Dya Iganov

Selasa, 07 Februari 2012

HIKING GOKIL MANGLAYANG

Entah kenapa pulang dari Semeru, jadi makin semangat naek gunung, tapi dengan kondisi keuangan yang memprihatinkan pasca Semeru, jadilah hanya bisa "kangen naek gunung". Tapi ternyata ada 1 temen yang nanya-nanya tentang Manglayang. Hmmmm boleh juga tuh, selaen deket masih di Bandung, belum pernah, treknya pun kecil-kecil cabe rawit, bisa pp, & pastinya biaya muraaaaahhh jadi iseng deh minta ikutan, ternyata hayu-hayu ajah kata temen. Tapiiii berhubung rencananya 2 hari setelah saya pulang dari Semeru, bingung juga nih minta ijinnya, pasti curiga & ga akan diijinin langsung hajar nanjak lagi setelah kemaren berhari-hari menghilang dari peradaban hiruk pikuk Kota Bandung (ceileh). Jadilah fix tanggal 12 Januari hari Kamis berangkat & udah ngajak beberapa orang juga.

KAMIS, 12 JANUARI 2012

Ahirnya setelah rempong ngumpulin orang, kekumpulah 6 orang, formasi seperti biasa, tim Bandung yg punya banyak waktu luang heu heu Berhubung ini arahnya lebih deket kalau pergi dari rumah langsung, jadilah ahirnya janjian jam 8 di Batu Kuda. Tapiiii ternyata ada 1 orang temen yg ga ada kabar, sempet bikin rempong juga, dan ahirnya sepakat buat ditinggal sajaaaah. Berangkat dari rumah jam set 8 dan kena macet di Cibiru weeew baru pertama kalinya lewat sini jam segini, ternyata macet juga yah heu heu. Begitu udah masuk ke jalan ke arah Batu Kuda, saya smaa temen saya berenti dulu diwarung ngopi sambil nunggu 1 orang temennya temen saya + 2 orang temen saya yg masih di jalan. Ga lama temennya temen saya dateng & ahirnya kita terusin jalan ke Batu Kuda, mending ketemuan sama 2 orang lagi di Batu Kuda aja. Ternyata jalan yang saya lewatin ini sama kaya jalan yang saya lewatin di taun 2006, jamannya saya baru lulus SMA, nunggu pengumuman kelulusan SPMB (sebutannya jaman dulu), sering banget iseng-iseng jalan-jalan ngikutin jalan & salah satunya jalan ini. Waktu tahun 2006 saya cuman berenti sampe di tanjakan paling curam. Haaa dari awal saya tau tentang pendakian ke Manglayang, ga ada gambaran sama sekali Batu Kuda itu dimana, eehh ternyata saya udah pernah kesinilah jauh sebelum saya kenal dunia travelling. Oke, ga perl waktu lama buat sampe ke Batu Kuda, tapiii seperti biasa masalah ada di kondisi jalan. Jalan ke Batu Kuda setelah tanjakan curam tadi jelek banget, tapi beberapa meter kemudian sih udah di beton (entah beton entah semen aja). Hmmm berarti sebelum dibenerin ga kebayang deh jalannya jeleknya kaya apa huhuhu.

