Dya Iganov

Minggu, 12 Juni 2011

UJUNGKULON 4-5 JUNI 2011 -TRIP IMPIAN BERSAMBUT BAIK-

Trip impian ke-2 setelah Krakatau, yup Ujungkulon!!! Sebenernya ini trip aga nekat. Awalnya ga sengaja liat ada yg tag foto ke salah satu temen fb saya yang caption fotonya ajakan nge-trip ke Ujungkulon. Ga pake lama, langsung deh add yang empunya foto.Ternyata setelah d konfirm,sekarang itu yang empunya foto tinggalnya di Bandung (biar aslinya mah dari Pandeglang). Setelah ngobrol2 n nanya2 ini-itu,ahirnya mantapin buat fix ikut di bulan April.

Tapi tripnya terancam batal karena satu musibah. Tapi ternyata trip ini masih aman2 aja, dan siap-siap berangkat setelah seperti biasa rem[ong beresin TA biar perginya tenang.Bela-belain Kamis malem (jam 9 malem) ke rumah dosen cuman buat nge-drop revisi TA, soalnya hari Jumat paginya udah ngabur ke Banten sono.

Jumat, 3 Juni 2011

Nunggu sms dari malem ga ada terus. Sms keputusan perginya pagi apa sore. Ya udah aga sedikit leha-leha aja deh berhubung dah packing. Taunya jam setengah 9 d telepon sama yang punya acara nanya udah siap apa belom. Buseeet belom mandi neeeh. Ga pake basa-basi langsung mandi kebut, sempet keramas pula lah, jam 9 udah beres, tinggal nunggu d jemput. Dan ternyata baru di jemput di MTC jam 10an weeekkksss.

Jam 10an berangkat tapi masih jemput beberapa orang dulu di daerah Dago. Ahirnya kita bener-bener keluar dari Bandung sekitar jam 11an. Ternyata eh ternyata dari 7 orang yang ada di mobil, cuman saya cwenya. Huaaah... bener-bener deh begajulan abis deh saya di trip ini, udah mah ga ada yang kenal satupun, pergi dari Bandung, cuman sendiri cwenya, dan di mobil ini cuman tau 1 orang, yang punya acara ajah, sisanya mah g tau sapa. Ada 2 orang yang kenal, tapi mereka ikutan rombongan dari Jakarta. Itu juga yang 2 orang ini, temen ga sengaja kenal pas ke Krakatau,cuman 1x trip bareng. Bener-bener dah begajulan abis. Tapi untung deh temen-temen baru yang ada di mobil ini orangnya baek2 semua, rame lagi,dan pastinya semuanya dari 1 daerah yang sama jadi deh saya banyak roamingnya d mobil huehehe.

Sekitar jam 1an, kita sempet berenti dulu di daerah Cikampek, istirahat sebelom lanjut ke tempat tujuan kita yang pertama, Serang!. Untungnya lagi begitu masuk tol dalem kota ke arah Tol Lingkar Luar Jakarta n ahirnya melipir ke Tangerang jalanannya lancar. Cuman ada 1 kedodolan temen saya. Di pintu tol Jakarta, kita salah ambil gerbang tol, kita masuk ke gerbang tol khusus untuk yang pake kartu. Jadi palang tol cuman bisa kebuka kalo kita udah amsukin kartu ke mesin untuk buka gerbang tol. Daaaaannn ternyata kita g ada yan punya tu kartu. Wah,buset, kena klakson deh kitaaa. untungnya ada petugas tol yang abek mu nolongin kita buat mundur lagi pindah gerbang hahahaha jadi tontonan di Jalan tol deeh. Gpp biar ga ngantuuk :D

Ahirnya nyampe juga kita di Tangerang.... hmm cuacanya cukup yahud, panaaass.... Rencana awal sih kita mau mampir di Serang, tapi ternayta gara2 perbaikan jalan tol Jakarta-Merak jalannya aga sedikit lambat, soalnya harus pindah-pindah jalur plus jalannya sama sekali ga adayang mulus, jadi kudu hati-hati bawa mobilnya. Sekitar jam 4 kurang, kita nyampe di Serang. Setelah rundingan yang tadinya mau ketemu sama Mba Dita buat ngobrolin elf, ahirnya jadi banting stir ke Pandeglang aja.

