Dya Iganov

Senin, 14 November 2011

SURVEY + LIBURAN 1: GRESIK


Senin, 1 Agustus 2011

Setelah semaleman di kereta eksekutif yang nyaman dan dingin, ahirnya jam 07.00 sampai juga di Kota Pahlawan ini. Pertama kali keluar dari gerbong kereta adalah, panas!!! huahaha oh, ya ini hari pertama puasa dan saya belum puasa sih hehe Aneh juga rasanya puasa ada di kota orang & kerja. Daripada celingukan ga jelas di stasiun, mending langsung booking tiket untuk hari Sabtu depan ke Denpasar, lokasi survey yang terakhir. Di Surabaya ini nanti kita bakal didampingin sama orang Dishub buat dateng ke kantor Dishub, Pelindo & ADPEL dan janjian di Stasiun Gubeng. Nama pendamping kita Pa Joko janjian ketemuan di Stasiun Gubeng tapi dianya sendiri pake pesawat, yu mariii.

Kata TL kita, kita bakalan dijemput di stasiun sama orang dari Pelindo, heem nampak sedikit lebih enak dibanding survey sebelumnya. Jam 8 lebih, Pa Joko nyampe ke stasiun Gubeng dianter sama orang Pelindo. Dari stasiun Gubeng, langsung menuju Gresik. Gresik?? ternyata lokasi survey kita adanya di gresik, bukan Surabaya hohoho. Perjalanan ke Gresik sekitar 1 jam waktu itu, hmmm jadi inget taun 2009 dulu ke Surabaya untuk liburan n sekarang ke Surabaya untuk kerja, ngelewatin jalanan-jalanan yang dulu pernah dilewatin dengan keadaan yang berbeda. Mobil makin melaju ke arah Gresik, woow pertama kalinya ke Gresik nih kayanya bakalan seru juga disini.


BNS Batu diwaktu menjelang Magrib

Gunung Arjuno dari BNS

Warung-warung di Tahura R.Soeryo

Tujuan pertama di Gresik adalah Kantor Pelindo. Tapi ternyata orang2 di Pelindo lagi ada acara, jadi kita mutusin untuk ke ADPEL. Untk survey sekaang lokasi Pelindo sama ADPEL deket banget, gedungnya saling ngebelakangin jadi ga usah repot2 naek-turun mobil heu heu. Di kantor ADPEL, kita ke bagian umum, dan disana surat dimasukindan di disposisi, setelah beres langsung ke bagian ke-2 disini ketemu kepala bagiannya, bah, liat mukanya ajah udah kebaca ni orang rese. Bener aja, pas waktu wawancara, dia malah nuduh form pertanyaan kita buat ngorek2 tentang kekurangan ADPEL. Bah, kalo emang ga ma jawab, bilang aja ga tau atau ga ada, selesei urusan! Toh kita juga ngerti ko kalo emang ga mau ngasih tau, pake nunjuk2 temen saya segala plus naekin nada bicara pula. Hah, kalo mau nyari kelemahan & kejelekan ADPEL mah tanya ajah deh masyarakat luar, gampang!!

Beres dari c bapa rese, kita diarahin ke 2 bidang laennya di bawah c bapa rese tadi, tapi baru 1 bidang yg bisa kita ambil datanya. Beres dari bidang c bapa rese ini, kita ke bidang selanjutnya. Bidang yang ini sih bapa2nya keliatannya cuek, tapi untuk masalah data sih ga masalah kalau datanya ada dan urusan di bidang ini pun selesai. Beres dari bidang yang ini, kita disuruh ke lantai 2 lagi untuk ke bidang yang belum sempet kita datengin tadi. Bidang ini dikepalain sama Ibu2. Sama Ibu ini kita dikasih pinjem buku laporan tahunan & bulanan tapi harus dikembaliin secepatnya. Beres dari ibu yang ini, kita foto copy. Beres foto copy, kita ke Pelindo dulu ketemu sama salah satu staf disana, wawancara sedikit, n langsung dianter ke GM nya.

GM Pelindo sama karyawan Pelindo disini, termasuk satpamnya berbanding terbalik deh sama Pelindo Banjarmasin, disini semuanya ramah n lebih menyenangkan bawaannya. Tapi ADPEL disini sangat sangat amat menyebalkan sekali semuanya, ogah deh urusan lagi ama ADPEL Gresik. Tapi sayang sekali urusan sama ADPEL Gresik belum selesai, masih harus ketemu sama 3 bidang lagi disana. Setelah wawancara panjang lebar sama GM nya, kita pamit n balik lagi ke ADPEL. Di ADPEL ternyata masih ada sisa 2 bidang lagi, yg 1 ambil data, yg 1 minta cap SPPD dan semuanya besok. Ya sudah beres deh urusan di Pelindo, ADPEL pun pending besok. Berarti PR kita ber-2 tinggal wawancara ke kantor pengusaha Pelra,pengusaha Pelra, pengguna jasa Pelra & ke awak kapalnya, ke kantor navigasi, kantor Dishub, huadduuhhh mana ada yg di Surabaya pula kantornya, belom sewa mobil, belom cari hotel, wah puyeeeeng.


Tempat hunting foto ke-2

Menjelang siang Pa Joko minta dianter buat ke Malang, berkunjung ke rumah orang tuanya & kita dicariin hotel di Gresik plus katanya kita selama di Gresik bakalan dianter jemput sama orang Pelindo yg tadi jemput Pa Joko ke bandara, yup namanya Mas Deby. Waduh, jadi enak nih :p. Dari kantor Pelindo langsung cuus ke Hotel Saptanawa, Gresik, lokasinya enakeun, ga terlalu rame tapi masih deket sama tempat2 rame di Gresik sini, dan ternyata setelah diliat harganya, hmm masih sesuai budget, hajaaar!!! hehhe


View ke jurangnya ketutupan kabut

Kita di hotel kira2 jam 3 sore n survey kita untuk hari ini cukup sekian dulu. Setelah simpen barang2 di kamar, kita cari batm buat transfer uang ke temen yg survey di Cilacap sana. Bingung sama transport di Gresik, ahirnya kita mutusin buat naek beca. Selaen suasana n jalannya enak buat naek beca, kayanya transportasi yg paling gampang sih becak haha. Aga lama juga sih nunggu beca, sampe2 nanya ke mba2 yang kebeneran ada di luar rumah (lokasi hotel kita deket sama perumahan) kata Mbanya, sekitar 100 m biasaya banyak beca mangkal. Ga putus asa, ahirnya kita iseng masuk ke perumahan buat cari becak. Untungnya baru jalan dikit, eh, ada becak yg mau keluar dari perumahan itu. Ga pake lama, kita langsung minta abang becaknya nganterin kita ke atm BNI terdekat, dan ternyata emang deket. Beres urusan uang, kita mampir ke toserba buat beli segala macem keperluan pribadi, apalagi ini bulan puasa jaga2 takut ga bisa saur n buka di hotel. Beres belanja kita cuuus lagi ke hotel.

