Dya Iganov

Selasa, 06 Desember 2011

PENDAKIAN (REMEDIAL) BURANGRANG

Ahirnya bisa balik lagi ke Burangrang setelah Januari lalu gagal muncak karna 1 dan lain hal. Tapi pendakian ke Burangrang kali ini bener-bener pendakian yang paling banyak persiapannya, mulai dari cari informasi perizinan, tempat nge-camp, Curug Layung, sampe transport & tempat nginep buat temen-temen yg dri Jakarta. Buat nanya masalah ijin aja harus bolak-balik sampe 3x, pertama di awal Juni, trus yang ke-2 pertengahan Oktober, dan terakhir seminggu sebelum pendakian, dan jawabannya kompak, gpp ga pake surat ijin, silahkan naek ke Burangrang. Malahan waktu survey terakhir, kita minta ijin buat camp di Curug Layung tanpa surat, silahkan aja katanya, yo wess, masalah perijinan & lokasi beres deh ya. Soalnya puncaknya Burangrang ini sempit jadi lumayan ga nyaman kalau ada yang naek juga, trus bisa PP, jadi ya kita cari tempat yang lebih luas biar nyaman & biar ada air. Masalah nginep juga yang tadinya dirumah, jadi pindah ke rumah temen soalnya sewa angkot dari deket rumahnya lebih murah dibanding sewa dari deket tempat saya. Masalah yang mau ikut juga, dari ampir 40 orang, jadi yang fix tinggal 13 orang termasuk saya hahaha tapi ahirnya beres jugaaa semua urusan.

Gerbang Pos Komando

Jumat, 21 Oktober 2011

Siang menjelang sore udah nyamper ke rumah temen di Jalan Jakarta yg jadi tempat ngumpul buat pergi besok. Rencananya sore ini kita berdua mau belanja bahan makanan buat dimasak kan rencananya bakalan camp di Curug Layung jadi ada air, jadi dikonsepin semi kemcer, yaaa belanja aga banyak juga. Sayangnya kita smape ke pasar udah terlalu sore, jadi ada sebagian yang ga kebeli hari ini, tapi yang lainnya sih udah lumayan kekumpul. Oya, malem ini juga rencananya mau ngumpul sama yang ikut ke Burangrang yang dari Bandung biar ngumpul & langsung ke rumah temen yg jadi meeting point, dan ada 1 orang yg emang udah di Bandung jadi saya suruh ikut ngumpul & bareng juga ke rumah temen saya. Tapi ternyata dia ga bisa ikut nginep & ke Burangrangnya pun jadi galau ikut apa ngga (hadeehh yg gini nih yg bikin sakit kepala). Abis Magrib saya & temen saya baru nyampe lagi ke rumah temen, Solat Magrib & siap-siap pergi ke tempat janjian di daerah Dipati Ukur. Lumayan banyak juga yg ikutan, yg ga ikut ke Burangrang pun ikut ngumpul hmmm lumayan deh setelah lama juga ga ketemu heu heu. Jam 8 malem kita bubaran, saya jemput 1 orang temen saya dulu di daerah kampus, ada yg pulang dulu, dan temen saya juga pulang ke rumahnya.

Ternyata eh ternyata begitu sampe di kampus, temen saya lagi ada acara sama temen yang laen, jadilah saya nungg sampe ampir tengah malem, udah gitu mamah salah ngasih kartu ATM, kartu ATM yg dikasih yg udah kadaluarsa, weleeeh repooot mana haru ambil uang malem itu juga rempong deeeh. Temen saya yg ditunggu-tunggu ahirnya nyampe juga ke kampus ampir tengah malem hueeeh dan belom packing dan belom ambil tenda, dan belom segala macem. Hadeh ya udah deh saya minta dianter ke rumah temen saya di Jalan Jakarta & temen saya itu pulang & beresin semuanya & bakal balik lagi ke rumah temen saya itu. Ahirnya saya bisa mendarat di kasur jam 12 lebih hueeeh capeknyaaaa....

