Dya Iganov

Kamis, 17 November 2011

MENIKMATI BALI DARI SISI LAIN (BACA:KERJA)

Minggu, 7 Agustus 2011

Kayanya hari ini bener-bener hari balas dendam, setelah seharian dari Sabtu pagi di jalan non stop sampe jam 11 malem, rempong nyari hotel, kelaparan, dan baru bisa tidur jam 2 subuh, kjita berdua baru bangun sekitar jam 11 siang :D. Setelah fresh, mandi, solat, kita mulai atur jadwal lagi. Dimulai dengan nentuin mau nginep dimana & lokasi survey ada dimana. Ahirnya kita mutusin buat pindah ke daerah Tanjung Benoa soalnya lebih deket ke tempat survey di Nusa Dua. Nah, sekarang nyari tempat nginepnya. Sempet pusing juga n nanya ke Mas Deby, pilihan hotel pertama yang dikasih Mas Deby adalah Novotel Nusa Dua. Huaaaa denger nama hotelnya ajah udah mual-mual, apalagi tau lokasinya dimana, pingsan. Skip! Cari hotel laen yang bersih, aman, murah. Dan dapetlah Penginepan Pondok Hasan, di Nusa Dua, dan alamat yang kita dapet cuman Jalan ..... tanpa nomor. woow! yo weslah kita cari ajah ntar. Sekarang kita cari penyewaan mobil. Ahirnya pilihan jatoh ke rental "...." dan kita minta dijemput jam 3 sore berhubung kita masih pengen males-malesan disini.

Jam setengah 3 ternyata mobilnya udah dateng, kita pun packing & dan check out. Plan berikutnya adalah ke ATM ngurusin masalah dana, belanja beberapa keperluan pribadi, dan nyari kantor Dishub Provinsi Bali. Awalnya sih baik-baik aja, ga ada masalah, hanya sedikit bermasalah sama logat Beli yang nganter-nganterin kita truuus, ini alamatnya udah sesuai, tapi ko ga ada tanda-tanda kantor Dishub. Sampe ahirnya, kita sampe di bunderan dan bermaksud buat muter arah, dan dibelakang mobil kita ada mbil laen lumayan kenceng mau lurus. Daaaann ahirnya mobil kita pun kesenggol bgian belakangnya sama c mobil ini. Daaan ternyatanya lagi, supir kita ini emosian. Haddeeuuhh

Welcome to Denpasar

Buka puasa ter-mahal seumur hidup

Bule semuaaah

Dikejarlah mobil tadi, ternyata yang nyupir Ibu-ibu muda keturunan Tionghoa. Debatlah mereka berdua. Saya dan temen saya sih lebih milis diem aja deh, ga mau ikut-ikutan, buka kaca pun ngga. Sialnya kaca mobil kita transparan, diketoklah kaca disamping saya, dan c ibu-ibu ini minta penjelasan kita berdua, tapi emang aslinya kita berdua ga terlalu merhatiin detailnya gimana, jadi ya kita b'2 bilang aja kita lagi ngobrol jadi ga merhatiin jalan. Dan bersambung lagilah debat mereka berdua. Dari debat yg ga sengaja kedengeran, Beli supir kita ini kayanya kurang oke kalo urusan debat, dari tadi dibantai terus sama Ibu ini & kayanya aga kasar yah. Haddeehh jadi males deeeh. Sebenernya dari pas pertama liat waktu ngejemput juga, ko feeling saya males gitu yah?? ternyata eh ternyata hehehe. Ya sudahlah. Ahirnya masalah 1 itu beres, dan Beli pun minta maaf gara-gara kejadian debat tadi. Perjalanan pun diterusin dengan nyari kantor Dishub, tapi tetep nihil.

Ahirnya kita mutusin buat nyari tempat nginep, kalau rekomendasi Beli sih di daerah Kuta, hmmm iya sih banyak penginepan yang murah-murah disana, terus katanya deket sama kantor rental mobil ini, dan penginepannya itu yang punya masih temennya juag. Oke deeeh. Selama 2x ke Bali, saya ga terlalu ngeh sama jalur-jalur yang dilewatin. Ya iyalah orang pake bis pariwisata & tiduuur selama di jalan hohoho. Nah, sekarang saya liat & hafalin bener-bener jalur yang kita lewatin selama Denpasar-Kuta. Ternyata kita ngelewatin Jalan "...." yang dari ujung ke ujjungnya berjejer tempat-tempat makan, klo di Bandung sih kaya di Jalan Burangrang. Heemm lumayan nih buat buka puasa. Tapii ternyata eh ternyata ke Kuta masih jauh dari sini.


Tempat kita buka puasa

Sampai di Kuta, tetep rame sih meskipun puasa (ngaruh ya emang disini) tapi ramenya sama bule semuaaa... aslinya di Kuta berasa di luar negeri, orang Indonesianya selaen pedagang-pedagang di Kuta, supir, yaa kita berdua ini. Weew. Sampelah kita di penginpean yang dimaksud, kita sih tunggu didalem mobil jadi ga tau juga kondisi didalem kaya gimana. Pas Beli balik lagi katanya harganya masih sesuai ama budget kita, cuman penuh banget, kalau mau dicariin lagi di tempat laen di Kuta. Tapi temen saya ga mau, katanya suasananya ga aman & nyaman buat dia, dilingkungan di tengah-tengah bule, kerasa kurang pas ajah. Saya sih bebas aja deh mu dimana.

Dari Kuta ke Nusa Dua lumayan jauh & muter-muter juga nih jalannya. Kepala saya pusing+sakit, pokonya udah ga mood ngobrol deh, apalagi ditambah sama kejadian nyerempet mobil + kantor dishub yang raib entah kemana + belom dapet penginepan, dan kayanya temen saya juga udah ilang moodnya gara2 serentetan kejadian tadi. Sambil nikmatin suasana sore Denpasar, liatin kondisi jalannya yang ternyata bisa macet juga, tiba-tiba pas lagi berenti mau keluar dari jalan kecil masuk ke jalan utama mobil kita ditabrak dari belakang!! Haddeehh ada apalagi sih ini!! Saya yg masih sakit kepala males deh nengok-nengok ke belakang lagian Beli juga udah turun duluan siap buat nyemprot yang nabrak barusan. Kalo kasus yang ini sih jelas, kita yang jadi korban. Aga lama juga Beli turun, saya iseng liat ke belakang, temen saya juga, sekilas sih saya liat orang yang nabrak pake mobil sedan, ber-tato, ber-piercing, gaya anak gaul deh. Ga lama, Beli masuk mobil & bilang yang tadi nabrak itu Bobby SID & kalo ada apa-apa bisa minta ganti rugi ke managemennya ajah. Pheewww ada-adanya tadi diserempet mobil ibu-ibu, sekarang ditabrak artis ada apa dengan survey di Bali??? Yo weess ga pake lama, kita langsung nguber ke Nusa Dua, soalnya udah jam 5 WITA juga, belum beli buat buka puasa.