Sampe hotel, mandi, istirahat bentar, langsung cari tempat buat buka. Gresik jadwal puasanya lebih cepet dibanding di Bandung, jadi puasa hari ini bener2 ga kerasa, taunya udah mau buka lagi ajah. Iseng2 jalan ke samping hotel, nemu ruko yg ada tempat makannya juga, ya udah deh langsung belok. Tapi menu makanannya aneh juga yah, ayam kari yang saya makan kulit ayamnya elastis banget :D tapi sambel yang dimakan sama temen saya, wuiiiih mantap bener deh pedesnya. Harganya lumayanlah sesuai.Beres makan, kita pulang ke hotel, susun jadwal buat besok & menunda itungan dulu soalnya puyeeeng hehehe.

Selasa, 2 Agustus 2011

Hari ini dimulai dari jam 3 subuh, yup makan sahur perdana saya di kota ini. Menu makanannya lumayan loh & ternyata lumayan banyak juga yang nginep di hotel padahal ini hari kerja. Beres makan sahur, nunggu solat Subuh n tidur lagi sampai jam 8. Jam 9 kita udah dijemput sama Mas Deby. Sebenernya kmaren udah sempet janjian buat ngurus maslaah transportasi selama kita survey disini, dan ternyata setelah bbman cukup lama, ternyata ketauan juga klo Mas Deby ini anaknya GM PT Pelindo Gresik yg kita wawancara kemaren, n katanya ga ada masalah kalau selama kita di Gresik dianter sama dia kemanapun. Hmmm jadi enak hehe :D sebenernya ga enak jga soalnya kita berdua mikirnya ini bukan proyek dari Pelindo, malahan Pelindo yang jadi salah satu responden, ko kita jadi difasilitasin transportasi selama disini yah?? heu heu Tapi gpp deh kalau emang ga masalah sih, kita anggep ini rezeki survey kita aja.


View air terjun di Tretes 1

View air terjun di Tretes 2

Jam 9 Mas Deby udah jemput pas di depan pintu kamar, dan temen saya belum siap hehe. Tujuan pertama kita adalah kantor ADPEL buat balikin buku & minta cap SPPD. Jam set 10 kita dah nyampe di Pelindo, jarak hotel sama tempat survey emang deket jadi ga perlu buang2 waktu juga. Tujuan kita ke ADPEL, kita ambil data dulu du bagian keselamatan, diterusin ke ruangan Ibu Sri buat balikin buku. Tapi berhubung Ibu Sri masih ada tamu, jadi kita disuruh tunggu di ruangan sebelahnya. Tapi ko ini orang2 disini pada rese2 semua yah?? bisanya cuman goda2in doank ckckckc. Ahirnya kita ketemu juga sama Ibu Sri, dan bereslah urusan di ADPEL ini. Sekarang tinggal ke kepala bagian umum buat minta cap SPPD, tapiiii... ga selancar sebelum2nya. Disini kita malah ditanya2 tentang materi survey kita dan c bapa menyebalkan ini dengan so'taunya nyeramahin & nge-judge yg ga enak tentang konsultan pada umumnya. Go to Hell deh Pa, ga usah munafik, bapa juga sebenernya kaya yg dituduhin ke konsultan juga kan?? apalagi Bapa karyawan sebuah dinas, bah, bukan rahasia umum deh Pa!!! Mampus aja deh! Ahirnya cap didapet, saya dan temen saya bener2 OGAH BUAT BALIK LAGI KE KANTOR ADPEL GRESIK!!!

Beres di ADPEL, kita balik lagi ke Pelindo buat ketemu sama Mas Deby, soalnya kita minta anter buat wawancara ke pengusaha-pengsaha Pelra, pengguna jasa, asosiasi, dan awak kapalnya. Harusnya sih ini didampingin sama orang ADPEL, tapi HELL NO!!! BIG NO deh berurusan lagi sama orang2 ADPEL Gresik ini. Tujuan pertama, asosiasi Pelra. Disini ga terlalu susah, malahan sekretaris asosiasinya langsung yang kita wawancara dan lumayan baiklah. Dari sini kita dikasih beberapa rekomendasi kantr2 pengusaha Pelra yang bisa kita datengin. Beres dari sini, kita ke kantor pengusaha Pelra, di kantor ini lumayan banyak sih perusahaan-perusahaan Pelra, tapi hanya 1 yang bisa diwawancara, dan orangnya lumayan baik ko, hmmm tinggal 1 pengusaha lagi. Kita datengin ke kantor pengusaha tersebut, tapi yang mau diwawancara nolak buat diwawancara dengan alesan baru dateng dari pelabuhan, cape, n harus pergi lagi. Damn, sombong banget sih Pa?! Dengan sangat terpaksa kita jalan ke ujung jalan.


Air terjun utama

Air terjun ke-2

Air terjun ke-3

View dari jalur trekking

Oya, kantor2 Pelra ini ada di sepanjang Jalan ini dari ujung ke ujung. Kurang lebih ada 3 kantor pengusaha Pelra yang kita datengin. Yang 1 orangnya belum dateng, yang 1 lagi keluar, yang 1 nolak buat di wawancara. Haddeehh ahirnya kita wawancara ke awak kapal dulu. Gampang2 susah deh wawancara sama ABK ini, selaen kadang ga nyambung n ga ngerti apa yang kita tanyain, malahan jadi sesi curcol mereka hahaha. Beres sama ABK, kita perlu wawancara sama pengguna jasa Pelra 2 orang & 1 orang pengusaha Pelra lagi. Tapi nampak ga bisa hari ini. Jadi hari ini siang2 jam 1 langsung pergi ke Surabaya buat ke kantor Dishub sama kantor Navigasi.

Sampai kantor Dishub sekitar jam 2 siang, langsung kebidang laut & langsung diterima juga sama kepala bagiannya. Di Dishub sini, kita dapet data lumayan banyak, lengkap, dan pelayanannya juga cepet & ramah. Beres dari Dishb, kita ke kantor navigasi, tapi sialnya Kantor Navigasi adanya di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak, dan ke pelabuhan jam 3 siang itu artinya rebutan jalan sama truk2 kontainer yang kluar-masuk pelabuhan. Daaaan bener ajah, begitu masuk ke wilayah Pelabuhan Tanjung Intan, jeng jeeeeng.... kiriiii kanaaan kulihat saja, banyak truk kontainer. Buseeett ada yang mau masuk pabrik, ada yang baru turun dari kapal yang artinya truk peti kemas ini harus pindah ke jalur yang kita lewatin, ebuset deh horor liat 2 jejer truk kontainer belok masuk ke jalur yang kita lewatin, lomba2 sama motor n mobil mini bus. Dan sialnya, kita salah jalur, kantor Navigasi adanya di deket pintu masuk Pelabuhan penumpang, bukan pelabuhan kontainer, yaaak muter arah lagi balapan sama kontainer. Sampai kantor Navigasi, udah jam 4 lebih, dah tutup, ahirnya kita ke PT Pelindo Surabaya buat numpang Solat n ahirnya ngabuburit buat makan di Surabaya.