Lapor disini

Banyak kaleee papannyaaa

Gapura Pos Lawang Angin

Sabtu, 22 Oktober 2011
Jam set 2, temen saya yg beres-beres tadi nyampe & kepaksa harus bangun & bukain pintu huaaaa. Ternyata temen-temen yang dari Jakarta juga udah di Kopo hmmm bearti tinggal naek angkot bentar trus nyampe deh hueeeh need sleep T__T. Jam set 3 lebih, temen-temen yang dari Jakarta nyampe, ternyata salah naek bus, bus yang dinaikin lanjut ke arah Soreang, jadilah pada turun di Kopo & angkot satu-satunya yang bisa dianekin cuman mau nganter smape perempatan Jalan Jakarta-Antapani, jadi temen yang dari Jakarta ini harus jalan dari perempatan sampe ke depan rumah. Dan jam 3 baru pada nyampe, dan walhasil cuman bisa tidur sebentaaaar bangeeet. Jam set 5 udah harus bangun, packing ulang & belanja bahan makanan yang kemaren ga sempet kebeli & ngurus angkot hueeehh -____-

Temen-temen yang di Bandung baru pada nyampe jam 6, sambil nunggu temen-temen yg dari Jakarta beres, sambil beli bahan makanan yang buat dimasak. Dan ada 3 orang yang udah nunggu di depan Terminal Ledeng. Dan kita pun baru berangkat jam 7 pagi dari rencana awal berangkat jam 5 zzzzzz. Setelah ketemu sama 3 orang laennya & sampe mindang didalem angkot, kita terusin jalan kearah Pos Komando, sejauh ini sih masih lancar, tapiiii ternyata begitu udah ngelewatin gaupra Pos Komando, ternyata kita lupa bungus makan buat makan siang + tambahan lauk untuk makan mael, walhasil dengan aga rempong kita puter arah lagi. Hueeehh maap, maap bener-bener konslet otaknya kecapean + kurang tidur smalem :( setelah rempong bungkus makan siang + lauk untuk 2x makan + beli cemilan-cemilan + bahan-bahan untuk masak yang kurang, kita lanjut ke Lawang Angin.

Begitu sampe di Lawang Angin, minta ijin sama petugas yang jaga, asli yang jaga disini ramah + ngebolehin malah nyuruh kita buat camp di puncak ajah setelah saya jelasin kita mau kemping di Curug Layung (dan dibolehin). Ternyata ada 1 rombongan lumayan banyak, ampir 25 orang dari Jakarta juga yg naek ke Burangrang + 1 rombongan gede salah satu himpunan mahasiswa dari univeritas terkenal di Bandung yang ngadain acara di Situ Lembang (klo yg ini sih bener-bener surat resmi + proposal buat Kopassus Batujajar). Nah, jadi bingunglah kita antara yang pengen camp di puncak ajah, sama yg masih tetep di rencana awal berhubung bahan makanan yang dibawa perlu lumyan banyak air. Ahirnya rundingan dulu & keputusan akhir kita camp di puncak dengan resiko sempit & rebutan lapak sama yang 25 orang laen. Dan jam set 10 kita mulai pendakian dan orang-orang yang bawa tenda ngebut duluan buat cari lapak di puncak.Trek Burangrang yang udah pernah saya lewatin kali ini kondisinya kering, waktu pertama saya kesini lagi musim ujan, jadi sempet naek pas ujan-ujanan dan berlumpur ria. Trek Burangrang ini ketutup & treknya akar-akar pohon + batu di beberapa titik. Trek Burangrang masih bisa dibilang 'ramah' buat pemula, soalnya jarak ke puncak yang hanya 2-3 jam, bisa PP, banyak bonus, treknya naek-turun + sejuk.