View taman di Monumen Perjuangan

Pintu masuk diliat dari dalem monumen

Ahirnya kita nyoba nyari penginepan "Pondok Hasan" rekomendasi dari Mas Deby, dan c Beli tetep keukeuh pengen kita nginep di Kuta, beeeuuuh klo dipaksa2 gini, saya malah jadi ga mau di Kuta! Ahirnya kita menuju Tanjung Benoa, dengan bekel nama penginepan dah jalannya tanpa nomernya, kita lumayan jauh juga masuk ke wilayah Tanjung Benoa ini. Hotel-hotel mewah udah ampir semuanya kita lewatin, tapi ga ada tanda-tanda Pondok Hasan haddeehh. Ahirnya di sisa-sisa jejeran hotel mewah & tempat makan elite, Beli nanya ke penduduk sekitar, dan dapetlah dimana letak Pondok Hasan. Ternyata letaknya itu harus masuk ke gang dulu, untung masih masuk buat mobil.

Penginepannya sih bersih, lumayan enakeun, dan ternyata yang punya Muslim!!! horeee jjadi bisa Sahur disini. Berabe juga kalo ga bisa saur di hotel, jauh kemana-mana, plus jamnya saur kan biasanya bar-diskotik baru pada bubar juga + disekitar sini dari tadi ga liat tempat makan dengan harga 'normal' x___x Liat harga per malemnya juga lumayan cocok nih sama budget, dan temen saya juga kayanya udah males cari-cari lagi & dah klik deh sama tempat yang ini. Ahirnya kita check in di kamar doulbe bed biar istirahatnya poool. Jadi, penginepan kita itu, kaya kos-kosan, cuman bedanya lantainya beeeerssiiiiih banget, lantai kamar, lantai teras, kamar mandinya juga udah modern, tempat tidurnya juga enakeun, suasana sekitarnya yg emang dipinggir lokasi wisata & masuk gang bikin saya pribadi ngerasa 'aman' dari ulah 'ajib' orang2 yg nginep disini, dan bule semua. Terus, pegawai penginepannya juga ramah, pokonya udah deh disini ajah hehe.

Beres ini-itu, sekitar jam 6 WITA, karna ga tau jadwal buka puasa, saya pun ahirnya mutusin buat berbuka, ngebatalin pake aer putih aja, solat, langsung menuju Pelabuhan Nusa Dua buat survey dimana ajah sih kantor yang bakalan kita datengin besoK biar ga riweuh. Dan lagi-lagi pake nyasar, kali ini Beli sempet berenti di warung & nanya-nanya tapi ko lama banget yah ini nanya-nanyanya?? Ternyata nyampe ke sekitar pelabuhan udah lumayan gelap, dan ternyata harus bayar, ga banyak sih, tapi perasaan waktu di Banjarmasin sama Gresik ko ga bayar yah? Dan sialnya saya pengen ke WC, dan kata Belinya cari ajah WC di dalem area pelabuhan, tapi ko ini sampe ujung ga ada tanda-tanda ada WC, ahirnya kita nemu 1 lokasi tempat warung-warung, dan ada rumah makan padangnya juga, ah, kayanya bisa deh numpang disitu. Tapi begitu parkir, liat ke sekeliling, cwo semua, ABK semua, dan ngeliatin dengan tampang-tampang kaya ga pernah liat cwe sebelumnya ggrr. Ahirnya saya ditemenin sama temen saya ke rumah makan padang, dan langsung nanyain WC, tapi ko kita dicuekin sih?? Ahirnya saya ulang lagi pertanyaannya dengan nada yang lebih ketus dan volume suara yang lebih tinggi lagi. Dan dengan seenaknya dijawab ga bisa klo numpang ke WC mh dengan tampang yang amat sangat menyebalkan!! pengen rasanya ngehajar tu orang!! ga pake pikir panjang, kita langsung masuk mobil, berhubung di kawasan lumyan rawan. Didalem mobil, Beli masih nawarin muter lagi didaerah pelabuhan, haddeehhh mau bikin saya ngompol apah?? yang pasti-pasti aja deh ke arah kota kayanya banyak deh.


Monumen Perjuangan

Monumen lengkap sama gapuranya

Ahirnya kita keluar dari lingkungan pelabuhan dan katanya dideket sini ada pom bensin, tapi ko mana pom bensinnya?? kayanya ini udah aga lama & jauh juga deh dari jalan ke pelabuhan tadi?? Haddeehh udah ga kuat banget deh pokonya, kesel banget, kenapa sih ni Beli kaya yang ga tau jalan?? gimana sih?? Dan ahirnya setelah beberapa lama, ketemulah pom bensin, merapat, ga pake basa-basi saya langsung ngabur ke WCnya,legaaaaa. Fiuuuh. Udah beres urusan WC, sekarang urusan makan. Daripada bingung-bingung mending ke Jalan Teuku Umar aja deh, lagian ini udah ada ditengah-tengah Denpasar-Nusa Dua, kpan lagi ke Denpasar.

Sampe di Jalan Teuku Umar malah jadi bingung sendri, saya minta Beli buat jalan pelan-pelan ajah biar bisa milih mau makan dimana dari dalem mobil. Beli pun meng-iyah-kan tapi tiba-tiba maen potong ajah ke arah kiri buat ngelambatin mobilnya ga pake liat-liat ke belakang dulu, padahal dibelakang itu ada motor. Jelaslah pengendara motor itu marah jalannya dipotong seenaknya, dan melototin ke arah Bel. Sebenernya ini bukan pertama kalinya kaya gitu, dari sore udah ga berkurang banyak deh nilai ngendarain mobilnya. Ahirnya sampe ujung jalan masih belum tau juga mau makan apa, ahirnya saya minta Beli puter balik dan makan di tempat makan kaya food court, klo dari sini posisi food courtnya di seberang jalan. Oke, ga masalah deh kita yang nyebrang. Beli sendiri ga ikut makan (secara dia ga puasa) dan ahirnya kita kasih uang makan & kita berdua nyebrang dibantu Pa Polisi soalnya rame banget mobil yang lewat disini.

Untungnya dapet meja yang dipojok, jadi ga terlalu mencolok. Rame banget disini, pilihan makanan saya jatoh sama Ayam Betutu & minumannya + 1 porsi lagi dibungkus untuk sahur. Sambil nunggu pesenan dateng, saya iseng-iseng liat keadaan sekitar, ternyata tepat diseberang meja saya ada "Upin-Ipin" beserta pasangannya tapi bajunya baju preman gitu & dandanan c cwenya ngga banget deh. Jadi inget cerita Mas Deby tentang "Upin-Ipin" dan kelakuan negatifnya, haddeehh aga was-was juga semoga disini kita ga kenapa-kenapa. Selesai makan, ga buang-buang waktu kita langsung cabut, berhubung makin rame juga yang dateng. Sebelum ke mobil kita belanja keperluan pribadi di supermarket. Begitu masuk supermarket ngejejer etalase barang-barang elektronik, dan kita sama-sama ngelirik kamera. Sempet kepikiran buat patungan sih, tapi kayanya mending buat urusan yang laen aja dulu uangnya ehehe. Ternyata kita emang belum terbiasa sama Denpasar, banyak banget lalu lalang orang-orang dengan pakean yang ga biasa kita liat berseliweran bebas di tempat-tempat umum di Bandung.