View sungai dibawah jembatan besi

Jembatan besi spot foto ke-3

Kabut & jembatan besi di tengah hutan

Pilihan tempat makan jatoh ke Rawon Setan Surabaya. Biarpun saya ga makan daging, tapi tetep bisa nikmatin enaknya & pedesnya Rawon Setan ini. Selelesai makan rawon, kita ke salah satu mall di Surabaya, niatnya sih buat belanja beberapa keperluan pribadi, tapi malah jadi belok maen timezone & nge-Jco dulu sampe malem hahaha. Jam 9 kita baru pulang lagi ke Gresik. Nyampe Gresik udah jam 10, langsung mandi, dan tiduuuurrr zzzzzzz.

Rabu, 3 Agustus 2011

Seperti biasa, makan sahur di hotel, nunggu Solat Subuh, n tidur lagi zzzz. Hari ini sih sama jam 8 mulai survey, pertama sih kita ke pelabuhan Gresik lagi buat wawancara sama pengusaha & pengguna jasa Pelra, tapi ternyata, blum bisa diwawancara karna belum ada ditempat. Jadi, ga pikir panjang, kita langsung ke Surabaya ke Kantor Navigasi. Nyampe Kantor Navigasi sekitar jam 09.00 dan ternyata belum banyak yang dateng. Kita sempet nunggu sebentar di kantor staf, dan lagi-lagi ketemu sanma orang yang menyenangkan. Sekitar jam 10 kurang, kita udah bisa wawancara sama pihak yang bersangkutan. Jam set 11 kita udah bisa balik ke Gresik lagi. Jam set 12 nyampe Gresik dan ahirnya kita bisa wawancara sama salah satu pengguna jasa sekaligus pengusaha kapal Pelra. Hmmmm gambaran eksekutif muda yanglumayan sukses. Proses wawancara sangat lancar & respondennya juga kooperatif. Jadi ternyata semua data yang kita perluin untuk survey Pelra di Gresik ini resmi beres di hari Rabu siang ini. Tapi sebenernya masih kurang puas juga, masih iseng nyari pengusaha 1 lagi yang katanya kemarin ga ada, dan ternyata hari ini ga ada juga. Tapiiii, Mas Deby ga sengaja liat mobilnya ada di parkir di depan kantornya dan bisa disimpulkan, c bapa pengusaha Pelra ini ada di kantor dari kemaren tapi ga mau diwawancara sama kita. Beh... lagi2 ketemu orang sombong ckckckc.


See you again next time

View jalan dari pintu keluar Tahura R.Soeryo ke Batu

Lahan pertanian milik warga di sepanjang jalan

Jepretan iseng

Sekitar jam set 2 atau jam 2 kita udah sampe lagi di hotel, fuuiiihh bener2 ga nyangka di hari ke-3 survey udah beres n masih punya sisa waktu 2 hari free di kota ini, ga akan disia2in donk buat maen2 di Jawa Timur ini. Dengan bantuan Mas Deby, besok, Kamis kita bakal maen2 sepuasnya seharian. Sisa hari Rabu ini diabisin buat bermales-malesan aja di kamar hotel. Sekitar jam 5, seperti biasa kita berdua siap2 buat cari tempat buat buka puasa, dan pilihan kita jatuh sama restoran cepat saji di dket hotel dengan menu utama fried chicken.

Begitu pesen makanan, hmmm lumayan juga loh makanannya, tampilannya oke, rasanya juga enak ga kalah kaya restoran cepat saji di kota-koa besar hehe. Ternyata hari ini lumayan banyak yang dateng juga kesini, rata-rata ABG rombongan ama temen-temennya, ada juga yang abis pulang kerja bareng ama pacarnya, ada juga ABG yang yang lagi pacaran malu-malu kucing gitu hhahaha. Jam 7 kita mutusin buat ablik ke hotel, soalnya besok mau siap2 hedon barreng Mas Deby hohoho

Kamis, 4 Agustus 2011

Jam 9 Mas Deby dah jemput kita ke hotel, dan ga pake basa-basi kita langsung cabut buat maen2... Tujuan pertama kita adalah ke Mojokerto-Pacet wuiiih baru pertama kalinya lewat sini nih, Mojokerto!!! Awalnya Mas Deby ngajakin ke pemandian air panas di Pacet sana, tapi berhubng Nad lagi puasa n temen juga ga mau basah2an, pengen maen ajah, jadinya di Pacet kita cuman numpang lewat aja. Perjalanan GresK-Pacet lumayan jauh juga. Di awal-awal masuk ke daerah Pacet, jalannya udah mulai nanjak2& kanan-kiri udah mulai keliatan lereng-lereng. Sepanjang jalan, Gresik-Sidoarjo-Mojokerto-Pacet kita bertiga ga berenti ngoceh, curhat ini-itu, cerita macem-macem, jadi jauhnya ga kerasa & menyenangkan. Nyampe Pacet udah sekitar jam 11 lebih, dan berhubung rencana ke pemandian air panasnya dibatalin, jadi kita mau nyusur Pacet-Batu lewat Tahura R.Soeryo.


Numpang Solat disini

Tampak depan

Tampak atas

Heemm... baru beberapa km ninggalin tempat wisata Pacet aja, udah mulai keliatan nih ijo2 hutan & lereng2 bukit, wuiiih jadi pengen berenti & foto2. Sampe di satu tempat Mas Deby berenti & kita semua turun buat foto2, tapi berhubng tempat berenti kita pas di tanjakan panjang, jadi lumyan ngos-ngosan juga nih balik ke mobil. Puas foto2 disini, kita lanjut jalan lagi ke spot foto berikutnya, udaranya asli sejuk banget, kabut udah mulai aga turun, ga terlalu panas jadinya, jalanan juga sepi tapi jalannya bagus, mulus, wah bener2 cocok deh buat refrshing abis survey. Di tempat berikutnya kita berenti setelah ngelewatin tikungan edan. Tikungan tajam plus bonus tanjakan terjal yang lumayan bikin ngos-ngosan deh kalo jalan kaki. Kita berenti disitu, ga jauh dari pintu masuk 1 objek wisata alam (lupa namanya) tapi keliatannya sih cuman jadi tempat konservasi ajah. Disini kita foto2 pas di pinggir jurang, sayang banget lagi kabut, jadi lereng-lereng bukit & jurangnya ga terlalu keliatan. Dari tempat kita bereni keliatan 2 puncak bukit di kejauhan. Pokonya tempat ini lumayanlah buat hunting-hunting foto. Puas hunting disini, kita lanjut jalan lagi buat nyari objek wisata air terjun.


