Dya Iganov

Minggu, 13 November 2011

JADI ANAK ILANG DI BANJARMASIN


Pengalaman pertama di dunia kerja, hmm nemenin temen yg buat survey proyek. Ternyata lokasinya yahud juga, Banjarmasin, Surabaya, Ambon/Denpasar, woooow. Emang sih untuk kloter 2, mulai survey pas di hari pertama puasa hmmm bener2 pengalaman baru. Seperti biasa sebelum mulai proyek, kita briefing, berhubung Team Leader (TL) kita adalah salah ketua jurusan di salah satu universitas swasta di Bdg, jadi kita semua (3 tim @ 6 orang) briefing disana.

Senin, 25 Juli 2011
Jam 1 dini hari udah rariweuh ke kosan Rini, soalnya mobil yg kita sewa bakal jemput jam 2 di deket kampus n jemput 1 orang surveyor lagi di Kopo (teu kirang tebih?) ahirnya jam 2 capcus ke Kopo, dan langsung cusss ke Bandara Soeta dengan kondisi ngantuk, mata berat, kpala pusing, perut lapar, otak kosong ga tau ntar di bandara kaya gimana, sibuk mikirin Banjarmasin itu kaya gimana dll (tim saya, 2 orang perempuan tangguh, kebagian survey di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalimantan Selatan). Singkat cerita kita dah mu sampai di tol bandara, tapiiiii udah jam set 5 lebih!! Dan muacet ternyata sodara-sodara di pintu masuk bandaranya, jadilah jam set 6 masih di dalem mobil, padahal pesawat yg ke Banjarmasin n Balikpapan jam 6.00 weeew. Ahirnya jam set 6 lebih baru menginjakkan kaki di pintu masuk terminal (apa yah, lupa :p) langsung check-in (dengan sedikit o'on soalnya baru ke-2 kalinya ini pergi pake pesawat hahaha) ngurus ini-itu dan ahirnya sampai juga di ruang tnggu untuk pesawat ke Banjarmasin. Ternyata eh ternyata kebelet pengen ke wc tapi nampak dah ga mungkin, begitu masuk r. tunggu udah dibuka gatenya :(


Sunset pertama di Jalan Raya Banjarmasin-Banjarbaru, samping Bandara Syamsudin Noor, Kalimantan Selatan

Ahirnya duduk manis juga di pesawat, dan sialnya gara2 tadi kesiangan ga sempet pesen kursi sebelahan, yg ada kita 1 di B, 1 di E weedeeww... sebelah kanan saya ibu2 aga rempong badannya besar (susah klo mu k WC), sebelah kanan bapa2 udah aga tua, wiraswasta. Sebelah kanan temen saya bapa2, pegawai swasta, sebelah kirinya bapa2, belum terlalu tua, pegawai swasta juga. Begitu pesawat take off, eeehhh ini ibu2 sebelah tidur puleeeess, pupus sudah harapan ke WC -___- ya sudahlah tahan deh 1,5 jam. Sambil duduk2 bego (gara2 di tengah) ahirnya celingak-celinguk, untungnya dapet sedikit view ke jendela sebelah kiri soalnya c bapa2 sebelah kiri duduknya ga senderan, dan hebatnya lagi, ini bapa2 baca majalah tapi halamannya ga berubahlah!! tapi dia ga tidur!! weew. 40 menit kemudian, aslinyaaaa boseeeeennn bo! Tapi ya tahaaan tahaan ahirnya bisa ketiduran juga bentar, begitu bangun, ngliat keuar jendela kayanya ni pesawat udah ga setinggi tadi, dari jendela keliatan dikit2 alur2 sungai ama ijo2 hutan n semak belukar. Ahirnya c bapa yang disebelah kiri nanya2 n ngobrol2 ga kerasa ternyata emang udah mau nyampe. Liat ke temen, masih asik ngobrol juga ama c bapa2 di sebelahnya. Ahirnya landing juga, huaaah pertama kalinya menginjakkan kaki di tanah Borneo.

Banjarmasiiiin!!!!