Pertama kalinya menjelajah Banten ga sama keluarga, tapi untungnya temen-temen saya ini semuanya asli Pandeglang, jadi asiklah jalan2nya. Cuaca selama jalan sekarang ini bener-bener yahud deh, cerah, tapi ga panas-panas amat. Sekitar jam 5 kita nyampe Pandeglang. Kita sempet mampir sekalian buat nganter temen, istirahat, n nyari beberapa barang yang kurang. Lumayan buat cash hp, mandi, n disugihin makan malem gratis malah.

Ahirnya setelah packing ulang n atur-atur buat jemput beberapa temen di Serang, jam 9an kita balik arah ke Serang, sambil jemput temen sambil sekalian nganterin temen saya yang udah nyupir dari Bdg-Pandeglang. Jam 10an, saya sudah ketemu sama temen saya yang berangkat dari Cikampek, sekarang tinggal ke kosan 1 temen saya yang ngurusin elf. Disana lumayan lama,sampe ahirnya jam 12.

Sabtu, 4 Juni 2011

Jam setengah 12 kita semua ke Terminal Pakupatan buat ketemu sama rombongan lainnya yang dari Jakarta. Ah, ahirnya petualangan saya mulaiii (buahaha gaya bener sih ni bahasanya). Setelah aga-aga sedikit rempong gara2 kita ga tau dimana rombongan Jakarta nunggu kita, ahirnya jam 12 rombongan Jkt pake elf pergi ke Sumur. Sementara saya masih ngikut mobil buat ke Pandeglang jemput 2 temen saya dulu.

Jam 1 lebih baru deh kita semua jalan ke Sumur. Buseeeet dah ni jalannya paraaah bangeeeeettt!!!! Sebenernya niat ga akan tidur, mau liat gimana sih jalanan ke arah Sumur, dimana pula itu Sumur?? tapiiii sekitar jam 2, ni mata udah beraaaat banget. Ahirnya jam 2an saya pun tidurr zzzz. Tapi masih kerasa lah itu jalannya jelek banget, lampu truk yang langsunh kena muka saya, sama temen saya yg b'2 d depan itu ngobrol. Jam 3an saya sempet kebangun n ternyata lagi ada di pasar, hmmm kayanya sih beli2 bahan buat masak kita disana nanti. Lumayan lama sih berentinya. Dari semenjak berenti di pasar tadi, saya bener-bener bangun dan ga bisa tidur lagi.

Entah deh ini dimana, kanan-kiri perasaan pohon semua, gelap, jalannya ancur, nanjak, nikung, sepiii ga ada yang lewat satupun! Yang bangun cuman b'3, ngobrol seadanya soalnya ni fisik udah turun abis haha. Dan yang saya ga suka kalo subuh-subuh udah bangun yaituuuuu beseeer!! Yap, di tengah jalan kaya begini, saya kebelet. Kalo di itung-itung sih sekitar 30 menit- 1 jam lagi nyampe deh, jarak tinggal 10 Km. Tapiiiii 10 Km dengan kondisi jalan kaya begitu siihm ampuun dah mana tahan ni nahan ke WC. Tapi apa boleh buat ini sepanjang jalan mesjid ada sih beberapa tapi ko kayanya yang bisa di tumapngin cuman beberapa, plus suasana disekitarnya juga menyeramkan abis deh. Ahirnya udah aga mu deket tempat tujuan, kita berenti dulu di mesjid yang lumayan gede buat ke WC.

Jam 4 kita sampe juga di rumah sodaranya temen saya buat sekedar istirahat, mandi, tidur, packing ulang lagi. Setelah beres jemput-jemput yang pake elf n d anter ke rumah, saya pun tepar, tapi ga bisa tidur, udah Subuh. Setelah makan, packing, pake peralatan perang (sunblock,lotion anti nyamuk, pil kina, minyak wangi,dll) jam 8 kita brangkat ke dermaga. Ternyata di dermaga ini kita ga bisa naek langsung ke kapal, kita harus pake kapal kecil dulu buat ahirnya pindah ke kapal yang bakal kita pake ke Pulau Peucang.