View dari Lawang Angin kearah Cimahi

View ke sisi kanan jalur

View ke Situ Lembang

Tenda beres langsung tewaaasss

Ahirnya sampai juga di tempat saya berenti & balik pulang pas waktu pertama kali naek. Hmmmm ternyata tempat saya itu masih jauh ke puncak, Ga jauh dari tempat saya berenti nyampelah di puncak bayangan. Disini ada 2 jalan, 1 ke kanan ke atas, yang 1 ke kiri ke bawah. Kalau denger dari temen-temen yang udah pada ke Burangrang sih katanya kalau mau ke puncak nanti nemu jalan yang turuuuun terus, lewatin ke situ hmmm berarti ini jalan yang dimaksudnya. Tapi penasaran juga sama jalan yang ke kanan. Tapi ahirnya saya mutusin buat ambil yang kekiri. Dan ternyata bener aja jalannya turuuun terus, jadi ragu, dan disamping kanan udah jurang, hutan-hutan yang masih alami + Situ Lembang di kejauhan. Waduh mana puncaknya yah?? jadi ragu bener ga yah temen yang bawa tenda lewat sini? apa lewat jalan yang ke kanan? Jalan ke kana kemana yah? soalnya kalau liat dari sini jalan ke kanan itu bener-bener ga nyambung sama jalan yang saya lewatin, entah ke sisi mana tebing. Waduuuh sempet ragu, apalagi ga berapa lama turun, jalannya lebih turun lagi dan sama sekali ga ada tanda-tanda bakalan nanjak. Ya udahlah berhubung dibelakang saya ada rombongan laen juga yg lewat, berarti bener deh kesini jalannya. Dan ternyata ga berapa lama, baru deh keliatan jalannya.

Tanjakan panjang+terjal dengan trek tanah merah+batu-batu buat ke puncak, huaaaahh berarti bener kesini jalurnya, untung tadi ga sempet muter arah & nyobain jalan yg ke kanan hehehe. Lumayan juga nih tanjakan, kondisi kering kaya gini ajah udah licin, susah, apalagi klo ujan yah?? full lumpur ni treknya. Ada tali yang dipasang sama kaya "Tanjakan Setan" di Gunung Gede hanya lebih pendek & beberapa temen dari rombongan laen bantu-bantu yang mau naek. Sesudah lewatin tanjakan tadi jalan mulai nanjak terus daaaan sampailah saya di deket puncak Burangrang pas jam 11 lebih, hampir set 12 dan temen-temen saya yg bawa tenda udah dapet lapak tenda yg enakeun + 3 temda udah dipasang horeeeee. Sementara rombongan laen, termasuk yg 25 orang itu harus buka lahan motongin rumput-rumput dulu buat bisa bangn tenda fiuuuhh seenganya beneran camp di puncak. Kalau Tugu Puncak Burangrangnya sendiri dari tempay saya camp, masih jalan lagi sedikit, ga jauh, malahan jalan + puncaknya juga keliatan soalnya tempat camp sama puncak beda bukit. Yaaah ahirnyaaaaa saya muncak juga di Burangraaaang horeeee berarti 2 dari 3 trip saya yg harus diulang udah beres, tinggal Krakatau nih huhuhu

Jam 12 lebih temen-temen yang laen nyampe & tenda udah dibangun semua horeee 50% pendakian Gunung Burangrang udah dilewatin. Begitu sampe, beres-beres, atur tempat buat tidur, ada yg ke puncak duluan, ada yg ngobrol-ngobrol di deket tenda, ada juga yg langsung tidur. Berhubung pada kurang tidur semua, jam 1 siang kita tidur siang di puncak Burangrang, cuaca juga panas, mataharinya lumayan terik & ga tau juga mau ngapain, jarang-jarang siang udah nyampe puncak. Tapi ada 1 orng temen yang mau langsng pulang, soalnya ada acara laen, hadeehh ya deeh silahkan ati-ati ajah dibawah. Dan semuanya pun tiduuurrr zzzzzz

Tenda kita

Tanjakan Setan versi Burangrang

Jam 4 kurang, ada temen saya yg bangunin soalnya mulai turun kabut & tanda-tanda gerimis, takutnya ujan gede, soalnya barang-barang masih ada yang diluar + belum bikin saluran air dideket tenda, jadilah kita semua bangun sore, dan ga lama gerimis. Daripada bengong mendingan, jadilah kita maen maenan paliiing ngarang sedunia setelah UNO, yap "Truth or Dare" ala kita semua. Ga kerasa maen ini sampe jam 5 lebih, waktunya siap-siap buat masak makan malem, tapi sebelumnya kita ke puncak, ada juga yang masih tidur, ada juga yg baru mau tidur ckckckckc

