Dya Iganov

Senin, 27 Februari 2012

TOURING CURUG CITAMBUR

Ahirnya setelah survey & galau tanggal, list peserta yang berubah-ubah, ahirnya fix tanggal 12 Februari dengan komposisi 11 motor, 19 orang, 6 motor dri Jakarta, 5 motor dari Bandung, mulailah kita touring ke Curug Citambur, curug tertinggi no 7 di Indonesia, yiipppii.

MINGGU, 12 FEBRUARI 2012

Sesuai rencana, kumpul di Alfamart, tapi tetep aja, janjian jam 7, baru kumpul jam set 8. Ternyata dari awal janjian yang cuman ber-5, jadi nambah 1 orang, yap, nambah 1 orang seniornya 1 temen saya yang ikut ke Citambur hari ini. Kita sengaja pergi lebih awal, soalnya udah janji mau nganterin temen buat hunting foto dulu dari Rancabali-Cibuni, termasuk ke Kawah Rengganis. Sementara yang 2 orang lagi temen saya dri Bandung & Ciwidey janjian di pertigaan Rancabali-Cipelah jam 11. Kita pun berangkat. Ternyata pergi kearah sana di hari Minggu ini banyak ini-itunya, banyak yang keluar & pasar kaget, lumayan lebih lambat dibanding hari biasa, jalannya rame. Berhubung ngejar waktu, kita cuman berenti buat isi bensin aja & lanjut berenti di jalan setelah Situ Patenggang buat ambil foto. Cuacanya lumayan mendukung, cerah, tapi ga terlalu panas, ga ada kabut.

VIEW DARI JALAN MASUK KAWAH RENGGANIS 1

VIEW DARI PINTU MASUK KAWAH RENGGANIS 2

VIEW BUKIT CIBUNI 1

VIEW BUKIT CIBUNI 2

VIEW BUKIT CIBUNI 3

VIEW BUKIT CIBUNI 4

Dari sini, kita terusin buat masuk ke Kawah Rengganis. Dari pertama kali masuk kesini, ga ada yang berubah, jalannya tetep aja jelek, tapi kali ini ga ujan jadi jalannya ga selicin & sejelek dulu. Sampe di kawahnya, seperti biasa, sepi. Kita titipin tas di warung yang dulu pernah kita datengin & ambil foto. Berhubung kosong, hanya ada beberapa warga sekitar yang mandi & cari kayu. Hmm ahirnya bisa kesini pas lagi cerah, bener-bener beda dari view yang didapet pas kesini lagi ujan & kabut. Cukup foto-foto, eksplore & foto keluarga disini, kita terusin ke arah puncak bukit di Cibuni. Sampe ke bukit cuaca masih bersahabat banget, mataharinya udah ga terlalu panas, tapi ga ada kabut. Ahirnya dapet juga foto di puncak bukit tanpa kabut. Sebenernya menggoda juga sih buat nerusin ke puncak gunung kalau cuacanya kaya gini, siapa tau dapet view jelas ke arah jurang, tapi, ternyata udah jam 11 & 1 temen saya udah sms nanyain posisi kita dimana, soalnya dia udah di pertigaan. Oke, berhubung target hunting foto juga udah beres, kita segera meluncur ke pertigaan.