Masjid Agung Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Begitu keluar pesawat, langsung disambut udara panas Kalimantan, sampe ke bandaranya, langsung menuju toliet, urus2 taxi n ahirnya dapet taxi dengan supir udah tua, sekitar 60an mungkin, pokonya tua deh. Di dalem tai saya langsung tanya2 info hotel yang murah, bagus, n bersih. Bapa2 ini dari logatnya sih warga asli Banjarmasin, setelah nego2 hotel ini-itu n denger penjelasan lokasinya, ahirnya ada 2 hotel yang mau kita liat. Hotel pertama, lokasinya strategis, bagus, tapi sayangnya lagi ada acara, jadi kamar yang ada cuman ada yg harganya menengah, haduuh ga sesuai budget. Pindah ke hotel ke-2,lokasinya lumayanlah di samping sungai, jadi punya taman pribadi dilingkungan hotelnya, tapi sayang, lagi2 kebagian yang harganya ga sesuai budget. Ahirnya c bapa supir tadi nganterin kita ke hotel terakhir, smoga ajah dapet n cocok. Ternyata eh ternyata cocok, yaaa biar aga sedikit mahal juga sih, tapi ya gpplah, kepala udah pusing juga.


Halaman Masjid Agung Kota Banjarmasin

Begitu dapet kamar, langsung deh ga basa-basi, pesen makan, yang ternyata muahaaaaal banget kenanya huee naseeb mesen di hotel. Begitu makanan dateng, kenyang, langsng deh tiduuurrr, kpala dah sakit banget. Bangun2 udah ampir sore, mandi, itung2an pengeluaran yang superrr ribeeet, trus susun rencana mu kemana selanjutnya, kita mau cari atm, tempat makan,n sewa mobil. Ahirnya urusan sewa mobil beres, mahal siiih, tapi kayanya wajar deh, ini bukan di P.Jawa soalnya -___- selesai urusan mobil, kita menuju KFC terdekat, satu2nya tempat makan yg bisa dipercaya saat itu. Makan sambil ngomongin rencana survey besok, sambil sesi curhat. Puas disana, sekitar magrib WITA, kita ke atm n cari supermarket. Setelah tanya sana-sini, ahirnya dapet informasi supermarket deket sama tempat kita sekarang, ahirnya setelah dari atm kita mutusin buat jalan kaki aja ke supermarket. Hmmm jalan kaki malem2 di kota orang yang asing, jauuuuh dari rumah rasanya yahud juga. Ternyata eh ternyata itu supermarket lumayan jauuuh n bukan supermarket, tapi toko biasa cuman aga gede x___x. Setelah belanja ibu yg jaga toko nanya kita dari mana, setelah cerita singkat iseng2 kita nanya ada ga hotel yg lebih murah dari yg kita tempatin sekarang. C Ibu nampak bingung n langsung nlp temennya. Setelah nlp (n ninggalin kita) cukup lama di tokonya, c Ibu balik lagi, n bilang ada tempat bisa 150rb 1 malem, di rumahnya, n kebeneran ternyata lokasinya pas di sebelah tokonya, aga kaget jga, bener2 rumah panggung, di pinggir jalan, pas di perempatan, di depannya ada PKL yang rame sama bapa2 semua. Begitu masuk ke rumahnya, luas sih, dari kayu n ada 1 orang cwe lagi di dalem rumah, kita ber-3 langsung menuju ke lantai 2. Pas ditunjukin kamarnya, ko kaya ga keurus gini ya kamarnya? panas, sumpek, ga kaya ruangan lainnya, trus ko feeling ga enak ya?? ahirnya kita bilang sama Ibu itu nanti dikabarin lagi. Kita mutusin buat jalan kaki balik ke hotel soalnya ga ngerti juga mau naek apaan.

Begitu sampe di Jalan Lambung Amangkurat (Jalan tempat hotel kita) pas di ujung jalannya, di sebrang KFC tempat kita makan tadi sore ga sengaja liat ke kanan (kita jalan di jalur yang kanan) ada kaya rumah tua, besar, kosong, gelap, ga keurus bikin merinding, ahirnya kita jalan aga cepet n baru nyadar kalau di sepanjang jalan ini tempat karoke semua, tapi jangan bayangin Nav, Invis, Happup dsb deh, jauuh bngt, bkan tipe karoke keluarga pokonya. Disini sekitar jam 19.00 WITA (18.00 WIB) tapi jalanan udah sepi banget, yang lalu lalang kebanyakan truk-truk besar, kita niatnya sih mau jalan2 ke jembatan di deket hotel, lokasinya setelah hotel. Tapi, baru juga beberapa meter, suasananya mendadak ga enak, jalanan sepi, di pertigaan sebelum jembatan sepi, gelap, banyak truk berenti, n ada beberapa supir truk yg lagi duduk2. Hmmm ga pake basa-basi kita langsung balik ke hotel.

