Dya Iganov

Senin, 05 Desember 2011

TOURING NYAMPER SANA-SINI CURUG MALELA

Ahirnya bisa juga balik lagi ke Curug Malela, setelah gagal kesana dibulan Mei gara-gara kondisi jalan yang ga memungkinkan & salah perhitungan. Ya ya ya sabar aja deh, kalau ada yang kesana lagi langsung daftar deh, apalagi kalo ada yg mau kesananya pake motor, mau banget deh. Ahirnya ada jua yg mau kesana & bermotor, langsung ikut deh, yaaa meskipun sebenernya rencana awal mereka tanggalnya mepet sama tanggal wisuda saya, tapi ahirnya setelah dirayu dan siap jadi penunjuk jalan, ahirnya jadilah touring 1 hari ke Curug Malela tanggal 16 Oktober, pas 1 hari setelah saya wisuda hehehe.

Pertama pergi cuman sampe siniiii

Minggu, 16 Oktober 2011

Ahirnya setelah ajak sana-sini terkumpulah 12 orang 8 motor dan sebagian besar ngumpul di Antapani. Sesuai kesepakatan awal, jam 5 udah harus berangkat biar ngehindari macet kelar Bandungnya & biar puasmaen aer disana. Jadilah jam 5 subuh saya udah racing ke Antapani jemput yang laen, soalnya masih ada beberapa temen yang harus dijemput & janjian ketemuan di jalan. Berhubung saya ga tau rumahnya, saya nunggu di depan salah satu toserba di jalan utama masuk ke perumahan biar langsung pergi dari situ. Ternyata eh ternyata masih belum pada siap, dan jadilah saya nunggu kurang lebih 15 menit buat dijemput & mampir dulu ke rumah temen saya itu sambil nunggu yang laen beres. Lumayan lama juga, jam 6 lebih baru bisa berangkat dan disini dibagi 2 rombongan. Rombongan pertama, termasuk saya jemput 1 temen saya di Jalan Jakarta & 1 lagi di Jalan Taman Sari bawah, dan lagi-lagi harus nunggu sebentar, tapi untungnya ga selama nunggu waktu di Antapani. Beres jemput temen saya yg di Jalan Jakarta, lanjut jemput temen yang di Jalan Taman Sari Bawah, tapi disini kita salah nyamper, orang yg dimaksud lagi ada diasrama yang untungnya tempatnya ga jauh dari tempat awal kita jemput. Sambil nunggu temen saya yg 1 ini siap (baru bangun banget pas kita nyamper), ada 1 lagi temen saya yg sms dadakan dan ternyata bisa ikut & nyusul ke Taman Sari Bawah. Kumplit semua, kita susul tim ke-2 yang jemput & nunggu kita di Taman Sari, tepatnya didepan Kebun Binatang Bandung.

Curug Malela keriiing

Papan penunjuk jalan yang udah lama ada

View selama di kebun teh mau ke curug

Setelah lengkap, dari Taman Sari meluncur lagi ke arah Barat lewat Terminal Leuwi Panjang, soalnya ada 1 orang temen yg nunggu disekitar situ. Beres jemput temen di Leuwi Panjang, tinggal jemput 1 orang temen lagi yang rumahnya di daerah Kopo, disinilah kerempongan muncul. Karena ada sedikit miskom, jadi ada temen saya yg jemput ke Kopo & lewat jalur Soreang-Cililin, tapi ada juga 1 rombongan lagi yang lewat jalur Cibeureum-Cimahi-Cililin, nah lo.Untungnya setelah lampu merah Tol Pasir Koja, rombongan saya berenti dulu & ternyata bener aja, rombongan 1 nyangka kita bakal lewat Soreang, jadilah sama-sama nunggu, ahirnya sepakat kita lewat ke Cimahi saja. Kondisi jalan dari Cibeureum-pertigaan Batujajar ga terlalu padet tapi udah lumayan rame, untungnya kita lolos dan sampe di Batujajar sekita jam set 9 kurang. Perjalanan sempet kehambat di beberapa pasar ke dari Batujajar-Desa Cihampelas-sampe ke arah Cililin, tapi berhubung pake motor, jadi bisa ga cepet.

