Dya Iganov

Sabtu, 10 Desember 2011

MENYEPI DI TENGAH-TENGAH SELAT SUNDA, KEMPING DI PULAU SANGHYANG

Ahirnya setelah sekian lama, bisa juga ngerasain yang namanya kemping di pulau, sekarang tujuan kita ke Pulau Sanghyang di Banten. Sedikit bertanya-tanya juga sih katanya nyebrangnya dari Anyer, haduh seumur-umur ke Anyer belom pernah liat tempat penyebrangan, trus transportnya juga aga bingung, klo ke Anyer pasti pake mobil pribadi, tau nyampe ajah, klo pun pake kendaraan umum, cuman tau pake bis jurusan Merak & turun di Cilegon, nah dari Cilegonnya sendiri bingung juga mau pake apa. Belum lagi temen dari Bandung berkurang drastis dari ber-5, jadi cuman ber-3. Yang 1 ada halangan, yang 1 entah dimana rimbanya, di hari-H malah menghilang ga bisa dihubungin, dan mendadak yg 1 juga ga bisa ikut karna alesan laen. Tapi dengan sedikit bujukan, ahirnya jadilah kita berangkat ber-3. Saya dan temen saya berangkat duluan pake bis ke Serang, nginep di rumah kakek, jadi jarak & transportnya bisa lebih gampang buat ke Anyernya. Temen saya yang 1 berangkat pake bis malem ke Serang.
Ternyata bis yg saya naikin ga masuk sampai ke Terminal Pakupatan Serang dan malah langsung masuk jalur ke Cilegon-Merak, weew untung feeling saya lagi bagus, begitu bis muter arah, langsung turun & naek ojek ke rumah kakek & sedikit nyasar juga di komplek rumahnya haddehh.

Sabtu, 26 November 2011

Jam 5 subuh, bangun gara-gara tlp dari temen saya, ngabarin klo dia bablas ke Cilegon & otw balik lagi ke Serang weeew. Tapi berhubung di jadwal juga rombongan dari Jakarta kumpul jam 7 & kira-kira berangkat jam 8 dri Jakarta, jadi kita juga siap-siap dari pagi. Jam 6 temen saya udah sampai di depan komplek perumahan kakek saya. Begitu jemput, langsung sarapan & ngantri giliran mandi. Ternyata jam set 8 saya hubungin temen yg di Jakarta katanya belum pada kumpul. Kita yang tadinya mau naek umum ke Anyer jadi dianter sama kakek & ahirnya berangkat jam 9, kebeneran kakek ada undangan juga di deket Anyer, jadi sekalian.

Dermaga Cikoneng

View Kota Cilegon selama nyebrang

Dermaga Paku, Pulau Sanghyang

Jam 9 kita berangkat, di jalan beli perlengkapan pribadi buat di pulau & ke Anyer lewat jalur yang sama waktu saya sekeluarga ke Anyer di pertengahan tahun 2007. Ternyata ga banyak berubah, hanya saya jadi lebih ngeh sama jalur & view di sepanjang jalan, terutaman kebun duren & duren yang dijual di sepanjang jalan langsung dari kebunnya hueeehh menggoda sih, tapi sayangnya kita lagi buru-buru jadi hanya bisa diliat saja. Ditengah jalan, ternyata dapet kabar kalau ban bis bocor di tol & jaraknya masih lumayan jauh ke Serang, dan mobil kita pun kehambat sama iring-iringan pengantin yang baru selesai akad nikah di masjid deket tempat hajatan yang cuman berjarak 100 m. Liat seserahannya, khas banget daerah sana, yap, ga ada seserahan yang berbentuk barang mewah, hanya ada aneka kue tradisonal yang bikin lumayan ngiler juga nih heu heu. Oya jalur ini jalan pintas buat ke Anyer biar ga usah neglewatin Cilegon yang panas, berdebu, jalan rusak, & macet pastinya. Bener-bener bertolak belakang deh sama jalur Cilegon. Hampir 1,5 jam kita udah mau keluar dari jalur pintas, dan lagi-lagi mobil kita kehambat sama rombongan Kopassus yang lagi gerak jalan lewat situ, hiaaaah.

