Dya Iganov

Selasa, 15 November 2011

SURABAYA-DENPASAR 4 MODA TRANSPORTASI SEKALIGUS


Sabtu, 6 Agustus 2011

Cerita bersambung dari postingan sebelumnya, jam 10 kereta resmi berangkat dari Surabaya ke Banyuwangi. Kalau liat jadwal sih kayanya ni bakal makan waktu seharian buat nyampe Denpasar lokasi survey terakhir. Ternyata saya baru nyadar salah ambil jadwal kereta, harusnya saya ambil kereta Surabaya-Denpasar ini malem aja, biar sampe Denpasarnya pagi-pagi, lah ini malah kebalikannya,, hadeeeh gimana nasib saya di Denpasar nanti yah??


Foto terakhir sebelum pisah. Mas Deby, Rini, Saya

Foto terakhir di Kereta Mutiara Timur

Kereta berangkat dan sesekali masih berenti di beberapa stasiun di sekitaran Kota Surabaya. Ini pertama kalinya Surabaya-Banyuwangi pake jalur kereta, 4x saya lewat jalur Surabaya-Banyuwangi saya pake jalan mobil, jadi ini bener-bener pengalaman baru, mana lagi puasa pula. Selama di kereta niatnya sih mau nikmatin perjalanan sambil ngafalin jalan, tapi apa daya, masuk Pasuruan mata udah ga bisa ngebuka lagi. Kayanya tidur udah aga lama juga nih, tau-tau ni kereta udah berenti aga lama di stasiun Jember. Ooooh ni kereta lewat Jember dulu baru ke Banyuwangi yah?? buset deh muter, pantesan 6 jam x__x. Di Jember lumayan banyak yang turun, banyak banget malah, sampe-sampe di gerbong yang saya naikin tinggal beberapa kursi ajah dan mayoritas bule, weeew.


Menunggu Kereta Mutiara Timur

Sebenernya aga was-was juga, ini seriusan ke Banyuwangi kan? sepi banget deh penumpangnya. Di Jember, ga sengaja liat view gunung yg entah itu Raung/Argopuro deket & jelas & baguuuus bangeeet, tebing-tebing & alur-alur pasirnya keliatan banget, ah jadi kangen naek gunung. Di kejauhan ada beberapa deretan pegunungan, ah, Semerukah??? huaaa aslinya jadi kangen naek gunung.

Dari stasiun Jember, kereta jalannya lebih sering pelan-pelan banget, ga secepet waktu keluar dari Surabaya. Apa udah mau nyampe yah?? Saking kosongnya ni kereta, temen saya sampe bisa pindah ke kursi seberang tanpa ditegur petugas, lah, wong petugasnya ajah malah ikutan duduk di kursi penumpang ko hehe.


Kosongnya gerbong kita

Singkat cerita, kita udah masuk Banyuwangi. Tapi ko nampak ga nunjukin tanda-tanda berenti ni kereta. Ahirnya kereta berenti di stasiun entah apa namanya di Banyuwangi, aga was-was juga, ini turun dimana yah? Kata petugasnya sih, kalau mau ke Denpasar, turunnya nanti di stasiun terakhir di Banyuwangi, buset deeeh, luas juga ternyata yah Banyuwangi haha. View selama di Banyuwangi variasi juga mulai dari rumah-rumah pinggir jalan, sawah, ladang, hutan, sampe ahirnya nyebrang jembatan di atas jurang yang lumayan panjang. Jembatan ini pernah saya liat di liputan tv, udah lumayan lama banget deh. Jembatan ini dipake jjadi objek wisata lori di Kota Banyuwangi, haaaa ga nyangka ahirnya saya ngerasain sendiri ngelewatin jembatan ini,


View dari Stasiun Jember 1

buseet serem juga, jurangnya lumayan dalem juga. Nah, kata petugasnya kalau udah lewatin jembatan ini udah ga terlalu jauh dan bener ajah, jam 5 kita sampai Banyuwangi. Turun dari kereta yang super nyaman menuju Bus Damri yang bakalan bawa kita nyebrang ke Pulau Bali tiba-tiba ada perasaan ga enak, kaya keluar dari zona aman haha.

Stasiun Banyuwangi tempat saya turun ini letaknya paliiiiing ujung, buset bener-bener ujung timurnya Pulau Jawa. Dengan sedikit bingung, saya sama temen saya nyari Bus Damri ke Denpasar, dan ternyata bener aja, Bus Damrinya udah parkir manis, paaas didepan pintu keluar. Ga pake basa-basi, langsung naek. Oya, Bus Damrinya yang ukuran kecil banget, jadi sebenernya dalemnya sempit & ga leluasa apalagi ternyata bule-bule yang 1 gerbong sama kita pun naek Bus Damri ini weddeeh. Liat-liat penumpangnya hmmmm nampajk ga ada yang mencurigakan kecuali 2 bapa-bapa yang duduk pas didepan pintu sama yang duduk di kursi sebelah saya.