Sampe Batu Kuda belum ada siapa-siapa, baru kita ber-3 & udah mulai mendung aja, haddeehh kalau ujan repot nih, bakalan super licin jalannya. Kata temen-temen yang udah pernah kesini sih treknya supeeeerr licin, jalur air, nanjak terus, pokonya kecil-kecil cabe rawit deh. Emang sih kalau dari segi ketinggian, ga seberapa, hanya 1.818 m dpl, tapiiii treknya itu looh lumayan juga hahaha. Sekitar 30 menit, temen saya yg 2 lagi nyampe, yg 1 lagi? ah palingan masih tidur huhuhu. Ahirnya jam set 10 kita mulai nanjak. Sebenernya ga ada yang tau treknya kemana, ada sih petunjuknya jalan ke arah puncak kemana. Batu Kuda di hari biasa itu bener-bener sepi, hanya ada kita sama 1 rombongan yang lagi pada hunting foto, warung-warung pun pada tutup, ditambah 2 orang penjaga. Di bawah tadi kita sempet nanya penjaga arah nanjaknya kemana, sama sih nunjukinnya kesini, jadi yaa terus aja.... Kita sempet nanya juga sih sama yg lagi pada hunting foto arah ke Batu Kuda kemana, kata mereka, ikutin aja jalan setapaknya. Tapi ternyata ngikutin jalan setapak disini ga segampang kaya di gunung-gunung laen, jalan setapaknya malah ilang & bercabang juga, haddeehh. Ahirnya setelah cek jalur, nemu juga jalurnya, bener-bener ga keliatan deh klo ini trek buat naek. Bener aja, jalannya dari tadi nanjak terus & tipe trek yang bakalan super licin kalo ujan. Jalan sebentar, ternyata ada 2 orang yg lgi turun dri Manglayang, keliatan dari baju + peralatan yg dibawa. Ternyata ini yang namanya Batu Kuda.... Tanah datar aga luas yang dipinggirnya ada batu yang bentuknya kaya kuda di ketinggian 1.818 m dpl. Kita istirahat disini.


Treknya pas masih di bawah

Trek hutan bambu

Cukup istirahat, kita terusin lagi jalan, tapi ko ada yg aneh, jalannya kemana yah?? jalan setapak yang tadi ilang gitu aja, di depan kita sama sekali ga ada jalur pendakian. Ahirnya temen saya nanya dulu sama 2 pendaki yg dibawah, katanya sih terus aja, ikutin treknya, cuman ada 1 ko, sedikit bingung juga nih ama jawabannya, masalahnya sama sekali ga ada yg namanya trek/jalur, cuman ada semak belukar. Ah, didepan kita ada sih yang menyerupai jalur pendakian, ya udahlah hajar aja kesitu. Ga berapa lama nanjak, tau-tau jalur yang kita lewatin buntu. hiaaaah Ahirnya kita turun lagi ke Batu Kuda & temen saya nanya lagi, waduh bener-bener deh lama gara-gara nyari jalur haha. Ahirnya nemu juga jalurnya, kebeneran ada warga yang abis ngambil kayu, oooh jadi itu toh jalurnya.

Yap, kita pun mulai nanjak. Bener-bener deh ini jalurnyaaa.... licin abiiss + nanjak teruuusss. Sampe ahirnya jalannya bercabang lagi, ntungnya disana ada bapa-bapa lagi motong bambu, kata bapa itu, jalannya ambil yang kanan. Hmmm yg kiri sih sebenernya ada juga jalan setapak, tapi keciiiiil banget. Nanjak pun diterusin sampe ahirnya nemu tanah atar, ga terlalu luas sih, dari sini view kearah Bandung Timur bagus juga, malah sampe gnung yang ada di daerah Majalaya juga keliatan, disini kita istirahat lagi. Beres istirahat nanjak lagi, tapi ini ada yg aneh, jalannya bercabang lagi, tapi 2 2nya nyaris ga ada jalurnya. Yang ke kanan, jalurnya kaya ditutupin sama batang bambu, tanda bukan jalur pendakian, tapi ada jalurnya turun tapi emang ke arah jurang sih. Yang ke kiri, jalannya aneh, harus aga manjat & atasnya kaya ditutupin sama pohon bambu yang batangnya ngerunduk semua, jadi kaya atap & liciiiiiin banget + miring banget haddeehh trek apaan ini???

Ternyata itu belum seberapa, setelah kelar dari "lorong bambu" tadi, kita harus jalan aga nyerong ke kiri dengan posisi nanjak + trek yang licin sama tanah & daun-daun bambu, ga ada buat pegangan, miring banget, jalur lebar, addeehhh udah deh perjuangan banget. Pelan-pe;an 1 1 temen saya jalan ke arah kiri, dan setelah aga nyerong ke kiri pun, jalannya masih tetep nanjak, licin, dan semenjak masuk "lorong bambu" tadi, treknya ilang pisan ketutup daun & jalurnya juga malah melebar. Perjuangan pun diterusin dengan nanjak dengam kondisi trek yang bener-bener lebar, ga ada baut pegangan, licin, daun bambu dimana-mana, miring banget, jarak nanjak pun jauh. Di sebelah kiri dari tempat kita nanjak, ada jalan setapak lagi, yang masih licin tapi lebih manusiawi deh aripada yang ini.