Jam 11 kita udah sampai di Anyer, tapi sempet muter2 cari Pantai Tanjung Tun yg dimaksud. Ahirnya setelah nanya-nanya ternyata tempat yang kita maksud itu kelewat & namanya itu bukan Tanjung Tun tapi Tanjung Tum, pake "M" bukan "N". Ternyata Pantai Tanjung Tum ini salah sat daerah tujuan wisata kaya Pantai Bandulu yang sering saya datengin. Untuk masuknya, berhubung palai mobil, jadi total Rp 20.000,00 dan masuklah kita ke tempat wisata tersebut. Disana sempet ganjel perut dulu & kata penjaga warungnya, kalau mau nyebrang ke Pulau Sanghyang, bukan disini, tapi ada di dermaga Cikoneng, persis disebelah tempat wisata Tanjung Tum. Beres cemal0cemil, kita pun kluar dari Tanjung Tum & ke dermaga. Berhubung jalan ke dermaganya kecil, jadi, saya cuman dianter sampai depan gang. Darisitu saya pisah sama kakek-nenek yang mau lamjut ke undangan. Ternyata kebeneran, begitu kita turun, ada bapa-bapa yang nanya kalau kita ini anggota rombongan temen saya & kita pun disuruh ikut bapa itu nunggu di dermaga ajah. Ternyata lokasi dermaganya numpang di salah satu resort di pinggir pantai, jadi ga terlalu gede & kapalnya juga sedikit. Didermaga udah ada 2 kapal yang disewa untuk rombongan kita.

Lumayan lama juga nunggu temen-temen lain di dermaga, jam 1 siang temen-temen lain baru sampe, udah sempet tidur, cas hp, bolak-balik ke wc ahirnya dateng juga... fiuuhh. Setelah naik-naikin barang & atur posisi di kapal masing-masing, jam 2 siang pun kita berangkat ke Pulau Sanghyang. Tapiiii belum juga jalan jauh dari dermaga, kapal yang saya naikin harus balik ke dermaga soalnya ada kerusakan mesin, yaaa ampir sama kaya motor saya, ga ada tenaganya. Nah loh??!! Ahirnya kita semua balik merapat ke dermaga dan lumayan nunggu lama di dermaga. Ahirnya baru bener-bener bisa jalan sekitar jam 3an. Untungnya waktu buat nyebrang ke Pulau Sanghyang ini kalau normal hanya 1 jam, jadi kita masih bisa hunting sunsetlah. Ditengah jalan nyebrang ke Sanghyang kita sempet ketemu beberapa lumba-lumba, pertemuan arus di tengah laut, view ke arah Kota Cilegon yang dihiasi sama bangunan-banguna pabrik dominan putih, asep pabrik yang hitam diudara, beberapa kapal besar & tongkang, dan beberapa kapal penyebrangan di Selat Sunda sana.

Pantai Batu Mandi Pulau Sanghyang

Tangga kebukit + Mercusuar

Bener ajah, sekitar jam 4 lebih, kapal merapat di Dermaga Paku, dermaga utama Pulau Sanghyang. Begitu sampai, foto-foto sebentar sambil lurusin kaki & ngilangin pegel-pegel. Lokasi kemping ga jauh dari dermaga, malahan begitu keluar dermaga udah ada lokasi kemping. Lokasinya enak, soalnya bekas reruntuhan bangunan, jadi bagian bawah udah aspal, bukan lagi semak belukar, malah di bagian samping tempat kemping, ada reruntuhan bangunan yang masih kumplit ubinnya & beberapa pilar & kerangka-kerangka pintunya, Di belakan tempat kemping, ada bangunan semi tertutup bekas gudang yang bisa dijadiin tempat ganti baju. Di bagian belakang tempat kemping, tepatnya di jalur untuk trekking nyusur pulau udah berupa jalan aspal, lengkap dengan pemisah jalan & pohon-pohon tinggi. Begitu sampai, beberapa ada yang langsung trekking kearah Mercusuar di Pantai Batu Mandi & ada juga yang Solat dulu. Saya ikut kloter terakhir yang jalan ke Pantai Batu Mandi.