Menjelang sunrise 1

Menjelang sunrise 2

Menjelang sunrise 3

Sunrise 1

Sunrise 2

Sunrise 3

Vew sunrise 4

Abis magrib acara masak memasak dimulai, berhubung gerimis lagi kita masak didalem tenda, lagian tendanya juga tinggi banget. Demi hemat air, kita cuaman masak nasi + mie telor + lauk yg dibeli pas siang +tempe orek yang emang menu buat makan malem. Tapi entah gimana ceritanyam begitu mau mulai masak, kompor yang 1 aga kurang bersahabat, gasnya aga bocor, jadilah pas mau nyalain apinya malah kegedean & apinya nyamber ampir ke atap tenda & orang-orang didalem tenda. Kejadian tadi, sangat-sangat bikin kaget tapi entah karna males entah karena nyawanya 9, ga ada yang keluar dari tenda, malahan yg tidur, tetep ajah tidur -___- Sekarang dicoba lagi, daaan ternyata kejadian tadi keulang lagi, sebagian ada yg udah kluar tenda, yg tidur, udah pada melek sekarang tapi tetep belom kluar tenda. Ahirnya pas mau nyoba nyalain buat ke-3 kalinya, barulah sebagian pad akluar, termasuk saya, ternyata masih sama kaya tadi cuman udah ga gede banget kaya tadi apinya, ahirnya dibenerin dan aman, lancar, jaya, senotsa, masak nasi, mie telor, sampe pisang keju buat cemilan dimalam hari.

Minggu, 22 Oktober 2011

Subuh, seperti biasa heboh buat hunting sunrise, tapi sayang sunrisenya ga sejelas di gunung-gunung laen, selaen berawan, kehalangan juga sama pohon-pohon, dan spot buat huntingnya pun sempit, jadi yaaa sedanaya ajah ditambah foto-foto kabut diatas Situ Lembang pagi-pagi segeeer. Berhubung Burangrang masih deket sama kota, jadi udara subuh disini ga terlalu dingin, jauuuh banget dibandingin subuh di Sindoro haddeehh ga kuat dej itu mah. Beres hunting foto sunrise saatnya mucak. Jalan ke puncak ga terlalu jauh, jadi ga harus subuh-subuh buta muncak. Sampe puncak, foto-foto dan jam 7an kita balik ke tenda masak buat sarapan, ada juga yang tidur lagi zzzz..... Menu pagi ini cukup roti bakar + pisang keju bluberrry + minuman-minuman anget laennya.

Tempat camp diliat dari puncak

Menu sarapan

Jam 8 target turun soalnya kita mau maen aer di Curug Layung & biar yg dari Jakarta ga teralu malem nyampe Jakartanya. Sesuai jadwal, jam 8 udah jalan turun, untungnya juga cuaca bersahabat hari ini, mendung, kabut tapi ga tebel, jadi adem. Lagi-lagi pas turun barengan sama rombongan yang 25 orang dari Jakarta, tapi untungnya sekarang ga harus pake acara ngebut buat berebut lapak. Waktu turun lebih cepet dibanding waktu naek, masih smepet foto-foto di sebelum hutan pinus & liat pembuatan video gilanya 2 orang temen saya yang maen perosotan dengan modal matras di hutan pinus.

Rempongnya masak

Full team minus Arif & Sandri

Ahirnya sampe juga di pos Lawang Angin, tapi penjaganya udah ganti lagi dari yang kmaren. Daaann dapet bad news, katanya kalo ga pake surat ijin ga boleh ke Curug Layung , walhasil batal deh kita maen aer + masak-masak disana!! siaaallll!! ni tentara ko ga konsisten sih??? kompak napaaa??!!! 2x dateng bilangnya boleh ke Curug Layung, sekarang dah tinggal jalan, malah ga boleeeh??!!! Siaaaalll!!!!!! Ahirnya cuman duduk-duduk geje di Pos Lawang angin sambil nunggu mamang angkot jemput + bersih-bersih. Jam 11 lebih, kita pun meluncur ke Bandung, tepatnya ke Saung Baduy buat makan siang & pisah disana.

Terimakasih buat semua yang ikut pendakian Burangrang, maaf kalau ngerepotin & ada salah & kurangnya.