Begitu sampe di hotel, pas mau masuk lift papasan ama 2 orang Bapa2 yg penampilannya lumayan bikin kita ber-2 serem juga, kaya bapa2 genit gitu deh, yg 1 kaya preman. Haddehhh cepet2 masuk lift, langsung masuk kamar, kunci pintu. Setelah beberes, itungan2 pengeluaran lagi dengan ahir cerita sakit kepala gara2 bingung itung2annya :D.

Beres itung2an, saya iseng ngitip dari lubang di pintu, kebeneran klo dari pintu langsung ngarah ke arah lift. Pas lagi ngintip ada bapa2 2 orang yg 1 lgi nlp di lorong, yg 1 lgi nunggu lift kebuka. Ga lama lift kebuka n ada cwe dateng dari arah samping kamar kita n masuk lift, tau2 c bapa2 yg tadi nunggu pintu lift kebuka ini maen "samber" aja c cwe yg tdi masuk lift, n ahirnya mereka ber-3 masuk lift. Haddeehh ternyata di hotel tempat kita nginep ada bapa2 genitnya -____-.


Aministrasi Pelabuhan Kota Banjarmasin

Oya, bapa2 yang di ngobrol di pesawat ama temen saya nlpnin temen saya trus. Dia sih ngakunya sama dari konsultan di bidang Migas yg pendirinya itu senior2 di salah satu perusahaan migas ternama deh n nawarin ke temen saya kalau mau kerja di jasa konsultan migas bisa hubungin dia. Awalnya sih baik2 aja, smpe ahirnya c bapa ini nge-sms (perdana) langsung nanya hotel kita dimana n bisa ketemuan atow ngga. Kalau sibuk, c bapa tadi nawarin buat nyamperin kita ke hotel. Weeew sapa yg ga curiga n takut coba isi sms kaya begitu. Jadilah ama temen saya ga pernah digubris, tapi makin ga di gubris makin menjadi2, nlpnin teruuuus. Hah, klo pun nanti ahirnya ketemu sama c bapa geje ini, saya udah siap2 klo dia macem2, wooo dipikir mentang2 cwe, cuman b'2 di tempat asing trus bisa di bego2in n lemah??!!! ke laut aja deh lu Pa!!


Sungai Martapura Kota Banjarmasin


Selasa, 26 Juli 2011

Jam 07.00 WITA sarapan, beres sarapan, kita udah dijemput sama mobil sewaan, bapa2 yg bakalan nganterin kita asli Banjarmasin yang kita panggil Pa Utuh (aslinya pas nyebutin nama, ga jelas, logatnya ga ngerti eheheh) dan ternyatanya lagiiiii AC di mobilnya ga nyalaaa!!! Aaaaa gilaaa keliling Banjarmasin dengan ber-AG ria???!! wooow. Tujuan pertama kita Dishub. Berhbung ada 2 kantor Dishub, kita datengin yang kita temuin pas kmaren dari Bandara. Sampe Dishub, ternyata itu bukan Dishub Kota yg pusatnya, kalau yg pusatnya ada di depan Sungai Martapura, hmmm hajar kesana. Sekitar jam 09.00 WITA kita sampe di Dishub Provinsi Kalimantan Selatan. Setelah nunggu cukup lama, ahirnya kita ketemu sama Kabag Umum n disana diarahin harus ketemu siapa2 n malahan kita tanya hotel yang lebih murah lagi dari yg kita tempatin sekarang, dan ternyata ADA!!! Hotel yang biasa dipake sama orang2 Pemda, lokasinya di pusat kota banget, deket Sungai Martapura, harganya juga dibawah 300rb sampai 300rb. Wah, ini dia!!!