View dari atas monumen

View dari atas menara 2

View dari atas monumen 3

View dari atas monumen 4

View dari atas monumen 5

Beres urusan belanja, kita mutusin balik ke penginepan yang jaraknya jadi lumayan jauh kalo dari sini. Nyampe penginepan, kita belum bayar mobil, dengan pertimbangan takut hari Selasa kita perlu lagi, soalnya untuk survey hari Senin, kita dianter sama orang Pelindo soalnya kita didampingin sama orang Kemenhub, Pa Warto. Nyampe penginepan jam 10 WITA, langsung zzzzz.

Senin, 8 Agustus 2011

Masih sangat-sangat linglung buat nyesuain jam saur disini, jadi jam 3 WITA saya udah bangun (jam 02.00 WIB berarti) dan langsung makan sahur. Jam set 4 selesai makan sahur, tidur bentar, jam 5 WITA bangun buat Solat Subuh dan aslinya masih linglung belum bisa adaptasi sama perbedaan waktu. Tidur lagi, jam 7 WITA baru bangun, mandi, siap-siap. Jam 9, kita udah dijemput Pa Warto & orang Pelindo. Hmmm jadi inget waktu pertama kalinya ketemu Mas Deby, beda banget deh ama suasana sekarang. Pa Warto itu kalo kata Mas Deby kenal sama banyak orang-orang Pelindo, gampang nge-loby orang. Komentar pertama begitu masuk kedalem mobil adalah "Jauh amat penginepannya" terus ditanya-tanya kenapa ga nginep disini, disitu, ditempat ini, dan semuanya kita jawab dengan inti jawaban "Ga cocok suasananya & ditempat ini udah cocok suasananya".

Survey dimulai dari kantor Pelindo, ternyata bener kata Mas Deby, Pa Warto ini punya banyak kenalan orang Pelindo, jadi ga susah juga kaloa mau ketemuan, malah buat ketemu GM nya ajah ga usah nunggu lama-lama amat. Sesi tanya jawab sama Pa GM dan 1 orang staff yang emang bener-bener ngerti tentang Pelra lumayan lama, banyak banget informasi yang kita dapet disini dengan inti Pelra udah ga ada di Nusa Dua, ada juga di Celukan Bawang yang jauuhnya minta ampun. Mas Deby juga sempet cerita gimana kondisi di Celukan Bawang dan sedikit lega ternyata di Balinya kita di Nusa Dua, hanya was-was sama pergaulannya ajah sampe kalo bbman & nlp yg diwanti-wanti adalah "pake topeng" selama di Bali. Siaaap booos.


Siang-siang survey Sanur

Siang-siang Survey Sanur 2

Sesi tanya jawab sama Pa GM selesai disambung tanya jawab & minta data ke beberapa bidang di Pelindo, itupun ga makan waktu lama. Sambil nunggu data, kita iseng tanya tentang kantor Dishub Provinsi Bali, dan dapetlah alamat aslinya. Dengan waktu setengah hari urusan sama Pelindo beres, sekarang tinggal bergerak ke ADPEL, yang kantornya masih sejajaran sama Pelindo. Dengan dianter sama karyawan Pelindo yang tadi, ga sampe 5 menit kit udah sampe di kantor ADPEL Nusa Dua, tapiii... ko gedungnya sedang dalam renovasi?? Ternyata selama renovasi gedung, semua kegiatan ADPEL pindah ke gedung serba guna ADEL yang letaknya diantara Gedung Pelindo & Kantor ADPEL tempat kita sekarang, arinya kita harus jalan kaki mundur beberapa meter soalnya mobil Pelindonya udah ngacir entah kemana.

Sampai di ADPEL, lagi-lagi Pa Warto ketemu kenalannya entah dimana, nunggu sebentar, soalnya suratnya sudah dimasukin duluan dan sudah di disposisi, jadi ga lama, kita ketemu bagian umum & langsung ketemu sama wakil dari bidang yang bakalan kita minta datanya. Ternyata dari ADPEL sama-sama nyebutin kalo Pelra di Nusa Dua & di Bali ga aktif lagi bisa dibilang ga ada, tapi ada 3 daerah yang masih ada Pelra, tapi itupun kebanyakan untuk wisata. Ada daerah Kusambe, singaraja, Sanur. Kayanya perlu diliat jga dan pilihan kita jatuh ke Sanur yang cuman berjarak 1 jam dari tempat kita survey, kita pun dikasih CP orang Sanur. Beres ambil data dari bagian ini, kita langsung cabut ke Sanur. Nyampe Sanur sekitar jam 2 WITA, heeem baru pertama kalinya ke Sanur, selama ke Bali ke Sanur ga pernah sampe pantainya, ternyata bagus juga.


Waran-warni ikan di Bali zoo

Aligator Fish in Bali Zoo

Ga susah nyari coast guard, ada 2 bapa-bapa dengan badan kekar yang pake baju ADPEL, langsung aja kita samperin dan ceritain tujuan kita disini. Setelah ngobrol-ngobrol & dapet informasi tentang Pelra, kita diminta buat ketemu sama atasannya yang lagi menuju pos pengamatan Sanur sekaligus loket pembelian tiket buat yang mau nyebrang ke Nusa Penida (haddeehh kapan coba yah bisa kesana). Sambil nunggu diceritain tentang bedanya transport penyebrangan ke tujuan ini dan itu tarifnya, serta mayoritas turisnya, lengkap dengan disuguhin 4 botol Pocari Sweat dingin yang meggoda haddeehh. Dan ternyata cuman saya sendiri yang puasa. Temen saya lagi halangan, bapa-bapa penjaga pantai dan Pa Warto non muslim. Ga lama bapa yang dimaksud dateng & kita semua diminta buat ikut ke kantornya, yang sebenernya sih bukan kantor, lebih kaya pos pengamatan & penjagaan, lengkap dengan peralatan radio.

Sepanjang jalan ke kantor, penuh sama bule-bule yang lagi nunggu makan siang, harum masakan yang bener-bener menggoda, jualan pernak-pernik yang bikin lapar mata haddeehh godaan puasa. Dikantor kita milih-milih data yang kita butuhin. Sambil nunggu data difoto copy, kita dengerin bapa penjaga pantai yang pingin jadi PNS, ternyata dengan seragam ADPEL begitu, bapa ini belum jadi PNS, padahal kalo ditempat laen, udah PNS ko. Ahirnya selesai juga data kita difoto copy, dan bapa penjaga ini nawarin buat makan Sop Ikan yang terkenal sampai-sampai masuk Tv dan belom ke Sanur kalo belom makan Sup Ikan Mak Beng (aaaduuh sebenernya lupa nama tempat makannya). Semuanya pesen makanan kecuali saya (iyalah lagi puasa) lagian saya ga terlalu suka ikan, apalagi di Sup?? aduuuh dari baunya ajah udah ga pas sama idung & lambung & otak saya T__T jadi puasa saya sama sekali ga kegoda sama Pocari Sweat dingin + sup ikan. Begitu makanan datang, wuiiih pengennya sih menyingkir dari sana, bukan karna kegoda & lapar, tapi karna ga tahan sama bau ikannya, muaaaal. Tapi menghormati yang traktir, jadi saya cuman bisa masem-masem ajah.


