Dya Iganov

Rabu, 08 Februari 2012

BERAWAL UNDANGAN DI KROYA, KABUR KE NUSAKAMBANGAN, BERAKHIR DI BANYUMAS

Trip yang nyaris batal gara-gara sakit & geje juga orang-orangnya. Yup long weekend Imlek kali ini sebenernya belum ada rencana fix, ada yang ngajak eksplore curug-curug di Tasik & Ciamis, ada yang mau nanjak Cikuray lagi, ada acara keluaraga pula di Tangerang, & ada yang mau ke undangan di Cilacap, naaah ini yang pas, Cilacap bisa skalian ngabur ke Nusakambangan. Setelah sibuk kasak-kusuk ama temen yg ma ke undangan, ahirnya temen ngajakin beberapa temennya lagi buat ikutan ke Cilacap, saya juga ngajak beberapa temen dri Bandung yang biasa pergi bareng, tapi sayangnya ga ada yang bisa, hanya 1 orang yang bisa ikut.

Rencana awal sih mau pinjem mobil kantor temennya temen saya ini & kebeneran yg bawa mobil ini di Bandung jga. Tapiii seminggu sebelum pergi, ternyata temen yg bawa mobil ini ditugasin ke luar Jawa dulu & baru pulang hari Seninnya, jadi serba dadakan haddeehh klo sewa mobil, harus banyakan, padahal kita aja baru 4 orang hikz hikz. Bukan itu aja, tiba-tiba pas temen lagi searching tentang Nusakambangan, ga sengaja nemu 1 blog yang isinya ke Nusakambangan & ga berhasil dapet ijin ke Nusakambangan bagian Barat. Waduuh perasaan dulu saya dapet info dari temen, dia ga pake ijin-ijinan segala, emang sih pas Lebaran + pas Lebaran pula. Jadilah saya jga ikutan panik, ahirnya searching & tanya-tanya lagi sama 3 orang temen. Temen yg 1 yg pernah ke Nusakambangan pas Lebaran, yg 1 emang orang Cilacap tapi katanya dia ga tau klo masalah ijin-ijinan, yg 1 temen yg kerja di stsiun tv, sapa tau pernah liputan disana. Ahirnya dapet 3 info, yg pertama dri temen yg pernah ke Nusakambangan, katanya setau dia ga pake ijin, soalnya waktu itu kesana ga pake mobil pribadi & pas musim liburan, yg 1 dari orang Cilacap, kata dia kalau ke Barat belum pernah tapi katanya kalau bareng sama orang Cilacap bisa lebih gampang, yg 1 dari temen yg kerja di stasiun tv, katanya pernah waktu ada temennya mau liputan, dipersulit ijinnya, harus buat ijin ke Disbudpar, kepala LP, dll. Idiiih ribet yaaa mau maen ke pantai ajaaa.... kita bukan mau ngebobol LP ko, masuk pun ga ada niat, kita cuman mau maen ke pantainya aja koooo...

UNDANGAN... UNDANGAN DI KROYA JAUHNYAAA

Ahirnya setelah fix saya udah sembuh & dapet ijin & ahirnya biar aman, kita ke Nusakambangan bagian Timur dulu aja & temen saya juga berhsil ngajakin beberapa temennya, jadilah fix berangkay ke Cilacap 11 orang dengan 1 mobil & 2 orang yang bisa nyetir, fiuuuhhh

SABTU, 21 JANUARI 2012

Berhubung bakalan pergi dri Bandung, jadi saya bisa aga sedikit nyantei dulu. Rombongan dari Jkt rencana mau ke Kawah Putih dulu siangnya, baru sore jemput saya & temen saya. Sayangnya karna 1 dan laen hal, rute ngejemput yang harusnya simpel, jadi sedikit bolak-balik, wah, jadi galau juga nih nungguinnya, harus udah siap-iap dari siang. Yang tadinya mau jemput saya jam, geser jadi jam 5, dan ujung-ujungnya jam 7 juga dijemputnya dan saya jadi orang terakhir yang dijemput, jadi begitu jemput saya mulai diatur-atur lagi deh posisi di dalem mobil weeew lumayan rempong juga. Jam set 8 malem berangkat & lewat Cibiru-Cileunyi-Rancaekek dst. Baru juga kluar dari jalan baru yg tembus ke Nagreg, udah ngantri aja ni mobil-mobil, hmmm long weekend sih banyak yg pergi & ini 1 arah sama ke Garut & Pangandaran, jadi harus sabar deh sampe misah sama jalur ke Garut. Bener aja, begitu misah sama jalur yang ke Garut, udah ga terlalu ngantri biar masih penuh juga sih, tapi hanya sampe Ciawi, lepas Ciawi jalannya lumayan kosong, hanya ada beberapa rombongan motor aja, kayanya sih ke Pangandaran hueeehhh....