View dari Stasiun Jember 2

Saya pikir letak stasiun kereta itu disebelah mananya pelabuhan, taunyaaaa tinggal kluar dari stasiun belok kiri, ga jauh udah masuk pelabuhan lagi weeew. Proses masuk ke kapal ferry ga lama, soalnya ini bukan weekend, jadi sepi. Setelah parkir, kita semua turun n naek ke dek kapal, niatnya sih saya sama temen mau foto-foto, lumayan loh pas sunset disini, tapiiiii begitu masuk, haddduuuh isinya ko ini cwo semuaaaa??? dan parahnya lagi cwenya cuman saya & temen saya, sisanya ibu-ibu yang duduk di depan saya di bis. Waduh jiper juga, mana ini kalanya ko ga bisa keluar ke dek kapal yah kaya yang terakhir kali saya pake nyebrang ke Bali??? ada apa ini?? Mana begitu baru masuk ajah, udah digoda-godain sama tu gerombolan cwo-cwo kurang kerjaan, mana ada bapa-bapa yang tampangnya genit pula.

Ahirnya saya beraniin bilang & minta tolong sama ibu-ibu yang 1 bis sama saya di Damri, hmmm udah tua sih, nenek ini pergi sama cucunya & suaminya, saya bilang kalau saya & temen saya mau ikut duduk bareng sama ibu selama nyebrang, Ibu itu pun setuju, soalnya beliau juga ga nyaman sama kondisi kapal yang isisnya cwo-cwo ababil ribut ga jelas semua, mana ga pada puasa pula!!!! Ternyata rombongan ini dari salah satu universitas swasta di Bali jurusan Mesin! ya pantes!!! Ahirnya kita sedikit aman soalnya kita udah duduk bareng sama ibu-ibu ini, soalnya sebelum saya minta duduk bareng sama ibu-ibu ini, udah ada 4 orang bapa-bapa (kayanya sih dosennya) yg ngeliatin temen saya terus & lama-lama makin mendekat nih duduknya. Ggggrrr liat ajah kalo macem-macem!!!


Gunung apa itu yg keliatan jelas dari Jember??

Sayangnya posisi duduk kita ada di tengah-tengah, jadi ga nyaman juga jadi pusat perhatian. Untungnya, di ujung kiri depan ada tempat deket pintu keluar penumpang yang kosong, ga pikir panjang, kita berdua langsung pindah kesana. Ada bapa-bapa sih yang duduk disana, tapi nampak ga terlalu perlu dicurigain. Oya, rombongan bule yg 1 bis sama kita, milih tempat duduknya di bagian belakang kapal, deket sama gerombolan ababil, pupus sudah mau bareng bule biar 'aman'.

Untungnya nyebrang ke Bali itu ga lama-lama amat, ga lama kita pindah, ibu-ibu yg tadi bareng kita ngajakin kita balik ke bis, ahirnya kita pun turun, dan ternyata di dalem bis itu pusing luar biasa & bau solar. Untungnya ga terlalu lama, bs kluar dari kapal ferry, fiuuuuh. Dan berhubung ada perbedaan waktu, jadi sebenernya udah waktunya buka puasa dan saya sama sekali ga ada makanan buat buka, minum pun ga ada. Untung temen saya masih nyimpen sedikit air mineral, yah seengganya saya bisa batalin puasa dulu yang udah ketunda 1/2 jam!!!

Bagitu mau keluar dari Pelabuhan Gilimanuk, ada pemeriksaan dari petugas pelabuhan. Ah, iya, saya naek kendaraan umum, bukan bus pariwisata yang semuanya udah dikoordinir ama agen travel & kita tinggal duduk manis di dalem bus ber-AC yang nyaman T___T. Dan ada 1 masalah lagi, KTP temen saya baruuuu aja abis & belum sempet diperpanjang soalnya udah keburu survey, hmmmm okee udah disiapin kata-kata buat bikin diem c petugas. Dan bener ajah c petugas mulai ngeluarin kalimat "wah, ini KTPnya udah ga berlaku" dan langsung kita salip dengan "Kita dari awal Juli udah ga di Bandung, di Bandung cuman weekend & mana ada kantor kelurahan yg buka. Kita lagi ada survey proyak dari Kementrian Perhubungan sampai pertengahan Agustus" dan c petugas pun diem dan ga mempermasalahkan lagi huohoho.