Barong

Leak

Gapura tempat pertunjukan

1 hal yang bikin saya risih di seluruh Bali adalah Anjingnya. Aduduhhh lagi makan pun dibawah meja ada anjing lagi cari makan, huiiihh. Kalau sama Anjing, takut kena najisnya kan siapa tau ga sengaja, makanya mending jaga jarak aja deh. Yuup, jadi selama pada makan, selaen celingukan gara-gara ga ada kerjaan, celingukan juga liat-liat kalau anjing yang tadi mendekat lagi haddeehh. Beres makan, sekitar jam 3 sore WITA, kita langsung cabut & ternyata Pa Warto mau pulang pake pesawat malem & mau beli oleh-oleh dulu. Dan apa yang terjadi?? kita berdua pun diajak ikut ke tempat oleh-oleh Krisna... wihiiii it's shopping time!! Saatnya beliin barang-barang buat orang-orang tercinta di Jawa sana ^__^

Kalau ga ada alaram (baca: Pa Warto yg udah beres duluan belanjanya ngajak kita pulang), kayanya bablas deh mpe 2 jam kemudian hahaha Jam set 6 WITA kita nganter Pa Warto ke Bandara, mau tuker tiket dengan flight ke Jkt jam 8 malem, tapi ternyata ga bisa, ahirnya nganterin kita pulang dulu ke penginepan ke Tanjung Benoa. Nyampe penginepan sekitar jam 7 WITA, dan lagi-lagi saya batalin di jalan. Saya lupa makan apa saya waktu itu, yang pasti sup ikan yang dibekel untuk saya baru saya makan pas sahur. Dan selesailah survey hari ini. Sisa waktu malemnya kita pake buat istirahat. zzzzz.

Selasa, 9 Agustus 2011

Kalau sekarang udah mulai bisa adaptasi & ngerti nyocokin waktunya, jadiii buat sahur saya bangun jam set 5 WITA. Bangun, makan sahur sup ikan dan ikan goreng + sambel yang dibungkus kemarin siang (untung ga kenapa-napa). Aslinya makan sahur pake sup bersantan banyak banget + ikan yg menurut saya kecium banget bau ikannya itu hueeeee cuman numpang lewat ajah ni makanan di lidah, ga berasa apa-apa, tau-tau udah kenyang x__-x. Beres makan, nunggu sebentar, Solat Subuh & tidur lagiii. Kebeneran hari ini aga nyantei. Sebenernya aga males juga buat keluar hari ini, soalnya materi survey dikorting abis-abisan ga ada Perla hehe. Jadi setelah tadi malem nlp Beli Putu buat jemput kita lagi sekalian ngurus-ngurus pembayaran, jam 1 WITA kita dijemput buat belanja oleh-oleh, maen & survey dimana kantor dishub.

Berhubung cwe, jadi yaah lumayan lama nih belanjanya, mana beliin oleh-oleh juga hehehe. Ga kerasa kita belanja lamaaa buangeeeeet mpe sore, sekitar jam 4 atow set 5. Ahirnya sampai sama urusan bayar-membayar, dan lagi-lagi kaget sama total belanjaan yang sedikit lebih naek dari kmaren huahaha. Beres urusan bayar, sekarang kita nentuin mau kemana & mau buka dimana. Ahirnya keluarah ide buat makan di Jimbaran. Gilaaa mahal pool kan disana, tapi ya berhubung budget ada & kapan lagi, ga pake basa-basi cabuuut Jimbaraaan.


C Merah yang agresif

C Kuning yang diam-diam menghanyunkan

ITB???

Baru diresmiin ternyata

Nyampe Jimbaran ternyata udah jam 5 lebih ampir set 6 WITA soalnya lumayan rame juga jalanannya. Sempet bingung juga sih mau makan dimana. Ahirnya udah nyaris aga ke ujung, dipilihlah RM makan ini. Dengan aga canggung, kita masuk, bingung juga sih, soalnya biasanya kesini tinggal duduk manis, ga lama makanan dateng, lah sekarang, sendiri. Kita pilih tempat makan di luar, sambil nikmatin suasana sunset, dan lagi-lagi dari sekian banyak meja, cuman kita berdua yang pengunjung asli Indonesia, sisanya bule bo! Ada sih 3 bapa-bapa di meja belakang kita, tapi udah mau selesai. Ahirnya kita pilih meja aga deket sama garis pantai.

Disini kita dilayanin sama Beli yang ternyata 2 taun lebih muda dari kita & ngebecandain mulu, rame sih tapi jadi malu juga, masa jadi kaya tamu istimewa yah hahaha. Ahirnya kita pun mesen dan kalo makan disini ga pake jasa agen travel, kita harus milih ikannya sendiri, tapi berhubung kita males, kita minta dipilihin yang mana aha asal ikan itu. Tapi ahirnya kita turun ke dapur juga, dan malah ganti menu pesenan kita, adduuuh keliatan banget deh baru pertama kalinya ngrus-ngurus sendiri.

Sambil nunggu pesenan dateng, kita foto-foto, sayang gara-gara keburu gelap, jadi ga bisa foto banyak & ga bisa foto diri sendiri hahaha. Ga lama pesenan pun dateng, dan tetep ya Beli yg 1 ini ngegodain kita terus. Beli ini ngira kita dateng kesini buat liburan & ngira kita masih SMA hahaha tapi pas tau kalo kita kesini dalam rangka survey, dia masih tetep ga percaya ahaha. Ternyata luamyan juga ngabisin makanan sebegitu banyak cuman ber-2 pula,tapi sayang banget 200rb kalo ga abis. Ahirnya dengan susah-payah, manakanan pun abiiis hehehe. Sekitar jam 7 atau set 8 malem WITA kita pulang ke hotel, kali ini kita bungkus nasi pedes buat menu sahur.

Rabu, 10 Agustus 2011

Karena ada barang yang kelupaan dibeli, jadi hari ini kita rencana balik lagi ke toko souvenir yang 2 hari berturut-turut kita datengin. Kita mnta dijemput aga siang, jam 10 WITA. Beres belanja, sekitar jam 1 siang kita langsung ke monumen perjuangan yang ada di tengah Kota Denpasar. Puanaaaasss tapi tetep have fun. Disini ga lama, cuman sekitar 1 jam, kita jalan lagi ke Bali Zoo. Perjalanan ke Bali Zoo ternyata lumayan jauh, dari Denpasar kita ambil ke arah Pelabuhan Padang Bay. Jalannya sih lumayan enak, tinggal lewatin Sanur, teruuuus luruuuus aja, dan ternyata ngelewatin beberapa jalan ke pantai-pantai yang namanya sempat saya liat di brosur sebuah agen travel. Hmmmm menggoda juga sih.