Kita sempet berenti sebentar buat istirahat + ada yg Solat juga sambil atur posisi lagi & berangkat lagi. Begitu keluar Ciamis, udah ampir jam 11 malem, kita berenti lagi buat makan malem, kalau dari sini sih jaraknya udah ga terlalu jauh & jalannya juga udah sepi. Ga lama setelah jalan lagi, saya pun tidur, berhubung sakit kepala gara-gara begadang kmaren. Pas bangung ternyata view kanan-kiri udah berubah dari rumah-rumah jadi kebun karet dengan jalan kecil, jelek, nanjak, nikung, saingannya truk semua, dan gelaaaap. Hmmm klo dah masuk kebun karet sih udah di Jawa Tengah, udah mau nyampe kayanya. Tapi ko ini jalannya ga kenal yah?? kayanya seumur-umur saya ke Jawa Tengah belom pernah lewatin jalan ini, tapi klo daerahnya sih Majenang.... Jam 1an kita sampe di rumah temen saya. Yap, kita numpang nginep disini, setelah beres-beres bentar,tidur deeh nanti harus bangun pagi-pagi buat ke undangan trus maen.

NUSAKAMBANGAN BAGIAN TIMUR

NUSAKAMBANGAN TIMUR

MINGGU, 22 JANUARI 2012

Jam 5 udah bangun, solat, trus mandi, ganti baju, siap-siap berangkat & sarapan. Jam 8 kita berangkat dari Cimanggu ke Kroya, katanya sih lama jalannya 2 jam, yo weess berangkaaat. Belum jauh dari rumah temen, udah disambut sama jalan berlubang, longsor, malah ada jalan yang lagi dibenerin gara-gara longsor & jadi harus sedikit ngantri. Untung ini jalan lintas kota jadi ga terlalu macet. Sepanjang jalan disuguhin view bukit, ladang, jalan belok-belok, asli bikin ngantuk, belum lagi lagu jawa yang diputer berulang-ulang di mobil, ga ngerti bahasanya hoaheeemmm. Ahirnya kluar juga dari jalur yang belu pernah saya lewatin ke jalur selatan yang biasa saya lewatin. Keluar-keluar udah di daerah Rawalo, waduh jdi inget waktu Lebaran kemaren, lewat sini udah tengah malem & ga sengaja juga berenti buat makan malem (jam 12) & makanannya enaaak, padahal cuman rumah makan kecil pinggir jalan. Ah, sayang saya ga berhasil nyari rumah makannya. Sempet aga bingung juga jalannya kmana lagi, soalnya kita nanti belok kanan, kluar dari jalaur lintas selatan, haddeehh. Ternyata jalan yang dimaksud, belok di perempatan ke Purwokerto. Kita jalan kearah Kroya, lebih tepatnya kerah stasiun Kroya. Ooooh ini toh jalan ke stasiunnya.

Lumayan juga ke tempat undangannya, pake nyasar-nyasar dulu, untungnya ga parah kesasarnya. Sampe tempat undangan jam 11. Sebenernya ga kenal sama sekali sama yang punya acara, jangankan sama yang punya acara, sama 7 orang temen jalan ajah belum ada yang kenal, baru kenal di jalan heu heu aga canggung juga. Ini pertama kalinya dateng ke undangan di tempat yang jauh dari rumah, di Jawa Tengah, sama temen pula bukan sama keluarga. Rasanya aneh aja dan yang pasti mah panaaaaaasss. Jam 1 beres, waktunya ke pantaiiii. Ga ngerti deh ini belah mananya Cilacap, percayakan saja sama para navigator & GPS nya heu heu heu. Di tengah jalan ga lupa berenti dulu buat Solat & berubah. Yup, berubah dari dandanan formal ke dandanan maen. Ahirnyaaaa bisa lepas juga dari dress, make up & rambut yang digerai, berubah jadi baju bali, clana pendek, sendal gunung + rambut dikuncir 1 andalan banget deh pokonya.