KAWAH RENGGANIS 1

KAWAH RENGGANIS 2

KAWAH RENGGANIS 3

KAWAH RENGGANIS 4

Ternyata nyampe pertigaan, temen saya yg tadi ga ada. Tapi disini saya janjian sama 2 orang & 2 2 nya jalan masing-masing. Saya coba tlp temen saya yg 1 lagi, ternyata dia ga jadi ikut karna ada urusan & temen yg tadi sms sempet ngehubungin dia & nanyain posisi kita. Hmmm curiga temen saya itu bablas terusin kearah Cipelah. Sambil nunggu temen saya itu sapa tau balik lagi, kita coba ngehubungin yg dari Jakarta, katanya sih udah lewat Terminal Pasir Hayam & sekarang lagi nunggu yg lagi tambal ban. Hmmm berarti mungkin sekitar 2-3 jam lagi mereka nyampe. Sedangkan kita, mungkin 2 jam lagi juga nyampe. Ahirnya kita mutusin buat terusin jalan, kalau emang dia belok ke kanan sih harusnya aman & bisa ketemu disana aja. Kita pun nerusin jalan, dan ahirnya di jalan yang belok-belok, dari atas, kita liat ada 1 motor berenti di 1 warung, hmmm dari motor & jaketnya mirip sama temen saya yg janjian di pertigaan. Ternyata pas disamperin, bener aja itu temen saya, ahirnyaaa kumplit juga ni timnya. Tapi sayang, saya ga sempet berenti di kebun teh pertama Cipelah & bablas sampe kluar permukiman pekerja perkebunan & berenti disana nunggu beberapa temen saya yg berenti buat foto dulu sebelum masuk ke permukiman perkebunan Sinumbra. Ga lama, temen saya udah gabung lagi, dari jalan ini keliatan jelas kalo didepan mendung banget & ada sebagian daerah yang udah ujan, waduh, semoga aja ga harus ujan-ujanan deh. Ahirnya kita sampe ke jembatan di tengah bukit & udah mendung banget. Kita berenti lagi di kebun teh terakhir buat mabil foto, tapi sayanganya belm lama kita berenti, gerimis. Yah, kalo udah gini, semua kamera & hp masukin ke tempat yang aman & pake peralatan tempur touring, yap, kita siap buat nerusin perjalanan ditengah ujan lumayan deres.

Baru juga sebentar kluar dari shelter & masuk ke Desa Cipelah, ujannya makin lama makin deres, haddehh ya sudahlah gpp, dah biasa juga ujan-ujanan jalan jauh pake motor, sama kaya waktu touring pas Natal, keujanan full sepanjang jalur Cukul-Rancabuaya, total 6 jam dengan kondisi jalan yang super mengerikan. Hmm sebenernya keujanannya sih gpp, tpi di jalur ini juga jalannya lumayan mengerikan juga. Sialnya pas ujan gede, kita baru belok dari Pasar Desa Cipelah yang jalannya jelek banget, batu + tanah, licin & turuuuun terus. Bener-bener harus pelan-pelan banget, salah dikit bisa jatoh & guling-guling maen perosotan di jalan. Sampe Desa Cisabuk masih ujan juga, dan saya lupa ada 1 tanjakan lumayan berat disini daaaann bener aja ditengah ujan gede + jalan licin, motornya mati ditengah-tengah hahaha dan saya pun harus turun dulu & motornya didorong sampe atas. Hmmm ditanjakan ini aja udah epot, apalagi klo pulang yah?? jalan yang full turunan batu & panjang kalo pulang bakalan jadi tanjakan panjang licin dengan perkerasan batu, weleh, curiga harus turun & trekking lagi haha. Niat buat foto Curug Cisabu 1 & 2 pun batal sudah soalnya ujannya nampak belum mau berenti. Ga lama ahirnya kita masuk ke Kab. Cianjur & ujannya udah ga segede tadi, malah pas ampir sampe di Citambur ujannya cuman germis aja & nyampe Citambur malah ujannya berenti. Haddeehh jadilah kita basah kuyup ga jelas di Curug Citambur.

