Dya Iganov

Sabtu, 24 April 2010

CIDAUN ISENG-ISENG GA NYANGKA Part 4

Cerita masuk k babak terakhir. Kita masih punya "utang" untuk ngambil tas c pacar yg ketinggalan entah dimana. Ahirnya setelah inget2 selama seminggu, c pacar yakin klo tasnya itu ketinggalan d rumah Teteh yg kita datengin buat numpang k WC.

Hari Minggu (again) kita berangkat dari rumah sekitar jam 11an biar pualgnya g terlalu sore, soalnya kita harus ngelewati hutan itu lagi.

Sampe Ciwidey, cuaca masih Ok, panas banget. Begitu nyampe deket Rancaupas, cuaca berubah drastis, mendung tebeeeellll... dan ahirnya beitu ngelewatin Patenggang hujan lebat turun. Untun hari itu hari Minggu, kita sempet neduh dulu d warung pinggir kebon teh. G berapa lama, ujan tinggal gerimis, kira ahirnya nekat lanjutin jalan soalnya udah jam 1 siang.

Sampe di pertigaan pabrik teh, gerimis makin kecil, tapi di jalan yang harus kita lewatin, d bawah puncak gunung yg masih belom diketahui juga namanya, awan hujan masih tebeeeelllll, tapi untungnya hanya ujan gerimis. Kita ahirnya nekat jalan terus, soalnya belom tentu ada waktu lagi untuk ngambil tas c pacar. Ahirnya kita nyusurin jalan yg sama kaya pertama kali pergi. Susana cukup tegang juga, soalnya kabut tipis, gerimis, ga ada yg lewat sama sekali kecuali motor saya.

Ahirnya sampe juga d pintu masuk hutan. Tapi feeling saya sekarang ga se-takut dulu waktu pertama kali dateng. Ahirnya kita keluar hutan juga, hanya d salah satu tanjakan di dalem desa, saya terpaksa turun soalnya jalannya kaya ketumpahan tanah dri truk, jadi licin banget. Lumayan.....

Ahirnya sekitar jam 3, saya sampe d rumah c Teteh. C Teteh masih inget ama kita, dan untungnya, ternyata emang bener tas itu ada disana. C Teteh ama suaminya tadinya mau ngembaliin, tapi ternyata g ada nomer n alamat yg bisa d hubungin selain alamat kampus.

Setelah istirahat bentar, sekitar jam setengah 4an, kita pamit pulang, soalnya kabut udah mulei naek lagi, n kondisi cuaca yang gerimis g berenti2 bikin jalan sepi, persis kota-kota kecil yang mati g ada kehidupan selaen d dalem rumah.

Ahirnya kita nerusin jalan. Setelah ritual pindah bukit, ga sengaja d tengah-tengah jalan, kita berdua ngeliat kakek-kakek udah tua banget, lagi jalan sendirian, mungkin mau pulang abis nyawah, soalnya ga jauh dari situ emang ada permukiman penduduk. Tapi, hebat juga jalan kaki, jalannya nanjak sadis, motor aja ampir g kuat, n tanjakannya panjang..... lumayan bikin kaki pegel plus jantung mu copot.

Begitu masuk hutan, cuaca masih sama kaya pas pergi, kabut tipis plus gerimis,udara, jangan ditanya, dinginnya sama kaya waktu pertama kali lewat situ. Seperti biasa, d dalem hutan kita g banyak ngobrol, masing-masing konsentrasi ke jalan. Begitu keluar dari hutan, ada perasaan SEDIKIT lega, g tau kenapa. Ahirnya jalan kembali nanjak. ternyata dari atas, saya masih bisa liat pintu masuk hutan plus tugu batu tanda batas wilayah. G tau kenapa saya ngerasa banyak banget yg merhatiin saya dari dalem hutan, tapi hanya bisa sampei sebates tugu batu bates wilayah itu. Dan feeling saya seperti ngomong "jangan dulu kembali kesana untuk jangka waktu yg belum ditentukan" g tau kenapa... dan saya pun belum berniat untuk kembali nuyusurin jalan panjang ga berujung itu dulu.

Perjalanan hari itu bisa dibilang cukup lancar, sekitar jam 4, kita sudah sampai d Bumi perkemahan Rancaupas, udara juga udah berbeda sama sekali, matahari sore mulai muncul, udara juga udah mulei kerasa anget, suasana hati juga udah ga se-tegang pas pergi.

Oya, sebelumnya, d pertigaan pabrik teh, kita sempet foto2 untuk terkahir kalinya.....

Cidaun, belum kepikiran untuk balik lagi kesana,apalgai setelah gempa bulan September lalu, saya ragu jalannya masih sama kondisinya seperti pertama kali saya kesana. Tapi saya tetep inget lereng-lereng gunung yang dihiasi air terjun kecil, hutan-hutan lebat, kebun teh sejauh mata memandang, dan sawah-sawah yang setia ngikutin jalan dari atas gunung sampei k pinggir sungai.........