Taman di deket gerbang masuk air terjun

Gerbang ke jalur trekking

Papan himbauan di deket gerbang msuk trekking

Baru juga mulai jalan sedikit, ketemu tikungan, dan ternyata di tengah jalan ada lutung lagi makan. Huaaaa pengen difoto!!! Awalnya lutungnya cuek2 ajah, tapi lama2 ke pinggir juga n sempet nongkrong bentar di pinggir jalan sambil nerusin makan, tapi begitu kamera udah siap buat moto tu lutung, eeehhh lutungnya ngabuuur T_T. Kalo diliat2 dari ukuran badan & bulunya, ni lutung udah lumayan tua... Okeee terusin lagi jalan, beberapa meter didepan ada papan berisikan tulisan "Objek Wisata Air Terjun Air panas" weeew dimanakah itu? Setelah jalan lagi, ko ga ada tanda-tanda objek wisata yah??? sampe ahirnya kita berenti n nanya sama beberapa warga yang kebeneran ada disana. Katanya sih didepan ada air terjun juga, tapi bukan air terjun yang tadi kita liat papannya.

Bener aja, ga berapa jauh, sampailah kita di aera air terjun ini (lagi-lagi lupa namanya & ga moto plangnya). Berhubung ini hari Rabu & bulan puasa, ga ada pengunjung laen selaen kita ber-3 dan 1 mobil sedan yg udah dulu ada. Ahirnya setelah foto2 sebentar di deket pintu masuk, perjalanan pun dilanjut dengan trekking. Yaaa, dimana-mana air terjun harus pake trekking, dan jalur trekking di objek wisata ini udah dibilang enak banget deh. Kayanya kalau ga bulan puasa & weekend, tempat ini rame sama pengunjung. Gimana ga enak, jalur trekkingnya tanah, tapi dah dibuat pijakan-pijakan kaya tangga, jalurnya jelas, mkasudnya kebuka, ga ketutup pohon, jadi titik awal trekking samapi ke air terjun itu jelas banget haru lewat mana. Selain itu di beberapa titik trekking disedian kursi buat istirahat. Air terjun di tempat ini ada 3, 2 air terjun ga terlalu besar, dan 1 air terjun utama yang cukup tinggi.


Tugu bates Tretes-Batu

Sebenernya kalau diliat dari titik awal trekking yang posisinya cukup tinggi, di atas air terjun utama ada lagi air terjun kecil yang jatuh ke kolam kecil, nah air dari kolam kecil ini yang jadi aliran air terjun utama yang cukup tinggi. Oya, berhubung waktu kita kesini lagi awal-awal musim kemarau, jadi airnya masih cukup deres untuk 3 air terjunnya. Oke, trekking turun sih sama sekali ga ada masalah, tinggal turun ajah. Begitu sampai diujung trekking, ada 2 jalur, yg 1 untuk foto-foto di deket air terjun ke-2 & ke-3, yang 1 lagi untuk ke air terjun utama. Puas foto-foto di air terjun ke-2, kita lanjut ke air terjun ke-2. Heemm berhubung saya ga bawa perlengkapan trekking air terjun (baca: sendal gunung, baju ganti, anduk) jadi saya ga eksplor terlalu jauh air terjun ini, hanya sedikit ke tengah-tengah air terjun utama. Sayang banget sih, soalnya air terjun ini lumayan masih alami, letaknya di tengah-tengah jurang yang masih penuh pepohonan hijau yang masih alami.


Menu buka puasa di BNS Batu nyummyyy

Puas fot-foto, kita langsung naek soalnya awan tambah mendung & kabut mulai turun. Diatas, saya sempet baca larangan "Apabila kabut sudah mulai turun, pengunjung diharapkan segera kembali keatas" wooow separah itukah kabutnya?? Daan seperti biasa trekking pulang dari air terjun itu sangat-sangat menguras tenaga. Naik bukit, welleh, dah lama ga trekking, terakhir naek gunung pun Ciremai awal Juli dan tepar pula itu haddeehh. Dan gawatnya lagi temen saya juga karna kurang olahraga, fisiknya turun, mana ada bronkhitis. Huaaaa takut kenapa2, jauh darimana-mana ini soalnya tempatnya x___x. Untungnya dengan jalan pelan-pelan, nyampe jga kta diatas. Sambil ambil nafas n mulihin kondisi temen saya, kita duduk dulu sebentar dan langsung lanjut perjalanan.

Ga berapa lama dari air terjun tadi, Mas Deby berenti lagi buat foto-foto di jembatan yang ternyata sungai dibawahnya itu masih 1 aliran sama air terjun yang tadi. Foto-foto di tengah hutan dengan kondisi kabut tebel bagus juga loh, ditambah jalan mulus... beeh yahud juga deh Jawa Timur. Beres foto-foto, kita terusin lagi jalan dan ga lama sampai juga di gerbang keluar Tahura R.Soeryo dan ada beberapa warung kecil n areanya juga udah lumayan kebuka, ga kaya di sepanjang jalan tadi, kanan-kiri hutan. Keluar dari Tahura, jalannya mulai nikung-nikung & turun, dengan view ladang kebuka milik warga sekitar & kabut yang masih tetep tebel. Udaranya?? wuiiih sejuuuk!!! biar kata Mas Deby sih dingin banget hehehe.

Diujung Desa, yang ternyata udah masuk daerah Batu, ada Masjid yang cukup eye catching. Berhubung udah jam set 4 dan dari tadi ga nemu Masjid, kita berenti Solat sekalian foto2foto di depan Masjidnya. Beres Solat+foto-foto kita terusin lagi jalan. Sekarang sih jalanannya udah lumayan banyak rumah dengan view lereng Gunung Arjuna yang ketutup kabut tebeeel yang wah!! di sisi kiri jalan jurang + bukit-bukit yang nyambung ke lereng Gunung Arjuna yang sebagian dimanfaatin untuk lahan pertanian, pokonya view disini total hijau + cokelat fresh deh pokonya, plus jadi makin ngiler pengen naek ke Arjuna-Welirang hikz hikz.


View Sunset di Pantai Tanjung Kodok

View sunset di Pantai Tanjung Kodok 2

Ga berapa lama, jalan kecil tadi udah ketemu sama jalan utama di Batu. Tujuan selanjutnya BNS (Batu Night Spectakular) kita mau maen-maen sekalian buka puasa disana. Awalnya sih kita janjian sama temen seangkatan yang kluar di smester 2, tapi karna 1 dan lain hal ahirnya ketemuan sama temen ini digeser ke Malang, bukan di Batu. Yo weesss, sampailah kita di Bns sekitar jam 5an. Begitu turun dari mobil disambut udara dingin khas Batu. Pertama-tama kita langsung ke arena Sepeda Udara, foto-foto disekitar situ, maen Gokart, n langsung ke food court buat nunggu buka puasa.