Ga sengaja ke pantai

Persiapan upacara Larungan

Sampai Bali Zoo jam 3 WITA, kita langsung dianter sampai pintu pembelian tiket, dan ahirnya masuk berdua sajah ke area zoo. Ternyata untuk masuk ke area utama, kita naik bis yang bentuknya ampir mirip sama bis-bis di Taman Safari sana dan sudah pasti konep wisatanya sama kaya di Taman Safari Bogor. Tapi ternyataaa.... Bus berenti di tempat pemberhentian bis yang malahan selama perjalanan belum keliatan binatang 1 pun. Dengan sedikit bingung, kita pun turun dan menuju gerbang yang bentuknya kaya "pintu masuk". Setelah ngelewatin pintu, kita langsung ada di lobby utama dengan atap yang sangat tinggi dan di kedua sisinya digantung boneka Barong & Leak berlawanan arah dengan ukuran yang cukup besar.


Pantai, Larungan, Sunset

Prosesi awal Larungan

Binatang pertama yang kita liat adalah Macan Tutul yang sayangnya ga keliatan soalnya lagi sembunyi dibalik pohon, ngadem kali yah soalnya puanaaaas banget sore ini. Dilanjut ke kumpulan burung-burung, ikan-ikan, dan jalan ke arah dalem. Ternyata keluar dari area yang tadi kita ketemu sama area yang sekilas mirip kaya panggung-panggung di Dufan, buat pementasan gitu tapi dengan ciri khas Bali dooonk. Ga disia-siain, kita berdua foto-foto disini setelah puas kita lanjut mengunjuni binatang laen kaya Burung Kakak tua, Harimau putih, Komodo, Landak, Unta, dll.

Ga kerasa kita berdua udah hampir ngelilingin areal kebun binatang, tinggal 1 yang belum "Kampung Gajah", tapi belum juga nyampe gerbang utamanya udah ada pengumuman panggilan untuk beberapa turis, tapi begitu liat jam, udah jam 4 lebih juga, dan baru sekarang kerasa lemes & sakit kepala jalan seharian pas puasa. Jangan-jangan gara-gara seharian full kepanasa langsung, jadi sedikit dehidrasi, waduuuh. Ahirnya kita berdua mutusin buat ga masuk Kampung Gajah & jalan kaki muter-muter disekeliling. Ternyata ga ada yang menarik dan kita mutusin untuk pulang.

Dijalan pulang, Beli nawarin buat mampir ke pantai dulu, sebenerya aga ragu, mampir ke pantai apa ya disini, abisnya belom pernah sampe daerah sini & ga tau juga banyak pilihan pantainya. Ahirnya kita belok secara acak ke arah pantai. Entah pantai apa & kaya gimana pokonya hajaaaar. Ternyata pantainya lumayan bagus, biarpun pasirnya item, tapi viewnya bagus, lepas, luas, sepiii. Setelah parkir mobil, kita jalan ke arah pantainya dan lagi-lagi banyak banget anjing berkeliaran disini, hadddeeh.

Ternyata pas lagi liat-liat ke arah pantai, ada Ibu-ibu kaya lagi mau nyiapin upacara adat, dan ternyata ga lama, datenglah rombongan cukup banyak, pake mobil, dan pake pakean adat semua. Kita berdua cuman bisa bengong ngeliat bakalan ada apa haha. Ga lama ada bapa-bapa udah cukup tua, ngajak kita untuk gabung sama beliau, saya lupa namanya. Setelah nanya2 kita darimana, barulah bapa ini bilang, kalau lagi ada upacara untuk ngembaliin abu jenazah orang yg udah meninggal ke laut setelah upacara ngaben. Woow, kebeneran banget jadwal untuk salah satu desa untuk upacara ini yaaa hari ini, kalo ga salah upacara larungan namanya.

Ternyata belum juga acara dimulai, temen saya dapet tlp masalah kerjaan 1 lagi yg dia tanganin dan sukses bikin moodnya berantakan, yaaaah sayang banget, padahal kapan lagi liat upacara langsung tanpa harus desek-desekan kaya liat upacara ngaben keturunan Raja-Raja di Bali?? :( Emang yah yg namanya bos suka semena-mena ayyee!! Ahirnya puas ambil foto-foto sedikit dan liat detik-detik waktu sunset, kita pun cabut. Padahal begitu kita mau keluar dari areal pantai ini, rombongan keluarga yg mau ngadain upacara Larungan ini makin banyak yg dateng sayang sekali ckckckc.


Pengen bawa pulaaang

Gajjah raksasa

Tujjuan kita sekarang adalah cek kantor Dishub Provinsi ada dimana. Ternyata letaknya ga jauh dari Monumen Perjuangan, di lokasi pemerintahan, tapi emang sih harus masuk ke jalan kecil dan bangunannya baru selesai di renovasi. Pantesan ajah ga nemu pas hari pertama muter-muter lokasinya lumaya jauh ama lokasi yang ditunjukkin lewat intenet. Setelah konfirmasi, dan bener ini kantor Dishub Provinsi Bali, kita pun menuju wilayah belakang Bandara buat nyari Ta'jil & bungkus makanan untuk buka puasa & sahur besok. Sayangnya makanan yang dimaksud ga ada di tempat itu dan lagi-lagi kita bingung mau makan dimana. Ahirnya Beli rekomendasiin buat makan di salah satu warung makan yang katanya cukup terkenal dan sayangnya begitu kita nyampe sana, udah abiiiissss!! Hahaha apes deeh. Ahirnya kita cari makana di deket pintu masuk Bandara, dan ga sengaja ada yang jualan Ayam Taliwang. Wooow asiiik. Sengaja kita ga cari tempat makan yang mewah, biar hemat. Dan ahirnya kita beli Ayam Taliwang di tempat makan yang kalau siang jadi bengkel. Kita makan disana sekaligus bungkus untuk sahur. Rasanya lumayan enak ko, mlaha kita berdua sampe kekenyangan. Tapi, pas giliran bayar, tetep ajah mahal, soalnya kita beli untuk 4 porsi + 4 botol air mineral botol untuk di hotel. Beres makan, kita pun ke hotel & istirahaaat.

Kamis, 11 Agustus 2011

Pagi-pagi sekitar jam 9 WITA kita udah dijemput & langsung menuju kantor Dsihub untuk wawancara. Ternyata ga butuh waktu lama, kita langsung wawncara ke pihak yang bersangkutan, dan ternyata menurut informasi dari beliau, Pelra di Bali itu ada, hanya tempatnya di Celukan Bawang, Singaraja, sekitar beberapa Km dari Pantai Lovina dan masih ada. Kita pun dikasih CP orang Pelindo disana. Sempet bingung juga, harus ga kita kesana, soalnya kan wilayah di surat survey ada di Nusa Dua, kalao tiba-tiba survey ke Singaraja, apa ga ribet?? hadduuh pusing, mana nlp TL ga diangkat-angkat, ya udah masalah ini dipending dulu, sekarang ngurus masalah tiket Kereta api-Damri Surabaya-Denpasar.

