Dya Iganov

Sabtu, 24 April 2010

CIDAUN ISENG-ISENG GA NYANGKA Part 2

Ahirnya hari Minggu kita mutusin buat nerusin jalan-jalannya, janjian berangkat jam 12 dari rumah. Udaranya kebeneran lagi cerah, panasnyaaa.. ahirnya kita capcus jam set 1. Kita nyampe tempat kita berenti kemaren, dan terus jalan ampe tempat yang namanya Cibuni. Tempat permukiman untuk pegawai yang kerja di kebun teh, kaya semacem kompleks d tengah kebun teh lengkap sama lapangan bola yg cukup gede d tengah-tengah permukimannya. G jauh dari situ, ada pertigaan, yang ke kiri ada tulisan Jayanti (entah nama apa), yang ke kanan ke pabrik teh (Cukup gede pabriknya). Ahirnya kita mutusin k arah kiri. Begitu belok, langsung disambut tanjakan. Ahirnya kita mutusin buat berenti solanya bagus banget buat foto-foto. Dari situ kita bisa liat puncak satu Gunung (Antara Gunung Tilu, Gunung Kendang, Gunung Geulis, atau Gunung Kancana, cos infonya simpang siur). Udah puas foto2 kita iseng nanya ama ibu2 pemetik teh. Kata Ibu itu, klo kita nyusurin jalan ampe ujung, kita bakal nyampe k Jayanti yang tenyata adalah nama Pantai. Heran..... kita kan ada d puncak gunung, tau-tau ini jalan ternyata nyambung k pantai juga (sebenernya udah dapet info dari temen orang asli Ciwidey, katanya emang jalan itu tu nembus k Pantei, tapi dia aga lupa jalan yg mana, cos sekali-kalinya dia lewat tu waktu umur 5 taun!).

Ahirnya kita berdua mutusin buat nyusur, kata Ibu itu sekitar 3-4 jam kita bakal nyampe k panteinya.. hmmm b'hubung masih jam 2, g ada salahnya juga nyoba. Perjalanan d lanjutin. G jauh dari tempat kita nanya ama Ibu-ibu tadi jalan ngebelok ke antara bukit, sepi, dan curaaam. G berapa lama abis ngelewatin bukit, jalannya ngecil, pas di bawah puncak gunung yang tadi diliat pas nanya ama Ibu-ibu pemetik teh tadi. G tau kenapa, pas ngelewatin jalan itu suasananya beda, aga tegang. Padahal waktu itu masih jam 2 lewat, sedikit kabut, belom terlalu dingin, tapi g ada yg lewat sama sekali. Ga berapa jauh, pemandangan mulai bener-bener bagus, jalan yang kita lewatin ada di sisi kiri gunung, jalan ada d puncaknya, jadi bisa liat deretan puncak-puncak gunung laen yang manjang ke arah selatan plus jurang yang ada di bawah kita, di sisi kanan juga keliatan puncak-puncak gunung sampe k ujungnya d arah selatan. Jalan yang harus kita lewatin belok-belok ke arah bawah. Jalannya cukup kecil, kalo papasan ama mobil aja udah cukup mepet. Untungnya kita g sendiri, ada 1 motor yg kayanya penduduk desa terdekat (ga ada bangunan rumah sama sekali dari tempat kita tadi nanya). Jalan yang dilewatin ahirnya ngarah untuk masuk k hutan pinus yang masih lebat banget. N D pintu masuk hutan ada tugu batu yang tulisannya "BATAS WILAYAH KAB.BANDUNG DENGAN KAB.CIANJUR" wow, kita jalan2 k Cianjur ternyata. Cukup jauh. Masuk hutan pinus yang bener2 masih belom rusak dengan perbaikan jalan akibat lngsor d tengah2 hutan, makin lengkaplah perjuangan kita. D dalem hutan kita "pindah bukit" ya, jalan menikung yg ngehubungin satu bukit dengan bukit lainnya kita istilahin "pindah bukit". Berarti kita udah sekitar 3 kali pindah bukit. Jalan d dalem hutan ga kalah serunya, jalan menikung dengan turunan tajam terus harus disusur sampe "dasar". Di dasar yang juga ujung hutan ada pintu masuk ke satu desa pertama di Kab. Cianjur ini. Masuk desa buka berarti jalannya "aman" Ternyata jalan d desa ini ga kalah naek-turunnya ama d dalem hutan tadi. Dan parahnya jalannya rusak dengan jalan berstruktur batu. Untung c pacar bawa motornya hebat, jadi saya ga harus turun klo ada tanjakan atow turunan yang "sadis".

