempongnya janjian di Terminal Cicaheum, nunggu temen kejebak macet & masih di Dago, ketinggalan Bus Budiman, bujuk-bujuk agen + kernet bus biar saya & 2 temen saya bisa ikut bis terakhir & ga harus nunggu bus malem ke Banyumas & harus ngeteng, nyampe Wonosobo kecepetan, ga bisa tidur lagi, baru brangkat jam 8, debat cari posisi pos 3 yang dimaksud, trekking panas-panas di jalur kebuka, terik, debu, dehidrasi, kaki + lutut sakit, ngantuk berat. Sampe udah ampir nyerah gara-gara cape banget soalnya kering, temen ada yg kram kakinya 2 2nya, ga berani liat ke bawah, curam banget. View lautan awan sore + sunset yang super keren di pncak bayangan & puncak Sindoro. Tidur kaya orang pingsan saking cape + ngantuknya, pagi-pagi yang supeeeer dingin sampe-sampe kaki & tangan kesemutan, telinga ampir sakit, sunrise dengan background Gunung Sumbing yang keren abiiiiisss. Trek turun yang aga sadis di deket pos 3, panas, terik, kebuka, dehidrasi, air abis, kaki sakit, lewat jalur bekas kebakaran hutan. Nekat nyegat bapa-bapa Polisi hutan buat ditebengin motornya sampe bawah sementara yang laennya nunggu ojek di bates ladang jagung-hutan hehehe. Susahnya nyari air es sampe haru jalan kaki nyusurin jalan dari ujung ke ujung, masuk rumah makan, warung kopi, sampe ngetok rumah biar bisa belanja di warungnya (Warungnya ga ada yang jaga). Minum 5 bungkus teh di kemasan cup kecil + 1 botol mineral sedang, makan baso seadanya, nunggu kloter 3 turun, rempongnya pesen tiket bus pulang buat rombongan Jakarta, makan murah meriah di Terminal Wonosbo.


Full team @ Puncak Sindoro

27-29 SEPTEMBER TOURING BAYAR UTANG 1 TAUN YANG LALU KE SAWARNA


Pantai Ciantir, salah satu pantai di Sawarna

Ngerencanain ke Sawarna dari ahir taun 2010 baru kesampean sekarang & dengan formasi orang yang berbeda. Setelah ditunda & diundur 3x gara-gara ada trip laen, ahirnya jadi juga touring ke Sawarna. Mulai dari nyari jualan nasi goreng waktu ke Ujunggenteng yang udah berubah jadi kantor notaris, motor temen yang aga bermasalah harus mampir-mampir beberapa kali, jalan ke Bayah yang cihuy abis, ngapung gara-gara turunan di Bayah, pantai di balik bukit yang bagus banget, jembatan gantung maut, ampir jatoh dari jembatan gantung ama motor-motornya, makan ga berenti-berenti, kesiangan hunting sunrise, trekking + susur pantai dari ujung ke ujung, sepiii hanyaa da kita ber-5, Sawarna jadi berasa punya kita ber-5.

Susur pantai dari muali trek pasir, pasir yang full karang, muara sungai, batu-batu gede, melipir tebing, sampai ahirnya ke pantai yang full pasir, sarapan di Pantai Tanjung Layar, cuman ada kita ber-4, makanan yang sederhana tapi nikmaaaat banget, panas-panasan lewat jalur "gurub pasir", kelapa muda yang ada sodanya, kesiangan trekking ke Curug Kanteh, jalur trekking ke curug yang beda dari biasanya, ketinggalan sunset gara-gara jarak dari curug ke pantai yang lumayan jauh, galau nyari tempat surfing sampa 4x bolak-balik di Pantai Ciantir, jalan pulang yang dasyat jeleknya, badan mulai pegel-pegel selama perjalanan pulang.