Alamat kantor Perum Damri udah ditangan, kita pun meluncur ke alamat tersebut. Begitu sampai di jalan yang dimaksud, kenapa kita cari-cari nomernya ga ada yang cocok yah?? makin jauh ke ujung jalan, nomernya makin gede, udah curiga kalo alamat yang kita cari ada di ujung jalan satunya lagi, tapi c Beli ini keukeuh kalo alamat yang kita cari pasti masuk-masuk ke gang, ahirnya kita sampai ke ujung jalan ini dan muter lagi buat nelusurin jalan ini sekali lagi, padahal kondisi jalan sekarang tuh lagi muaceet ditambah cara nyupir Beli yg bikin saya ngomel-ngomel bikin sakit kepala saya nambah menjadi-jadi. Ahirnya kita udah muter, dan berhasil masuk lagi ke jalan tadi, Jalan Diponegoro tepatnya, dan sekarang kita masuk ke salah satu jalan kecil yang ada di kiri jalan, oya jalan ini satu arah. Ahirnya muter-muter ga jelas didalem gang, saya udah bilang ga mungkin kator Perum Damri tempatnya mencil gini, kalopun iyah, harusnya dari jauh udah keliatan deh bangunan yang mencolok atau tanda-tanda lambang Perum Damri atau apa gitu, ini yang ada cuman pasar dan warung-warung makan + kondisi jalan yang makin nyempit. Beli tetep ga percaya dan kluar dari jalan itu & tetep nerusin nyusur jalan utama. Samaoi ahirnya kita nyampe lagi ujung jalanm dan muter sekali lagi, cape deeeeh.


Gunung Batur

Awan diatas Gunung Batur

Oke, kali ini saya dan temen saya minta Beli buat tanya sama orang, alamat yang kita cari, pertama Beli tanya sama tukang jualan pinggir jalan, ga tau, ahirnya nanya sama supir taxi yang lagi mangkal disana dan ternyataaaa..... alamat yang kita maksud ada di ujung jalan satunya lagi, memang sih nama jalannya bukan Jalan Diponegoro, tapi gambarannya ruas jalan tempat kantor Perum Damri itu cuman kepisah sama lampu merah yang jaraknya juga ga terlalu jauh, dan ruas jalan yang 1 lagi itu emang masih sering disebut Jalan Diponegoro juga. Nah, bener kan feeling saya, buset deh dikira saya bego apa mentang-mentang ini ditempat orang ga bisa cari alamat pake logika?? kalo urusan nyasar-nyasar mah saya udah terlatih, gimana cara ngadepinnya. Oya, c Beli ini sebelum nanya-nanya selalu nunjukin kita agen bus malem, haddeehh jelas-jelas PERUM DAMRI, perusahaan sendiri, ga gabung sama pihak-pihak swasta macem agen bus malem itu, cape deeehh sakit kepala, asli, ga bo'ong.

Ahirnya smapailah kita ditempat yang dimaksud dan segera menuju loket. Setelah ngasih tau tujuan kita, kita disuruh nunggu untuk minta kuitansi ke orang yang berwenang. Tapibegitu ketemu sama orang yang dimaksud, aslinya saya ga suka. Judes, buru-buru, ga sabaran, kalo kata temen saya mah hanya tegas aja, tapi jujur saya ga suka sama sikapnya ngelayanin konsumen, apalagi kita bukan komplen aja, cuman minta kuitansi, iya sih tau, ini udah siang, waktunya makan siang, tapi ga gitu juga kaliiii, saya nih puasa ga makan seharian!!! Beres urusan sama Damri, kita cabut menuju Kintamani, refreshiiing.


Jalan di samping bukit-bukit di Danau Batur

Jalan di samping bukit-bukit di Danau Batur 2

Bukit-bukit disamping danau

Danau Batur

Jarak dari Denpasar-Kintamani lumayan juga sekitar 2-3 jam, dan sekarang udah jam 12 lebih, hajaaar Beli. Sebenernya ini ke-3 kalinya saya ke Kintamani, tapi kali ini dengan cara dan kesempatan yang berbeda. Kalau biasanya sama rombongan, banyakan, sekarang cuman berdua, wees serasa orang berduit neeh hahaha. Perjalan ke Kintamani asli bikin ngantuk, saya pun sempet tidur bentar soalnya kebangun gara-gara Beli manggil & nawarin kita mau beli perak atau ngga, dan kalo saya pribadi sih ga akan beli, tapi temen saya juga ga mau katanya, yo weess jalan lagi. Ditengah jalan kita berenti di pom bensin buat numpang ganti baju. Hmmm ada yang beda sama pom bensin disini, yup, ga ada Mushola & tempat wudhu hehehe.

Sekitar jam 3 WITA, kita sampe di area wisata Kintamani, bayar total 20.000 dan kita pun masuk, berhubung teman saya lagi ga puasa, jadi cari tempat makan. Dan ahirnya pilihan jatoh ke sebuah tempat makan yang ga terlalu rame, aga diujung, tapi viewnya & suasananya okeee banget. Disini cuman ada 2 meja yang keisi dan lagi-lagi bule semua. Awalnya kita milih tempat duduk yang aga didalem, tapi berhubung ada 1 meja kosong di bagian paling luar dan view ke Danau Batur & Gunung Baturnya lebih okeee, kita pun pindah. Harga makanannya cukp mahal, 80.000 ambil makanan sepuasnya tapi diluar minum+pajak yang muahaaal. Ahirnya sih totalnya ga 80.000, tapi lebih untuk 1 orang. Ternyata puasa bener-bener bawa berkah x__x.


Salah satu kegiatan upacara di Kintamani

Jam 4 kita rencana pulang, tapi kayanya tergoda buat turun ke samping Danau Batur, ahirnya kita turun ke jalan yang bawa kita langsung ke pinggir Danau Batur, ke arah masuk untuk nyebrang Desa Trunyan. Sebenernya yang banyak lewat sini truk-truk penambang pasir jadi jalanan aga sepi & ada beberapa yg rusak, tapi viewnya kereeeen. Sampe dibawah, Beli bilang, kalau mau terus, kita masuk kawasan resort & harus bayar lagi total 20.000. Hmmm berhubung budget terbatas & kita perpanjang rental mobil, jadi kayanya stop sampe disini ajah. Kita ahirnya trekking ke padang rumput berbatu buat sekedar ambil foto lebih deket ke air & awan. Tapiii baru juga jalan bentat, di depan kita ada 2 ekor Anjing yang lagi jalan ke arah kita, wuiih langsung deh kita ngibrit ke jalan lagi.