TREK NUSAKAMBANGAN TIMUR 1

TREK NUSAKAMBANGAN TIMUR 2

Pantai Karang Bolong

Dari tempat kita berenti udah ga jauh lagi ke Cilacap, tepatnya ke Pantai Teluk Penyu. Jam set 2 kita udah masuk jalan di pesisir pantai, ngelewatin kilang minyak di lepas pantai di Cilacap & sampe deeeeh di objek wisata Pantai Teluk Penyu. Kita sampe sekitar jam 2 kurang & cuacanya juga panas tapi ga seterik tadi sebelumnya. Pantainya ruameeeee.... iyalah ini hari Minggu + long weekend pula, parkiran penuh & kita ahirnya parkir di paling ujung, bener-bener deket banget sama Pulau Nusakambangannya. Disini mulai deh ragu mau kemana aja, pengennya sih eksplore Barat ama Timur. Setelah tanya sama yang nyewain perahu, barulah semuanya jelas. Jadiiii ternyata, kalau hari kerja, sampe Sabtu kalau ga salah, LP itu ga libur & ada penyebrangan rutin dri pagi sampe jam 5. Nah, kalau mau ke Nusakambangan Barat yang ada LPnya di hari kerja, baru pake surat ijin kesana-sini meskipun cuma ke pantainya aja. Kalau hari Minggu, LP libur & ga ada penyebrangan rutin, jadi kalau mau maen kesana ga usah ngurus ijin, tapi buat nyebrang mau ga mau harus sewa kapal kecil & begitu udah nyebrang, kita harus naek kendaraan yang dah disediain disana, soalnya bener-bener ga ada kendaraan umum & mobil ga bisa dibawa (ya iyalah, nyebrang aja pake kapal kecil). Kalau Nusakambangan bagian Timur, itu udah bener-bener objek wisata umum, jadi mau kapanpun kesana ga usah pake ijin-ijin & nyebrangnya pake kapal kecil.

Waktu itu saya ditawarin PP Teluk Penyu-Nusakambangan Timur-Nusakambangan Barat 200rb tapi belum termasuk sewa mobil di Nusakambangan Barat. Sebenernya kalau di itungan saya, segitu udah harga wajar,wajar banget malah biar ditambah sewa mobil ama ngasih uang jasa nganterin di Nusakambangan Barat, soalnya kita banyakan, tapi sayang, masalahnya ada di waktu, ga akan keuber juga hikz hikz jadi, kita putusin ke Nusakambangan Timur aja yang deket & ga ribet. Hikz hikz bye bye Nusakambangan Barat, Pantai Permisan, nampaknya saya belum jodoh buat kenalan & berkunjung kesana, maybe next time.... ah, jadi nambah deh PR remedial tripnya, Kraktau pun belom kebayar hahaha.

BAGIAN DEPAN BENTENG PORTUGIS

RUANG PEMBANTAIAN BENTENG PORTUGIS

BERINGIN DIDEPAN LORONG RUANG PEMBANTAIAN

DINDING DIDEPAN LORONG RUANG PEMBANTAIAN

Daaannn nyebranglah kita, ga sampe 30 menit kita udah sampe di Nusakambangan Timur (NT) & ruameeee.... Sesuai info dari temen saya, disini kalau mau eksplore kita harus trekking bukit, jalan batu & bayar tiket masuk dulu, okelaaaah. Mulai deh masuk, begitu masuk udah ditawarin objek wisata gua, tapi berhubung ga ada yang bawa senter & pengen ke yang jauh dulu, jadilah guanya di skip. Jalur trekkingnya sih ga terlalu berat, cuman, kayanya kalau pake sendal gunung kerasa licin deh ini batunya huhuhu. Awal trekking kita disughin jalan yang dominan turunan, tapi ada juga sih yg nanjaknya, hanya sedikit. Ga berapa lama, sampelah di pertigaan Pantai Karang Bolong-Benteng Portugis-Jalan kluar. Kita putusin ke Benteng Portugis dulu. Hmmm pohon-pohon beringinnya udah tua & akar-akarnya ngegantung di atas bangunan benteng, spot fotonya lumayan banyak nih. Biar siang ke sore itu panas, tapi pohon-pohon yang ada di sepanjang jalur trekking yang masih bener-bener rimbun bikin trekking jadi adem & ga terlalu kena sinar matahari.