Perjalanan ke Pantai Batu Mandi 1 arah ke arah bekas pos TNI yang udah ga berbentuk lagi. Perjalanannya cukup lama & nyusurin jalan setapak ditengah-tengah ilalang & semak belukar. Kalau mau trekking kesini bener-bener harus sedia lotion anti nyamuk, soalnya nyamuknya ganas-ganas. Di awal pertama trekking, bakal ditemuin reruntuhan-reruntuhan bangunan yang katanya bekas barak, ada juga yang bilang bekas buat resort yang ga jadi dibangung. Luamyan jauh juga trekkingnya, apalagi serangan nyamuk-nyamuknya ampun deh. Ditengah-tengah trekking kita bakal ketemu kaya 1 gedung serba guna yang kosong yang dibelakangnya ada rumah penjaga pulau. Disini juga ada bekas pos TNI yang udah rusak ga berbentuk. Trekking dilanjutin masuk kearah hutan disamping kana gedung, lagi-lagi bakal nemuin reruntuhan bangunan. Dari sini trekking udah ga terlalu jauh, diujung hutan, jalan ketemu sama reruntuhan bangunan yang persis kaya dismaping tempat kemping, masih ada ubin, tangga, & beberapa tembok-tembok bekas penyangga bangunan. Ujung hutannya dipagerin sama pohon-pohon & dibaliknya langsun disambut Pantai Batu Mandi yang berpasir putih & malah sebagian ada yang warnanya pink kaya Pink Beach di Pulau Flores NTT sana, wuaaahh ahirnya bisa liat sendiri aslinya pasir pantai warna pink. Di Pantai Batu Mandi lumayan hunting foto-foto sebentar & langsung diterusin untuk naek ke atas bukit tempat mercusuar.

View sunset 1

View sunset 2

View sunset 3

View sunset 4

View sunset 5

Buat naek ke bukit, kita masuk ke hutan lagi, ga jauh dari hutan ini, kita bakal nemuin kolam buatan lengkap sama jembatannya yang sayangnya udah lama ga keurus & sebagian ada yang rusak. Tangga keatas bukit masih dibilang cukup terawat & bagus, tapiii ya lumayan juga inih naek-naek ke puncak bukit bikin aga ngos-ngosan juga. Tapi capenya kebayar sama view ditengah-tengah tangga yang langsung ngadep kearah sunset, Selat Sunda, & rentetan Gunung Krakatau, Anak Krakatau, Pulau Sabesi, Gunung Rajabasa di Lampung sana & klo liat ke arah belakang bakal disuguhin view Kota Cilegon di Pulau Jawa kereenn. Perjalanan diterusin lagi ke atas bukit, diujung bukit yang juga jalan ke arah Mercusuar, view sunsetnya lebih jelas & lebih tinggi, ditambah lagi hari ini cerah, perfect sunset!

Puas dengan vew sunset yg ajib, kita semua turun biar ga keburu gelap buat trekking pulangnya, soalnya kita harus ngelewatin hutan yang tadi lagi. Tapi apa daya, begitu sampai di Pantai Batu Mandi sunset belum abis, malah warna langitnya jadi bagus & ga disia-siain untuk foto-foto. Sebagian sih udah ada yang jalan pulang duluan, tapi saya sih mutusin buat nikmatin sunset sampe ahir & ga rugi. Puas foto-foto kita trekking pulang. Yah, ahirnya sih trekking pulangnya pas udah gelap, tapi gpp udah siap sedia headlamp. Ini kedua kalinya saya trekking di hutan di pulau yang ga ada penduduknya, magrib menjelang malem hmmm rasanya yahud deh. Begitu sampe di gedung serba guna, ada beberapa orang yang mau numpang ke toilet jadi kita berhenti dul sambil istirahat, tapi serangan nyamuknya ga berkurang, tetep ganaaazzz. Ahirnya perjalanan dilanjutin lagi, tapi entah kenapa perjalanan pulangnya ko kerasa lebih jauh & lebih lama?? Padahal waktu trekking di Ujungkulon trekking pulang itu kerasa lebih cepet daripada pergi hiaaaah.