Ahirnya kita maju beberapa meter & balik nyusur bukit-bukit dan masih sedikit was-was juga takut-takut ketemu Anjing lagi, untungnya kali ini aman. Puas foto-foto, jam set 5 kita balik ke atas & pulang tapi mampir dulu buat beli makan. Niatnya sih mau beli makanan khas bali lainnya. Perjalanan pulang ternyata ga lewat rute yang sama, kita lewat rute yang ke arah Ubud. Di jalan ga jauh dari Desa Kintamani, ada yang lag ngadain upacara lagi. Kata Beli ini upacara rutin yg biasanya tiap desa beda-beda waktunya. Dan kebeneran di daerah sini kebagian di minggu-minggu ini. Pas kita jalan ke Kintamanipun sempet ngelewatin 1 Pura yang baru selesei ngadain upacara gede-gedean 1 Desa.

Jalan yang kita lewatin lumayan juga viewnya, Beli nawarin kita buat berenti foto-foto di areal sawah yang pake sistem Subak. Tapi berhubung kita diuber waktu, jadi kita ga berenti. Jalan yang kita ambil ngelewatin objek wisata yang banyak keranya (lupa namanya, males googling) dan lagi-lagi Beli nawarin kitamau berenti atau ngga, dan jawaban kita tetep sama, ngga, soalnya kita nguber waktu buka puasa di tempat makan yang ada setelah Desa Ubud. Ga lama kita pun masuk kawasan Ubud.

Selama 3x ke Bali, baru sekarang nih ke daerah Ubud, ternyata begini tooh, lebih bagus, teratur, berkelas, sejuk dibanding daerah-daerah laen, dan teteeep bule semuaaah, dan disini kayanya banyak amat yah bulenya??? Kalau liat dari toko-tokonya sih, disini harga barangnya lebih mahal dari Kuta. Di ujung Ubud, ada 1 rumah yang kata Beli sih masih keturunan Raja di Bali & lagi bikin persiapan buat acara Ngaben. Tapi kata Beli upacaranya sendiri sih bukan hari ini, biasanya nunggu tanggal yang pas untuk Ngaben. Tapi bener juga sih, diliat dari dekorasinya, belum semuanya beres. Tapi asli kereen, tadinya sih mau turun & foto-foto, tapi berhubung waktu terbatas & rame banget disana, skip deh, cukup liat dari mobil ajah. Jalan pun diterusin ke rumah makan yang dimaksud.

Ternyata eh ternyata jalan dari Ubud ini nyambung juga ke jalan utama yang entah dimana dan kata Beli rumah makannya udah deket. Horee lumayan juga soalnya udah ampir waktu buka puasa di daerah sini. Tapiiii ternyataaa udah tutup sodara-sodaraaa!!! hikz hikz kepaksa kita puter arah & sempet bingung mau makan dimana, sepanjang jalan tadi ga ada tempat makan yang harganya 'manusiawi' kayanya T__T. Dengan berat hati saya pun bilang "pulang aja, beli Hoka-hola Bento atau McD atau KFC di deket Nusa Dua" hikz hikz


Jalan di trotoar ini pasti diserbu pedagang yang 'ganas2'

Ternyata jalan pulang pun sama jauhnya, malahan entah ngelewatin mana, jalannya pun nyempit lagi, dan kali ini kita ketemu sama orang-orang yang lagi arak-arakan selesai upacara, aslinya panjang banget & mavet anget, untung arak-arakan itu ada di arah yang berlawanan sama jalur yang kita lewatin, kalu ngga, mampuslah kita bayar tambahan jam sewa mobil. Singkat cerita, kita pun masuk daerah Nusa Dua juga, dam itu udah sekitar jam 7 malem WITA dan saya pun keingetan ada tempat makan sea food di sebelah rumah sakit di arah pulang ke hotel. Ditengah jalan tiba-tiba TL nlp temen saya dan katanya dimanapun lokasinua, kalau Pelra tetep harus disurvey, nah lohpanik deh kita. Sisa waktu tinggal 2 hari, dan kita mendadak harus pindah tempat & ngulanga survey dari awal??? Aslinya stress abiiis.

Ahirnya kita mutusin buat beli makanan dulu, ternyata yang punya restoran sea food ini orang muslim juga, ahirnyaaaa. Meskipun sedikit mahal, tapi rasanya enak loh. Beres pesen makan, kita pun susun strategi gimana jadinya survey kita. Antara besok kita PP ke Celukan Bawang yang makan waktu 3 jam, tetep nginep di Nusa Dua biar Jumat pulang ke Bandara deket atau besok pagi langsung check out & pindah hotel ke sekitar Lovina dan pulang ke Bandara dari Lovina dengan konsekuensi cari penginepan & rental mobil baru. Huaaaahhh

Ahirnya kita pun minta bantuan Mas Deby siapa tau punya kenalan di Pelindo Celukan Bawang dan Mas Deby lumayan kaget soalnya kita tiba-tiba disuruh pindah lokasi, dan informasi dari Mas Deby bener-bener bikin kita tambah stress. Gimana ngga, kata Mas Deby karyawan Pelindo disana dikit banget, ga terlalu produktif, dan kalo udah jam 5 sore WITA jalana disana udah sepiiiii banget udah kaya ga ada kehidupan, malem-malem kluar didaerah sana, orang hebat deh. Suasananya ga enak banget, udah jauh dari mana-mana, derah sepi pula, jadi klo kita ada keperluan survey/cari makan dijamin bakalan susah. Ditambah, belum tentu semua bisa diberesin dalam waktu 1,5 hari.

Untungnya Beli punya temen yang kenalan supir rental mobil juga, jadi klo masalah rental mobil, nanti dibantu sama Beli, kalau masalah penginepan bener-bener harus kita cari sendiri. Huaaah padahal udah betah banget sama penginepan Pondok Hasan ini, berat rasanya harus lebih cepet pergi dari sana. Sampe hotel bener-bener stress, ahirnya temen saya nlp Pa Warto, cerita & minta saran, kalau kata Pa Warto, ga usah disurvey, ga akan ada hasilnya juga. Kata TL kita, tetep harus disurvey, tapi lagi nyari cara kalau-kalau data ga bisa semua diambil. Ditengah-tengah suasana panik, ternyata kita punya CP orang ADPEL di Celukan Bawang. Ga pikir panjang, langsung sms dulu, dan ahirnya bisa ngobrol langsung dengan bapa yg ada di Adpel Celukan Bawang, dan menurut beliau bener ada Pelra, tapi sama sekali udah ga ada kegiatan, jadi kalopun kita kesana, percuma & kasian ke kitanya. Begitu nyampein itu ke TL, ahirnya keputusan ahir kita ga usah survey kesana, dan tugas kita survey disini resmi selesaaiii. Horeee ahirnyaaa, jadi besok tinggal full maen & jalan-jalan sebelum pulang.

