Dya Iganov

Rabu, 22 Februari 2012

SURVEY CURUG CITAMBUR + TOURING LINTAS BUKIT

Berawal dari link yg di share temen, tentang 10 air terjun tertinggi di Indonesia, danaaan di nomer 7 ada Curug Citambur yg ternyata berlokasi di Cianjur. Hmmm cari infom daaan kebeneran ada 1 orang temen yg udah pernah kesana. Setelah minta info lengkap, kasih info sama temen yg di Jkt buat atur jadwal & bentuk tripnya. Ahirnya setelah bergalau ria, sempet ubah-ubah tanggal juga, fix lah minggu ke-2 Februari berangkat. Tapi, berhubung bener-bener ga tau kaya apa jalannya, berapa lama waktunya & katanya ada 2 jalur, jadii tim Bandung ahirnya mutusin buat survey & sekalian ngabur sebentar, 1 hari pun bisa.

VIEW KEBUN TEH 1

Senin, 6 Februari 2012

Janjian ketemuan jam 7 di Cibaduyut yang berakhir dengan pergi dri Cibaduyut jam set 10, haddeeehhh seperti biasa deh ga bisa on time. Hmm gpp deh kali ini toleransinya besar, soalnya waktu tempuh 3-4 jam + bisa PP jadi, masih punya banyak cadangan waktu. Okee berangkaaaat. Rute yang dilewatin, Cibaduyut-Ciwidey & pisah di pertigaan Ciwidey-Cipelah-Cibuni, pas setelah masuk Rancabali sebelum ke Situ Patenggang. Masuk ke area deket Kawah putih, cuaca masih bersahabat, padahal ini udah lumayan ga terlalu pagi. Berdasarkan pengalaman, siang sedikit daerah ini udah kabut & mendung, tapi untngnya hari ini ngga fiuuhh aga males juga. Setelah objek wisata pemandian air panas Ciwalini, saya berenti dulu, nunggu 1 motor lagi, ternyata ada miskom sedikit, saya kira mereka udah didepan, ternyata mereka nungguin kita di sebelum masuk ke hutan pinus haddeehh. Lumayan buat foto-foto & lurusin kaki dulu. Ga lama, mereka dateng & terusin perjalanan. Di pertigaan, kita berenti dulu buat beli makan siang & terusin jalan. Hmmm awal-awal sih jalannya bersahabat, sama kaya info dari temen saya, yaaa ada beberapa titik yang bolong-bolong sih, tapi masih ga separah jalu Pangalengan-Cisewu-Rancabuaya lah. Ga lama kita lewatin jalur itu, view nya mulai kebuka, hamparan kebun teh luas di bawah bukit & jalan yang belok-belok bener-bener menggoda buat berenti & sedikit ambil foto disana. Oh, ya ga jauh dari tempat kita berenti, ternyata ada razia... weleh-weleh di tempat kaya gini ada razia?? baru deh ngeliat selama saya touring. Dan motor kita ga diberentiin, padahal settingan baju kita udah settingan touring deh haha. Puas ambil foto, kita terusin jalan.

Dari tempat kita berenti jalannya turun, belok-belok, tapi untungnya jalannya muluuuus, kayanya baru diaspal ulang. Diujung jalan belok-belok, lagi-lagi kita dibikin berenti sama view kebun teh + bukit-bukit yang berjejer hijau memanjang ke arah Barat & pola kebun teh yg udah kaya di film-film alien dan berentilah kita buat ambil foto. Dari sini jalan langsung masuk ke area Perkebunan Teh Sinumbra, hmmm berarti kita ga salah jalan, udah sesuai ama info dari temen saya. Tapiii, begitu masuk area permukiman perkebunan, jalannya malah makin jelek.Tapi, biar jalan jelek, viewnya juara.... sebelah kanan kebun teh dengan jejeran bukit di belakangnya, di sebelah kiri, kebun teh juga, dengan jejeran bukit & puncak-puncak gunung yang ditutupin awan mendung & kabut, bener-bener view yg bikin rileks. Ga tau berapa lama jalan, tau-tau kita udah masuk ke balik bukit ntah dimana dengan view yang berbeda lagi, view ke kanan hamparan kebun teh di sebelah kiri jurang lengkap dengan sungai jernih di bawahnya yg ternyata jalan yang kita lewatin juga ngarah kesana. Daan view terakhir sebelum masuk ke desa selanjutnya adalah hamparan kebun teh yang luaaaaas dengan background bukit-bukit yang jaraknya udah cukup jauh dari view sebelum-sebelumnya. Pokonya nanti hari Minggu kesini, harus bawa kamera & puas-puasin foto disini.

