Dya Iganov

Senin, 18 Juli 2011

KE "DODOLAN" DI KOTA DODOL


ME & CITRA

Cerita dodol di Kota Dodol. Jadiii ceritanya saya mau bantu temen saya (Citra) buat survey primer ke Garut. Karena TA dia lokasinya Garut, bahasannya tentang Topografi Desa, Kebeneran juga ada temen papah yang kerja di lembaga yang tugasnya berkatan sama kehidupan masyarakat pedesaan. Setelah direncanai ahirnya kita sepakay pergi hari Selasa pagi. Tapi ternyata sampe Senin siang, Citra masih ngurus surat survey di Kesbang dan katanya fix pergi Rabu pagi.

Rabu, Februari 2011
Rabu pagi udah siap-siap tapi ternyata surat belum selesei juga, padahal udah kjam 10. Ahirnya baru bisa brangkat jam 11 ke Caheum. Berhubung kita belom pernah naek bis ke Garut dari Caheum, jadi katanya ke Garut naek bisnya yang warna pink. Tapiii begitu nyampe Caheum , ko ga ada yah bisa ke Garut yang warna pink??? Ahirnya sempet puter2 di dalem terminal n ga sengaja liat bis Ciwidey-Garut, lumayan bagus n AC, ya udah langsung ajah hajar. Ternyata bisnya lumayan enak, bersih, masih baru, AC, dan bukan yang ugal-ugalan.

Jam set 12 kita berangkat, tapi baru juga nyampe Bunderan Cibiru ni bis udah ngetem lagi, lumayan lama dan begitu jalan, udah mulai macet sampe ke pertigaan tol-Jatinangor-Cileunyi weeew. Tapi selepas itu jalanan lancar. Kebeneran di luar panaaas banget ditambah kita berdua lapar n ngantuk. Ahirnya dengan suguhan film jadul Dono-kasino-Indro yang ahirnya diganti lagu rock jadul Citra pun tumbang, dan saya muali ngeluarin soulmate saya c MP3.

Sampe ahirnya di daerah Kadungora, Citra bangun n ahirnya luluh juga sama rayuan tukang Salak yang dri tadi gencar banget promosi di dalem bis, dan belilah salak, saya, yang berhubung aga males makan kalo pergi-pergian apalagi di perjalanannya
cuman bisa liatin ajah mangnya promosi. Buset deh mulai promosi dari Rancaekek n turun di Leles... moga laris ya Mang.

Tapiii lepas Leles, ternyata ujaaan, gerimis sih, tapi lumayan juga nih repot, soalnya kita ga turun di terminal, tapi di bunderan Tarogong n jalan kaki, hadddeeeehh. Untungnya lepas Cipanas, Garut, ujannya reda n ahirnya jam 2an kita sampe di bunderan Tarogong. Turun bis langsung jalan kaki ke kantor yg dimaksud. Nyampe kantor berhubung udah janjia, langsung ajah bilang perlu apa. Ternyata eh ternyata seperti biasa kalo urusan minta data ama instansi pemerintah emang lumayan ribet.
Niatnya minta data, malah jadi ditanya2 tentang TA nya n dengerin panjang lebar penjelasan tentang topografi Desa dengan kesimpulan besok pagi balik lagi aja buat ambil data yang kuran sekalian ngembaliin buku yg dipinjemin dari kantor itu.

Jam 3 urusan sama kantor beres... berhubung perut laper, kita ahirnya makan di warung nasi depan kantor, lumayanlah kenyang. Selesei makan, kedodolan pun dimulai. Tadinya awalnya mau nyoba naek delman dari kantor sampe rumah kakaknya Citra, kapan lagi, dengan sotoynya kita naek ajah delman yang udah ada beberapa penumpangnya. Daaan ternyata sempiiit banget deh, kita aga maksa, mana tas lumayan gede n berat. Saya bawa ransel n ada laptopnya, Citra bawa tas tpi ga ada laptopnya. Awal2 jalan sih biasa-biasa ajah, tapi pas udah ditengah-tengah, mulai aneh ama jalannya, ko kaya jalan mau ke arah Gunung Guntur yak?? padahal kan katanya rumah Kakaknya Citra deket sama ke arah pusat kota, nah lo. Mana ga ngerti juga ni naek delman tu kaya gimana sistemnya wakakakak

