Dya Iganov

Sabtu, 07 Mei 2011

TRIP IMPIAN PART 1: 3K -KRAKATAU KESEMPATAN DALAM KESEMPITAN TA-

Trip ini bener-bener trip impian yang ahirnya ga tinggal mimpi lagi, yup, Krakatau!! Ya ampuun ahirnya kesampean juga ke Krakatau yang entah lewat mana jalurnya. Sebenernya ini trip ajakan dari temen, dia nawarin 5 orang aja, dan ahirnya saya nekat ikutan soalnya seengganya ada 4 orang yang udah saya kenal (secara chating) dari total 20 orang yang masih abstrak. Ternyata menjelang hari-H saya sempet add beberapa fb temen-temen yang ikutan ke Krakatau juga, dan dominasi tinggal di Jakarta, jadi ga terlalu asing juga. Meeting point di P.Jawa sepakat di R. Tunggu lantai 2 Pleabuhan Merak jam 1 subuh hari Sabtu tanggal 26 Maret 2011. Daaaannn


Gunung Anak Krakatau

Jumat, 25 Maret 2011

Saya start berangkat dari rumah jam 9 pagi. Yap, setelah berpusing-pusing ria mikirin gimana caranya saya bisa sampe di Merak sabtu subuh buta jam 1 dengan harus nemuin segerombolan orang-orang yang belom pernah saya tau sebelumnya, dan Pelabuhan Merak yang sangat asing buat saya, ahirnya diputusin buat mampir dulu ke rumah Aki Andang di Serang. Dengan modal nekat dan istruksi naek bis apa n biayanya, ahirnya naeklah saya Bis Armada tujuan Bandung-Merak AC bayar 55rb, nymaaaaan deh bisnya. Untungnya begitu saya sampai di daerah Kebon Jeruk, Jakbar, jalanan kosong, mungkin ini hari Jumat n pas lewat sana pas jam Jumatan, jadi bisa segera keluar dari Jakarta bablas ke Tangerang n Serang ahirnya. Sepanjang jalan terus komunikasi sama Teh Anggi n papah buat kasih tau posisi.

Jam 2an, sampailah saya di Serang, kata Teh Anggi sih, nanti saya turun di depan Indomart, bilang aja Untirta. Tapi dodolnya saya, yang saya liat malah Alfamart, aga ragu juga sih, mau turun apa ngga, Alfamart apa Indomart?? Hiaaah. Daaan ahirnya saya pun bablas ke Terminal Serang. Wuaduuuh diaman ini. Untungnya Teh Anggi ahirnya nyusul ke Termimal dan ternyata ga jauh-jauh amat sih Terminal sama jalan masuk ke rumah Aki Andang hehe.

Setelah istirahat, makan siang, ngobrol-ngobrol bentar, jam 4an, saya ama Teh Anggi keluar buat jalan-jalan liat Kota Serang sore hari. Hmmmm biar panas, tapi asik, ga ada macet, jaringan jalannya pun ga ribet, naek angkot pun cuman 1x. Kita jalan ke Ramayana n ahirnya makan Pempek di sebelah Bank Jabar. Huaaah saya yang suka pempek, seneng-seneng aja hehe. Jam 5 kita pulang, naek angkot tapi rutenya aga jauh, soalnya harus muter dulu, tapi seru, jadi bisa 'kenalan' ama Kota Serang, bayarnya pun murah, ga kaya di Bandung, jarak deket ajah kadang mahal.

Nyampe di rumah, mandi, cerita-cerita sama Aki Andang n jam setengah 8 diajak belanja n makan malem sea food!! Wooow Ahirnya jam 9an, kita makan sea food, Wuiiih sea foodnya enaak, pedeees, tapi sayang saya harus jaga makan buat persiapan trip full di laut ini. Bisa berabe ntar klo mules-mules hehe. Dengan berat hati, saya sisain sea foodnya (huaaa sebenernya ga relaaaa). Jam setengah 11 nyampe rumah, lumayanlah bisa tidur 2 jam buat ntar siap berangkat jam 12.

Sabtu, 26 Maret 2011

Jam setengah 12, saya udah mulai bangun, siap-siap, re-packing buat lanjut ke trip yang sebenernya. Jam 12 meluncur, jalanan sepiii, tapi, begitu masuk tol, wuiih ruameee sama bis n truk yang jalan ke pelabuhan. Ckckckc bener-bener trip serba pertama. Ternyata klo mobil mini bus, jeep, n sedan harus keluar di Cilegon, soalnya masih macet di Merak. Wuaaahhh pengalaman pertama lagi nih lewat Kota Cilegon malem-malem sampe Pelabuhan Merak. Sekitar 1 jam kemudian, saya nyampe juga di pintu gerbang Pelabuhan Merak, bener-bener asing deh.