Pantai di Sumur

Menuju kapal yang benernya

Nyebrang ke Peucaaang :)

Hemm... Ahirnyaaaa saya bener-bener nyampe di Ujungkulon, ga nyangka, dan ahirnya saya nyebrang juga dari P.Jawa ini ckckck bener2 mimpi yg jadi nyata. Di kapal, saya kebagian duduk di bagian depan kapal (panas bo! tanpa sunblock dan tanpa mandi) aslilah badan lengket n udah berbagai macem bau. Ahirnya kapal pun jalan. Satu per satu rombongan mulai tepar. Saya pun nyerah dan ahirnya tidur sebentar. Bener-bener mendukung bangetlah, udah panas banget, angin laut semilir-semilir, di atas kapal, cape begadang, zzzzzz emang paling enaklah.

Ternyata saya tidur ga terlalu lama, jam 11 saya udah bangun lagi (lumayanlah 1,5 jam tidur) dan ternyata pemandangannya udah ga terlalu banyak tambak. Sekarang pemandangannya udah berubah sama ujungnya Pulau Jawa yang ga berpenghuni, hanya hutan tropis yang masih belum terjamah, pantai pasir putih yang cukup banyak di sepanjang pesisir Pulau Jawa yang bener-bener menggoda, burung-burung khas pesisir yang lagi cari makan, sama air laut yang baguuus banget warnanya hhhrrr... lupa deh sama semua pikiran mumet hehe.

View bangun tidur di kapal

Hanya laut, langit, awan, dan gunung

Jam 1 kurang,kita sampe juga di Pulau Peucang... beeeuuuhh bener-bener baguuuus bangeeeeetttt!!!! Asli sama kaya yang suka saya liat di foto-foto, tapi kalo liat langsung lebih mantaaap. Setalah ritual wajib, yaitu foto-foto,kita menuju ke penginepan. Hmmm penginepannya gede sih, tapi begitu masuk, puanaaaaaas pooolll!!! Gimana ga panas, jendela emang ga bisa dibuka, soalnya di tempat ini monyet-monyet keliaran bebas. Selaen monyet, ada juga Peucang yang juga dijadiin nama pulau ini, babi hutan yang ternyata takut juga sama manusia, plus biawak. Kamarnya enak, cukup luas n paslah buat isi 5 orang, kebeneran saya ambil kamar yang paling ujung dket pintu keluar skaligus deket WC, biar kalo ada apa-apa gampang ke WC nya ehhe.

Pantai Pulau Peucang

Another side of Peucang

Berhubung kalo siang listrik mati n klo mu tidur siang juga panasnya mana nahan, ahirnya abis Solat, kita semua putusin buat foto-foto nikmatin pantai Pulau Peucang. Daaann bener2 ga nyesel deh panas-panasan, air alutnya warnanya baguus banget, pasir putih, ombaknya tenang, angin sepoi-sepoi, puaaas deh. Sampe ahirnya kita inget klo belom makan siang. Ternyata eh ternyata udah ada rombongan cwe-cwe yang udah selesei makan, katanya sih rencana abis makan siang bakal trekking ke hutan Pulau Peucang buat liat sunset di Pantai Karangcopong. Tapiiiiii niat mau makan siang malah jadi rusak moodnya gara2 tante2 gaul yag hobi ngeburu-buru orang.Sempet denger sih mereka bilang 'Makannya aga cepet ya, kita kan mau trekking" yaaa.. saya diemin aja, orang saya mah cuek orangnya. Berhubung saya makan cuman dikit, saya jadi denger deh selentingan-selentingan sindiran c tante gaul ke temen-temen saya yang laen yang masih makan. Ckckckc biar bukan ke saya, tapi nyelekitnya lumayan bikin pengen banting biawak!!!