1 Jam jalan, d ujung desa keliatan pemandangan yang cukup bagus, asli pedesaan lengkap dengan sawah, sungai di dasar lereng, lereng gunung yang ngapit jalan yang disusur, plus ga ketinggalan jalan khas daerah Jawa Barat, jalan jelek berlubang!!! Kita pindah bukit lagi.

Dan sampailah di Desa Naringgul, jalannya uah nyampe bawah banget, udah bener2 turun dari puncak gunung, kita nyebrang sungai buat pindah lereng, bkan pindah bukit lagi. Liat ke kanan, lereng gunung yang curam keliatan jelas, liat ke kiri, sama, lereng-lereng gunung yang masih ditutupin hutan lebat plus beberapa air terjun kecil ada terus di sepanjang jalan. Bener2 bagusssss.... yaaa... gambarannya mirip-mirip Ngarai Sianok d Padang lah.... cuman ini khas Jawa Barat. Abis pindah lereng, jalan yang kita susurin nanjak lagi, dan masuk hutan lagi..... Hutan yang sekarang lebih deket ke lereng gunung yang ada di sisi kiri jalan, klo yang tadi lebih deket ke sisi kanan lereng.

Masuk hutan lagi dengan jalan yang lebih kecil dan sisi kiri jalan langsung ngarah ke jurang yang dalem banget. Hmmm kudu xtra hati-hati cos dominan yang lewat situ truk pasir untuk ngankut bahan makanan, ada motor sesekali. Cuaca udah mulai normal, ada matahari, masih dikit mendung sih. Jalananan masih belom ada variasi lagi, Hutan, desa kecil, rumah penduduk, hutan lagi, sampe ahirnya hutan yang bener2 ga ada permukiman penduduk. Kita penasaran dimana pantainya??? Soalnya sisi kiri itu jurangnya udah mulai ga keliatan sawah2 lagi, udah kaya tegalan... puncak gunung di sisi kiri jga tinggal 2 puncak, abis puncak ke-2 udah g ada gunung lagi, jadi itu pasti udah daerah pantai. Tapi untuk nyampe sejajar ama puncak terakhir ternyata jauuuuuuuuuuhhhhhhh bangeeeeet. Setelah 1 jam jalan, udara udah mulei aga panas, pohon-pohon juga udah mulei ciri vegetasi pesisir, jalanan juga udah mulai banyak pasir, oohh... ahirnyaaaaaa "turun gunung" juga!!!

Bener jg sekitar jam 4 kita udah bisa "ngintip" dikit panatainya.... Rumah-rumah penduduk juga udah mulei ada. Daaaannn ahirnyaaaa jam setengah lima lewat kita udah gabung ama jalan raya ang ngarah ke Pantai Jayanti. Kita cari warung untuk numpang k kamar mandi sekalian beli cemilan, kita cuman bawa uang 30rb. Hahhahaha.... Udah d beliin bensin d Ciwidey n untuk beli bensin botolan/eceran d sisain sekitar 15 ribu, cos jalan pulang harus nanjak!!

D warung juga kita cuman beli oreo n jajanan warung. Kita lanjut k arah pantei, ternyata buat nyampe k pantai harus ngelewati jembatan yang cuman dari kayu, kayanya belom selesei bangun atau masih renovasi, pokonya ngeri klo harus lewat situ, ahirnya kita mutusin ga ngelewatin jembatan n pualng, soalnya dah jam 5.

Dari jembatan, saya liat k arah pulang, Gunung-gunung tinggi udah ampir ditutupin kabut tebel, awan mendung, pokonya feeing ga mau lewat sana lagi, TAPI HARUS, satu-satunya jalan pualng yang kita tau, soalnya kalo lewat Cianjur kota bakal makan waktu 6 jam untuk nyampe Bandung.

Ahirnya kita masuk lagi ke jalan awal, ternyata baca papan penunjuk jalan, d jalan yang kita lewatin tadi ada 1 Goa, namanya lupa, tapi cukup "merinding" baca nama Goa nya. Kita ga lupa beli bensin dulu, 2 botol aqua yg 1 liter. Ahirnya kita pualang.