Pantai Batu Mandi dari atas mercusuar

Pantai Batu Mandi & bukit dari mercusuar

Pulau Sanghyang

Awan smurf

Ahirnya kita sampe juga ditempat camp, istirahat sebentar & siap-siap buat makan malem. Oya makan selama di Pulau Sanghyang ini disediain sama awak kapal, jadi kita ga perlu repot-repot masak, tapi kalao mau masak sendiri & ga pake jasa awak kapal juga bisa ko. Menu makannya cukup sederhanam nasi+ayam goreng+lalapan+sambel, tapiii enaaaak banget. Kita makan ngumpul semua di dermaga, disamping kapal. Selesai makan, seperti biasa acara perkenalan & bangun tenda. Saya sendiri sama beberapa orang lainnya mutusin buat tidur didermaga, adem + kapan lagi tidur liat bintang yang buanyaaak kaya gini, mumpung cerah juga. Setelah ganti baju, beres-beres lapak buat tidur, kita iseng-iseng liatin yang mancing diujung dermaga. Ternyata oh ternyata airnya naek banget + dapet banyaaaaaaak banget kiriman sampah!!! Ooohh tidaaaakkk asli ini banyak banget sampahnya. Kata beberapa orang yang kebeneran lagi diem di pulau ini sih itu sampah kiriman dari Merak & klo udah menjelang subuh biasanya ilang. Tapi tetep ajaaaah ga enak banget liatnya, selain sampah plastik bungkus makanan, ada juga sampah boneka, maenan plastik, sepatu, sandal, sampai pempers juga ada idiiiihhh

Puas liatin yang mancing nyangkut mulu, kita ahirnya ke posisi tidur masing-masing & ahirnya cuman ngobrol-ngobrol sampe jam 12 malem lebih. Sialnya beberapa temen saya liat bintang jatoh sampa 3x, tapi saya ga liat satupun huaaaaa. Seperti biasa kala udah tengah malem belum tidur, idung pasti mampet, apalagi sekarang tidur di dermaga bener-bener kebuka, cuman modal matras, jaket jadi bantal & kaen pantai jadi selimut. Lama-lama ko jadi dingin yah?? pas nyoba mau tidur pas udaranya jadi dingin & embunnya mulai turun jadi basah semua deh. Sekitar jam 2, ada beberapa temen yang ikut nelayan & awak kapal macing ikan soalnya airnya bener-bener surut, sampe-sampe karangnya keliatan & dikejauhan saya bisa liat ada beberapa nelayan yang jalan ditengah laut! weeew surut banget berarti. Tapi berhubung saya ngantuk banget & dingin, jadi saya mutusin buat nyoba tidur lagi ajah. Oya, hari ini juga malem taun baru Islam, wah pertama kalinya nih malem taun baru Islam dluar rumah & rame-rame sama temen :D

MInggu, 27 November 2011

Ahirnya jam 5, kita semua bangun buat siap-siap hunting sunrise. Air disekitar dermaga udah naek lagi + udaranya ga terlalu dingin lagi. Ternyata kita juga dapet sunrise dari dermaga, jelas banget ga ketutupan, tapi jauh, jadi mataharinya lebih kecil dari yg diliat pas sunset (padahal kaga ngaruh yah kayanya) Sunrise + kabut di Dermaga Paku bareng temen-temen se-RT yang riweuh foto-foto bener-bener ngilangin ngantuk! Beres hunting sunrise, kita semua foto-foto di dermaga sambil nunggu sarapan yang lagi-lagi dimasakin sama awak kapal. Jam 8 kita sarapan + siap-siap packing sekalian susur pulau. Tujuan pertama kita ke spot snorkeling pertama, ga tau namanya , tapi berhubung saya lagi cuti snorkeling, jadi ya saya nunggu di kapal sajah smabil ngobrol-ngobrol sama yg laennya. Lumayan lama juga di spot pertama ini, sampe ahirnya disuruh naek, soalnya kita mau ke pantai yang jalan masuk paling deket itu lewatin rawa trus ke permukiman penduduk di Pulau Sanghyang. Kata bapanya, kalau terlalu siang takutnya air rawanya surut, kita ga bisa lewat & harus muter, sayang soalnya view rawa bakaunya bagus.