Setelah dari bagian umum, kita ambil data Tatrawil dulu, baru dari sana dianter ke bagian laut untuk proyek yg 1 lagi. Ternyata di bagian laut, orang yg punya wewenang buat ngasih data lagi ga ada di tempat, lagi di Jogja, ada pertemuan! Haaaa. Tapi karna emang udah rezeki kayanya, bapa2 yg ngewakilin disana dengan baik hati nelepon c bapa kepala bidang buat ngobrol n wawancara langsung sama kita, dan Bapa Kabidnya pun ga keberatan, malahan ngejelasin dengan panjang lebar dan semangat. Hadduuuhh baik bangeeeet :)

Setelah selesai sama urusan wawancara, kita balik lagi ke bagian umum buat minta 1 dokumen & konfirmasi tentang penginepan dan ternyata dapetlah c peninepan yg dimaksud. Setelah beres sama Dishub, kita susun ulang jadwal, yaitu diawali dengan survey kondisi + harga hotel yang dimaksud, dan ternyata lokasi+harga+tempatnya begitu liat langsung klop buat urusan kerjaan, lanjut makan siang sea food yang lumayan mewah buat kita yg cuman berdua di Banjarmasin ini, diterusin dengan check out hotel pertama dan langsung pindah ke hotel ke-2, setelah resmi check ini di hotel ke-2, ISOMA, dan ahirnya jam set 4 sore kita menuju Pelabuhan Trisakti survey lokasi kantor2 yg bakal didatengin skaligus untung2an bisa titip surat biar ga lama.


Menuju Jembatan Sungai Martapura di sore hari

Nyampe di Pelabuhan sekitar jam 4an dan ga perlu susah2 buat cari Kantor Pelindo III, lokasinya di jalan utama masuk ke Pelabuhan Trisakti di sebelah kanan jalan. Sampai di kantor tersebut, udah tutup, ya iyalah dah sore juga, ahirnya kita b'2 mutusin buat tanya2 ke pos satpam, dan sedikit interogasi sama pihak satpam sana dan
sedikit rese, ahirnya kita ninggalin surat survey & no tlp kalau2 surat kita sudah di disposisi besoknya. Lanjut ke kantor Adpel, kalau yg ini sih kita langsung ketemu sama oranf ADPEL yang ternyata staff bagian umum, jadi surat langsung dititip sama yang bersangkutan untuk di proses. Jadi besok langsung disposisi dan keliling kantor ADPEL.

Malemnya niat cari makan diluar sambil nyari jualan pulsa yang ahirnya malah nyasar ke belakang kantor PU yang banyak pedagang jagung bakar di sepanjang jalan, nampa kaya tempat nongkrongnya di Banjarmasin selain di pinggir Sungai Martapura. Sampai ahirnya jalan kaki dari ujung ke ujung ga nemu tu tukang pulsa, n malahan nemunya tempat makna es krim. Kita pun mutusin makan disana dengan harga yang lumayan dan tidak sesuai dengan porsi dan yang pasti LAMAAAA banget dah nungguinnya sampe mati gaya nlp Citra juga padahal nlp Citra tu udah lama -__-. Ahirnya jam 9 malem kita mutusin buat balik ke hotel & istirahat soalnya besok harus serba pagi n mepet banget waktunya.


Jalan Merdeka Kota Banjarmasin


Rabu, 27 Juli 2011

Jam 5 udah bangun, siap2, sarapan dan segala macem, jam set 8 cabut dari hotel, menuju kantor Bappeda yang sangat sangat ga jauh dari hotel. Ternyata nyampe Bappeda Kota Banjarmasin, diterima sama staff, dan ternyata Bapa yang punya wewenang belum datang n kemungkinan bakal menghadiri acara di luar kantor, belum tau jam berapa ke kantor gitu kata staffnya. Ngeeekkzzz sediiih T__T. Tanpa buang-buang waktu, kita menuju kantor PU yang posisinya pas di belakang kantor Bappeda. Di kantor ini, untungnya kita langsung ketemu n wawancara sama yang punya wewenang dan langsung cabut ke pelabuhan.

Di Pelabuhan Trisakto tujuan pertama kita Pelindo soalnya kemarin sore udah sempet nitip surat, dan berharap udah di disposisi. Begitu masuk, langsung disambut oleh jejeran satpam cwe yang ngeliat kita dengan tatapan aneh. Langsung ga pake basa-basi kita bilang tujuan kita apa n cerita tentang surat. Ternyata eh ternyata si surat yang kemarin kita kasiin ke satpam itu masih diem manis di meja si satpam ini dan baru ma di proses. Kita disuruh nunggu, dan disaat nuggu itulah, kita di tlp sama staf dari Bappeda katanya Kepala Bagiannya sudah di kantor & kalau mau wawancara sekarang soalnya mau keluar lagi kemungkinan ga balik lagi ke kantor. Huiikkzz lapuuur deh Bappeda. Ternyata lagi Manager Umum di Pelindo lagi rapat diluar kantor ga tau sampe jam berapa.