Perjalanan pulang awalnya lancar2 ajah, ada sekitar 3 motor yang naek, 1 motor d depan saya, motor saya, dan 1 motor d belakang saya. Kayanya kita sama2 sehati ga mau jalan sendiri, jadi ga da motor yag berusaha nyusul motor lainnya. D dalem hutan pertama g tau cuman perasaan aja atow gimana, kita (3 motor ini) jalan dengan kecepatan sedikit ngebut, tapi tetep g susul-susulan. Ahirnya kita sampe ke jembatan di bawah yang pertama, yang ahirnya nanjak lagi untuk ritual "pindah lereng" pertama. Dan "penyakit" saya pun kumat, pengen ke kamar mandi, beseerr!!!! Ahirnya setelah ritual "pindah lereng" ke-2 kali, kita nekat buat numpang ke wc d rumah warga. Kebeneran yg punya rumah kayanya masih seumur sama saya tapi udah punya anak 1. Untung c teteh orangnya baik, g curuga g apa, kita dipersilahkan pake WC nya. Rumahnya enakun, dingin, bersih, sejuklah, WC nya juga bersih. Kita ga buang-buang waktu soalnya udah jam setengah 6 dan yang naek cuman motor saya. Tapi yang turun banyak, rombongan yang touring gitu.

Ahirnya sampe di ujung hutan ke-3, d ujung desa terakhir d Kab. Cianjur. Sedikit tegang, soalnya Adzan Magrib baru aja selesei, n kabut udah mulei turun. Untung hari itu g ujan, jadi hanya kabut g sama awan mendung, jadi jalan masih keliatan. Saya inget perbaikan jalan d tengah hutan, berarti se-engganya d dalem hutan masih ada pekerja2 jalan, ga terlalu serem. Ternyata baru masuk sekitar 3 meter, kabut dah mulai tebel, dinginnya ga usah d tanya, dinginnya juara!! Saya ga bisa gerak, telapak tangan kaku, gemeteran, udah ga bisa ngomong sama sekali saking dinginnya. Badan yang pegel gara2 d motor terus, bikin punggung tambah sakit gara2 hawa dingin khas gunung.

Ahirnya sampe juga d jalan kelok-kelok kaya anak tangga, sekarang kita harus ngelewatin sambl nanjak. Kabut udah makin parah, tebel banget, saya ga bisa liat apa2, almpu motor udah paling gede, tetep saya g bisa liat apa2. Suasana juga aga tegang, c pacar g ngomong apa2 dari pas masuk hutan tadi, ga sadar saya baca-baca Do'a. Bener2 serem, cuman sendiri, d tengah hutan, kondisi jalan dengan medan berat, kabut tebeeeellll, daerah orang pula, lengkaplah sudah kengerian.

Pas d dalem hutan, d tengah2 jalan, c pacar tiba2 manggil "La..." tapi udah aja ga d terusin. Ahirnya dia ngomong sesuatu yg ga pentung pisanlah,,, kayanya biar ga sep ajah. Ahirnya sampe d tempat yg perbaikan jalan tadi, ternyata SEPIIII!!! udah ga ada orang. Ya... sendiri deh. Ahirnya kita keluar hutan, pas di tugu perbatesan Kab.Bdg-Kab.Cianjur. Tadi pas pergi kita niat buat foto d tugu itu pas pulangnya. Dan dengan konyolnya c pacar nanya "Jadi ga mau foto d tugu??" WHAAATTT????!!!! emang sih belom terlalu gelap, langitnya juga masih biru. Tapi dengan kondisi jalan kaya gitu kayanya dikasih uang 1 Miliar juga ga mau foto saat itu juga!!! dan jawaban saya udah jelas, "Ngga ah, kita cepet naek aja deh", dan 1 lagi kekonyolan, c pacar malah bilang "iya juga, klo foto sekarang mah takut ada yg ikutan d foto" adduuuuhhhh.... mampus deh, d keluarin juga kata2nya "ikutan foto" mmmm....

Ternyata keluar dari hutan suasananya sama ajah, ngeri!! soalnya ini jalan nanjak ampe puncak, tikungannya tajem, n sisi kanan kita udah jurang, kebon teh gitu. Kabut malah tambah tebel, iya lah mau k arah puncak gunung ko. Badan udah g kuat banget nahan dinginnya, mau pake jaket pun mikir2 lagi buat berentinya. Jalannya bener2 serem, belon total gelap, jadi masih bisa liat jalan, sekitar jam 6an lah. Dari mulai masuk hutan sampe sekarang saya ga berani liat kanan-kiri, saya cuman ngeliat ke depan, taku c pacar g bisa liat jalan, 4 mata lebih baik daripada 2 mata kayanya.

Ahirnya saya iseng liat ke sisi kanan, kebon teh plus jurang. G keliatan apa2 hanya pohon2 gede ajah yg keliatan, tapi saya kaya ngeliat ada "sesuatu" aga jauh d tengah kebon teh, item, aga gede, gerak2 pelan, aga bulet bentuknya. Waduh!! apaan tuh, untungya jalannya nikun sambil nanjak ke arah kiri. Merinding sodara2!!. Saya ga berani mikir apa2. Sampe ahirnya d puncak gunung. Pemandangan di sisi kiri udah berubah jadi lereng puncak gunung yg sampe sekarang kita ber-2 g tau namanya apa.