Sunrise 1

View sunrise 2

Ahirnya semua jalan menuju permukiman penduduk lewati rawa bakau. Air rawanya jernih, jadi keliatan jelas yang ada didalem air, viewnya juga sebagian sih bilang kaya nyusurin sungai di Kalimantan, pokonya yahud deeh. Ga terlalu lama, dari rawa, kita keluar ke tempat kaya danau besar ditengah-tengah permukiman sama rawa, kalau disini airnya dalem. Setelah kapal merapat di dermaga, kita sepakat jam 11 udha harus jalan lagi soalnya takut airnya surut, kapalnya ga bisa kluar. Permukiman penduduh disini namanya Desa Sanghyang, Kel. Cikoneng, Kec. Anyer, Labuan, Banten (maaf kalo salah nyambungin sendiri soalnya). Permukimannya bener-bener masih sepi, penduduknya ga banyak, malah rumah-rumah yang keliatan disepanjang jalan bisa dihitungm tapi ga tau juga kalau di bagian dalam pulau diluar jalur trekking ke pantai. Ada 1 pendopo yang dijadiin Balai Desa, 2 kamar mandi umum, 1 tempat bilas, & Masjid ditengah-tengah permukiman. Hanya beberapa meter dari Balai Desa kearah pantai udah ga ada rumah lagi, hanya 1 atau 2 itu pun terkahir. Sisanya seperti trekking sebelumnya, hanya jalan setapak diantara semak belukar.

Ternyata ujung jalan setapak ini kondisinya lebih kebuka dibandingin jalur trekking ke Pantai Batu Mandi. Daaan pantainyaaa bener-bener baguuuusss!!! Pantai Pasir putih, air warna hijau tosca, ombak yang gede, dan disisi kanan-kirinya ada tebing karang yang lumayan tinggi. Sayang di pinggir-pinggir pantai, dibates jalan setapak-pantai bertumpuk sampah-sampah plastik hasil kiriman dari laut & juga mungkin sampah domestik dari permukiman penduduk, tapi kalau pas di pinggir pantainya sih bersiiih. Sebagian temen-temen saya udah mulai huntung foto-foto. Saya sendiri lebih tertarik buat eksplore naik ke tebing karang di sisi kiri pantai. Oya, nama pantainya Pantai Pasir Panjang.

Ternyata ga teralu susah juga buat naek ke tebing karang di sisi kiri pantai, dan view dari atas sini.... wuiiiihh baguuusss mirip-mirip kaya di Uluwatu, Bali hanya lebih sepi & lebih alami ajah. Pantai ini bener-bener pantai yang masih alami, ga ada orang laen lagi selain rombongan saya & 1 orang penduduk Pulau Sanghyang yang kebeneran lagi mancing. Dari atas bukit ini, di bukit sebrang, disisi kanan pantai ada bukit laen yang keliatannya lebih terawat. Kata mas-mas yg lagi mancing, diujung sana bukitnya lebih kebkuka & ga banyak bat & perkebunan. Hmmm sebenernya penasaran, tapi kalau kesana lumayan jauh juga, jadilah ditunda eksplore kesananya sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Pantai Pasir Panjang 1

Pantai Pasir Panjang 2

Pantai Pasir panjang dari atas bukit

Ahirnya Jam set 11 lebih kita semua mutusin buat balik ke kapal buat nyantap kelapa muda hmmm. Trekking yang ke-2 ini jauh lebih pendek jaraknya dibanding trekking yang pertama, tapi berhubung ini menjelang tengah hari, jadi hausnya bener-bener kerasa banget, ga sabar pengen cepet-cepet minum air kelapa. Ahirnya bisa ngerasain air kelapa, udah kehausan + lemes banget. Ternyata bapa-bapa yg masakin makanan buat kita lagi masak, katanya biar ga usah berenti lagi & bisa langsung pulang. Sambil nunggu makanan siap ada beberapa yang bersih-bersih, tidur, ngobrol, pokonya geje. Ahirnya makanan dateng, ga pake lama langsung diserbu & makan di kapal. Beres makan, siap-siap untuk spot snorkeling terakhir sebelum ahirnya nyebrang lagi ke Pulau Jawa haaaahh.

Untungnya air rawa ga surut, jadi kita bisa tetep lewat rawa lagi. Tujuan kita kearah kanan dari pintu kluar rawa. Spot snorkelingnya bener-bener deket sama Selat Sunda, pas dibelakang kapal kita Selat Sunda dan keliatan jelas banget kapal-kapal penyebrangan lalu lalang disana. Spot snorkeling disini deket sama arus laut yang lumayan kenceng, kadi aga ngeri juga sih klo ga bisa control & ga bisa renang. View disini juga bagus, airnya tosca, pantainya pasir putih yaaa meskipun banyak karang juga, ditepi pantai banyak pohon, jadi lumayan adem. Sekitar jam 2 kita siap-siap buat nyebrang lagi ke Anyer. Berhubung kita kali ini nyebrang dari titil yang lebih jauh dari Dermaga Paku, jadi lumayan nambah 30 menit waktu nyebrangnya.