Full team touring Sawarna

16 OKTOBER 2011 REMEDIAL TOURING KE CURUG MALELA


Curug Malela lagi surut

Dimulai dari janjian yang asalnya jam 5 subuh berangkat, malah molor jadi jam 6 berangkat, kebagi 2 kloter buat jempt-jemput sana-sini, peserta dadakan, miskom jalur jadi ajah kebagi 2 & saling nunggu lagi, jalan yang untungnya ga se-offroad kalo musim ujan, trekking ke curug yang ternyata lumayan juga bikin napas Sabtu-Minggu pas balik, air yang lagi surut, suasana curug yang udah mulai rame, deg-degan liat mobil mini bus ga bisa naek & ampir masuk jurang, makan malem dadakan di Cililin, dan pastinya kebayar juga utang buat balik lagi ke Malela.


Full team touring Curug Malela

22-23 OKTOBER 2011 REMEDIAL HIKING GUNUNG BURANGRANG


View dari Puncak Burangrang ke arah camp

Mulai dari bolak-balik nanya perijinan dari bulan Juni smape beberapa kali di awal Oktober, jumlah peserta yang asalnya 40 jadi cuman 13 orang sajah, ketemuan rempong Jumat malem di Roti Bakar Chaniago, belanja ke pasar rempong, nunggu rombongan dari Jakarta yang ternyata baru dateng jam 3 subuh, carter angkot yang didalemnya udah kaya pindang, lupa beli nasi + lauk buat makan siang, walhasil angkot muter balik ke gerbang Komando, pulang "Naek Tank" baca: "Ngeteng", galau camp di puncak atow di Curug Layung, tim bawa tenda yang ngebut 2 jam ajah sampe ke puncak demi dapet lapak buat tenda, saingan sama 25 orang rombongan dri kantor swasta di Jkt & beberapa kelompok pendaki lain, tidur siang di puncak, truth or dare yang bikin sakit perut (ketawa mulu), masak-masak di dalem tenda, gas bocor sampe-sampe 3x apinya nyala ampir nyamber bagian atas tenda (untung ga kebakar), makan-makan dengan menu seikit biasa dari pendakian-pendakian sebelumnya, foto keluarga rempong di puncak, gagal ke Curug Layung gara-gara penjaga yang plin-plan, nunggu angkot sambil ujan-ujanan, makan siang rame-rame terkahir di Saung Baduy sebelum pindah lokasi.


Full team plus plus @ Puncak Burangrang

30 OKTOBER 2011 HUNTING FOTO DI SITU CILEUNCA & PERKEBUNAN TEH CUKUL, PANGALENGAN


Perkebunan Teh Cukul, Pangalengan, Kab. Bandung

Niatnya penasaran ama Situ Cileunca, ngajakin sana-sini ga ada yang bisa, ahirnya nekat juga ke Situ Cileunca seadanya, service motor + ganti oli dulu yang ternyata gagal, motor ga ada tenaga, kepaksa benerin motor dulu di Cimaung & ahirnya motor kembali ada tenaganya & bisa nanjak, Situ Cileunca yang kering, makan siang muahal + geje di Situ Cileunca, perkebunan teh Cukul yang baguuuus banget, kabut yang super tebel ke arah Talegong, pulang ampir keujanan + kabut tebel, macet di Bojongsoang-Dayeuh Kolot.