VIEW KEBUN TEH 2

VIEW KEBUN TEH 3

VIEW KEBUN TEH 4

VIEW KEBUN TEH 5

VIEW KEBUN TEH 6

Ahirnya kita masuk ke Desa Cipelah, di pasar Cipelah kita ambil jalan ke kiri dan langsung disambut sama turunan tajam + jalan batu yang kalo ujan super licin + ada beberapa titik yang jalannya di semen. Viewnya udah berubah dari kebun teh jadi jurang-jurang & hutan-hutan diatas bukit. Hmmm lumayanlah jadi fokus sama jalannya yg kalo pulang bakalan kita tempuh dengan full tanjakan weeew. Ternyata jalan turun nan jelek ini berlanjut sampai ke desa berikutnya, Desa Cisabuk, desa terakhir di ujung Kabupaten Bandung-Kabupaten Cianjur. Asli deh kalau pulang lewat sini pas ujan + udah gelap, jalannya bisa jadi sesadis jalur Pangalengan-Cisewu yang kita hindarin sebagai rute pulang waktu touring Natal kmaren. Sepanjang jalan disuguhin tebing + sawah di sisi kanan & sawah + bukit-bukit kebun teh di sisi kiri. Sampe ahirnya, di depan kita ada tebing yang ada air terjunnya, lumayan deres, dan ga sengaja saya liat papan nama sekolah di kiri jalan "Desa Cisabuk" horeeee berarti yg saya liat itu Curug Cisabuk yg pertama & tempat tujuan kita ga terlalu jauh lagi dari sini. Bener aja, ga lama jalan lagi dengan kondisi jalan yang tetep menurun, keliatan ada 1 lagi curug di tebing, yang ini pasti Curug Cisabuk 2.

Bener aja, ga lama dari Curug Cisabuk yang ke-2, ada tugu perbatsan Kab. Bandung-Kab. Cianjur, selain tugu yg jadi pemisah, perkerasan jalan pun kontras banget. Jalan di Kab. Bandung rusak sangat, tapi di Kab. Cianjur mulus sangat ckckckc. Ga jauh dari tugu perbatasan ini, setelah turunan panjang, di sebelah kanan ada gerbang "Wana Wisata Curug Citambur". Begitu masuk, sepi, hanya ada beberapa anak SMA baca: pacaran, dan beberapa yg lagi mancing di kolam buatan.

JALANS SELEPAS PASAR DESA CIPELAH

CURUG CISABUK 1

CURUG CISABUK 2

TUGU ERBATASAN KAB. BANDUNG-KAB.CIANJUR

Kita parkir di warung paling ujung deket trek ke curug. Setelah titip helm + jaket, siap-siap buat ke curug. Sebelumnya ada yg Solat dulu, sambil nunggu yang laen beres, saya ngobrol-ngobrol sama ibu & bapa yg punya warung, muali dari posisi curug, kondisi jalan, jalur dari arah Jakarta, kondisi jalannya, biaya masuk, cuaca kemaren-kemaren, dll. Oya, pisang goreng di warung ini asli enak banget, apalagi pas kita dateng, ibunya baru selesei goreng, sampe-sampe kita bawa & bungkus buat makan siang di curug. Ga buang-buang waktu, kita langsung menuju curug & mutusin buat jalan kaki aja, kata ibunya ga jauh. Daaan bener aja, trekking pun ga jauh, kita udah sampe di tanah datar yang cukup luas + sungai & jejeran bukit, lengkap sama jembatan buatan (kita bilangnya jembatan cinta, ada yg lagi pacaran disana).

Abis foto-foto & nyimpen barang berharga yang ga bisa kena air, kita naek ke bukit daaaaannn Curug Citambur, curug tertinggi no 7 di Indonesia..... bener tinggi ko, tapi masih bingung juga tinggian mana ya ama Curug Cipendok, kayanya sama-sama tinggi haha. Pertama kali naek, arah angin lagi ga kerah kita, jadi kita ga terlalu basah & bisa sedikit ambil foto, tapi berhubung ini udah siang, jdi kita turun lgi & makan siang dulu di tanah datar deket jembatan. Beres makan siang, kita naek lagi ke bukit sayangnya kali ini arah anginnya berubah-rubah & kita harus diem kaya anak ilang dengan posisi munggungin air terjun buat nunggu arah angin ga kearah kita biar kamera ga basah. Ckckkcck ahirnya ngerasain juga yg namanya ujan lokal. Lumayan lama sih kita bertahan dengan posisi ala anak ilang kaya gitu, yaaa lumayan juga sih dapet beberapa foto, tapi sayang sekarang sih fix ujan juga. Ahirnya kita turun ke warung yg tadi, makan pisang goreng (lagi), ganti baju & siap-siap pulang.