Riverside Sungai Martapura Kota Banjarmasin menjelang malam


Ga pake lama, langsung cabut ke kantor ADPEL. Berhubung di ADPEL udah titip surat & dijanjiin udah diproses, kita langsung ke bagian umum untuk minta surat. Dan ternyata disini ga pake lama, langsung bisa diambil suratnya n langsung deh di ping-pong ke bagian Umum, Lala, Keselamatan, Kecelakaan dll dan hasilnya nihil semua. Orang2nya lagi pada ga ada, padahal udah siang. Setelah kita solat n nunggu Pa Supir makan siang, balik lagi ke Pelindo buat nanya kepastian kita bisa ketemu sama Manager Umum atau ngga. Ternyata ga bisa hari ini & dijanjiin besok. Yoweesss, balik lagi ke ADPEL

Di ADPEL, kita ketemu sama Kepala bidang Lala. Ngobrol, wawancara dikit, n minta bantan untuk pengumpulan data, ahirnya kita dibuatkan janji untuk besok (Kamis) sama pengusaha Pelra & untuk wawancara langsung ke Pelabuhan Trisakti. Fiuuhh untung aja ada orang yg masih cukup peduli sama kita yg udah luntang-lantung ga jelas. Selesai bikin janji, ahirnya kita mutusin buat ke Kabupaten Banjar Baru yang ditempuh dengan waktu 1-2 jam perjalanan.

Sambil nikmatin perjalanan sambil refresh pikiran yg mumet & kesel gara2 rencana survey ga sesuai sama plan awal & waktu makin mepet. Pertama kalinya jalan2 dari 1 kota ke kota laen di Pulau Kalimantan, rasanya wooow!!! Ahirnya sekitar jam 3 dan setelah nanya sana-sini juga, sampailah kita di kantor Dsihub Kabupaten Banjar Baru yang ternyata itu Knato Dishub Kota Martapura. Proses minta data ga lama & ga dipersulit soalnya ternyata Kabidnya sama2 orang Bandung, lulusan Unisba hahaha. Setelah beres, kita mutusin buat jalan2 aja deh ke Martapura, berhubung ga ada lagi yang bisa disurvey.


Tugu di alun-alun Kota Martapura

Martapura ternyata jaraknya cuman 15 menit dari tempat kita. Yang pertama dilakuin di Martapura adalah makan di pasar!! Pasarnya masih diluar sih, jadi ga terlalu gimana2. Makan Soto Banjar buat pertama kalinya, rasanya sih sama ajah kaya soto Bandung, tapi ada beberapa perbedaan sih, dari Sounnya, campurannya, trus tergoda buat beli sate juga, dan enak ternyata, soalnya bmbu satenya jadi warna merah. Tapi berhubung kekenyangan, jadi si sate ini kita bungkus. Setelah makan, kita beli kue-kue tradisional khas Banjarmasin. Setelah puas belanja, nganter temen buat liat2 perhiasan dan ternyata ga terlalu cocok & balik ke mobil nyimpen belanjaan & jalan kaki buat cari masjid di depan alun2 sambil nikmatin sore di Martapura.


Alun-alun Kota Martapura

Batas Kota Banjar Baru-Kota Martapura, Kalimantan Selatan

Ternyata eh ternyata masjid yang dimaksud ko nampak ga meyakinkan ya buat dipake Solat, bingung. Ahirnya kita mutusin buat belanja oleh2 sajooo. Belanja oleh2 lumayan lama sampe jam set 5 WITA, n ahirnya kita jalan lagi ke alun2 soalnya tadi liat Masjid kecil di sudut alun2 Martapura yang bagus n unik. Nyampe di masjid, ternyata masjidnya dikunci sodara-sodaraaa.... hanya dibuka kalau ada acara aja. Walhasil kita foto2 sambil nunggu dijemput sama Bapa Supir. Jam 5 kita cabut dari Martapura, dan mampir dulu di Masjid (ahirnya). Jam 5 lebih atau sekitar set 6 WITA kita pulang menuju Banjarmasin dengan perasaan capeee tapi lumayan ke-refresh juga otaknya. Berhubung udah beli banyak makanan & lumayan kekenyangan juga, jadi makan malam untuk hari ini cukup di kamar hotel sajah.