Gunung Sabesi

Aga rempong jga janjian di pelabuhan,soalnya emang belom pernah sih sebelumnya. Untungnya saya ketemu 1 temen saya di masjid. Setelah hubungin beberapa temen yang udah dateng duluan,ahirnya kita mutusin buat gabung sama mereka n nunggu temen yg laen di atas. Hmm pertama kalinya saya masuk pelabuhan sendiri (katro deh). Setelah ktemu sama temen yang laen, kenalan (bener2 asing) trus nunggu yang laennya. Dan selama nunggu, saya pun beser, gini nih makanya saya ga suka begadang, beseer. Toiletnya itu looh ya ampuuuun, kotor n jorok banget deh.


Pulau n Gunung Sabesi

Tunggu-menunggu, ahirnya jam 2 juga ngumpulnya. Dan ternyata didominasi ama cwe hohoho. Hmm.. sebenernya disini masih aga canggung, soalnya yang bener2 saya kenal karena sering ngobrol di grup itu cuman 2 orang. Setelah komplit, kita segera menuju ke dermaganya. Ternyata untungnya ga berapa lama kita nunggu, dateng juga kapal yang bakal nagngkut kita. Ga pake basa-basi langsung masuk kapal, cari posisi. Ternyata kapal yang saya tumpangin itu kapal yang bisa dibilang masih baru, kursinya masih bagus-bagus, ada ruangannya ber-AC, bersih, padahal kelas ekonomi. Hmm ternyataaa meskipun ruangan AC tapi puanasnya minta ampuun, apa gara-gara kapalnya belom jalan yah?? Ahirnya sebgian dari kita mutusin buat nongkrong aja di luar. Ternyata lebih adem n sekalian cas hp, lumayan. Hmmmm lumayan lama deh ni kapal ga jalan-jalan. Ahirnya sekitar jam 3an, kapal mulai jalan. Hueeeh duduk di luar, kena angin laut yang super guede, belom makan, ngantuk abis, jadi mending balik ke dalem n tidur zzzzz. Ternyata didalem udah mulai dingin, soalnya kapal udah jalan

Sekitar jam setengah 5,saya bangun n Sholat Subuh, ternyata masih ada sebagian temen-temen yang ga tidur n diem di luar, tapi saya mutusin buat duduk di dalem aja sama yang lainnya. Ternyata saya ketiduran lagi sampe kira-kira jam 6 lebih, di luar udah mulai terang,n viewnya udah mulai keliatan, ga itemkaya semalem hoho. Jam setengah 7 udah mulai masuk perairan Lampung, hmmm berarti kalo diitung-itung 4 jam, mungkin sekitar jam 7 kita bisa turun dari kapal. Sambil nunggu kapal 'parkir', kita sempet2in deh foto-foto. Ahirnya jam 7 kita turun dari kapal n langsung cari angkot buat ke Canti.

Setelah runding dikit mau makan dimana, pake apa, n budget berapa,ahirnya kita mutusin buat makan di Canti n carter angkot aja ke Canti. Klodari info temen saya sih, dari pelabuhan ke Canti sekitar 1 jam. Oke, cocok deh jam 8 nyampe Canti. Hmmm sebenernya ini ke-2 kalinya saya nginjekin kaki di Lampung, tapi yg pertama itu waktu umur 3 taun,lupa bo! Jadi saya anggap ini pertama kalinya saya nginjekin kaki P. Sumatera, di Lampung sendiri (dalam artian ga sama keluarga) Bener2 ga percaya deh nyampe juga saya ke Lampung!

Selama perjalanan ke Canti, viewnya ga ada apa-apasih cuman hutan, kebu warga, jurang, n gunung, yang saya tebak itu Gunung Rajabasa. Ternata lumayan bikin ngantuk nih perjalanan Bakauheni. Pas 1 jam, jam 8 saya udah sampe di Dermaga Canti, wuaaah di depan udah berjejer aja pulau-pulau kecil, cantik banget deh viewnya. Setelah ganti baju + beli sarapan,langsung naek KM yang bakal jadi alat transportasi + rumah berjalan kita selama 2 hari ini. Ini pertama kalinya saya naik KM!! Huaaaah!!!