Puncak Manglayang didepan mata

Hutan pinusnya

Bener-bener perlu waktu cukup lama biar bisa naek kesini, salah dikit bisa kepeleset & langsung ngeluncur serodotan & harus ngulang nanjak lagi haddeehhhSetelah semua berhasil naek, kita terusin ke jalur setapak yg ada di kiri, tapi tetep aja kerasa aneh, jalurnya ko gini-gini banget ya?? kalo emang ini jalurnya, harusnya banyak juga yg lewat sini, tapi ko ini jalurnya kaya ga pernah dilewain orang?? apa mungkin musin ujan, jadi jalurnya kaya gini?? tapi kayanya ga mungkin deh sampe segininya banget, apalagi Manglayang sekarang lumayan banyak yang naek & lewat Batu Kuda. AHirnya di tengah2 trek, kita berenti & nlp temen yang udah sering ke Manglayang lewat jalur sini. Tapiiii nanya jalur & jelasin posisi kita yg ada di tengah antah berantah itu susaaaah banget.

Instruksi dari temen sih, katanya ambil aja jalan ke kiri pas di hutan bambu, bener ko, setelah berkali-kali yakinin posisi kita sama gambaran posisi kita yang dia tangkep, ahirnya kita terusin nanjak. Treknya bener-bener ga keliatan, ketutupan daun malahan ada beberapa batang bambu yang tumbang, ngalangin jalan & ga ada yg bersiin, kelitan banget ni trek jarang dilewatin haddehh. Ternyata bukan hanya di trek nanjak tadi aja yang jadi hambatan nanjak. Diujung trek ini, jalannya bercabang lagi, jalan ke kiri lebih manusiawi tapi tetep aja sih sebenernya ini susah banget! Udah licin, trek ketutupan daun bambu, ngangkat kakinya pun harus tinggi banget. Buat ngelewatin trek ini, harus bersiin jalur dulu dari daun sama batang bambu, ya ampuun ini trek apaan yah??

Beres bersiin trek, 2 temen saya naek duluan buat cek jalur sama bantuin yg di bawah, tapi ternyata mana ada yg bantuin, ahirnya kita ber-3 naek dengan usaha sendiri aja dengan susah payah tentunya. Nyampe di ujung tanjakan, treknya ilang lagi. Ampuun daaah ini sih jalan buntu. Ada 2 jalan, ke kiri yg tetep nanjak tapi ko lebih ketutup, pohon-pohonnya lebih rindang, masa iya sih kita harus nanjak setengah jongkok?? kayanya ga mungkin banget deh... seumur-umur naek gunung belom pernah deh nemu trek yang harus dilewatin setengah jongkok dengan posisi trek nanjak & licin abis. Jalur di kanan, nampak ketutup semak belukar, tapi keliatan kaya buntu, ga ngarah kemana-mana, dan 2 temen saya yg tadi naek duluan, masuk ke salah satu jalur buat cek jalurnya kemana, ya ampuun. Kita ber-3 sih mutusin buat duduk seadanya sambil nunggu. Aslinya mau cari posisi duduk pun susah, gara-gara miring banget, licin, trek sempit & miring banget ampuuun deeeeeh