Kamis, 28 Juli 2011

Jam 7 udah dur-der ke Bappeda lagi, soalnya bapanya hanya ada pagi2 & kita juga harus ngejar ke ADPEL & Pelindo lagi. Ternyata nyampe di Bappeda, masih pada apel pagi. Sambil nunggu, kita foto2 geje di pinggir Sungai Martapura. Selesei apel, kita langsung ketemu & wawancara sama Bapa Kabid & lumayan dapet banyak data. Beres dari Bappeda langsung caw ke ADPEL buat wawancara di bagian Lala, terus ke bagian keselamatan, bagian pelayaran dan sedikit ping-pong juga, ahirnya kita dapet data lumayan 60% dan besok lanjut lagi ke kantor ADPEL buat wawancara ke pelabuhan dan ngambil sisa data. Beres di ADPEL langsung cuus ke Pelindo dan disambut sama Mba2 satpam cwe dengan logat Jawa yang medok dan muka pikasebeuleun pitonjokeun (kecuali Ibu2 satpam yang nganter2 kita, itu baek banget). Ternyata kita diarahin ke manager lain yg namanya beda sama yg kemarin. Dan ternyata arahan c ibu ini salah n kita disuruh langsung ke kantor bagian umum. Dibagian umum, kita disuruh tunggu lagi soalnya orangnya belum dateng. Lumayan nunggu ga terlalu lama, kita ketemu sama bapa2 di bagian umum, kita bilang sedikit tujuan kita apa dan disuruh buat ninggalin data kuesionernya aja biar bapa itu yang nyariin datanya. Ga pake lama, kita langsung capcus ke Dishub Banjar Baru buat minta data.

Di Dishub Banjar Baru pun nasib kurang beruntung. Nyampe sana udah lumayan siang, jam 1, orang2nya masih pada makan siang dan kita hanya diterima sama stafnya yg masih muda seumuran kita. Kayanya Mba itu ngerti keadaan kita yg udah kecapean & kelaperan, kita disuguhin minum & 2 bungkus snack, lumayan ganjel peruut. Setelah 1.5 jam nunggu, dateng juga bapa yg ditunggu hikz hikz. Bapanya sedikit buru2 tapi lumayan baik, kita dikasih 1 data Tatralok tapi 3 buku lainnya ga dikasih, kalau mau, dipinjem & nanti kita kirim balik ke Banjar Baru (horeeaaamm zzz). Setelah puas dengan 1 buku + wawancara dikit eeehh c bapa malah curhaaaat -__-.


Suasana Bongkar-Muat di dermaga kapal Pelra

Salah satu kapal Pelra yang masih beroperasi


Puas curhat, kita pamit buat balik lagi ke Banjarmasin. Dengan waktu tempuh yg hanya 1 jam, kita udah sampe lagi di Banjarmasin jam 4 lebih. Kita minta turun di Mesjid Agung Kota Banjarmasin, niatnya sih mau solat di masjid, tapi karna 1 dan lain hal, mending solat di hotel aja deh yang jaraknya ga seberapa jauh ama masjid ini.


Jembatan Sungai Martapura, Kota Banjarmasin

Menjelang senja

Ahirnya kita abisisn sore dengan foto2 di pelataran alun2+ Masjid Agung Kota Banjarmasin, jalan kaki ke pinggir Sungai Martapura & foto2 disana sampe magrib. Magrib kita pulang ke hotel, dengan cukup jalan kaki saja, soalnya hotel kita pas didepan Sungai Martapura. Nyampe hotel mandi dan istirahat, kita makan malem di Rumah Makan yang letaknya persis di pelataran parkir hotel. Rumah Makan "Wong Solo" di Banjarmasin berasa ada di Jawa, kangen juga, tapi udah mulai betah di kota ini, apalagi masih ada beberapa tempat wisata inceran yang batal kita datengin gara2 pengumpulan data yang ga sesuai rencana awal hikz hikz.