Duduk di bagian depan kapal (di atapnya), sambil makan nasi bungkus, disuguhin view laut + pulau-pulau kecil yang tersebar, Gunung Sabesi, Gunung Krakatau, Pulau Sebuku,plus temen-temen baru yang asik bener-bener bakalan lupa deh sama stress TA n segala "ke-ruwet-an" Kota Metropolitan!!! Selesai makan, kit cerita-cerita sambil ngenal satu sama lain, huaaah another stories from another people give another experience!

Jam 10 ahirnya kita nyampe di Pulau Sebuku. Kita rencana snorkeling disini. Ternyata udah ada rombongan lain yang lagi snorkeling disana. Sambil nunggu mereka selesei, kita siap-siap ganti kostum snorkeling. Dan ahirnya kita nyebur juga. Hmmm ini pertama kalinya saya snorkeling n nyebir du laut jadi aga-aga rempong gimanaaa gitu wakakaka. Ahirnya bisa juga adaptasi sama yang namanya snorkeling huohohoho


selesai snorkeling di Pulau Sebuku kecil

View Pulau Sabesi 1

View Pulau Sabesi 2

View Pulau Sabesi 3

Welcome to Sabesi Island

View ke arah Gunung Rajabasa,di Canti sana dari Pulau Sabesi

Ampir 1 jam kita maen aer, naik lagi ke kapal n aga berubah sedikit dari rencana semula yang mau langsung ke Pulau Umang-umang, jadi ke penginepan dulu, makan siang, baru ke Pulau Umang-umang. Jadiii, ahirnya kita menuju P. Sabesi. Dari P. Sebuku ke P.Sabesi makan waktu 1 jam, jadi kita pas nyampe penginepan jam 12. Nyampe penginepan, ngurus administrasi, simpen barang di kamar, makan siang, istirahat bentar, alngsung cabut ke Pulau Umang-umang. Untungnya lagi buat kita, hari itu cuaca berawan, jadi matahari ga nyengat, asik deh pokonya buat maen di laut.


Kita di Pulau Umang umang

Pulau Umang umang yang cantik

Lokasi Pulau Umang-umang ga terlalu jauh, 15-20 menit dari P.Sabesi. Pulau Umang-umang ini kecil banget, lebih kecil dari P.Sebuku, tapi airnya otu loooh, jjerniih, pasir putih, banyak batu-batu gede di sekitaran pulaunya. Wuaaah banyak spot foto di pulau kecil yang cantik ini. Omabk sorenya pun ga terlalu besar, tenang, jadi kita bisa snorkeing sampe aga ke tengah, nyusur-nyusur di batu, dll.


View dari Pulau Umang umang 1

Snorkeling di Pulau Umang umang

Berjuang lagi naek ke kapal di Pulau Umang umang

Jam 3 kita balik ke penginepan, buat mandi. Hmmm berhubung listrik disini mati kalo siang, jadi aga rebutan deh kamar mandinya. Ahirnya 1 kamar mandi ber-3 dan di kamar mandi yang di tempat makan bukan yang di kamar tidur,hmmm meskipun ga higienis, tapi lumayanlah daripada ga mandi. lengkeeeet. Jam set 4 udah bersih lagi. Waktunya beres-beres kamar n siap-siap hunting sunset di ujung lain P.Sabesi, nama tempatnya Gosong Seng,sekitar 1 jam dari penginepan n sewa motor. Wuiih seru kayanya.


Krakatau, Anak Krakatau, P.Panjang di kejauhan

View ke Krakatau from Gosong Seng, Pulau Sabesi

Foto keluarga sambil nunggu sunset di Gosong Seng

Nunggu sunset dengan background Krakatau

Nunggu sunset dengan background Gunung Sabesi

Tapiiii berhubung aga ribet nih sewa-menyewa ojeknya, jadi motor saya tengekep 3,dengan yang mpunya motor adalah anak kls 1 SMA, ajegileee! Nekat abiiis. Dan ternyata sodara-sodara, jalan ke Gosong Seng itu jalan setapak, pasir, ampir mrip kaya di Ujunggenteng, cumaaan, sempiiiiit bangeeeeet, plus melipir jurang yang bawahnya udah laut lepas plus batu-batu karang. Oh My God, gimana ga rempong ni mulut neriakin c mas-masnya biar ga ngebut!Abisnya ni anak 1 udah tau jalan kaya begitu, motor juga kondisinya udah dipretelin dimodif entah gimana, bonceng 2 orang masih pula dia ngebut! Ajegileeee pengen rasanya dia diem aja dipenginepan n saya yang bawa motornya bonceng c temen saya stu lagi. Hueeeeh. Mana jari kaki sebelah kiri baru kering lukanya gara-gara kegores karang,eeehh sekarang kudu nahan sakit gara-gara kebentur n kegores tanah n ilalang. Hiiikzzzz.... seeb naseeeb