VIEW PERKEBUNAN TEH SINUMBRA 1

VIEW PERKEBUNAN TEH SINUMBRA 2

VIEW PERKEBUNAN TEH SINUMBRA 3

Nyampe Curug Citambur langsung ke warung Ibu yg kamren kita datengin, begitu kita dateng langsung disambut sama pisang goreng batan Ibu yang uenaakkk. Kata Ibunya "Aduh, Neng, meni siang teuing. sugan teh bade enjing-enjing, mun rada enjing mah moal kahujanan, tadi mah panas." Jiaaahh kurang beruntung kita kali ini ternyata hahaha. Sambil makan gorengan sambil nlp yg Jkarta nanyain posisi, sambil beli lauk buat makan siang. Ternyata yang Jakarta udah masuk ke jalan kecil dri eprtigaan Sindangbarang-Pagelaran-Tanggeung, tapi ga tau di sebelah mana, perkiraan mereka sih 1 jam lagi nyame, soalnya disana ujan gede & lagi neduh dulu, weddeehhh ternyata ini udah jam 3 lebih sodara-sodara..... pantesana aja Ibunya bilang kita siang banget kesininya, saya kira ini masih jam 2an loh hahaha. Ya sudahlah sambil nunggu yg Jakarta, kita makan siang dulu. Ga lama abis makan siang, sekitar jam 4, yang ditunggu-tunggu dateng juga. Yap, 5 motor @ 10 orang dari Jakarta nyampe dan suasana sekitar Curug Citambur yang tenang & sepi berubah jadi rame & rusuh. Setelah kumpul, ternyata masih kurang 1 motor, kata TL nya sih motor yang itu nyasar udah lumayan jauh & sekarang lagi perjalanan buat balik lagi & ke arah Curug Citambur, weddeehh. Berhubng udah sore, langsung aja kita ke Curugnya. Ada yang trekking, ada juga yang bawa motor kesana. Untungnya sekarang udah ga ujan, hanya mendung & aga gelap soalnya udah sore juga.

Nyampe di area Curug, ternyata kakek-kakek yang kita nobatkan sebagai kuncen Curug Citambur ada disana, masih sama kaya waktu pertama kali kita kesini di hari Senin kmaren, masih setia ngawasin sawah-sawah dari burung, bersiin sampah, dan keliling-keliling di sekitar area curug. Hmmm sayang ga sempet banyak ngobrol sama kakek ini & ga sempet nanya-nanya juga ke Ibu warung tentang kakek-kakek ini, padahal dari kakek ini saya tau ada jalan buat ke bawah, ke arah sungai, ngelewatin jalan semen katanya, nyusurin sungai, malah kalau ngikutin jalan semen ini ke arah curug, kita bisa naek ngedeketin curugnya. Dan kakek ini ga ikutan turun waktu ujan pas kita survey di Senin kemaren, kakek ini tetep diem diarea curug padahal udah ujan. Oke, saya nyapa sedikit kakek itu & bilang kita mau maen di curug, dan kaya sebelumnya, kakek itu cuman jawab sambil senyum "mangga, Neng."

CURUG CITAMBUR 1

CURUG CITAMBUR 2

CURUG CITAMBUR 3

Nyampe curug langsung foto-foto diatas bukit yang ada didepan Curug Citambur, berhubung saya udah pernah ambil foto disitu, saya terusin ikutin jalan setapak ke arah bawah, kemaren waktu survey saya belum ke jalur yang ini gara-gara keburu ujan. Ternyata dujung jalan setapak yang ini ada 1 spot yang bisa liat Curug Citambur lebih jelas lagi, bisa keiatan aliran air dari curug ke sungai, tapi tetep aja disini juga ga lolos dari cipratan air, jadi baru juga diem disini sebentar udah full basah banget kaya udah keujanan 1 jam. Tapi, ga ngurangin rusuh kita buat foto-foto disini. Ternyata bener aja kata kakek itu, ada jalan semen buat ke aliran curug malah sampe persis dibawah Curug Citambur yang super deres. Yap, ternyata jalan semen yang dimaksud kakek ini, saluran air/solokan yang dipinggirnya ada kaya semen buat jalan persis kaya trek ke Curug Kanteh yang treknya ada disamping sungai buat saluran irigasi dengan perkerasan cuman semen aja. Hmmm sebenernya udah mau coba baut nyusur jalan semen ini kearah curug, tapi nampak lebih pad amilih buat foto-foto, jadi ya sudah, kita foto-foto saja. Ternyata ada 2 orang temen saya yang udah ada dibawah, entah darimana jalannya. Ternyata jalannya turun persis dari belakang tempat kita foto-foto, emang sih treknya ga jelas, ketutup sama semak-semak + licin banget & ini kayanya ini jalur penduduk sekitar buat ke ladang, jadi yaaa kalo buat objek wisata & wisatawan jalurnya ga layak buat dibilang trek, apalahi di cuaca kaya sore sekarang ini, abis diguyr ujan + sepanjang jalur masih sedikit kena cipratan air dari Curug Citambur, jadi, harus ekstra hati-hati & pake alas kaki yang sesuai ama medan disini.