Menu buat buka puasa diawalin sama minuman anget khas Jawa Timur yang rasanya bener-bener enaaak, cocok deh diminum di tempat dingin kaya gini, Ayam Betutu & air mineral ga ketinggalan. Beres makan, kita siap-siap buat main lagi. Sebelum main, saya & temen saya hunting kacamata dulu, yup, gara-gara buru-buru, kacamata item saya ketinggalan di Bandung damn!! Dan kebeneran temen saya juga pengen beli kacamata item baru, ya udah mari kita belanja dulu hehe. Beres belanja, kita main ice skating, tapi arenanya dibuat dari lilin, bukan dari es, hmmm lumayan deh buat saya & temen saya yg sama sekali belum pernah ngerasain yang namanya ice skating. Puas maen ice skating, berhubung saya & temen saya penasaran sama 1 permainan yang namannya "SEPEDA GILA" kita pun ngantri.

Kebeneran pas kita mau naik, lagi ada 4 orang yang baru masuk (kapasitas permainan hanya 4 orang). Heeemm wahananya sih bentuknya sepeda yang ada boncengannya sebanyak 2 sepeda, dan dilengkapin sama sabuk pengaman juga ko. Karna penasaran, kita ber-3 pun ngantri. Sebenernya Mas Deby udah pernah naik, tapi ko tiap kita tanya maennya kaya gimana, ga mau jawab, ternyataaaaaa..... jeng jeeeenggg...... jadiii sistem mainnya itu kita naek diatas sepeda, dan sepeda diputer 360 derajat... wuiiiinnnggggg... jadi kita berasa salto di atas sepeda. Sepeda diputer selama beberapa kali, dan puterannya itu kadang dirubah-rubah, kadang muternya dari depan ke belakang, tapi nanti dengan semena-menanya operatornya bakal berentiin sepeda kita pas diatas, dengan posisi kepala kita dibawah dan muter balikin arah puteran, dan wuuuusss kita baik lagi muter-muter salto diudara selama beberapa lama.


Pantai di WBL Lamongan

View dari dermaga yang baru dibangun

View dari dermaga ke WBL

Saya ama temen saya jujur langsung ciut, tiket yang udah dipesen (2 tiket) udah niat bakal kita jual lagi, temen saya udah mundur ga mau naek, tapi Mas Deby bujuk-bujuk biar kita nyobain. Heemm sebenernya saya sih takut banget, nyerah banget deh sama permainan yang harus muter 360 derajat kaya gitu, tapi penasaran juga, soalnya seumur-umur, di Dufan pun, belom pernah naek yang beginian hahaaha *norak deh saya. Ahirnya dengan sangat ragu-ragu saya & Mas Deby pun naik si sepeda gila ini. Saya udah pasti donk ambil tempat duduk di tempat boncengan.

Daaan bel pun bunyi, waktunya tutup mata hahaha. Dikit-dikit beraniin buka mata dan sialnya pas buka mata pas posisi jungkir balik kepala dibawah weeew. Aslinya, naek wahana ini bener-bener kerasa deh muternya, salto diudaranya, dan kerasa banget pas berenti dengan posisi kepala ada dibawah. 1 hal yang harus dilakuin kalo naek yang beginian adalah, teriak!!! Yak, klo teriak ngurangin tegang yang bisa bikin mual. Beres ber-salto-ria diatas sepeda selama 15 menit, Mas Deby pun pusing :D, saya?? gemetaran deh ni kaki, rambut acak-acakan tapi puaaaasss ga penasaran lagi nyobain si sepeda gila ini. Sambil ngilangin pusing kita nonton orang-orang yang naek sapi gila ala rodeo gitu, kocak deh ni orang-orang yang naeknya. Beres nonton & kepala Mas Deby dah ga pusing lagi kita pun mutusin buat cabut dari BNS ke Malang, ucup sudah menunggu hehehehe.

Tapi, mau keluar BNS ajah kudu muter-muter dulu, soalnya pintu keluarnya ada di lorong-lorong yang banyak tukang jualan di deket jalan ke food court yang artinya kita hrus muter balik ke ujung BNS 1 nya lagi pheeewww. Masuk mobil, yeee karcis parkirnya ga tau dimana haha untung petugas parkirnya baek, ga dieprsulit deh kita kluar dari sini. Keluar dari BNS langsung disambut jalan kecil dengan tikungan-tikungan yang lumayan tai kondisi jalan tetep mulus dengan view ke abawah lampu kota entah kota apa, tapi cantik banget. Sampe ahirnya ketemu pertigaan dan nama daerah yang ada di papan penunjuk jalannya namapk asing semua buat kita ber-3, ga ada tanda-tanda arah ke Malang itu kemana. Ahirnya Mas Deby pun nanya, dan perjalan pun diterusin. Tapiii, ga berapa lama, nemu lagi pertigaan dengan nama daerah di papan penunjuk jalan yang berasa asing banget buat kita, dan Mas Deby pun nanya lagi. Ternyata arah ke Malang itu ke arah belakang jalan yang kita lewatin. Yo weess jalan ke Malang.


Kampung Indian di Lamongan??

Berniat loncat???

Lumayan aga lama nih nyampe Kota Malang, soalnya Nad yg dulu pernah ke Batu & Malang ko kayanya ga pernah lewatin jalur ini yah, Mas Deby pun yang asli Jawa Timur & sering banget ke Malang aga-aga ragu juga lewat jalur ini. Ahirnya setelah ngikutin jalan lurs, sampailah kita di Kota Malang, naaah, tinggal nyari tempat ketemuan yang dimaksud. Berhubung lagi di Malang, saya juga janjian sama Bang Ipang, kenalan saya waktu ke Ujungkulon awal Juni lalu. Saya mau nanyain tiket kereta Malang-Bandung untuk rencana trip ke Semeru sehabis Lebaran. Tapi ternyata Bang Ipang masih di kantornya & saya pun ngasih tau lokasi saya dimana.

Berhubung baru nyampe tempat yang dimaksud udah sekitar jam 9 malem lebih, jadi kita cuman sempet ngobrol-ngobrol dikit sama Ucup & Bang Ipang bener2 ga tau ada dimana. Di tlp ga diangkat, ahirnya kita pun harus pisah ama Ucup, soalnya tempatnya mau tutup, nasib Bang Ipang??? huaaa ga tau ada dimana, mana pake acara hp mati abis batre pula, ahirnya pake hP Mas Deby dulu buat janjian sama Bang Ipang.