View rawa 1

View rawa 2

Antara rawa & permukiman penduduk Pulau Sanghyang

Awal-awal berangkat sih masih banyak yang ngobrol, masih banyak stok cemilan, tapi lama-lama satu per satu tewas juga, emang udara panas, angin sepoi-sepoi, gelombang laut yang ga gede-gede amat bikin mata pengen merem ajah. Dideket Anyer, kita sempet papasan sama kapal tongkang Batu bara hmmm ternyata ngeri juga yah kalo dari deket gini x__x Saya pun mutusin buat istirahatin mata. Tapiii ga lama kita udah sampe lagi di Dermaga Cikoneng, wuiih penyebrangan tersingkat selama nge-trip ke pulau hahaha Berhubung bisnya jemput di Tanjung Tum, jadilah kita semua jalan melipir batu-batu di pinggir pantai buat ngehemat waktu. Ternyata lumayan ngeri sih, tapi ga se-ngeri waktu saya liat anak-anak kecil melipir batu-batu di hari Sabtu. Mungkin karna waktu anak-anak itu melipir pas siang, pas air lagi tinggi jadi kesannya ngeri. Tapi pas giliran kita melipir sih, airnya kayanya lagi surut jadi bisa turun ke pantainya pas melipir.

Jam set 4 kita udah sampai lagi di Anyer, bebersih, solat, & jajan bakso. Ahirnya jam 4 kita foto keluarga & pulang. Berhubung ini bis ke Jakarta, jadi saua & 2 temen saya yg ke Bandung numpang sampai di Cilegon sajah. Sepanjang jalan adaaa ajah kelakuan temen-temen biar ga sepi, sampe-sampe bikin stress + sakit perut gara-gara ngakak orang-orang yg ngeliat di bis. Ini ke-2 kalinya saya lewat Cilegon, setelah yg pertama lewat pas taun 2007 dan belum ngeh sama jalan & 1x waktu perjalan ke Merak tapi itu tengah malem jadi ga keliatan apa-apa. Hmmm bener-bener sepanjang jalan full debuuu + jalan bolong & truk-truk di Cilegon ini serem-serem yah. Ngejalaninnya tu kaya cuman dia ajah yang ada dijalan raya buseeet ngeri deh pokonya. Jam 5 saya & 2 orang temen saya pisah sama rombongan Jakarta yang bakalan masuk tol smape ke Jakarta. Terimakasih tumpangannya.

Spot snorkeling terakhir

Pantai di spot snorkeling terakhir

Sekarang giliran kita ber-3 yang bersih-bersih & packing ulang buat siap-siap pulang ke Bandung. Untungnya ga jauh dari tempat kita turun ada pom bensin. Sebenernya saya sendiri ga tau ini Cilegon belah mana, jadi ya udahlah begitu ada pom bensin langsung hajar bebersih. Beres mandi + packing ulang pas Magrib, jadi skalian nunggu temen Solat Magrib dulu. Sekitar jam set 7, kita dah nongrong di pinggir jalan ga jauh dari pom bensin tadi. Untungya kata bapa yang jaga warung tempat kita nunggu bis, bis ke Bandung dari Merak lewat dijalan ini. Alhamdulillah jadi ga usah repot. Dan Alhamdulillahnya lagi kita ga nunggu lama, lewat deh bis yg dimaksud. Bis sempet berenti sebentar ambil penumpang di Cilegon terus bablas ke Terminal Pakupatan Serang. Sekitar jam set 8 kita transit dulu di Serang & jam 8 bis meluncur ke Bandung. Berhubung saya bener-bener ngantuk, 2 malem tidurnya ga bener, bikin saya pingsan di bis. Bangun-bangun udah keluar Tol Pasirkoja ajah sekitar jam 12. Dan jam 12 lebih, sampailah kita di Terminal Leuwipanjang & selesailah sudah trip ke Pulau Sanghyang.

Terimakasih buat semua temen yang ikut trip ini. Maaf kalau ada salah, ngerepotin, dan ada yang diluar rencana.