Perjalanan lumayan cepet sih, jam set 10 kit udah menuju Cililin, emang sih masih jauh, tapi seengganya ga siang banget kaya waktu pertama saya kesini pake motor. Kondisi jalannya juga sebagian udah ada perubahan, terutama lepas Cililin ke arah Sindangkerta-Gununghalu, udah banyak jalan bolong yang diaspal, jalan dibeton, papapn penunjuk jalan udah ada ditiap persimpangan, plus lengkap sama semua nama lokasi yang bakal dilewatin, malahan sekarang di paling bawah ditambahin "Curug Malela". Padahal waktu pertama kali saya kesini, harus 2x nyasar salah jalan gara-gara ga ada penunjuk arah & hanya ngandelin dari capter2 yang udah pernah ke Curug Malela & browsing-browsing aja.

Ternyata dijalan hampir masuk Kec. Gunung Halu ada beberapa titik yg lagi ada perbaikan jalan, jadi aga tersendat harus gantian sama kendaraan dari arah berlawanan. Dominan yang lewat sini motor sama truk-truk sedang ngngkut barang/pasir/material laennya, jadi jalanan bisa dibilang kosong. Dipertigaan Kec. Gunung Halu-Kec. Rongga-Kab. Cianjur kita istirahat sebentar di mini market sambil nunggu temen-temen yang ketinggalan di belakang, biar ga bablas juga sih. Ditempat ini juga, waktu saya pertama pergi ga ada papan penunjuk jalan, sekarang udah ada, lengkap sama "Curug Malela" di bagian paling bawah, hmmmm bagus deh mulai berkembang gara-gara udah banyak juga yang ngunjungin Curug Malela. Lumayan lama juga kita berenti disini, berhubung udah ampir jam makan siang, jadi kita lanjut jalan lagi & mampir buat bungkus makan di warteg di pertigaan ke-2 ke Curug Malela.

Tempat parkir

Siap-siap trekking turun part 1

Curug Malela dikejauhan

Beres bungkus makan, kita langsung menuju Curug Malela dan siap-siap touring begajulan di jalur kebun tehnya. Untungnya cuaca cerah & udah 2 hari ini Bandung ga ujan, jadi kondisi jalan di perkebunan kering. Jadi yang kita hadepin cuman jalan jelek berbatu-batu gede ala perkebunan yang disana-sininya udah bolong dan digantiin tanah merah kering, rumput-rumput liar yang tumbuh di sela-sela batu, tanjakan edan yang panjang dengan trek batu bolong-bolong, panas matahari tengah hari, dan debuuu huhuhuhu untungnya ga pake lumpur x___x. Dengan kondisi jalan yang kering, kita jadi lebih cepet sampe ke titik tempat saya berenti & balik arah waktu pertama kesini. Ternyata dari tempat saya berenti dulu, yang katanya waktu saya tanya berapa lama lagi dari tempat ini ke parkiran curug dijawab 30 menit lagi, hanya kurang dari 10 menit sajaaaah sodara-sodaraaaahhh siaaaal.

Sampai di parkiran motor, istirahat sebentar sambil beres-beres perlengkapan, langsung trekking kearah Curugnya... ahirnyaaaa sampe jadi juga saya berkunjung ke Curug Malela. Trekking pertama masih disambut sama trek yang dilengkapi batu-batu yang ada yang masih baru ada juga yang udah ancur sampai ke WC umum terakhir. Dari sini view kearah air tejun udah keliatan, yaaaa emang sih airnya lagi kering, tapi tetep aja keliatan bagus. Selanjutnya trek yang harus dilewatin adalah trek turunan panjang dari tanah yang bikin debu & klo pulang nanti pastinya bakalan nguras tenaga banget, turunan panjang tanpa bonus. Oya, dari tempat parkir tadi ada juga sih jasa ojek yang nganter kita sampe ke bates sawah, tapi buat diturunan yang ini lewat jalur yang beda. Begitu turunan abis, kita langsung nemu tanah datar terakhir sebelum bener-bener nyebrang bukit ke arah curug. Treknya masih sama, turunan panjang sampe ke pematang sawah. Dari pematang sawah, trek ganti jadi jalan setapak kecil tanah dana da juga yang udah dibuat anak tangga dan turun panjang sampai pas disamping curug.

Trekking turun part 2

Nyebrang pematang sawah

Curug Malela... ahirnyaaaa....