Ditengah jalan ahirnya saya pindah ke depan, smaping pak kusir yang sedang duduk bekerja, satu per satu anak2 SMA turun, tinggal saya ama Citra dan ahirnya nanya ke Pak Kusir daerah rumah kakaknya Citra dan ternyata kita salah jalur... kesasar!!
Tuiing.... Ahirnya dengan sedikit nego ama Pak Kusir, kita dianter ke rumah Kakaknya Citra dengan tarif 15rb dari 20rb yg ditawarin. Hueeeh ternyata lumayan jauh, tapi view sepanjang jalan bener2 ajiib... jalan kecil ke arah kampung di kaki Gunung Guntur, naek delman, cuman ber-2 pula... aseek daah

Jam set 4 ahirnya kita nyampe di rumah Kakaknya Citra, setelah ketemu ama kakaknya Citra, istirahat bentar, langsung jalan2 lagi, untungnya motor kakaknya Citra ga dipake, jadi kita boncengan pake motor. Tapi berhubung cuman ada 1 helm, saya ga pake helm, kita rencananya jalan ke arah Terminal, nyari jalan yang ke arah Talagabodas. Rute ke terminal lewat bunderan Alun-alun Tarogong lagi, tapiii, begitu smape alun-alun ada polisi, dan ahirnya kita mutusin buat pulang lagi ambil helm, lumayanlah sambil sekalian ngafalin jalan. Setelah dapet helm, langsung capcus lagi lewatin rute yang tadi. Hmmm jalan-jalan sore di Kota Garut, pake motor, dengan modal sotoy ngikutin jalan ke arah terminal itu punya sensasi sendiri.

Setelah lewatin Alun-alun Tarogong, kita ke arah terminal, sempet bingung juga, n ahirnya nyasar ke arah Situ Bagendit. Sebenernya menggoda sih mampir, tapi berhubung udah jam set 5 n jarak kesana ketulis di jalan 5 Km (berdasarkan pengalaman sebelumnya, 5 Km itu bisa jadi kita tempauh dengan waktu lebih dari 30 menit) ahirnya kita mutusin balik arah n cari jalan ke arah terminal. Ahirnya setelah kembali ke jalur yang benar, sampelah ke daerah terminal, wuiihh saingannya bis-bis yang baru mssuk Garut. Setelah sampe depan terminal, ga ngapa2in, hanya berenti bentar mastiin ini Terminal Guntur, udah aja, puter arah ke arah pulang. Kebeneran pas keluar dari daerah terminal, kita liat papan penunjuk jalan n ahirnya ketemu juga jalan ke arah Talagabodas, kita pun segera meluncur pulang.

Ahirnya kita sampe ke bunderan deket rumah kakaknya Citra, tapi begitu belok, ko ada yang aneh. Perasaan dari bunderan ke rumah itu jaraknay ga jauh-jauh amat n jalannya datar, tapi ini udah masuk aga jauh, jalannya kaya di bukit n ada pembatas jalannya, padahal jalan di depan rumah ga ada yang pake median jalan. Lagi bingungnya nyari puteran arah, ujanlah, gerimis, dan ga jauh ada puteran arah tapi pas ditanjakan banget. Kita muter disitu dan bisa dipastiin motornya mati pas abis belok dan kondisi jalan nanjak, mundurlah itu motor. Refleks saya loncat turun, sampe ahirnya motor bisa nyala lagi, saya baru naek lagi, untungnya jalanan sepi, coba kalo rame, bisa-bisa ketabrak. Ga sengaja kita lewat kawasan pemerintahan n kantor-kantor n instansi yang bakal didatengin besok letaknya ga jauh-jauhan, enak buat kita yang lagi mepet waktu nyari data n ahirnya ketemu lagi sama bunderan dan ternyata bener ajah kita sala belok. Ahirnya kita sampe rumah pas magrib.Malemnya kita abisin buat nyantei2 di rumah kakaknya Citra n tidur jam 10an. Besok kita lanjut lagi keliling di kawasan pemerintahan langsung pulang.