Mejeng dulu aah di kebun teh

26-27 NOVEMBER KEMPING DI PULAU SANGHYANG YANG SEPI


Perfect beautiful sunset @ Pantai Batu Mandi, Pulau Sanghyang, Banten

Janjian di Leuwi Panjang, panik nungguin orang sampe-sampe tiap ada cwo jalan sendiri masuk ke Terminal Leuwi Panjang diliatin mukanya & dicocokin sama foto bbmnya, daria salnya berangkat ber-5 dari Bandung hanya tinggal ber-2 ajah, naek bis yang super lama, macet di Jakarta, masuk pool di Tangerang, salah turun di Serang, naek ojek + nyasar dikit di dalem komplek, tidur banyak nyamuk, nungguin 1 temen lagi yang nyusul, ke Anyer lewat jalur 'belakang', repot nyari Pantai Tanjung Tum, ngemil pop mie di Tanjung Tum, nunggu rombongan dari Jakarta sampe ampir ketiduran di kapal, mesin kapal yang ga ada tenaganya & kepaksa harus muter balik ke Anyer & benerin mesin, penyebrangan ter-singkat selama nge-trip, view Pulau Jawa yang sumpek sama pabrik & polusi, Pulau Sanghyang yang bener-bener sepi & masih banyak hutannya, trekking ga nyampe-nyampe ke Pantai Batu Mandi buat liat sunset, nyamuk Sanghyang yang ganas-ganas, perfect sunset di mercusuar Pantai Batu Mandi, view ke arah Krakatau dan sekitarnya yang keren abis, trekking pulang yang lebih lama dari pas pergi, badan super lengket, ga ada air buat mandi, makan malem di dermaga, air dermaga yang pasang banget + smapah kiriman dari Pulau Jawa yang super buanyak, tidur di dermaga sambil liat banyak bintang, udara yang jadi super dingin menjelang subuh, air surut pas subuh, sunrise di dermaga, masuk ke rawa buat ke permukiman penduduk, trekking lagi ke Pantai Pasir Panjang, Pantai Pasir Panjang yang super sepiiii + viewnya juara, minum kelapa muda + makan siang di dermaga, spot snorkeling di deket arus laut ke arah Selat Sunda, sampai Anyer masih sore, numpang mandi di Cilegon & pisah ama rombongan Jakarta, tidur kaya orang pingsan di bis dri Serang-Bandung, oleh-oleh bentol-bentol super gede di kaki & muka gosong.


Hampir full team @ Pulau Sanghyang

25-26 DESEMBER 2011 TOURING STRESS UGAL-UGALAN BANDUNG-GARUT SELATAN-CIANJUR SELATAN


Salah satu pantai nemu pas susur pantai sepanjang Garut Selatan-Cianjur selatan

Awalnya ngajakin banyak banget tapi seperti biasa, di hari H cuman kekumpul 4 orang 2 motor. Dimulai dari jemput sana-sini yang lumayan lama, jalanan lancar sampe ke simpang Talegong-Cukul, info jalan ke arah Rancabuaya longsor sampe-sampe ada 1 jalur yang bener-bener ditutup total ahirnya lewat jalan yang melipir di pinggir bukit yang baru dikeruk, jalannya batu kerikil kecil-kecil belum ada aspal sama sekali, jalanan turun terus, mulai ujan, jalan yang lumayan longsor, jalan yang tiba-tiba nyempit kaya jalan di depan halaman rumah, ragu jalannya bener atow ngga, kejebak di tikungan diantara el & mobil, uajn mulai gede banget, basah kuyup, susah payah ngelewatin jalan yang udah kaya jalur air + turun curam, view keren ke arah sungai yang airnya ngeluap + deres banget di Cisewu, mulai ketemu banyak air terjun dari tebing-tebing di Cisewu, jalan yang muter-muter ngitarin sungai yang airnya udah kaya air bah, tiap aa jembatan, air sungai dari arah tebing udah kaya air terjun, jembatan yang kegenang air harus ekstra hati-hati biar ga kejebur ke jurang, lumpur tebel di sepanjang jalan smape ngepot-ngepot mau masuk jurang, bensin abis & ga ada yang jual bensin & baru ada yang jual bensing udah di deket Rancabuaya, perut lapar, basju basah kuyup semua, kedinginan, belum cari penginepan.

Cari-cari penginepan sampe 3x ganti, sunset keren di Rancabuaya biar jauh tapi warna pas sunsetnya bener-bener bikin betah berlama-lama di pantai, rempong sama laron yang supeeeer banyak di penginepan, lanjut jalan ke aah Santolo dengan view & jalan yang ajiiiib, jalanan yang super sepiiii, Pantai Santolo yang ruameeee & ahirnya kita mutusin buat nyusur pantai-pantai kecil yang keliatan dari jalan. Jalur pulang lewat Cidaun nyusur dari Santolo di Garut Selatan-Jayanti di Cianjur Selatan, jalanan yang super sepiiii, view air terjun dari tebing-tebing di sepanjang jalur Cidaun-nainggul-Balegede, mampir foto-foto di puncak gunung di Cibuni, mamapir ke Kawah Rengganis, keujanan lagi sampe ke Ciwidey, muacet di Kopo, kedinginan sampe menggigil pulang ke rumah.