Lumayan jauh juga dari tempat parkir, turun bukut & pindah bukit plus nyebrang sawah. Selama jalan dari tempat parkir, ada 3 air terjun yang lumayan gede juga tapi lagi kering selain Curug Malelanya. Sampailah kita di samping curug Malela, seperti biasa kita cai spot foto & nyebrang aliran sungai yang dari batu-batu besar & licin ke lapak tas + tempat makan siang. Jam 12 pas kita sampai pas di bawah curug. Sebenernya ada jalan setapak nanjak buat ke atas Curug, tapi berhubung aga ga jelas juga, jadi dibatalin deh niat buat naek ke atas curug, lagain disini juga udah bagus + banyak spot fotonya juga. Sayangnya kita kesini pas curug ini udah muali dikenal orang banyak, jadinya di hari kita dateng itu buanyaaak juga yang piknik kesini, mulai dari rombongan kaya kita juga, rombongan bapa-bapa geje, rombongan keluarga, smape yang pacaran pun kesini dengan muka c cwe yang kecapean dan baru berubah dari raut BT ke raut tenang (pasti gara-gara trekkingnya hahaha).

Untungnya cuaca hari ini bener-bener bersahabat banget deh, ga ujan, mendung, tapi kadang ada juga mataharinya, betah deh lama-lama disini. Sayangnya rombongan Jakarta harus pulang hari ini juga, jadi jam 3 kita putusin buat pulang, rombongan laen pun udah lumayan banyak yang pulang. Tapi pas mau pulang, ada 1 rombongan besar juga yang baru dateng kenalan salah satu temen saya. Yaaa selamat nikmatin Curug Malela di Minggu sore yang cerah ini deh ya.

Sisi kiri curug

Sisi kanan curug

View disekitar curug

Jalan pulang, ga usah ditanya, capeeeee!!! Full nanjaaaak!! Mulai dari kluar dari curug sampe abis nyebrang pematang sawah ke tanah datar yang pertama. Di tanah datar yang pertama kita berenti dulu soalnya banyak juga temen yang masih dibelakang. Tapi saya mutusin ga lama-lama berenti disini, soalnya masih ada 1 tanjakan panjang tanpa bonus lagi sebelum ahirnya bisa ke tempat parkir motor heu heu. Bener-bener deh menguras tenaga & bikin kaki pegel & nafas ngos-ngosan. Sebelum ke jalan setapak yang udah dikasih batu-batu & udah bagus, kita berenti dulu aga lama disini ngumpulin tenaga dulu. Dan ahirnya jam set 5 kita jalan ke parkiran. Berhubung waktu kita pulang barengan sama orang-orang pulang juga, jadi kita mutusin biar kita aga belakangan, biar ga numpuk pas di tanjakan-tanjakan di sepanjang kebun teh.

Sambil nunggu, ternyata ada 1 mobil entah Xenia entah Avanza yang ga bisa nanjak. Awalnya hanya dibantu didorong sama beberapa tukang ojek disana, tapi lama-lama makin mengerikan, udah naek, mundur lagi, dan posisi mundurnya ke arah jurang di sisi kanannya, jadilah ampir semua tukang ojek yang ada disini rame-ram bantu nahan + dorong mobilnya biar bisa naek, dan kita pun nunggu sampai tu mobil bener-bener naek & ngasih jeda waktu, bisa repot juga nanti ditengah jalan kaya gitu lagi. Lumayan lama nunggu mobil 1 itu berhasil naek, baru ampir jam 5 mobilnya berhasil naek & kita pun jalan pulaaang.

Jalan setapak di awal trekking

View selama trekking 1

View selama trekking 2

View selama trekking 3

Kita berenti lagi di minimarket yang juga sekaligus pertigaan kearah Kec. Rongga-Kab. Cianjur-Kec. Gununghalu buat istirahat & pisah sama rombongan Jakarta yang nerusin perjalanan pulang lewat Cianjur. Ahirnya kebagi 2 rombongan, ke Jakarta & ke Bandung. Perjalanan ke Bandung bisa dibilang cukup lancar & cepet juga, malah jam set 6 kita udah sampe di deket Cililin & berenti makan dulu & baru nerusin pulang jam 7 kurang dengan jalur yg beda dari pas pergi. Dari Cililin kita ambil yang kearah Soreang-Katapang-Sayati-Kopo-dan ahirnya pisah ke rumah masing-masing.

Terimakasih buat semua temen-temen yang udah bareng di trip kali ini, maafin kalo ada sala & ngerepotin & ada yang ga sesuai, smoga laen kali kita bisa pergi bareng lagi.