Dya Iganov

Minggu, 10 Juli 2011

TRIP 1 HARI GUNUNG PADANG & CURUG CIKONDANG 29 JUNI 2011

Trip 1 hari yang dadakan saya ikutin ini bener2 jadi obat galau yang ke-2 di bulan Juni ini. Yupz, trip ke situs Megalitikum Gunung Padang di Kab. Cianjur inibener2 trip 1 hari yang bisa dijangkau dari harga, waktu, n jarak. Berhubung rombongan Bandung udah minta ijin ama TL trip ini buat pake motor n dibolehin, ya ahirnya berangkatlah 4 oang nekat dari Bandung

Rabu, 29 Juni 2011

Jam setenagh 5 subuh, udah siap2 keluar rumah, pertama kalinya saya bawa motor sendiri kluar rumah subuh-subuh buta. Yaa... biar masih kalah subuh dari pas jaman jadi panitia Mabim Puzzle tahun 2008 (jam 4 dah harus di kampus), tetep ajah deg-deg-an. Jam setengah 5 saya jemput Teh Dewi yg kebeneran rumahnya di Margahayu juga, berhubung kurang motor, jadi Teh Dewi sama2 berangkat dari Bandung tapi pake bis. Hmm.. jalan subuh2 di komplek juga pertama kalinya, tapi seru juga, lebih asik hehe. Sekitar jam 5an saya anter Teh Dewi naek angkot yang ke arah terminal lanjut meluncur ke depan kampus, tempat ketemuan sama temen2 yang laen. Kirain saya udah telat banget, soalnay janjian di majuin jadi sebelum jam 5, tapi jam 5 saya masih di Samsat. Ya udah deh jadinya subuh-subuh ngebut dikit ke kampus bbbrrrr dingiiiiin.

Ternyataaaa didepan kampus belum ada siapa2! Saya teleponin satu-satu ternyata pada belum siaap hueeeeh. Ahirnya janjian ja, 5 brangkat malahan jadi jam 6 berangkat. Berhubung cuman 2 motor, jadi aga sedikit kebut, pokonya gimana caranya biar cepet keluar dari Bandung, soalnya kita lewatin jalur yang jadi biang macet, aga siang dikit, ga ada harepan jam 7 nyampe Cianjur.

Ternyata kita jalan lumayan cepet juga, jam setengah 7 kita udah keluar Citatah. Berhubung ini jalanan lumayan sepi n tinggal lurus ajah, saya pun beraniin buat bawa motor n bonceng c partner. Pertama kalinya bawa motor ke luar kota n bonceng orang pula, wuiih horrorrr abiis. Sampe2 c partener pun kapok n ga mau lagi dibonceng huahahaha. Ternyata perjalananan Bdg-Cianjur bisa ditempuh 1 jam dengan aga ugal-ugalan juga sih sebenernya. Tapi untung selamet sampai tujuan n ahirnya bisa gabung ama rombongan dari Jakarta yang udah nyampe di Cianjur dari jam 4 subuh x___x

BDG-CIANJUR 1 JAM SAJAH *REKOR

Setelah istirahat bentar ngilangin kaget abis ugal-ugalan n sebgaian ada yang makan, jam 8 kita muali siap-siap buat pergi ke tempat tujuan yang ternyata masih sekitar 2 jam lagi dari meeting point kita.Ahirnya rombongan kebagi jadi 2, rombongan motor 3 motor @6 orang n rombongan angkot. Berhubung kita pake motor n udah ada yang tau jalan, jadi kita jalannya nyantei n sempet mampir dulu buat beli minum. Kira2 jam set 10an kita udah sampe. Sepanjang jalan ke situs Gunung Padang, pemandangannya ajib banget, sempet pengen berenti n foto-foto bentar tapi takut udah ditungguin sama rombongan angkot, jadi batal deh foto2nya. Ternyata eh ternyata kita nyampe duluan dibanding sama tim angkot. Sempet heran juga ko bisa kita duluan soalnya sepanjang jalan kita ga nyusul angkot. Emang sih ada pertigaan yang sempet bikn bingung, kita jga ampir nyasar, tapi untungnya pas ada yang lewat sana n kita dikasih tau jalan yang bener ke arah Gunung Padang.