Sunset di Pulau Sabesi 1

Sunset di Pulau Sabesi 2

Dikala sunset

Menikmati sunset pertama dan terakhir di kesempatan ini

Bener aja, sekitar 1 jam,jam 5 lebih dikitlaah, kita nyampe di pantai yang langsung hadep-hadepan sama Krakatau disana. Air pantainya lagi surut, jadi kita bisa jalan di bebatuan n batu-batu karang buat liat sunset. Viewnya juga bagus banget, view ke depan ada Gunung Krakatau, Gunung Anak Karakatu, P.Panjang, di belakang kita viewnya Gunung Sabesi yang masih dominasi pohon kelapa sampe puncak :D

Sambil nunggu sunset, kita foto-foto sampe mati gaya. Ahirnya sunset yang ditunggu nongol juga.... dapet deh momentnya disini, cuaca berawan, angin guede, temen-temen baru yang asik, perjalanan offroad gila, ditutup sama sunset di Gosong Seng. Sunset selesai, artinya kita harus kembali nyusur jalan offroad tadi selama 1 jam! Huaaaaah tidaaaak.Ternyata perjalanan pulang lebih parah, selaen jalannya udah mulai gelap,c mas tambah ugal-ugalan, temen saya yang 1 motor sama saya juga bisa gitu ya ketiduran di atas motor, debu, malah sempet mau balap-balapan coba pas udah mau nyampe penginepan?! Huaduh klo jalannya aspal sih ga masalah, lah ini, paving block n pasir pantai???? Heellloooo bonceng 2 orang ini, saya boleh turun ga siiiih, jalan aja ke penginepan??!! *Dalem hati udah pengen aja nglabrak ni mas-mas huhuhu


Foto favorit saya

Nyampe penginepan, bersih-bersih plus leyeh2 di kasur, udah males gerak banget deh. Saya ama temen saya ga sampe setengah menit, langsung pingsan di tempat ga pake basa-basi saking teparnya, nagntuuuuuk bo!!!! Makan malem, skip dah, acara api unggun + gitar-gitaran n nyanyi-nyanyi temen saya pun skip (padahal itu seru katanya). Tapi sebagian temen saya masih ada juga yang melek ampe jam 1an, gileeee kuat bener dah mereka.

Minggu, 27 Maret 2011

Pagi-pagi jam setengah 5 udah dibangunin buat siap-siap ke Krakatau. Ini dia acara utamanya! Hehee. Semangat, semangat meskipun gerimis di luar. Hmmm gelap banget dah di luar. Biar gerimis, saya sama 1 orang temen saya nekat duduk di atas atap kapal, soalnya katanya klo didalem mah pusing. Tapi emang bener asik banget deh duduk di atas kapal. Liat lautan yang gelaaap lama-lama jadi terang, dari mulai ombak yang tenang, sampe ahirnya.....


Pantai di Anak Krakatau

Ko lama-lama makin naik-turun yah kapalnya?? ternyata menjelang pagi, sekitar jam 6an,ombaknya lama-lama makin tinggi. Saya yang emang baru pertama kali ngelaut kaya gini, jadi bingung juga kudu ngapain. Lama-lama kita turun dari atap paling atas, ke bawah, tapi ini kapal makin mirin-miring sadis aja. Saya sampe minta pegangan yang kuat ama temen saya, mana mulai gerimis lagi. Waduuuh udah basah kuyup, kudu miring-miring juga. Hmmm mana belom makan dari tadi malem, ujan-ujanan plus harus nahan badan, bener-bener nguras tenaga.


Mulai pendakian Gunung Anak Krakatau

Makin lama ini ombaknya makin ga nyantei, kata temen saya,saya mending ke bawah aja. Tapi katanya emang lebih pusing sih. Ya udahlah daripada ngeri juga liat jelas banget ombak yang ampir sama tingginya sama kapal. Pas masuk, baru aja duduk, langsung deh pusiiiing ga ketulungan. Huaduuuh pengen muntah, nemplok deh di jendela, niatnya mau muntah, tapiiiiii..... saya kan belum makan dari tadi malem?? cuman minum air putih doank ama pisang goreng 1 tadi subuh!! Ya udah deehhh cuman ueek ueeek ajah ga ada yg dikeluarin. Huuuu perut makin perih n pusing makin menjadi.