Mas Deby ternyata ada janji juga sama temennya yang ada di Malang ini, jadi begitu kita beres ketemuan ama Ucup, kita ke tempat temen Mas Deby, sempet nyasar dikit sih, tapi ternyata tempatnya ga jauh sama tempat kita ketemuan ama Ucup ko, dan Bang Ipang ternyata baru nyampe ke tempat kita ketemuan ama Ucup & udah tutup. Berhubng saya juga ga tau ada dimana, jadi batal deh ketemuan ma Bang Ipang hikz hikz Maap ya Bnag Ipang.

Sekitar jam 10 malem kita nongkrong di tempat temennya Mas Deby, tempatnya di pelataran ruko yang udah tutup dan halaman parkirnya digelar tempat makan dengan konsep lesehan. Makanan yang ditwarin ga jauh dari Indomie dll. Ga pake basa-basi langsung pesen mie, berhubung belum terlalu lapar, saya makan berdua bareng temen saya dan udara malem ini di Malang asli dingin. Jam set 11 kita cabut, tapi ada 3 temen Mas Deby yg numpang ikut sampe kosan ga jauh dari tempat kita nongkrong tadi. Daaaan tujuan selanjutnya dari Malang yaitu Jembatan Suramadu!! Gilaaa ga kurang jauh ni rutenya??!! ckckckc


Di area Wali Songo

Jam matahari jaman dulu

Replika Menara Kudus

Lupa guci buat apa

Di Gugunungan perwayangan

Jam 1 malem udah sampe ke area masuk Jembatan Suramadu, wah kalo pagi-malem, daerah ini muaceeet, tapi klo malem gini, buset deh jalanan berubah jadi tempat maen bola anak-anak sekitar. Ga tanggung-tanggung ampir sepanjang jalan ampe pintu tol Suramadu penuh ama anak-anak yang maen bola di tengah jalan, asli kaya CFD deh. Kata Mas Deby, anak-anak yg maen bola itu dari Pulau Madura sana & mendingan kita yg ngalah dengan ga nglakson kalo ga mau ribut, dan males juga ribut-ribut sama anak sekitar situ, gitu katanya. Okeee, saatnya masuk Suramadu. Buat saya ini ke-2 kalinya lewatin jembatan ini dan sialnya kenapa harus malem sih 2 2nya hikz hikz saya belum pernah lewatin Suramadu pas lagi terang wakakaak.

Beres dari Suramadu, udah lewat tengah malem, artinya kita kudu cepet balik ke hotel, soalnya saya harus sahur juga dan besok bakal ada jalan-jalan part 2 kali ini ke daerah utara Jawa Timur yihaaaa. Dari Suramadu, Mas Deby ngajak kita ngeliat pergaulan pemuda di Surabaya di sekitar 1 taman di Kota Surabaya. Alinya horrrrooororr huaaaa. Mas Deby malah nawarin buat turun n jalan-jalan bentar disitu, dijamin aman, soalnya ada kenalannya di situ dan cukup terkenal. Tapiiii.... ga deh, makasih serem, mana di kota orang pula. Ahirnya kita pun pulang ke Gresik.

Jam 2 lebih kita baru sampe hotel lagi. Nanggung banget ma tidur, bentar lagi sahur, ahirnya cuman diem-diem, ngobrol-ngobrol aja dikamar smape sahur. Kita berdua baru tidur pas abis Solat Subuh zzzzzz.


Jumat, 5 Agustus 2011

Jam 9 pagi udah siap-siap buat jalan-jalan part 2 di Jawa Timur sini rencananya kita bakalan ke Jatim Park 2 yang ada di Lamongan, soalnya kalo ke Jatim Park yang di Batu, masa kita ke tempat yang kemaren lagi, ga seru donk. Jam 10 lebih, Mas Deby udah dateng, tapi sekarang, temen saya ga ikut soalnya ada kerjaan lain yang harus diberesin. Jadilah cuman pergi berdua sama Mas Deby. Aga aneh juga sih, soalnya bingung juga mau ngobrol apa. Oya, jangan salah loh Mas Deby ini sama sekali bukan orang pendiem!! Dari pertama ketemu sampai hari ini peri ga akan pernah berenti ngomong, apaaa aja diceritain dari hal-hal yang sifatnya umum, sampai obrolan curhat kaya temen deket udah lama ga ketemu. Tapi klo pas cuman b'2 gini, jadi mati gaya sayah mau ngobrol apa saking banyaknya yang bisa diceritain sama Mas Deby.

Rute kali ini ngelewatin Gresik di sisi lainnya terus ke ara Lamongan. Hmmm ini bener-bener rute baru yang belum pernah saya lewatin. Kata Mas Deby sih ini bukan rute utama, 'jalan belakang'lah, yang lewat disini juga mayoritas truk-truk sedang, jarang ada mobil pribadi, angutan umum kecil, bahkan bis pun ga keliatan satu pun. Kondisi jalan, hmmm udah bisa ketebak kalo yang lewat truk semua, yup selaen naek turun, jalan juga berlobang-lobang dan di kanan-kirinya view hutan jati yang lumayan kering. Sambil ngobrol banyak ngalor-ngidul, ga kerasa jalannya udah keluar dari hutan jati & ngelewatin kota-kota kecil ke arah Jatim Park di pinggiran Lamongan sana.

Total perjalanan hampir 2 jam, dan ahirnya sampe juga ditempat tujuan kita sekitar jam 1 siang dan kondisi tempat wisata yang kosong melompong, bahkan tukang-tukang jualan pun ga ada, toko-toko tutup semua. Wah, ini emang belom buka apa tutup selama puasa yah?? haduh jadi radadown juga, masa udah jauh-jauh kesini tutup sih?? terus mau kemana lai?? Heemm sebenernya saya sih ga keabisan ide mau kemana, banya banget tempat yang pengen saya datengin di Jawa Timur ini hehehe. Tapi ternyata, WBL (Wisata Baharai Lamongan) ga tutup, hanya emang ga ada pengunjung aja selaen kita berdua. Hmmm oke deeeh hajar Mas Deby. Ada juga objek wisata taman safari, tapi kalo masuk ke-2 tempat ini sekaligus jatohnya mahal banget deh huhuu. Yap, tiket masuk udah ditangan, kita pun masuk arena WBL diikutin tatapan heran + geli penjaga tiket WBL. Ya iyalah siang-siang panas-panas, puasa-puasa, ber-2 pula dateng kesini ckckckc dikira mereka kita pacaran kali yah?? padahal kan Mas Deby cuman nganterin turis lokal buat kenalan sama WBL hahaha.


Area Wali Songo

Begitu masuk hmmmm lumayan juga nih kalo buat hunting foto rame-rame. Awalnya bingung juga mau masuk arena apa, tapi ahirnya segimana kaki ngelangkah aja deh, dan pilihan kita berdua jatoh sama RUMAH SAKIT HANTU. Awalnya sih saya nyantei-nyantei aja, tapi begitu tau didalemnya kita harus jalan kaki, weeeew haduuuh deg-deg-an juga.