Benteng Portugis yang pertama dimasukin hanya berupa gerbang sama 1 ruangan yang kebuka, lewat dari sini, jalannya bercabang, ada yang ke arah bawah, ada juga yang ke arah atas. 2 temen saya udah kebawah duluan, saya pun ngikut, ternyata di bawah ini ada lorong juga & ternyata ini "Ruang Pembantaian" haddeehh. Didepan jalan masuk ada tanah kosong bentuknya segi empat + dinding super tunggi yang udah ditumbuhin lumut + semak belukar yang tinggi bikin susah jalan. Abis foto keluarga disini, kita mutusin buat eksplore & jalan lewat lorong yang ini. Ngeri juga didalem lorong bener-bener dingin, ga ada yang bawa senter sama sekali, kita belok ke ruangan di sebelah kiri lorong, aga nanjak & sempit diawal masuk, begitu udah didalem ruangan, aga besar & bentuknya persegi. Begitu senter-senter, ternyata di sebelah kanan kita ada sesajen yang kayanya masih baru ditaro, haddeehhh langsung keluar ke ruang barak. Disini kita sempet keluar tapi ternyata balik lagi kearah kita dateng pertama, ahirnya kita ambil jalan kearah sebaliknya ngelewatin lorong ruang barak lagi & kluar tembus di ruang meriam, & tembus ke pantai, fiuuuh.

UJUNG LORONG RUANG PEMBANTAIAN

MERIAM

Jalan mau kepantainya aga sedikit turun, garis pantainya lumayan panjang juga & ada batu-batu karangnya, mmm lumayan juga, tapi sayang airnya ga biru banget & viewnya dicampur sama kapal2 tanker yang berjejer di laut + beberapa kapal nelayan. Disebelah kiri pantai ada batu karang yang bisa dinaikin, tapi kita milih buat ke sisi kanan pantai dulu. Puas foto-foto dan meggeje disini, kita pindah ke pantai yang 1nya lewat jalur benteng yang tadi & sebelum ke Pantai Karang Bolong kita naek ke jalan yang ada di sebelah kiri ke atas bukit, karna penasaran, kita kesana dulu dan ternyata diatas bukit masih ada benteng yang bangunannya lebih besar, ternyata salah satu ruangan didalemnya ruang penjara haddeehh. Disini ruangan-ruangannya lebih luas, lebih banyak kena sinar matahari, tapi kita ga eksplore semua. Cukup sebentar disini kita turun ke pantai Karang Bolong. Ternyata Pantai Karang Bolong yang saya liat lagi ga bagus, cuaca mendung, sampah-sampah kayu berserakan di pantai. Saya eksplore sedikit ke arah batu-batu di sisi kiri pantai. Pasir disini warnanya item huhuhu dan disela-sela batu banyak banget sampah bungkus-bungkus makanan. Haaaahh kenapa sih ni orang-orang ga sadar-sadar juga?? nyampah aja bisanya... kalau disini ga ada tempat sampah, ya kantongin dulu gitu, toh nyebrang ke Teluk Penyu ga jauh-jauh amat sih.... prihatin juga

Berhubung udah mulai sore & udah ga boleh ada disini lagi kalau udah jam 6, jadi kita mutusin buat balik, udah mendung juga. Ga perlu waktu lama buat sampe ke gerbang masuk biar jalannya sekarang dominan nanjak. Entah kenapa kalau pualng itu selalu lebih cepet. Ternyata mampir ke guanya kapan-kapan aja, soalnya udah terlalu sore & ga ada yg bawa senter. Sampai di pintu gerbang, anginnya asli gedeeeeeee bangeeeeet. Udah banyak juga yang mau nyebrang, ngantri nunggu kapal jemputan. Anginnya bener-bener kenceng, air juga naek, gelombangnya juga jadi tinggi, waduh. Sempet ngeri juga liat orang-orang yang nyebrang, trauma Krakatau masih ada apalagi ini kapalnya kecil banget & kebuka weeew. Sambil nungg temen & kapal jemputan saya smepet ngobrol sama nelayan disitu, katanya di laut badai, makanya tadi banak kapal-kapal nelayan yang ke deket pantai. waduh mana badai pula. Ahirnya kapal jemputan dateng, tapi ada yang ikut numpang katanya sih nama kapalnya sama. Ditengah pasnyebrang, efek dari tinggi gelombang adalah airnya nyiprat ke nadan, yaaa basah juga deeeh. Mana pas udah mau nyampe sempet gerimis juga, tapi untungnya gerimisnya kebawa angin jadi ga teralu lama.