VIEW DI SEKITAR CURUG CITAMBUR

CURUG CITAMBUR

CURUG CITAMBUR 2

Jam 4 kita kluar dri Curug Citambur lewat jalur kita pergi tadi, tapiiii tiba-tiba ada ide buat nyobain jalur Cianjur, hmmm okelah saya juga penasaran sih sebenernya, jadi ya hajar deeeh. Tapi klo kaya gini sih, pupus sudah harapan pulang cepet hahaha. Ternyata bener kata ibu yang diwarung tadi, kalau lewat Cianjur jalannya bagus, jalannya full turunan, belok-belok, tikungan tajem, view jurang, sawah, kebun, tebing, air terjun di tebing, jalan mulus sepanjang Kec. Pasirkuda-Kec. Tanggeung & view yang juga keren. Cuaca juga asik banget hari ini, ga panas, tapi ga ujan, berawan, tapi ada juga di beberapa titik bekas ujan, kita cuman kebagian suasana abis ujannya, ga sampe keujanan. Diatas bukit, kita berenti sebentar buat foto-foto lagi, dari sini kita liat jalan yang bakal dilewatin, ternyata kaya nyebrang ke bukit yang ada di seberang jalan tempat kita berenti & mendung sangat, udah ujan malahan, haddeehh siap-siap aja ini mah ber-basah-basahan lagi seperti biasa. Jam 5 kita baru sampe di Tanggeung & ga lama kita keluar dari jalan kecil & masuk ke jalan utama. Yap jalan utamanya ga laen ga bukan jalan arah Cianjur-Sindangbarang weew.... sesuai petunjuk jalan, ke Sindangbarang 47 Km, Cianjur 69 Km, Bandung 120 Km weeew ah mu nyampe jam berapa ini haha

VIEW SAWAH

JEMBATAN KEC. PASIRKUDA-KEC. TANGGEUNG

Kita keluar di Kecamatan Pagelaran, jalan masih lumayan mulus & mulai nanjak, di sisi kanan kita view tebing-tebing yang tadi dideket kita sepanjang jalan dari Pasirkuda-Tanggeung sekarang udah menjauh. Kita berenti lagi buat foto, kebenran viewnya bukit-bukit yang udah kita lewatin tadi. Kalau diliat dari sini, perjalanan kita tadi nyebrangin bukit, jalannya masuk ke balik bukit yang satu ke bukit yang lainnya, bener-bener jauh ternyata kita dari tempat kita dateng dari arah Ciwidey. Bukit-bukitnya memanjang kearah Selatan, pantai Selatan Jawa Barat ditambah langit sore yang campur aduk antara langit daerah cerah tanpa ujan, daerah berawan, daerah hujan, & daerah yang baru aja selesai hujan, perfect scenery. Berhubung udah 6 truk pasir ngelewatin tempat kita foto-foto, kita pun tersin jalan lagi dengan tambahan susah payah nyusul 6 truk pasir. Sampe ahirnya kita sampe Kec. Sukanagara. Sukanagara, jadi inget Bi Feni, adik mamah yg paling bungsu, waktu pertama kali jadi guru, ditempatinnya di Desa Cioray, Sukanagara, Cianjur. Setelah 2 bulan Bi Feni tugas disana, saya sekeluarga -lengkap sama kakek, nenek, ade-ade mamah- kesana dengan kondisi jalan yang cukup buat syok anak kelas 2 SD, jalan batu, tikungan tajem, turunan & tanjakan sadis, ujan, belum ada penerangan listrik, suasana desa yg bener-bener asing & beda banget sama dirumah. Yah, percaya deh baru 5 menit ada disana, saya waktu itu yg masih kelas 2 SD udah pengen pulang aja padahal itu lagi ujan gede & udah gelap. Tapi saya belum tau pasti, Sukanagara yang dulu saya datengin, sama kaya Sukanagara yang sekarang saya lewatin. Sukanagara yang saya lewatin, jalannya mulus (ya iyalah jalan utama), view kanan-kirinya bukit-bukit kebun teh yang cantik, deretan rumah-rumah yang berjarak-jarak, truk pasir yang dominan lewat.