Bener aja pas nyoba turun, lumayan juga, ga ada treknya, harus pinter nyari kemana arah pijakan kakinya, soalnya ketutupan ama semak belukar & ada beberaa yang ternyata menipu, keliatannya aja pijakan, tapi ternyata jurang weew. Selain licin & harus pinter-pinter liat pijakan, ternayta ini turunannya lumayan tinggi, haddeehh ga kebayang ntar naeknya gimana. Ternyata ga sampe situ aja, diujng turunan, jalannya datar, tapi full lumpur & licin, soalnya ini kaya undakan buat nanem tanaman jadi kita harus berbecek ria disini & turun dari undakan yang ini ke undakan di seberang buat dapetin view Curug Citambur yang full, dari ujung atas tebing smape airnya jatuh & ngalir ke sungai dibawah yang arusnya sama deresnya. Ternyata bener aja di undakan depan kita ini, sama sekali ga kena cipratan air Curug Citambur & isa liat dengan jelas kaya gimana Curug Citambur lengkap plus ada jalan buat ke samping sungai, yaaa dan rusuh foto-foto pun dimulai.

CURUG CITAMBUR 4

CURUG CITAMBUR 5

CURUG CITAMBUR 6

Sampe ahirnya jam set 6 kita baru mutusin buat naek, yak, dan lumayan juga naeknya, lumayan tinggi, becek, harus liat jalur yang bener. Sampe diatas, langsung pada ganti baju & bersiin kaki. Begitu sampe di parkiran lagi, udah lumayan gelap & ujan lagi. Sambil nunggu 1 temen yg nambal ban lagi, sambil ngemil-ngemil & ahirnya rombongan Bandung ikut pulang lewat jalur Cianjur bareng sama rombongan Jakarta, soalnya kalau lewat Ciwidey, jalannya bakal full tanjakan licin, batu, gelap & sepi, sebenernya sih 50:50 mau lewat Ciwidey atow Cianjur, kalau mau cepet nyampe rumah ya lewat Ciwidey dengan resiko aga susah di Cisabuk-Cipelah, tapi selepas Cipelah-Bandung jalannya aman hanya gelap & sepi. Kalau lewat Cianjur aman, soalnya banyakan, jalannya jga udah mulus & rame. Jadi yaaaa ahirnya 4 motor rombongan Bandung ikut kewat Cianjur & 1 motor tetep lewat Ciwidey. Yap, ahirnya jam set 7 pas kita semua jalan pulang. Hmm ahirnya ngerasain juga touring malem dengan jumalh motor yang banyak kaya gini, rasanya seru biar badan cape ampir seharian di motor & kena ujan.