PANTAI KARANG

PANTAI KARANG 2

ADA LAGI MERIAMNYA

Sampe Teluk Penyu ganti baju, keringin rambut, isi perut dulu. Sekitar jam 5an kita pulang, pas keluar dari parkiran, yaaahh lupa masih ada 1 lagi yang belum didatengin, Benteng Pendem, lagian udah tutup jga hahahaa ya sudhalah kapan-kapan saya kesini lagi sekalian ke Nusakambangan Barat, masih penasaran saya sama Permisan heu heu heu. Keluar dari Teluk Penyu sempet bingung juga arah jalan pualng kemana, belum pernah saya jalan-jalan ke Cilacap, hmmm ternyata luas juga, jalannya pun gede,bagus, ga macet, kosong malah jalannya, Bandung kalah deh haha. Yaaa Keluar Cilacap udah gelap, jadi saya ga bisa liat jalan deh ini kemana-mananya, hanya tau namanya aja dari peta heu heu. Ternyata dari Cilacap ke Cimanggu itu lumayan jauh juga yah,lebih dari 1 jam perjalanan. Yaaa ahirnya pulangnya malem juga, hari ini full seharian dari pagi sampe malem maeeen. Nyampe rumah temen belum terlalu malem sih, masih dibawah jam 12, ga semalem pas kemarin kita dateng seengganya. Nyampe langsung ngantri mandi, itung-itungan & tewaaass tiduuur semua.

SENIN, 23 JANUARI 2012

Jam set 6 udah dibangunin buat Solat, mandi, sarapan. Menu sarapan pagi ini bener-bener bikin ngiler deh. Nasi putih, ikan digoreng tapi enak banget deh beda sama kalo bikin dirumah, tumis kangkung (enak banget), tahu, sambel. Jam 9 kita pamit, berhubung kita mau mampir ke Curug Cipendok di Banyumas dulu & pulang lewat pantura. Jalur kearah Banyumas sama kaya jalur pas mau pergi ke undangan, jadi ga terlalu susah. sampe di perempatan kita ambil kanan kearah Banyumas, dan lagi-lagi ngelewatin jalan yng belum pernah saya lewatin sebelumnya, jadi no commen deh buat masalah jaur di tulisan kali ini hehe. Lumayan lama juga sih buat sampe ke pertigaan kearah curug, untungnya di pinggir jalan ada 1 penunjuk arah yang jelas-jelas nulis nama :Curug Cipendok" nah, gitu donk, objek wisata pun diinformasiin di papan penunjuk jalan biar ga kesasar & susah nyarinya heu heu (yaaah, ini mah udah terkenal kayanya makanya ada infonya) Daan sampelah kita di jalan masuk ke curugnya. Jalannya yaaa seperti biasa, jalan kecil, lurus terus kearah bukit dengan view yang pasti jarang rumah-rumah. Sampe diujung jalan yang kita lewatin, jalannya bercabang, kita ambil ke arah kanan, dan dari sini jalannya udah mulai nanjak-nanjak, sampe di 1 tanjakan kita semua harus turun soalnya mobilnya ga kuat. Weeeww kebagian turun juga, perasaan selama touring & nge-trip pasti kebagian sesi turun dari kendaraan & jalan kaki hahaha lumayan juga ni nanjaknya bikin ngos-ngosan, luamyan panjang & miring juga. Sampe diujung tanjakan, ternyata ada 1 tanjakan lagi, disini ahirnya yg naek mobil cwe-cwe aja, cwonya jalan hehehe.

PANTAI KARANG BOLONG 1

PANTAI KARANG BOLONG 2

PANTAI KARANG BOLONG 3

Sampe juga ke gerbang masuk Wana wisata Curug Cipendok, udah dikelola sama Pemda, udah teratur, rapi, bersih, bagus, enak diliat, terawat deh pokonya. Ga pake lama, beres parkirin mobil & milih-milih barang apa aja yang mau dibawa, kita pun trekking. Awal trekking naek tangga batu, lumayan juga, licin pula, tapi ga lama ko, abis nanjak itu jalannya turun & masih dengan bentukannya tangga batu yang licin, treknya naek-turun tapi asli ga kerasa ko. Buat ke curugnya baru jalannya turun & masih tetep licin. Curug utamanya ada di sebelah kiri trek, di kanan ada 2 curug kecil, 1 bisa dipake maen air & sungainya ga terlalu deres. Waktunya foto-foto & maen aer.... sayang kita ga bisa berenang pas di bawah curug yang paling gede, soalnya dalem banget, yaaa seengganya bisa maen di curug yang lebih kecillah, itu jga seru ko.