Perjalanan Gilimanuk-Denpasar sekitar 4 jam... haduuuh kapan saya makannya?? hikz hikz. Tapi untungnya setelah 1 jam jalan, sekitar jam 7 malem, bus berenti di tempat berenti yang ternyata pernah saya datengin juga waktu pulang dari Bali sama Eyang, bedanya waktu itu siang-siang dan amat sangat makmur, nah sekarang malem-malem dengan kondisi mengkhawatirkan T__T. Selagi makan, kita ditanya & ngobrol sama Bapa Supir Damri & sedikit kaget pas tau kita cuman ber-2 ajah jauh-jauh dari Bandung ke Surabaya, trus ke Denpasar pake jalur darat buat survey. Hhaha kita ajah ga nyangka loh Pa, bisa nyampe juga ke Pulau Bali

Beres makan, perjalanan diterusin, ni bis jalannya jadi aga sedikit ngebut, ngejar waktu kali yah, tapi jalannya itu loh, banyak yang bolong-bolong, mana megang tas gede di kursi pula ga kebagian nyimpen tas di keranjang deket pintu hikz hikz.

Mata udah berat banget, muka kucel, belum nyari penginepan, ga tau mau gimana nanti di Denpasar, batre sekarat, minta tolong isiin pulsa ga masuk-masuk wwwaaarrrrgghh emosiiiii!!! untung masih sempet ngoceh di twitter kalau saya & temen saya lagi perjalanan ke Denpasar kaya anak ilang, dan ada yg reply tweet saya, Tissya dan katanya ada yg sekarang lagi di Bali. Dan orangnya ga laen ga bukan adalah EDU!!! Ade kelas di SMA sekaligus temen 1 tim Tae Kwon Do huaaaa Eduuu!!! Dan setelah ber-twitteran sama Edu, ahirnya dapet juga no hp Edu, dan curhatlah saya belum dapet tempat nginep, udah malem, bingung mau kemana.

Edu nawarin buat nginep di tempat dia nginep sekarang, tapi sayangnya Edu lagi ada di Singaraja & Ibu yg punya penginepannya udah pulang ke rumahnya. Tempat Edu itu di Denpasar, kaya kos-kosan, 100-150rb 1 malem huaaah lumayanlah buat sampe besok pagi ajah. Ahirnya setelah berempong ria sampe batre hp abis, kita dapet dimana lokasi hotelnya. Ahirnya jam 10 WITA kita sampe di Terminal Denpasar, begitu turun dari bis, seperti biasa, tukang becak & taksi rebutan nawarin jasa, haddeehh ntar

Beli, ini lupa minta kwitansi tiket kereta + bis buat bukti ke kantor T__T. Ahirnya beres urusan, kita disuruh dateng ke kantor Perum Damri di Denapasar hari & jam kerja (berhubung sekarang Sabtu malem) dan ahirnya kita pun naek taxi ke lokasi hotel dan bayar 80rb (mahaaaaalll). Sebenernya kita juga ga tau yg mana penginepan yg dimaksud, kita hanya bilang lokasinya di jalan "...." dan dianterlah kita ke 1 penginpean, pas liat harganya, sama, wah kayanya ini tempat nginepnya Edu, ga pikir panjang, langsung check in, berhubung udah jam 11 WITA juga. Beres urusan taxi & penginepan, waktunya isirahat.

Tapiiii lupaaaa belum beli buat sahur, mana ini penginepan yg punyanya bukan muslim hadduuh. Ahirnya kita memutuskan buat menghubungi c nomer sakti 14045. Ternyata eh ternyata proses mau mesennya ribet banget deh sampe-sampe pulsa temen saya abis sebelum pesen. Perasaan kan bebas pulsa, ko bisa yah?? Ahirnya pakai pulsa saya, kebeneran ada 50rb (catet). Berhubung kita disini cuman tamu & ga tau ada dimana dan landmark disekitar sini apa ajah, jadi proses buat nyaetet alamat pun harus sedikit pake urat!! Ahirnya beres sudah urusan order mengorder makanan untuk sahur dengan total 90.000 x__x dan pulsa saya tinggal 20rb-an sodara-sodara!! Tapiii, udah jam 12 malem lebih kenapa masih belum nyampe juga yah?? Ga lama ada tlp dari petugas ordernya bilang udah di depan penginepan, pitnunya digembok. Ahirnya kita berdua keluar daaaan ternyata ga ada siapa-siapa. Untung sambungan telepon belom diputus.


Semoga bisa kesana nanti

Kita ngotot udah diluar dan ga ada siapa-siapa, c penelepon pun ngotot bilang udah didepan dan ga ada siapa-siapa juga. Untungnya bell boy di penginepan kita lagi ada disitu, ahirnya temen saya nanya, alamat penginepa ini nomer "..." bukan?? dan ternyata jawabannya "BUKAN" hiaaahh berarti ini bukan penginepannya Edu donk?? dan ternyata kalau alamat yang kita maksud sih masih beberapa meter lagi ke depan x___x. Ahirnya nyampe juga pesenan kita, kita pun minta maaf n ahirnya ngasih 100.000 tanpa kembalian, soalnya kasian juga dah ngasih alamat yang salah. Yaaah, makanan udah di tangan ahirnya, masuk kamar & makan, cuci muka, sikat gigi, cuci kaki dan tiduuuurrrzzzzzz.