Sepanjang jalan dari Curug Citambur jalur utama Cianjur-Sindangbarang, kita full jalan terus tanpa berenti lewatin tikungan-tikungan tajem, turunan & jalanan yang sepi. Begitu keluar dari jalur Tanggeung, kita berenti dulu sebentar buat cek rombongan, begitu kumplit, jalan lagi. Kita jalan sampe di kota Kecamatan Pagelaran, ternyata pas kita lewat, mati lampu haddeehh sepanjang jalan rumah-rumahnya gelap banget & kita berenti buat isi bensin bentar & jalan lagi. Kali ini jalannya bener-bener non-stop. Sampe di bukit selepas Kec. Sukanagara mau masuk ke Cibeber, di bukitnya, kabut tebeeeel banget, sampe-sampe kita semua jalannya jadi pelan-pelan banget. Lumayan panjang juga ni jalan yang kena kabut, padahal waktu Senin kita lewat sini juga udah malem, tapi untungnya ga kena kabut sama sekali, malahan cerah banget lengkap sama sinar bulan ampir purnama. Lepas dari kabut super tebel, kita berenti sebentar buat cek rombongan yang emang smepet kepisah jadi 2. Setelah lengkap jalan lagiii. Ga berapa lama, kita ngelewatin pintu masuk Situs Megalitikum Gunung Padang, dan sayangnya view ke arah Gunung Gede & Kota Cianjur malem ini ga sebagus waktu hari Senin lewat sini, sekarang bener-bener ga keliatan apa-apa, malah di beberpa titik di bukit ada kabut lagi, tapi ga setebel & sepanjang tadi.

CURUG CITAMBUR 7

CURUG CITAMBUR 8

Ahirnya jam set 11 kita sampe juga di Terminal Pasir Hayam & istirahat sambil makan malem dulu. Udah keujanan, kena kabut, hantem lobang sepanjang jalan (motor saya sih bisa diitung jari, yg bawanya profesional haha), ngantuk, meler, dingin semuanya kumplit tapi tetep, kalo rame-rame & nikamtin perjalanannya sih ga ga terlalu kerasa & jadi beban tuh semuanya. Jam 11 kita jalan lagi, disini rombongan Bandung pisah sama rombongan Jakarta. Yg Bandung terusin lewat Cianjur, yg Jakarta ambil kearah Puncak, ada jga 1 temen yg pisah soalnya rumahnya di Sukabumi, aaahh enaknyaaa udah deket, malah temen yg tadi lewat Ciwidey, jam 10 udah nyampe rumah. Aaahh klo tadi ikut lewat Ciwidey, jam 11 gini kita udah nyampe rumah masing-masing nih kayanya hahaha. Ya sudahlah pengalaman. Daann perjalanan pulang pun diterusin, kali ini cuman 4 motir saja kearah Bandung.

Jam segini sih jalannya udah ga serame kalo siang, tapi segini sih masih bisa dibilang rame, ga kaya waktu Senin kamren lewat sini, jalannya masih lebih sepi, hmmm kayanya berhubung ini malem Senin banyak yg jalan malem ke arah Jakarta atow ke arah Bandung. Malahan pas masuk Ciranjang ada 1 mobil Taruna Item yang super rese, rempong banget deh ngebut-negbut kaya orang kebelet ke WC, di Cipatat juga, truk-truk + mobil pribadi masih ngantri aja jam segini, lumayan panjang pula ngantrinya, udah jam set 12 lebih padahal. Sampe di Ciburuy pun masih rame biar ga serame kaya di Cipatat. Ahirnya masuk Cimareme. Sepanjang Cimareme-Gunung batu sih jalannya lumayan sepi, dari Gunung batu ke kampus baru aga rame. Yap, saya perjuangan saya nyampe rumah belum selesai, saya masih harus ke kampus, buat ambil motor temen yg bonceng saya (pergi ke Citambur pake motor saya), barulah dari kampus, saya dianter temen saya ke rumah. Dan ahirnya baru nyampe rumah jam set 1, hoaaahheeemmm bener-bener perjalanan yang panjaaaang. Aaaahhh Curug Citambur, entah kapan saya kesana lagi, belum amu balik lagi kesana sih hehehe. Terimakasih ibu warung, kangen pisang gorengnya, terimakasih juga buat semuanya yang ikut touring Curug Citambur, maav kalo ngerepoton & ada salah. Sampai ketemu di trip berikutnya.