VIEW SUNSET DARI PUNCAK KEBUN TEH

VIEW SUNSET PUNCAK BUKIT KEBUN TEH 2

Sampe tiba-tiba motor temen saya belok ke kiri, kearah kebun teh yang jalannya nanjak. Ternyata mau hunting sunset dari puncak bukit kebun teh. Jalannya lumayan najak plus batu, untungnya ga jauh dari tempat kita masuk ada 1 bukit yang lumayan tinggi & punya view sunset yang pas, jadi ga usah terlalu jauh masuk ke dalem, kebun teh, soalnya aga ngeri juga, selaen sepi, ga tau ada dimana, mau magrib, jauh dari rumah penduduk & ditutup bukan untuk umum pula, kalo ada apa-apa bisa repot, masih jauh dari rumah + kita cuman ber-4. Ternyata buat nanjak keatas bukit itu gada trek umum, semuanya trek kecil yang biasa dipake pemetik teh buat kerja, jadi yaaa lumayan juga harus jalan nanjak ditengah pohon teh yang tingginya diatas pinggang kita. Dan sialnya lagi, jalur yang saya pilih view di puncaknya ga begitu keliatan, kehalangan pohon, jadilah kita harus naek lagi lebih tinggi & melipir ke sisi aga kanan bukit daaan barulah dapet view sunset yang jelaaaas. Yap, langit sunsetnya keren, kalao liat ke arah kiri dari view sunset awannya mendung sangat, di bagian belakang kita juga mendung sangat, tapi di sisi kanan sunset, berawan menuju cerah. Puas dapet sunset, kita turun & balik sebelum gelap, ga ada senter, jalan sepi, ga tau ada dimana + feeling ga enak aja klo udah gelap masih disini. Begitu keluar dari jalan di kebun teh, kita berenti lagi buat Solat Magrib. Jadi, begitu jalannya bener-bener gelap, baru deh bisa full jalan tanpa berenti, soalnya udah ga ada yang bisa diliat lagi heu heu.

Ga lama kita jalan, kita masuk ke Ibukota Kecamatan Sukanagara, yaaa lumayanlah jalannya aga melebar dikit, mulus, lebih banyak rumah, tapi ga berapa lama, kita kembali masuk hutan. Kali ini bukan bukut-bukit kebun teh, tapi hutan pinus hmmm udah lebih tinggikah posisi jalannya sekarang?? Ternyata di hutan ini kita harus nyusul 3 truk pasir daaan susaaah sodara-sodaraaa... tikungannya tajem, jalan jelek, sempit, truknya pun ga bisa ngasih kita space buat nyusul soalnya lebar jalannya ga memungkinkan huhhu jadilah susah payah. Setelah suskes nyusul 3 truk itu, jalannya nanjak & sepiiiiii + gelaaaaapppp & tinggal ada kita ber-4 aja di jalan itu, lumayan serem juga, takut ada apa-apa, ditengah-tengah hutan, oh dan ampir bulan purnama juga (abaikan). Entah berapa lama jalan, jalannya makin nanjak, jelek, pokonya ga nyampe-nyampe & ga tau juga ini jalur Cianjur belah mana, sampe ahirnya saya nemu papan penunjuk arah "Situs Megalitikum Gunung Padang" haaaaah??? ya ampun ini jalur waktu pulang dari Gunung Padang + Curug Cikondang?? ckckckck jauh bangeeet muternya. Dari jalan ini sampe Cibeber aja bisa sampe 2 jam, Cibeber-Terminal bisa 1,5 jam, Terminal-Bandung 2 jam, haddeehhh mu nyampe jam berapa iniii... ini aja udah ampir jam set 8 malem huhuhu

VIEW KEBUN TEH EDIT

Ahirnya sampe Cibeber-Terminal Pasir Hayam. Sampe di Terminal Pasir Hayam, pas jam set 9 malem. Isi perut duu skaligus lurusin badan, sumpah aslinya pegel banget deh ini badan. Tapi seengganya klo berangkat dari terminal ini udah cukup malem, masuk Padalarang-Cimareme-Cimahi ga terllau macet, ga macet malahan heu heu. Jam 9 malem kita terusin jalan menuju Banduuuuuung!!! Rumaaaahh!! tapi masih 2 jam lagi darisini & saya ngantuk sangat, malahan di jalan Cianjur-Ciranjang bener-bener ga kuat ni mata udah merem-merem sampe ahirnya motor saya ampir, nyaris nabrak kucing yg tiba-tiba aja nyebrang. Langsung melek deh ga ngantuk lagi. Bener aja begitu udah mau deket Ciburuy, biasanya mobil-mobil udah mulai ngantri, sekarang, kosong melompooong, sama juga pas ngelewatin Padalarang-Cimareme-Cimahi. Dan ahirnya jam 11 malem baru bisa smape rumah. Nyampe rumah langsung mandi trus tiduuurrr zzzzz...... Bener-bener survey yang wooow.