Trekking htan pulau Peucang

Oke, ahirnya acara makan-makan beres, ternyata temen saya yang ngadain acara ini pun santei-santei ajah, malah masih ngurusin beberapa hal buat persiapan trekking nanti. Hweeew... santai buuu!! kan lagi di pantaiii!! Saya lupa sekitar jam 3 atau setengah 4 mungkin ya kita muali kumpul buat trekking. Hemmm ternayta dari sini pun mulai kerasa lagi ga sabarannya. Padahal kan kita lagi ngumpul nanya2 medan trekkingnya kaya gimana sama guidenya, lah ini para tante udah muali tereak2 aja minta cepet-cepet jalan, yo weess, jalaaan, hajar maaang!!

Foto di Beringin tengah hutan

Seperti biasa kalau urusan trekking, saya lebih nyaman ada di bagian belakang rombongan. Hem, ternyata baru masuk hutan, udah lumayan ada banyak yg bisa d jadiin objek foto. Yah, bisa di tebak banyak berentinya buat foto2 deh. Heem, klo d itung-itung sih ampir mayoritas rombongan pada berenti ikutan foto-foto sampe-sampe kita lupa kalo ada temen-temen yang udah duluan di depan. Buset deh itu temen yang di depan jalannya cepet banget, udah ilang ajeee. Bapa guide yang bareng kita pun malah ikutan foto-foto ko sama kita, sampe ahirnya nyadar jga klo rombongan depan sama siapa n udah sampe mana. Ahirnya ya kita jalan lagi.

Liat Pulau Jawa di kejauhan

Bayaran yang sesuai setelah trekking lama

Naaahh disinilaaah puncaknya. Ternyata rombongan depan hanya beberapa orang aja, cwe smua sih. Belom juga kita deket ama mereka, tiba2 udah nyolot ajee. Bilang mereka udah nungguin kita 10 menitlah, kitanya malah foto-fotolah, takut kalo kemaleman di hutan gimanalah, buset deh ini yg bikin acara sapaa, yg nyolot sapa. Gggrrr.... kita lama bukan karna jalan kita lelet, tapi karna kita kesini mau nikmatin trip, bukan buru-buru! Blagu banget sih!!! Ketauan banget deh kaga bisa baca medan n atur waktu buat nikmatin trip. Ahirnya saya sama 1 orang temen cwo pengen lah nunjukin yang namanya cepet tu kaya gimana!!! Hasilnya?? ketinggalan sodara-sodaraaaaaa!!! Kalau guide kita ga sering-sering nengok ke belakang, ntah berapa meter tu tante2 ketinggalannya. Oke, saya rasa cukuplah bikin mereka melek klo mereka itu bukan yang tercepat dan kita itu bukannya ga bisa jalan cepet!! Kita hanya mau nikmatin trip ini dengan santai!Gara2 nyolot-nyolotan tadi, temen saya jadi keseleo gitulah, untungnya setelah di urut, bisa nyusul kita lagi.

nyampeeee!!!

Heem lumayan juga waktu trekking sekitar 1 jam lebih, jam 5an kita udah sampe di atas karang di Pantai Karangcopong buat liat sunset. Aslinyaaaa ini view kereen bangeeeet hehe. Puas foto2 di atas karang, kita jalan lagi ke arah pantai, kalau sekarang sih pas di pinggir pantainya. Heemmm... g tau kenapa disini males foto-foto, maksudnya ga se semangat tadi foto-fotonya, pengennya diem nikmatin angin n ombak di Ujungkulon huahaha

Pantai Karangcopong, Ujungkulon, Banten

Tempat kita liat sunset gagal

Ga terasa udah mau magrib, dan sunset yg ditunggu juga ternyata ketutupan awan. Heeemmm Dan seperti biasa, karna saya emang suka jalan di bagian belakang rombongan, jadi yaaa.... ikut kloter terakhir deh jalannya. Saya sama beberapa temen saya yg ternyata mayoritas cwo masih tetep nungguin sunset sambil foto2 n ngobrol2 dikit. Sampe ahirnya pas udah aga gelap kita lanjutin jalan. Yap, rombongan saya ini trekking di hutan pas gelap-gelap. Ahirnya ngerasain juga trekking malem-malem di dalem hutan. Jadi inget pas ke Gede jalan malem2, gelap2, plus fisik yg udah drop banget haha