Ga tau juga berapa lama maen aer, foto-foto, pindah sana-sini lewatin batu kali yang licin-licin, ngelawan arus, nahan dingin aer, sampe ahirnya udah aga sore juga & mulai ujan, yak klo udah gini sih, waktunya udahan. Jam set 3 kita kluar dari curug & pulang. Jalur yang diambil kali ini kearah Ajibarang & nembus ke Pantura. Sebenernya kalo udah disini sih jalur biasa motong kalau pulang Lebaran dari Jogja, cumaaaan berhubung kalau nyampe sini udah malem, jadilah saya pasti tidur kalau lewat sini. Jalur yang saya inget hanya jalur yang ada di pinggir sungai yg gelap di daerah Ajibarang & udah mau deket ke pertigaan Brebes-Cirebon-Ajibarang. Oooo ternyata kaya begini yah jalurnya, baru pertama kalinya saya lewat jalur ini pas masih terang & ga ketiduran heu heu. Sepanjang jalan dari kluar curug, niat kita sih cari makan siang, lapaaaar semuaaa & ini udah sore juga sih bukan siang lagi. Tapi baru juga jalan, ujan gede, susah berenti, giliran ujannya reda, eeehh di kanan-kirinya ga ada tempat makan. Ahirnya beberapa jam kemudian, nemulah tempat makan, di satu daerah yang udah mau kluar Ajibarang, ajegileee.

CURUG CIPENDOK

Kita jalan lagi begitu mau magrib, view di jalan lumayan menghibur, Gunung Ciremai + langit senja menjelang sunset yang keliatan jelas banget didepan mata bikin sedikit ga ngerasain kaki pegelnya minta ampun hehe. Liat Gunung Ciremai, jadi inget Pendakian Ciremai di awal Juli 2011 & semua ceritanya & 1 hal yang lupa saya lakuin di malem tanggal 1 Juli 2011. Yap, liat Ciremai, semuanya jadi keinget lagi kaaan kaaaan.... jalurnya, bututnya fisik saya, camp dadakan Batulingga, muncak paling siang selama naek gunung, trek turun ter-ga-abis-abis selama nanjak gunung, gunung pertama yang bikin saya rela ngelepasin Pendakian Merbabu 2 minggu kemudian gara-gara treknya bikin ilfil naek gunung, padahal saya udah 1 taun nunggu kesempatan buat ke Merbabu dan berhasil dikalahkan sama trek Linggarjati + Palutungannya Ciremai weeew ah. Kluar Tol Kanci di Palimanan udah gelap, hajar terus sampe Bandung berhbung besok pada kerja & mobil harus dikembaliin malem ini juga.

CURG KECIL DI SEKITAR CURUG CIPENDOK 1

CURG KECIL DI SEKITAR CURUG CIPENDOK 2

Palimanan-Cimalaka sih lancar-lancar aja, sampe Sumedang kota pun masih lancar, tapi begitu kluar Sumedang, tepatnya beberapa Km aja dari Cadas Pangeran ko ngantri yaaaah??? lumayan juga inih, masih jauuuuh, dan udah deh fix maceeeettt. Ah, lupa ini kan ahir long weekend & banyak juga yg dri Bandung ke Sumedang, jadi pasti jalur ini kearah Bandung bakalan penuh juga. Pas lagi macet-macetnya ternyata 1 temen saya yg duduk di kursi paling belakang pingsan, hiaaaah gimana ini??? Mau berenti pun ditengah-tengah hutan, macet pula, ga ada tempat berenti, ahirnya kursi tengah yang sebelah kiri dilipet, jadilah saya duduk mepet ke kursi sebelah kanan, 1 orang duduk di kuris yg dilipet madep ke samping biar temen saya yang pingsan bisa selonjoran kakinya. Weew baru deh nge-trip trus ada yang pingsan, Hmmm seengganya jadi dpet pengalaman + pelajaran baru. Untungnya temen saya ga lama sadar, tapi emang maish lemes. Baru nyampe Bandung jam 10 malem & nganter temen saya yg di Kopo dulu, dari Kopo masuk tol lagi ke Buah Batu & nganter saya sampe MTC. Jam 11 saya baru bener-bener nyampe rumah fiuuuuhh. Selesai juga Nusakambangan. Nambah lagi 1 cerita & tempat baru yang dijelajahin.

Maaf kalau selama nge-trip ngerepotin & ada salah, makasih buat semuanya, sampai ketemu di trip berikutnya.