Kamis, Februari 2011
Pagi-pagi jam 6 kita udah bangun, mandi sarapan n maen2 bentar ama keponakan Citra. Jam 7 capcus jalan kaki ke arah kawasan pemerintahan. Belum juga jalan jauh, tiba-tiba ada orang yang teriak manggil-manggil, kaget n takut, ternyata emang disitu emang ada orang yang aga kena gangguan jiwa, ahirnya kita nyberang n cuekin kakek kakek itu, aga ngeri juga sih. Ternyata jalan kaki pagi-pagi di Garut enak banget, jalannya masih sepi, udaranya seger, ga terlalu banyak kendaraan bermotor. Tujuan pertama ke BPS Kota Garut, setengah jam ajah kita udah nyampe di BPS, masih sepiiii banget, petugas perpusnya pun belom ada, untungnya ada pegawai BPS lain yang ngebolehin kita ngobrak-ngabrik perpusnya. Ahirnya 1 jam di BPS dan ahirnya nyoba nyari data ke Bappeda, dan di Bappeda kita diarahin untuk ke kantor yang kita datengin sebelumnya. Yaah pulang dari Bappeda dengan tangan kosong. Ternyata data-data yang ada di Garut di Bdg juga ada, kalau mau dapet data yang lebih spesifik ya survey primer, tapiiii gile aje harus survey ke ratusan desa se-Kab. Garut. Ahirnya kita mutusin buat ngambil data di Bdg ajah n sekarang meluncur ke kantor pertama yang kemaren didatengin. Lagi-lagi kita naek delman, sebenernya bisa sih ditawar, tapi ga tega juga ni kakek-kakek yg bawa, jadi ongkosnya ga pake acara tawar-menawar.

Setelah urusan "nyari data TA" beres, saatnya jalan2. Rencana sih pengen ke pusat Kota Garut, jalan-jalan sekalian cari oleh-oleh titipan temen n makan siang. Ahirnya kita anek angkot dari depan kantor. Ternyata lumayan jauh juga ke arah pusat kota, tujuan kita pertama Mesjid Agung Kota Garut.Sebenernya kita asal naek angkot ajah, pokonya yang penting kita tau alamat di Garut. Lumayan luas juga nih daerah perkotaannya Garut. Ahirnya jam 11 kita nyampe juga di Mesjid Agung. Berhubung kita haus, ahirnya pilihan jatoh ama Goyobod 2000-eun. Beres minum, kita jalan kaki ke arah kawasan perdagangannya. Kita mutusin jalan kaki biar gampang kalau mau berenti-berenti. Kata Citra dulu Lisenda pernah nampil di gedung kesenian di pusat kota, setelah lewatin gedungnya, kita jalan makin jauh ke arah pusat kota, Citra sih mau cari toko oleh-oleh ama toko yang serba kulit, tapi kita berdua ga ada yang hafal jalan, jadi yaaa asal jalan ajah. Ternyata itu udah jam 12 siang dan kita jalan makin ga tau arahnya kemana. Sempet keluar-masuk toko yang aga gede tapi tetep ajah yang kita cari ga ada. Ahirnya udah fix kita nyasar, udah ga lagi nyari barang-barang titpan, sekarang fokusnya nyari jalan pulang n pake apa. Ahirnya kita jalan sampe ngelewatin Jalan Papandayan, Jalan Cikuray,lama-lama saya curiga jangan-jangan ini jalan yang ke arah keluar dari Garut, soalnya viewnya juga udah mulai bergunung-gunung.

Untungnya di depan ada jembatan, emang pas kita pergi, kita lewatin jembatan yang lumayan gede denagn view gunung, pas nyampe jembatan, ternyata ini bukan jembatan yang tadi, ini jembatan satunya yang kita liat di jembatan pas pergi. Nah loh!! Ini dimana?? Tapi abis jembatan ada perempatan dan kalo ke kanan balik ke Jalan Pancasila (jalan ke arah pusat kota yang kita lewatin), jadi ahirnya kita PD buat nyebrang bukannya belok ke Jalan Pancasila. Ternyata eh ternyata kita nyebrang ke arah RSUD Garut, huaaaah putus asa, ahirnya kita nyegat angkot disitu yang ke arah Alun-alun lagi.Ternyata eh ternyata arah ke alun-alun dari RSUD itu ngelewatin rute kita nyasar jalan kaki tadilah, hanya ke arah yang berlawanan, bener-bener dodol.