Buat nyiasatinnya, katanya sih tiduran aja, tapi ini lapaknya udah penuh, plus baju udah basah semua, jadi ga PW juga ni mau tiduran, ahirnya brdiri di jendela, yaaah kena ujan, gpp deh udah tanggung basah. Ternyata eh ternyata makin deket ke Krakatau makin ganas jugalah itu ombaknya. Liat jendela itu viewnya udah ombak! Yup, ombaknya lebih tinggi dari jendela kapal!! Huaaaa serba salah, berdiri kena basah, duduk pusing.


Gunung Anak Krakatau / Anak Gunung Krakatau???

Dan sialnya pas nyampe Krakatau udah pusiiing banget, tenaga abis, ujan pula! Ga bawa baju ganti n jas ujan, yah udah deh dengan sangat sangat berat hati tunggu di kapal deh sementara yang laen naek ke Anak Krakatau. Hmmmm saya nikmatin Krakatau n Anak Krakatau dari bawah sini, tetep baguuuuus bangeeet! Buat ngilangin pusing n balikin tenaga, saya tidur deeeh hehehe


Krakatau dari puncak Anak Krakatau

Pantai di Gunung Anak Krakatau

1 Jam kemudian, temen2 dah balik lagi, dan ada perubahan rencana gara2 kena ombak tadi, waktu kita keambil 1 jam,jadi acara snorkeling di pantai sekitar Gunung Krakataunya di cancel, soalnya takut nyampe Cantinya terlalu sore, kasian angkotnya nunggu lama. Ahirnya kita pulang ke Sabesi. Untungnya cuaca cerah, ombaknya pun udah nyantei, jadi perjalanan pulang cuman sekitar 1 - 1,5 jam ga sampe 3 jam kaya pas pergi. Hmmmm Goodbye Krakatau, nanti saya pasti balik lagi dan berkunjung sampe atas.


Leaving Krakatau

Jam 10an kita nyampe Sabesi, mandi, packing n langsung pulang menuju Dermaga Canti.Total perjalanan dari Sabesi ke Canti ga pake mampir-mampir sekitar 3 jam klo ga salah. Jam 3 kita udah sampe di Dermaga Canti,langsung naik angkot ke Pelabuhan Bakauheni. Yaaahh lagi-lagi harus say goodbye sama Krakatau,Anak Krakatau, Sabesi, Umang-Umang, Sebuku besar, dan Sebuku kecil, dan pulau-pulau kecil lainnya yang berjajar cantik di perairan Lampung Selatan.

Nyampe Pelabuhan Bakauheni jam 4, kumpul n langsung nunggu kapal. Ternyata kita kebagian kapalyang dateng jam setengah 5. Sayangnya di atas kapal kita kebagi 3 kelompok, jadi kurang berasa suasana terakhirnya, tapi tetep seru ko. Kapal mulai berangkat pas magrib, dan saya masih punya 1 kesempatan buat liat Gunung Krakataudari kejauhan. Huaaah berakhir juga petualangan saya di Pulau Sumatera, semoga nanti saya ada kesempatan buat nyebrang lagi ke pulau itu dan ngejelajah lebih jauh lagi.


Full team di depan penginepan di Pulau Sabesi

Di kapal meninggalkan Lampung

Bikin rusuh di atas kapal

Bener-bener bilang terima kasih buat temen saya yang udah daftarin saya ke trip ini, temen-temen yang bantuin saya pas pusing di kapal, Ambar yang bareng2 terus selama trip disana, Teh Yuyu yang ahirnya jadi temen saya sampe Terminal Leuwi Panjang, K'Yana,Mba Astri, K'Fitri, Bang Togi yang gilaaaa abis yang sharing segudang pengalaman trip yang bener2 bikin saya ngiler, K'Cita, K'Rieska, K'Diah buat tuker-tukeran pengalaman tripnya, K'Ikka, K'Afni, K'Ekky,K'Putri,K'Esta, K'Andyn, Simon yang bikin suasana meriah selalu, K'Heri sebagai TL, K'Yogga denga foto-fotonya yang baguuus banget, K'Ageng yang udah bantuin selama kena ombak yang ga nyantei ke Krakatau.


Beginilah di dalem kapal sesudah snorkel di Pulau Umang umang

Pemerintah pun ambil andil :D

Ini nih nama KM yang setia nganter kita kemana-mana,ngelaut sana-sini, kena ombak guedee

Bye Lampuuung