Nunggu sunset

Daaan ternyata trekking malem belom lengkap tanpaaaaa.... hujaaan!!! Yap, bener, ujan turun dengan deras dan manisnya lagi saya ga bawa apa-apa, cuman bawa badan n baju yg dipake. Sebagian temen sih ada yang bawa raincoat, topi, malah ada yang bawa payung segala. Tapi untungnya juga hutannya rapet, jadi airnya aga ketahan sama daun, dah gitu medannya datar, ga lewat bukit kaya pas pergi tadi. Jadi dengan penerangan yang minim n tanah yang udah mulai licin, bisa tetep jalan.

Ga berapa lama jalan ujan2an, ahirnya kita keluar hutan juga.... sampe ke penginepan kita. Dan pas kita keluar, pas ujannya berenti. Siyaalaaan haha kocak lah. Ya udahlah nanggung basah, n kamar mandi pasti ngantri, kita foto2 dululah skalian usaha foto ama peucang-peucang yg lagi pada makan. Tapii gagal maning!! tyap udah mau jepret, tu peucang malah kaboor semua haha. Ya sudahlah kita ngantri kamar mandi saja. Sambil mandi sambil makan malem. Nikmat dah udah ujan-ujanan hehe

Heemmm lumayan banyak yg nanya juga kita trekking malem2,ujan2an, cwe cuman b'3 pula haha. Hem, tapi seengganya gpp ko trekking malem2 di hutan ASAL peralatan kita lengkap! Kaya senter, sepatu trekking/sendal gunung, fisik kuat, konsentrasi, ga gampang panik, sedia jaket/raincoat, air minum. Jadi ga usah pake acara nyolot2 jalannya lama karna takut kemaleman jalan di Hutan!! wuuuu!!

Okeee... ternyata ada perubahan penghuni kamar. Kamar saya asalnya 10 orang, udah pindah 2, jadi sisa 8 orang. Sebenenrnya cukup banget sih 8 orang, paslaah. Lagian udah cape ini, pasti teparlah gakan kerasa apa2. Tapiiii ternyata demi kenyamanan sama bapa TL 2 orang mending pindah kamar ajah, tapi campur ama cwo, dan saya ama 1 orang temen saya yg kena gusur hahaha Hem buat saya sih ga masalah, udah biasa lah tidur campur2 gitu (eiitts tetep ada batesannya ko) jaman2nya ospek tidur di mobil rame2, di tenda asal geletakan aja yg penting lurusin badan peduli kanan-kirinya sapa hehe. Tapi berhubung di kamar baru penghunina udah pada tepar semua, saya ngungsi dulu sejenak deh k kamar asal yg penghuninya masih hareboh hehe. Jam 12 ternyata ujan lumayan gede, yo weslah tidur sajaah. Kumpulin tenaga buat besok haha

Minggu, 5 Juni 2011

Hoaahhheemmm jam 3 udah bangun, apalagi klo bukan gara2 beseerr!! hiaaahh mana masih ujan gede, sepi, para binatang masih berkeliaran pula. Hadoooh. Jam set 4 baru bisa tidur lagi. Oya,ternyata penghuni cwo di kamar saya nambah jadi 3 hiahaha tapi tidur di bawah ckckck. Jam 5 bangun beneran buat Sholat Subuh n siap2 mau sunrise biar mendung juga tetep jadi foto2. Jadwal hari ini ke Pantai Tanjung Layar, snorkel. Jam 8 kita berangkat ke Tanjung Layar yang ada di ujungnya Pulau Jawa. Nama daerahnya sih ke arah Cidaon.Disana juga ada mercusuar jaman Belanda, penjara jaman Belanda sama mercusuar baru yang amsih dipake sampe sekarang. Oke, sebelom brangkat, kita dibekelin life vest 1 orang 1. Daan lagi-lagi buat melipir ke pulaunya harus pake boat dulu. Disini acara sedikit geje, ada yg nyangka snorkeling dulu, ad ayg bilang trekking ke mercusuar dulu, jadi aga sedikit bingung juga.