Full team touring Bandung-Garut Selatan-Cianjur Selatan

28 DESEMBER 2011-2 JANUARI 2012 TRIP IMPIAN AHIR TAUN KE SEMERU


Ranu Kumbolo -Danau diatas awan-

Mahameru from Kalimati

Panik nungguin 1 temen yang belum dateng juga padahal kereta udah mau jalan, full ngakak di kereta bereng 3 temen yg gokil-gokil, rempong sama tempat duduk yang kpisah 1 orang, tuker-tukeran sampe ahirnya sama-sama bareng sama rombongannya, liatin orang-orang pada rempong rebutan kursi gara-gara duduk ga sesuai tiket, kembali diusik di Jogja gara-gara ada keluarga yang ga mau duduknya pisah tapi ahirnya kita yang berhasil tetep bareng, kaki + badan yang pegel luaaaaar biaaaasaaaa, sampe Malang telat 2 jam dari jadwal di tiket, perut udah muali ga bersahabat, masuk angin jadinya mual, rempong packing ulang, sarapan di stasiun, ngurusin perijinan ke Tumpang. Miskom sama supir angkot, jadilah kita turun masih jauh dari tempat tujuan, nunggu angkot kaya anak ilang di pinggir jalan di Kota Malang, ngantuk sangat di angkot, sampe-sampe tidur di angkot, jarak Malang-Tumpang yang ternyata ampir 20 Km bener-bener bikin ga nahan buat tidur. Ngurus surat dokter di Puskesmas Tumpang, ngidam Baso Malang, nunggu angkot ngetem ga jalan-jalan, dibawa muter-muter dulu sama angkotnya buat nyari penumpang, mati listrik se-Tumpang yang berujung gagal foto copy & masukin ijin & ahirnya cuman ngobrol-ngobrol ama petugas TNBTS, pulang dari kantor TNBTS ga ada angkot, jalan sampe Pasar Tumpang, ditengah jalan ujan gede ahirnya melipir beli Rujak Cingur skaligus makan siang. Lanjut jalan sampe Pasar Tumpang, trus ke hotel, di tengah jalan ujan gede, nyampe hotel mandi packing trus tidur.

Pagi-pagi ke Arjosari naek angkot yg beda walhasil muter-muter dulu di Malang, ngurus 1 surat sehat di Puskesmas Tumpang, dapet rombongan buat join jip yang ternyata sama-sama dari Bandung & ternyata dulu tetangganya 1 temen saya, perjalanan ke Ran Pani yang 'woow', mulai jalan ke Ranu Kumbolo, tas super beraaaaat bikin jalan kaya bekicot, pundak sakit, dada sakit, ujan, sampe Ranu Kumbolo ketemu rombongan yang udah sampe duluan. Pagi-pagi huntung foto di Ranu Kumbolo, pendakian ke Kalimati yang cukup menyenangkan biar ujan + becek lumpur + aga sakit pula. Sampe Kalimati disambut ujan dereeesss, udara yang bener-bener dingiiiiiiin, ujan terus sampe tengah malem, taun baruan di Kalimati, pagi-pagi masak-masak + makan-makan ugal-ugalan, siang ujan lagi ahirnya ngungsi ke tenda temen biar bisa bareng-bareng, tenda kapasitas 3 yang diisi 5 orang & tidur semua. Turun ke Ranu Kumbolo ujan-ujanan, Kalimati-Ranu Kumbolo 1 jam sajah ga pake rem jalannya, melipir bukit di Oro-oro Ombo biar ga kena lumpur, rempong di Ranu Kumbolo, full ujan dari siang sampe subuh. Pulang lewat jalur ayek-ayek, lewat bukit-bukit yang serba ijo, nanjak motong bukit, trek tipis melipir jurang, lumpur, longsor, kabut super tebeeel, angin super kenceeeeng, jalannya turuuun teruuus ga pake rem, sampe Ranu Pani langsung pesen baso malang 1 porsi, SB, baju, daleman basah semua kepaksa beli baju seadanya. Panik nyari 3 temen yg barengan dari Bandung. Mondar-mandir di stasiun nyari 2 temen yang berakhir dengan 2 temen saya ketinggalan kereta & saya pulang sendiri, untung ketemu sama 2 orang yg pulang pake kereta yg sama di rombongan saya kmaren.


Full team 1 Bandung

Full team Pendakian Semeru taun baru @ Ranu Kumbolo