Beres beli tiket, masuklah kita, awalnya sih nyantei, soalnya masih siang juga sih. Tapiiii begitu masuk pintu, kita harus naek tangga yang lumayan gelap juga, ga terlalu tinggi sih, tapi hawa pas naek tangga itu udah beda banget. Saya yang awalnya jalan dibelakang Mas Deby mulai merapat ke samping Mas Deby. Begitu masuk pintu diujung anak tangga.... jeng jeeeng.... mulai deeeh nuansa horornya, gelap lampu-lampu remang-remang, gambar-gambar glow in the dark dimana-mana, beberapa boneka bermesin yang udah siap sedia bikin kaget dengan nge-gebrak-gebrak pintulah, tempat tidur, efek-efek suara yang nyeremin, lengkaplah sudah, mana cuman berdua dan ternyata Mas Deby juga takut!!! Hiaaaaah 11-12 deeh.


Love this replika :D

Didalem bener-bener gelap & sukses bikin kaki lemes, sampe-sampe ga konsen buat nyari jalan keluarnya, malah disalah satu ruangan, kita salah jalan, walhasil harus mundur soalnya boneka nenek sihir bermesin udah maju duluan ke arah kita... huaaaaa nyasaaar deh kita. Sempet panik juga disalah satu ruangan bener-bener gelap & berisik banget sama suara barang yang dipukul-pukul. Ahirnya setelah aga tenang, keuarlah kita dari ruangan itu dan menuju ke ruangan-ruangan lainnya dan ahirnya keluaaaaaar. Horeeeee aslinya lemeeees banget ni lutut. Beres dari sini kita jalan ke ujung area yang berbatasan langsung sama pantai & Laut Jawa dan ahirnya kita naek Jet Coaster mini yang lokasinya di pinggir tebing, asli di pinggir tebing banget, jadi relnya itu udah aga misah sama permukaan tanah yang utama. Weeew sebenernya sih puterannya ga se-ngeri di Dufan, tapi lokasi & viewnya yan dipinggir tebing & langsung ngeiat laut lepas yan bikin was-was. Ahirnya beres juga naek wahan 1 ini, dan begitu kita selesei, langsung dipasang papan "sedang dalam masa uji coba".

Pilihan selanjutnya ke Taman Air. Disini kita bakalan jalan nyusurin lorong yang full sama semprotan air. Di pintu masuknya kita sempetin foto, apalagi sama icon WBL yaitu KODOK!!! Yak, patung kodok segede gambreng jadi icon pintu masuk Taman Air ini, fiuuh untung cuman patung -___-. Kalau yang saya liatdi TV & sesuai keterangan Mas Deby, 3 langkah jalan, udah langsung diserang sama semprotan-semprotan yang pake sistem sensor, tapiiii..... dari awal masuk sampai di tengah-tengah area yang berupa taman dan berbagai hiasan lainnya kita sama sekali ga basah, malahan semprotannya sama sekali ga nyemprotin air hahaha. Kesempatan buat foto-foto, puas foto-foto kita menuju pintu keluar dan harus lewatin lorong lagi, daaaan

Jeng jeeeng disini baru kita kena semprot weleh weleh aslinya kaet banget begitu kena semprot perdana di bagian punggung, untung Mas Deby langsung narik lari kluar lewat lorong dan darisini deh baru dapet serangan semprotan air bertubi-tubi. Sampe-sampe hpnya Mas Deby kena semprot & lumayan basah juga wakakaka kocak. Hmmm jadi tempat kita foto-foto tadi posisinya ada di tengah-tengah area, yang keliatan langsung dari gedung pengawas, jadi sebelum nyampe sini, kayanya petugasnya ga tau ada yang masuk, begitu kita foto-foto baru tau ada orang yang masuk & barulah dinyalain tu penyemprot-penyempotnya ckcck sukses deh basah parah dari punggung sampe celana.


Full Team 1

Full Team 2

Ahirnya buat ngeringin kita ke pinggir Pantai Tanjung Kodok yang punya pasir lumayan aga putih & beberapa fasilitas bermain anak & kursi untuk berjemur. Sambil ngeringin baju, sambil bernarsis ria donk. Puas & luamayan kering bajunya, kita lanjut jalan ke seberang, ke dermaga yang belum selesei dibangun. Begitu sampai sana, ada sekitar 5 orang cwe ABG yang juga lagi maen kesini, dari pertama kita dateng, nyampe diujun dermaa ngeliatin mulu, kayanya ih ngeengin Mas Deby & ngira saya ini pacarnya huahaaa. Berhubung saya & Mas Deby dateng kesini cuman ber-2, jadi sesi fotonya gantian-gantian, ga ada foto berdua yang perfect, selalu cacat, kalo ga terlalu ke kanan, kekiri, terlalu deket dll. Ahirnya saya nyuruh Mas Deby minta tolong para ABG itu buat motoin saya berdua. Bener aja, begitu Mas Deby jalan kearah mereka, langsung pada diem & salting apalagi begitu tau minta tolong fotoin kita berdua huahahaha. Beres difoto, bilang makasih, kita langsung foto-foto di dermaga n lanjut ke arena selanjutnya.

Wahana yang sekarang, kita pilih yang didalem ruangan, maen tembak-tembakan dan lagi-lagi diikutin sama tatapan heran mba-mba penjaga haaha kocak kalo inget. Beres maen + ngadem, kita foto-foto diarea perkampungan Indian. Ada beberapa spot yang dibuat sedemikian rupa jadi spot bagus untuk foto. Puas dari perkampungan Indian, kita ke wilayah Indonesia. Disini ada belasan atau puluhan replika dari segala sesuatu yang berhubungan dengan Wali Songo. Puas foto-foto, kita mutusin buat istirahat sebentar di pinggir pantai, nunggu matahari ga terlalu terik. Padahal saya lagi puasa, tapi sama sekali ga ngerasa haus atau lemes, yang ada semangat terus. Oya, ampir 90% wahana disini dalam pengecekan, malah ada beberapa wahana yang baru dibangun & ditargetin selesai sebelum Lebaran, soalnya kalau Lebaran tempat ini supeeeeeer penuh. Lahan parkir yang seluas itu, katanya sampe penuh malahan parkir sampai di pinggir jalan ckckckck berarti beruntung juga kita dateng kesini pas puasa dan siang blong pula.