Nyampe alun-alun, arah pulang kita harusnya di perempatan Mesjid Agung kita lurus, angkot ini ke kiri, dan kalau ke kanan ke pusat kota (rute nyasar jalan kaki tadi), ahirnya kita turun n nyari angkot yang tujuan ke Cipanas, soalnya rumah kakaknya Citra ga terlalu jauh sama jalan yang ke arah Cipanas. Ahirnya nemu angkotnya, tapi ko di tengah jalan, kita ngelewatin rute yang belom pernah kita leatin sebelumnya, aga-aga panik juga, masa sih nyasar lagi?? kalo nyasar disini ga tau lagi harus kemana n angkot apa yang harus dicegat, buat arah pula hikz hikz. Ahirnya kita ngelewatin lagilah jalur nyasar yang jalan kaki ber-2 n ngelewatin lagi jembatan ke-2 n RSUD dan ahirnya angkot pun belok ke arah daerah perdagangan n ahirnya ke arah terminal n ahirnya nyampe juga ke bunderan deket rumah kakaknya Citra. Fiuuuhhh untungnya ongkos angkot siana jauh-deket rata-rata 2000. Dari bunderan, udah madesu, kucel, lapar, haus, dll kita inget dket rumah kakaknya Citra ada tempat makan yang khusus steak, yoghourt dll, kita pun tergoda mampir kesana.

Berhubung tadi kita udah nyasar, uang pun jadi pas-pasan banget, ahirnay cuman mesen seadanya. Pokonya siang itu bener-bener asli kaya anak ilang, udah kucel, lapar, uang pas-pasan, cape, jalan kaki pula, mesen pun seadanya. Ga buang-buang waktu, kita capcus ke rumah. Nyampe rumah ngademin badan n sempet tidur bentar. Rencana kita pulang jam 3, soalnya bis terakhir yang lewat ke Caheum jam 3. Tapiiii sialnya jam set 2 malah ujan, gede pula, lengkap sudah penderitaan kita. Untungnya kakak ipar Citra pulang cepet n bawain mie baso... huaaaaaahhh langsug sikaaat.

Nyampe jam 3 ujannya ga berenti-berenti putus asa, masa harus nginep sehari lagi dengan dompet udah pas-pasan buat ongkos. Sebelumnya ada tlp dari kakaknya Kemal yang kebeneran lagi ada di Leles n mau k Bdg, nagjakin pulang ke Bdg bareng, tapi ahirnya ga jadi gara-gara ujan, n kita ga tau angkot ke Leles. Untungnya di rumah, mobil lagi ga dipake, ahirnya kita dianter pake mobil sampe Bunderan Alun-Alun Tarogong tempat kita kemaren turun dari bis. Nyampe sana masih gerimis, n ternyata nemulah toko yang jual titpan temen plus di sebrang jalan tempat kita nunggu bis, adalah toko serba kulit!! zzzzzzz tapi udah ga berniat lagi belanja gara2 cape nyasar keliling pusat kota jalan kaki tengah hari panas-panasan.

Dan sialnya lagi, bis ke Bdg ke Caheum udah abis, ad ajuga yang ekonomi, itupun penuh terus, ahirnya ada bis Garut-Bdg tapi yang ke arah Leuwi Panjang, gpp deh hajar, bisa turun di Cileunyi. Sikaaat!! Ahirnya bisa pulang ke Bandung juga, dan ga lama, didaerah Cipanas, ujan lagi, gede pula, untung udah naek bis disambut sama lagu "Gunung Guntur" berulang-ulang haddehhh Garut banget daah. Didaerah Leuweung Tiis mulai macet smape ke tanjakan terakhir Nagreg. Nyampe Cileunyi udah jam 5 lebih, hampir set 6, langsung naek angkot ke Cicaheum, dan untungnya ke Caheum belom macet. Jadi jam 6 lebih udah sampe Caheum. Sssttt berhubung laper n penasaran itu makanan yg tadinya buat oleh-oleh kita makan ajah hahaha. Dari Cicaheum lanjut naek angkot ke kampus,lumayan lama, jam set 7 baru nyampe kampus, ambil motor, langsung capcus pulang, capeeeeee!!! Data g adapet, nyasar-nyasar iyah. Ckckckck emang yah yg namanya ngerjain TA bener-bener penuh perjuangan n penuh kejadian-kejadian konyol sebagai bumbunya.


Bener-bener melakukan ke ''dodolan" di Kota Dodol