Jumat 12 Agustus 2011

Setelah ngabarin Beli kalau kita ga jadi pindah lokasi survey, kita pun dijemput jam set 8, skalian check out dan lunasin pembayaran penginepan. hmmm rasanya sedih juga ninggalin penginepannya, udah lumayan betah gara-gara suasananya & pelayannya juga aaaah kapan-kapan ketemu lagi. Tujuan kita pertama adalah nonton Tari Barong. Sebenernya antara Tari Kecak & Tari Barong, berhubung Tari Kecak saya udah 2x nonton, mending kita nonton yang sama-sama belum, yaitu Tari Barong. Durasi nonton Tari Barong ga terlalu lama, sekita 1,5 jam, jam 10 kita udah siap untuk pindah ke lokasi berikutnya. Banyak banget pilihan, ada GWK, Uluwatu, Tanah Lot, Bratan, Taman Ayun, Tanjung Benoa yang ada didepan mata, tapi sayangnya harus pilih 2 lagi soalnya rutennya yang muter-muter & waktu kita yang cuman bisa sampe jam 3 sore WITA. Ahirnya kita putusin ke Tanah Lot dulu yang kata Beli lumayan jah, sekitar 2 jam perjalanan.


Tebing & Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot di siang bolong

Di tengah-tengah perjalanan ke Tanah Lot, kita sambil liat-liat toko yang jualan pernak-pernik buat nyari gelang titipan dan katanya cuman ada di Kuta, yang jualannya juga biasanya ibu-ibu yang nyedian jasa kepang rambut, waduuuh siang-siang kudu nyusur Pantai Kuta, asa males juga hehe. Ahirnya setelah muter-muter, ga ketemu, dan ahirnya nyerah, kita lanjut ajah ke Tanah Lot. Saya bener-baner baru ngeh semua rute-rute ke tempat wisata yang pernah saya datengin, soalnya dulu kan pake bis pariwisata, aga susah juga ngeliat jalan, soalnya kerjaannya kalo ga tidur ya ngobrol, ga merhatiin ini bus lewat mana ajah. nah sekarang kita pake mobil sewaan, jadi lebih jelas semuanya. Sampe Tanah Lot jam 12 siang, buseeet deh tengah hari maen di pantai. Hal yang pertama dilakuin disini, belanja lagiii hahaha beres belanja, kita ke pantainya. Di panatainya rame, biarpun siang-siang, tapi lagi-lagi mayoritas bule, tapi disini lumayan banyak juga turis domestiknya hehe. Disini kita ditawarin foto keliling, soalnya tiap kita foto selalau ganti-gantian, ga pernah ada foto berdua & dari kamera asli. Dengan bayar masing-masing 20.000 kita pun foto berdua di Tanah Lot. Kalo liat c Belinya, ga tega, udah lumayan tua, kepanasan, dari pagi jalan-jalan terus, kondisi kameranya juga udah lama kaya ga keurus, makanya kita ga nawar waktu ditawarin harag segitu & ga komplen waktu ternyata hasil foto pertama gagal gara-gara abis batre, dan diulang lagi gara-gara memory abis. Gpp Beli, kita santai ko. Tapi hasilnya oke juga loooh. Puas foto-foto, kita menuju tempat selanjutnya, Bedugul.


Ganasnya ombak Tanah Lot siang hari

Ganasnya ombak Tanah Lot siang hari 2

View ke arah reosor di Tanah Lot

Perjalanan dari Tanah Lot ke Bedugul lumayan lama juga, dan ternyata disini yang jalannya mulai nanjak-nanjak dan banyak tikungannya, berkabut, dan viewnya bagus. Ternyata tempat yang kita datengin beda sama tempat yang saya datengin selama 2x ke Bedugul, ternyata kita ke Pura Ulun Danu, Bedugul. Kita nyampe sini sekitar jam 3 sore WITA, dan kita Solat dulu baru eksplor Danau Bedugul. Disini jga sama, mayoritas bule, dan kita bener-bener kaya orang kurang kerjaan kelebihan uang jalan-jalan berdua pake mobil sewaan pula hehe. Disini kita manfaatin jasa foto keliling lagi dengan harga yang lebih murah tapi hasil tetep bagus ko. Beres keliling-keliling disini, dan udah cape juga, kita mutusin buat segera menuju bandara, soalnya perjalanan lumayan makan waktu sekitar 2 jam.

Ditengah jalan pulang, ternyata Beli ngantuk, soalnya emang lagi sakit flu dan sedikit teler gara-gara makan obat, kepaksalah kita berenti dulu di pinggir jalan. untungnya ga lama Beli udah bisa nerusin buat nyetir mobil lagi. Lagi-lagi kali ini kita ngelewatin rute yang belum pernah dilewatin sebelumnya. Kali ini temen saya lebih sering cerita-cerita sama Beli, kalau saya sih berhubung udah cape & ngantuk banget, cuman nyimak ajah. Lama-lama jalan yang kita lewatin makin kecil, dan celakanya lagi muaceeet panjaaaang, haddeehh, padahal ini udah jam set 5 WITA. Ahirnya nyampe juga ke biang macet, ternyata pertigaan yang cukup kecil tapi volume kendaraan yang lewat buanyaak banget (klise). Ternyata ini jalan potong untk nyampe cepet ke jalan utama menuju bandara, wuiih jalur baru lagi nih, jadi berasa orang Bali ajah lewat jalur yang bukan jalur pariwisata. Dan ternyata jalur yang kita lewatin masih masuk daerah Kuta juga, tapi dipingiiir banget.


Tempat sembahyang pinggir danau Bratan

Ahirnya kita udah nyampe di jalan utama, tapiii kooo maceeet lagiii?? huaaaa lagi nagntri, tiba-tiba ada riweuh-riweuh dari arah belakang, ternyata mobil DK 1 mau lewat, beeehh dah tau macet, tetep ajaaaa mau diutamain, ahirnyasatu demi satu mobil dibelakang kita pada melipir, giliran mobil kita meiipir buset deh rempng banget deh. Setelah iring-iringan riweuh lewat, Beli langsung masuk lagi ke jalan utama dan mobil kita sukses ada pas dibelakang iring-iringan mobil pejabat tadi, ahhheeeeyyy matan Beliii!! Ahirnya jam set 6 kurang, kita nyampe di Bandara.

Begitu sampe Bandara, kita langsung lunasin pembayaran rental, ngasih uang makan ke Beli, dan bilang makasin & pamitan sama Beli. Terimakasih Beli udah mau nagnter-nganter kita yang ababil ini ga jelas mau kemana, stress survey sana-sini, ngasih pengalaman baru disupirin Beli yang ngalamin banyak insiden tapi jadi 1 cerita sendiri buat kita, makasih beli kapan-kapan ketemu lagi. Ahirnya kita masuk area Bandara, berhubung pesawat kita jam 8 malem WITA, kita buka puasa sambil cah hp dulu di Solaria. Ahirnya jam 8 kurang kita check in, dan pesawat hanya delay beberapa menit aja.


Pura Ulun Danu

Pura Ulun Danu 2

Pedestrian walk

Ga kerasa kita udah didalem pesawat, dan take off, dari jendela kita liat lampu-lampu di pesisir Pulau Bali. Ga nyangka selesai juga urusan kita di pulau ini, ga nyangka juga bisa sedikit liburan semi koper di pualu yang terkenal serba mahal ini cuman berdua pula. Ahirnya lampu-lampu itu ga keliatan lagi, dan bener-bener selesai sudah semuanya, bye-bye Baliii see u again nex time, thank's for everything, will be missing you......


Sisi lain Danau Bratan

Kabut di Danau Bratan