Jumat, 29 Juli 2011

Pagi2 kita udah check out n menuju kantor ADPEL & ke Pelabuhan Trisakti. Lumayan lama juga proses pengambilan data wawancara disini, selain lumayan banyak responden yg diperluin, orang2nya susah untuk diwawancara gara2 lagi sibk bongkar-muat. Tapi untungnya, bapa2 yg kita wawancara disana baik2, malah kita dapet informasi tambahan soal kapal tongkang batu bara yg bikin pusing tujuh keliling pengusaha & awak kapal Pelra, ditambah lagi rencana pemindahan dermaga Pelra dari pelabuhan Trisakti ke pelabuhan laen yg terkenal banyak banget preman & pemalakannya. Ya ampuun udah mah Pelra menurun drastis n cenderung ga ada untungnya, ditambah harus pindah ke pelabuhan yang sepi n banyak premannya. Ya ampuuun, sedih saya. Yang tambah bikin miris lagi, lokasi dermaga Pelra ini digamabri secara umum, kapal2nya kehalang sama kapal2 tongkang batu bara, dan kalau liat ke sebelah dengan ngebelakangin dermaga.... jeng jeng...... Pelabuhan Peti Kemas yg dikelola Pa JK dengan peralatan super canggih, peralatan super mewah, dengan jenis kiriman barang cargo yang tentunya juga bukan barang "General Cargo" & Sembako kaya yg diangkut Pelra. Miris rasanya dan ironis!!!


Beres wawancara jam 11, kayanya nanggung juga kalau harus nunggu di kantor Pelindo, muales juga ketemu Mba2 satpam yg nyebelin itu. Ahirnya kita mutusin buat makan siang rada gaul di Mall terbesar di Kota Banjarmasin dan hanya makan waffle AW, minum, dan cemilan, bukan makan nasi haha. Setlah makan siang, kita ke Kantor Pelindo, berhubung kita udah bikin janji sebelumnya, kita ga masuk ke pintu yg dijaga sama Mba2 Satpam rese, kita langsung masuk ke pintu bagian umum n keeemu bapa biak hati yang kemarin. Lumayan dapet cukup data jam 3 kita cabut dari Pelindo, pamit & bilang banyak makasih sama bapa itu & cabut ke Bandara.

Sampe di Bandara, bayar sisa sewa mobil, bilang makasih & pamit sama bapa supir. Sedih juga, soalnya Bapa supirnya baek banget, sabar, tau banget yg kita mau, sabar banget kita di ping-pong kesana-kesini, sedih juga ninggalin Banjarmasin, Martapura, Banjar Baru ckckckc masuk bandara dan menikmati sunset dari Bandara Syamsudin Noor. Aaaahh sedih, lucu, konyol, kocak kalau inget pengalaman ngumpulin data di kota ini, orang2nya yg aneh2 & menyenangkan kelakuannya, rempongnya, capenya, panasnya, sungainya dll. Jam 5 WITA kita take off bye Bnajarmasiiin :( Dan hanya bisa liat Sungai Kapuas dari atas pesaawat... ironic!! hahaha


Dermaga Sungai Martapura Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Salah satu spot di Riverside Sungai Martapura, Kota Banjarmasin


Leaving Borneo island heading back to Java Island... saw the Borneo Island from above the sky, saw amazing rivers in Borneo Island, saw the great forests in Borneo Island from above the sky.... See u soon Borneo Island..... ^___^ Makasih juga buat Megawomen Kuning yg udah ngajakin survey kesini n jad partner survey n menggeje di Pulau ini ^___^

Yang Lainnya:

1. Ngapalin jalan di Kota Bnajarmasin lumayan juga, ada yg nyangkut rute & nama jalannya

2. Toko pertama yg kita datengin di Martapura sering ikutan pameran2 antar daerah di Gasibu Bandung

3. Ada bule yg emang lagi melancong solo trip ke Kota ini, pengen disamperin n promosi tentang Indonesia sih, apa daya ga keuber -__-

4. Di mallnya, kebanyakan anak2 gaulnya keluar klo sore & banyak yg keturunan Tionghoa juga

5. Mobil2 Ford Fiesta banyak banget yak berseliweran di Banjarmasin, padahal di Bandung aja masih jarang lalu lalang di jalanan Kota Bandung -___-

6. Impor mobil di Pelabuhan Cargonya buanyak banget mobil Ford Fiestanya

7. Di hari terakhir kita di Banjarmasin, jalan di depan hotel udah penuh sama stand2 buat ta'jil di bulan Ramadhan yang tinggal 3 hari lagi


Menjelang sunset di Pelabuhan Cargo Kota Banjarmasin

Lokasi wawancara di dermaga Pelra

Kondisi dermaga, General Cargo, awak kapal yg kaya hantu dri belakang

Bye Banjarmasin see u again next time