View dari tempat yang kita kira puncak bayangan

Trek yang sempet ilang

Batu Kuda

Lumayan juga kita nunggu, ahirnya 2 temen saya yg tadi cek jalur dateng juga, tapi mereka dateng dari jalur yang sebelah kanan, padahal katanya tadi naek dari jalur yang sebelah kiri. Aaaahh bener-bener deh ini, jalurnya membingungkan, curiga kita udha nyasar dari awal hahaha. Kata temen saya, ada jalan ke atas, tapi bahaya & sepakat bat turun lagi, ya ampuun tadi naek aja udah susah payah, sekarang juga harus perjuangan turun heu heu. 2 temen saya malah turun buka jalur ke sebelah kiri (kalo dari bawah, jalur yg cabang sebelah kanan) & asli maen perosotan. Kita ber-3 sih mending lewat jalur yg barusan dilewatin aja deh & sama susahnya deh. Sampelah kita di trek yang jaurnya melebar tanpa pegangan, haddeeeh ini antara 2 pilihan, lewat jalur naek tadi apa terus maen perosotan ambil jalur yang sebelah kanan, tapi takut juga jalur kanan ga nyambung ama trek turun & malah ke jurang. Ahirnya kita milih uat maen perosotan ke arah kiri dengan susah payah, ada yg pake acara jatoh juga, rem kaki dsb. Beres dari trek ini, kita tuurun lgai buat masuk ke "lorong bambu". Beres dari lorong bambu, kita turun terus, berhubung di bawah ternyata udah aga mendung aja. Di tengah jalan, ada cabang ke arah kanan, jalannya ga beda jah sih sama yg tadi kita lewatin, sama-sama nanjak parah, hutan bambu, treknya ketutupan daun & batang, licin, miring banget. 2 temen saya yg tadi cek jalur tetep penasaran sama jalur ke puncak & ahirnya mereka mutusin buat cek jalur yang ini juga ckckckc Saya yg awalnya mau nyusul, ga jadi deh, liat treknya bener-bener miring, daripada bolak-balik ngabisin tenaga, mending nunggu aja deh. Lumayan lama juga ni temen yg 2 cek jalurnya, tapi ahirnya nongol jga dan gagal juga. Katanya trek diatas ampis-ampir sama kaya trek yang tadi kita lewatin, ga jelas mana yg kearah puncak. Yaaah ahirnyaaa kita turun sajaaa. Gagal deh ke puncak Manglayang, tpi gpp deh daripada kenapa-kenapa ntarnya.

Di tanah datar yg kita kira puncak bayangan, kita berenti lagi istirahat sambil pada bersiin sepatu dari tanah + daun. Jalan lagi & baru juga mau masuk hutan pinus di tempat outbond Batu Kuda, ujan gede ga pake basa-basi. Aaaahhh untung udah dibawah, kalo masih diatas, ga ngerti deh gimana nasib kita, liciiiin banget, bisa-bisa full perosotan sampe bawah. Ini aja jalan ke arah warung-warung di sisa trek pendakian udah susah payah gara-gara licin, padahal ga terlalu miring. Ahirnya berhasil sampe di warung terdekat, untung warungnya kosong, jadi kita bis aberteduh disitu. Disini udah bener-bener sepi, cuman tinggal kita ber-4 sama 1 orang penjaga yg tadi sempet kita tanyain jalur pendakian. Begitu ujan reda, ga pake basa-basi langsung deh turun. Sebelum ke parkiran sempet ngobrol dulu sama penjaga tadi, katanya kita emang salah jalur dari awal. Harusnya dari awal masuk tempat outbond kita ambil jalan kekiri (sambil ditunjukin jalurnya ama c bapa) & katanya kalau lewat situ mah lebih jelas jalurnya, bersih & emang jalur umum. Kalau jalur yang kita lewatin mah bukan jalur umum, itu mah jalur warga buat ambil bambu, itu juga ga sampe atas banget. Kalaupun ada yg lewat jalur kita tadi, itu buat pada turun & pake tali. Wuoooowww sementara kita?? cari jalir sendiri, naek tanpa bantuan alat-alat, malah bersiin jalur sendiri, gokiiiill.

Tujuan begitu turun dari sini apalagi kalau bukan tempat makan, udah laper mampus dari tadi. Ga bawa bekel makanan, nanjak & turun bener-bener nguras fisik, jadilah kta semua kelaperan berat. Ahirnya kita makan batagor di deket Bunderan Cibiru (jah yak??) Dan abis amkan kita pisah, pulang ke rumah masing-masing dengan bawa oleh-oleh sepatu + celana supeeeerr kotor sama tanah Manglayang. Pheeww berarti Manglayang harus remedial nih hahaha

Terimakasih buat temen-temen yg udah mau ber-gokil ria maen perosotan + nyasar-nyasar di Manglayang, jangan kapok yak, maaf kalo ada salah & ngerepotin.


Full team 1

Full team 2