Ahirnya sampe juga d warung yg cuman satu2nya d deket situ. Kita berenti isi bensin, pake jaket, minum dan sebagainya.Kayanya semua yang mau turun k arah hutan pada berenti dulu, disana juga ada 1 motor yang tadi bareng waktu dari arah Cidaun. Setelah beres, kita lanjut, langit udah mulei gelap. Ahirnya kita sampe di pertigaan pabrik teh, saya rasa udah cukuk "aga aman", jalanan udah mulei aga rame n ada kehidupan.

Ga lama, hamir nyampe Patenggang, tiba2 c pacar ngeberentiin motor. Dia nanya "La, tas kecil mana??" Dan ternyata ga ada diamana-mana. KETINGGALAN G TAU DIMANA!!! Wah, sial bener!! saya kira mungkin pas berenti d warung tadi, tpi c pacar malah ngira pas d tempat kita berenti k WC tadi, hah, masa harus masuk hutan lagi???!! Y udah ahirnya dengan berat hati kita mutusin buat lanjut, tapi jalannya jadi g stabil. Sampe ahirnya udah deket2 area Kawah Putih, c pacar sedikit ngebut jalannya, dan ahirnya kesialan pun keulang lagi

Di tikungan tiba2 motor kita kebalik, kita ber2 jungkir balik dari motor, saya, ga tau gimana jatohnya n posisi saya, tiba2 ngerasa kepala belakang saya nge-hantem jalan lumayan keras, tapi helm saya untungnya jauh lebih keras, dan ga tau gimana juga, saya juga ga sadar, tiba2 saya udah di posisi berlutut d tengah jalan, tepatnya d tengah tikungan yang menurun dengan lutut yang ga bisa d gerakin sama sekali, pergelangan kaki juga kaku, saya ga bisa nagngkat badan saya sendiri. Saya ga bisa liat posisi motor ama c pacar waktu itu, tau-tau c pacar udah ngangkat saya k pinggir jalan. Baru saya liat ternyata motor saya udah ada di sisi jalan satu lagi dengan arah ban depan mengarah ke atas (Kawah Putih) padahal kita jalan berlawanan arah ama kawah putih. Dengan kata lain, motor kita muter 180 derajat. Saya periksa kaki, ga ada luka yang berdarah satu pun, hanya lecet kecil ama memar d lutut kanan n kiri, sama pergelangan yang keseleo dikit.

Tapi pas saya liat c pacar, Telapak tangan kanan-kiri udah berdarah-darah gara2 gesekan ama aspal, mulutnya juga sama, aga sobek gara2 gesekan ama aspal, saya yang ngeliatnya aja udah lemes banget. Bapa2 yang tadi nolongin pun udah pergi. Ahirnya saya ngobatin luka c pacar dulu seadanya, bersiin luka n ngelap darahnya.

Saya inget salah seorang temen saya yg tinggal d Ciwidey, ahirnya daripada celaka lagi, ahirnya saya mutusin nekat mampir kesana, mau temen saya ada ataupun ga ada. Pacar saya tetep bawa motor dengan keadaan telapak tanga luka parah 2 2 nya, kepala pusing, dan pandanga mata yang sedikti kabur, pokonya bener2 maksa.

Ahirnya sampe juga d rumah temen saya. Kebeneran yang ngebukain pintu ibunya temen saya, ahirnya dengan sedikit penjelasan, kita berdua bisa ngobatin luka seadanya. Kita nyampe d rumah temen sekitar jam 7 kurang, itu berarti pas kita celaka tadi sekitar jam setengah 7an, bener2 jam yang rawan kecelakaan emang.

Ahirnya sekitar jam 7 lebih kita berdua pamit, berhubung udah ada sinyal, telepon papag masuk, n ahirnya kita bilang semuanya, sedikit syok kedengerannya, tapi kita berdua yakin bakal bisa nyampe rumah dengan g ada kecelakaan lainnya.

Sepanjang Bdg-Ciwidey, c pacar nyetir dengan tangan yang "nyut-nyut-an" kata orang Sunda mah, bibir perih, kaki juga memar. Kita jalan lamaaa banget. Ahirnya sekitar jm 9 kita nyampe rumah dengan selamat. Udah ngobatin luka segala maem , c pacar pamit pulang sekitar jam setengah sebelas, untungnya besok hari libur jadi bisa istirahat.