Peucang di pagi hari

Pelangi di Peucang

Ahirnya ternyata kita mau ke Tanjung Layar dulu, tapi buat naympe ke Tanjung Layar, kita treeking dulu 1 jam. Jadi yaa mau ga mau life vestnya kudu dibawa trekking, untung juga life vest saya dikasiin ke temen yg ga dapet. Jadi aga ringanlah jalanya. Wuaahh sebenernya ini pelanggaran banget dah, trekking dengan medan tanah licin n becek abis ujan pake sendal jepit!! Huahaha jadi inget waktu di Jomblang,berjuang jalan keluar gua di tengah lumpur yang super tebeeeeel, sampe-sampe jalan pun harus pegangan tangan. Untungnya sekarang sih medannya ga separah itu haha. Tapi jangan salah ni sendal jepit keramat juga. Sendal jepit beli di Pelabuhan waktu survey studio di Palabuhanratu sekitar tahun 2009, dan udah dipake melanglangbuana nyungsep ke lumpur di Pantai Pangumbahan Ujunggenteng, manjat batu berlumut n berlumpur di Curug Cikaso, Surade, jalan di atas batu-batu tajem di Burangrang, dan masih banyak tempat xtrim laennya dan hebatnya ni sendal kaga copot!! Horeee!! Dan untungnya lagi ni sendal kaga copot juga pas dibawa trekking di Ujungkulon haha.

Sebelum trekking ke Tanjung Layar

Di tengah hutan deket mercusuar ada yang kaya beginian???

Ahirnya setelah 1 jam jalan (seperti biasa saya rombongan ahir lagi), nyampe juga kita di mercusuar baru. Hem untungnya sekarang ini ga pake acara nyolot-nyolotan, nyolot-nyolatan lagi liatin aja, beneran saya tantangin naek Slamet non stop ini!! ggrrr. Oke, setelah ngasih cukup waktu buat atur nafas, kita lanjut trekking ke tempat yang dimaksud, Pantai Tanjung Layar. Hemmm penasaran juga sama pantai yang katanya ada di paling ujung P,Jawa ini.

Padang rumput di Tanjung Layar

Hasil manjat tebing :D

Hasil manjat tebing 2

Dan ternyata setelah keluar dari hutan, pintu masuk ke Pantai Tanjung Layar ini tegalan yang cukup luas trus ada tebing-tebing dari batu yang bis adipanjat, ga terlalu tinggi n ga terlalu curam juga sih. Di balik tebing itu, wuaaahhh view laut n ombaknya kereen. Puas ambil foto di atas tebing karang, pindah spot ke arah bibir pantai. Hmmm disini batu-batu karangnya lebih banyak n ombaknya ganas abiiis.

Pantai Tanjung Layar

Ombak di Tanjung Layar

Manjat tebing di Tanjung Layar

Puas foto-foto, kita pulang. Buat ngehemat waktu, kita tadinya sepakat buat trekking motong jalan, biar kapalnya aja yang nyamperin ke deket pantai. Tapi entah gimana, ternyata kapal tetep ada di posisi awal, di pantai tempat awal trekking dan lagi-lagi rombongan yg waktu trekking pertama selalu terdepan itu ga ada. Entah misah kemana. Iyalah, wong mereka jalannya cepet2 banget deh, ga pake nengok-nengok ke belakang, maen hajar ajah. Ahirnya saya sama mayoritas rombongan sih lanjut jalan lewat trek awal pertama dateng n guidenya nyusul rombongan yg misah. Lumayan juga ni jaraknya. Yah,entah ya kena omel lagi apa ngga, tapi saya yg emang udah keburu ilfil n males dari yang kejadian nyolot pertama, melipir kepinggir tebing aja deh ambil foto begitu mereka dateng. Paling cuman foto bareng, udah deh ngabur lagi hohoho

Jepretan iseng ke kapal kita

Niat foto loncat malah foto nyungsep

Begitu naek kapal, hmm ahirnya diputusin buat snorkel sebentar di daerah Cikembang (nguping dikit Bapa Guide) hehe Saya yang udah ga mungkinbasah2an lagi mending cari objek buat di foto ajalah, lagian waktu snorkelnya ga terlalu lama soalnay ngejar waktu buat nyebrang pulang ke P.Jawa hehe. Puas ga puas, kita langsung balik ke Peucang. Ga lupa selama jalan ke Peucang kita foto keluarga doonk hehe.