Full Team 3

Ga kerasa, kita ngobrol-ngobrol sampe jam 5 kurang, padahal WBL itu tutup jam 4 sore!!! Waduh gimana kalo ga bisa keluar, sempet panik, tapi inget ada beberapa wahana yang lagi dibangun & truk-truk pengangkut material masih hilir mudik masuk, berarti masih ada jalan keluar. Kata Mas Deby, kalo emang ga bisa keluar ya lewat laut, soalnya temennya pernah masuk WBL lewat jalur laut, dari pelabuhan swasta yang keliatan dari arena WBL masuk ke pinggir pantai tempat kita ngobrol sekarang. Waktu jalan ke arah pintu keluar, saya ga sengaja liat view sunset yang jelaaaas banget, wah, sayang banget kalau dilewatin. Ahirnya kita berdua mutusin buat foto-foto sunset dulu di pantai Tanjung Kodok.


Full Team 4

Posisi matahari kebeneran pas dibelakan batu berbentuk mirip kodok yang jadi asal-usul nama Pantai Tanjung Kodok. Heeemmm kumplit sudah jalan-jalan hari ini tinggal pulang & buka puasa. Ternyata eh ternyata tempat ini udah bener-beenr sepiiii, di loket pun udah ga ada orang, pas lewat wahana Rumah Sakit Hantu aga merinding juga sih. Begitu sampe mobil, baru deh nyadar di tempat ini bener-bener tinggal kita ber-2. Mau keluar aja susah, semua gerbang ditutup, gerbang keluar pun ditutup, haddeeh mau keluar ajah muter-muter dulu, kpintu keluar jadi sama kaya pintu masuk tadi.

Baru beneran keluar dari WBL hanya 5 menit menjelang Adzan Magrib dan sama sekali ga ada tanda-tanda warung buat sekedar beli minuman manis buat batalin puasa, yang ada dimobil hanya sebotol kecil air putih & 1 bungus kue keju kerin hiaaah seret daaah. Tujuan kita ke Kota Lamongan yang lagi-lagi lewat jalan belakang. Kondisi jalan ancur parah, yan lewat kesini hanay truk, dan selepas magrib kayanya udah ga ada yang lewat sini, kanan-kiri masih didominasi sama hutan jati, belom ada tanda-tanda warung, jadilah batalin puasa hanya dengan beberapa teguk air putih & 2 potong biskuit keju yang bikin seret, tapi untungnya saya sama sekali ga ngerasa haus ataupun lemes wow!!


Full Team 5

Begitu mulai gelap, lumayan horor juga ni jalan, mana mobil kita sempet ngehantem lobang 2x adduuuhh untung ga kenapa-napa. Dan ditengah jalan Mas Deby baru bilang, kalau mobil ini ga ada remnya. Haaaaahhh???!! Jadi dari tadi itu saya naik mobil tanpa rem??!! Oke, jadi mobil ini beda lagi sama mobil-mobil yang kemaren kita pake, ini mobil pertama Mas Deby yang sekarang turun ke adenya. Ini mobil balap, jadi ga ada rem sekaligus mobil buat paaran, jadi kaca film di jendela depan kanan-kiri & belakang kanan-kiri supeeeer gelap. Weddeh weddeehh bener-bener deh hahaha.

Perjalanan ke Kota Lamongan lumayan lama juga, 2 jam katanya. Dan di 1 kota kecil ahirnya menemukan juga mini market, berentilah kita dan beli minum, ga tangung-tanggung saya beli 2 macem minuman, Mas Deby beli minuman bersoda ukuran 1 liter buseeet hahaha. Dari tempat kita berenti ke Kota Lamongan udah ga terlalu jauh ternyata. Sampailah kita di Kota Lamongan, disini kita mau makan makanan khas Lamongan, lupa namanya. Sempet muter-muter soalnya Mas Deby aga lupa temat jualannya & biasanya jam 8an udah banyak yang jualan lesehan di jalan utama kota ini, tapi sekarang, ga ada, jadi bingung deh kita.

Ahirnya setelah muter-muter, nemu jga pasar tradisional khusus jualan makanan khas Jawa Timur, makanan yang dicari ga ada, ahirnya saya pesen Pecel Madiun, Mas Deby pesen kaya gado-gado kalo ga salah. Beres makan, bayar n langsung pulang ke Gresik, tapiii pas bayar & jalan ke mobil, lagi-lagi orang-orang pada aneh ngeliatinnya, huhuh emang keliatan yah kalo saya bukan asli sana.

Perjalanan pulang ke Gresik sekarang cuman 1 jam kurang, lewat jalan utama. Kalau udah malem gini, yang lewat sini truk-truk gede semua hiaaaah. Jam set 10 saya sampe di hotel dan selesailah jalan-jalan di kesempatan survey ini. Begitu sampai, langsung mandi, packing, daaan itung-itungan pengeluaran. Lumayan lama juga nih itung-itunan sampei jam 12 lebih. Berhubung udah pusing & besok harus ngejar kereta jam 9 di Stasiun Gubeng Surabaya, kita pun mutusin buat tiduuurr.

Sabtu, 6 Agustus 2011

Seperti biasa, sahur jam 3 dan sendiri, soalnya temen saya lagi ga puasa, nunggu solat Subuh sambil packing ulang n tidur lagi sebentar sampai jam 6. Jam 6 langsung mandi & siap-siap dijemput sama Mas Deby dianter ke stasiun. Sebenernya ada rencana saya & temen saya sebelum ke Surabaya mampir ke rumah Mas Deby buat pamitan & bilang terimakasih ke bapanya Mas Deby, malahan udah diatur skenarionya harus ngomongnya gimana & trik-trik biar ga bablas ngobrol. Tapiii.... karna 1 dan lain hal dibatalin sama Mas Deby, jadi begitu check out dari hotel, langsung kebuuut menuju Surabaya.

Perjalanan Gresik-Surabaya jadi makin ga kerasa soalnya ini terakhir kalinya lewatin jalur ini, yaaa seenganya belum bisa dipastiin kapan bisa balik lagi lewatin jalur ini hikz. Dengan sedikit kebut-kebutan takut ketinggalan kereta, ahirnya sampai juga di Satsiun Gubeng, dan untungnya kereta yang ditunggu belom dateng. Jadi masih sempet buat tarik nafas & foto-foto sediit di stasiun ini. Dan ga lama, kereta pun dateng, ita naek kereta, beres-beres di kereta, foto-foto terakhir sama Mas Deby (hikz sedih juga).

Jam setengah 10, kereta pun berangkat menuju Banyuwangi. Dan bereslah semua perjalanan survey di kota ini dan semua pengalaman + petualangan baru yang seru. Makasih banyak buat Mas Deby yang udah bener-bener bantuin kita, kalo ngga, nasib kita bakalan sama kaya di Banjarmasin, kaya anak ilang, luntang-lantun ga jelas, makasih buat perjalanan maennya ke Pacet, Batu, Suramadu, Lamongan, Surabaya dll bener-bener pengalaman yang seru. Sampai ketemu laen waktu Mas Deby ^___^



Batu, Jawa Timur

Tretes, Jawa Timur

Jawa Timur