Pelangi di ujung sana

Sesaat sebelum hujan

Nyampe Peucang mandi n bersih-bersih ga pake lama langsung ke kapal,makan siang di kapal. Di atas kapal, semuanya kayanya pada tepar, gaterlalu maceuh kaya siang. Mana pas udah mu deket ke P.Jawa ujan, jadilah yang pada di luar ngungsi dulu. Tapi untungnya ga terlalu lama, n ahirnya kita mutusin buat duduk di luar lagi, lebih asoy gimanaaa gitu. Sambil ngobrol-ngobrolm ternyata abis ujan ombaknya lumayan naek nih, sampe-sampe temen saya kecipratan omab terus. Wah, klo udah aga tinggi gini jadi inget waktu di perairan Krakatau ama Canti, ombaknya lumayan tinggi-tinggi. Tapi untungnya ga lama, kita udah deket ke Sumur lagi.

Kaya waktu pas pergi, kapal kita ga bisa merapat ke pantai,jadi kita d jemput perahu kecil dulu buat sampe ke pantai. Dan karna sore, aer lautnya surut, jadi ga bis abener-bener sampe ke bibir pantai, jadi harus aga basah-basahan dikit ni turun dari perahu kecil buat ke darat. Begitu semua turun pada siap-siap di elf dan selesailah trip ke Peucang ini. Tapi belom buat saya yang harus ngesot jauh ke Bandung.

Untungnya nambah 2 personil sampe Serang, jadi lumayan deh temen saya yg nyupir ga harus full bawa mobil dari Sumur ke Bandung. Transit dulu di rumah yang pertama kali kita datengin sebelum nyebrang ke Peucang. Ah, berasa banget bedanya, waktu itu sih disini rame-rame banget, sekarang, hanya ada kita ber-8. Sambil nunggu teman saya di urut n mandi, sambil ngecash sambil istirahat. Ahirnya baru jam setengah 9 kita berangkat dari Sumur menuju Serang. Ya ampuun, ahirnya kita harus nyerah dulu di Pandeglang. Yup, pas 12 malem kita sampe di Pandeglang, di rumah tempat kita istirahat pas hari pertama menuju Sumur, ckckckc bener-bener kebeneran banget, waktu pergi ke Sumur juga, sekitar jam 1an kita pergi dari rumah ini, sekarang jam 12 lebih juga kita nyampe di rumah ini lagi.

Setelah makan mie yang entah kenapa kerasa enak n nikmat banget, kita pamit ke Serang dulu buat nganter 2 temen saya. Setelah sampe ke Serang, kita mutusin buat langsung ngesot ke Bandung aja. Dengan berat mata, kita ngesot lewatin jalan tol yang masih dalam perbaikan, jadi jalannya jelek n kudu pelan-pelan. Untung aja ga terlau panjang kaya ruas yang sebelahnya. Ahirnya selama di tol Serang-Bandung ga tidur, pusing + mata merah. Tapi begitu udah sampe di daerah Cimahi, mata udah melek, ga bisa lagi merem (ya iyalah udah pagi juga) Jam 7 kurang ahirnya saya sampe di rumah, dan ahirnya bener2 seleseilah trip nekat perdana saya ke Ujungkulon. Bener2 pengalaman yang serba baru n ga akan dilupain...

Makasih temen-temen baru yang rame, yang seru, yang baik, yang heboh, smoga kita bisa pergi bareng lagi, kangen kalian semuaaaaaa.... ^__^