KAYA BEGINI FASILITAS YANG ADA

Secara keseluruhan sih akses jalan dari pertama masuk sampe ke situsnya udah bisa dibilang bagus, udah aspal, yaa biar ada yg rusak n semi batu juga, tapi ga separah ke objek2 wisata laennya yang harus lewatin kebun teh. Plus disepanjang jalan juga udah lumayan rame n ada papan penunjuk jalan ke arah situs jadi ga akan takut nyasar n ga akan ragu ini jalan yang bener apa bukan.

Balik ke cerita trip, itung2 sekitar 1 jam lebih kita nunggu tim angkot, katanya sih mereka sempet nyasar, tapi itu juga udah berhasil balik lagi ke jalur yg bener. Daaan ga lama kemudian sebagian dari tim angkot nyampe, tapi kooo jalan kaki???? ternyata angkotnya ga kuat nanjak, jai semua pada turun, untungnya sih turunnya pas udah mau nyampe, jadi ga usah trekking jauh2.

Istirahat bentar, langsung ke TKP. Ternyata hari ini lumayan banyak yang dateng, dominasi anak2 sekolah umur2 SD-SMP, tapi ada juga couple2 ABG yg dateng. Hmmm.... katanya sih buat nyampe situs yang ada di atas bukit, kita naek tangga batu. Hmm ampir mirip2 Galunggung sih, tapi tangga Galunggung lebih lebar n kayanya sih lebih banyak hehe

TANGGA BARU MENUJU KE SITUS

VIEW DISEKELILING SITUS YANG ADA DI ATAS GUNUNG

Dengan sedikit ngos-ngosan gara2 ga pernah olahraga, ahirnya nyampe juga tu di atas bukit, di situs purbakala Gunung Padang. Hmmm ternyata kaya beginiiii.... batu2 berserakan dimana-mana, tapi ada yang teratur ada yang ngga. Seperti byasa begitu nyampe langsung narsis2an n hunting spot2 foto. Lumayan lama juga kita disini, selaen foto2, kita juga dengerin cerita tentang Gunung Padang ini. Tapiii ini guidenya bodor juga, salting gitu begitu cerita didepan kita. Selsesai semuanya, kita turun ke tempat parkir sekitar jam 1.

SITUS MEGALITIKUM GUNUNG PADANG TERAS KE-1

MASIH TERAS KE-1

TERAS KE-1 DILIAT DARI TERAS KE-2

VIEW KE TERAS KE-3 & KE-4

Ternyata situs ini emang bener2 udah dikelola, mulai dari tata cara dateng yang harus ngisi buku tamu, akses yang diniali udah cukup gampang soalnya didukung sama papan-papan informasi, ada guidenya, ada fasilitas pendukung kaya tempat parkir, wc, Musholla di deket objek, trus sirkulasi untuk yang dateng n yang bakal ninggalin situs pun udah di atur. Hmm... mungkin perlu dicontoh ya ama beberapa objek wisata di daerah2 aga pelosok lainnya di Jawa Barat.

SESI NARSIS

PARA BAPAK-BAPAK ABABIL :P

ROMBONGAN BANDUNG FEAT KA LINA

Berhubung masih siang, sekitar jam 2 lebih, kayanya mampir ke Curug Cikondang boleh juga sebelum pulang, kebeneran arah curugnya 1 jalur sama arah pulang. Ya udah ga pake basa-basi (makan siang maksudnya) langsung capcus ke Curug Cikondang. Berhubung buta arah, jadi rombongan motor ngikut di belakang rombongan angkot ajah buat sekarang.

VIEW DISEKELILING SITUS GUNUNG PADANG

Ternyata eh ternyata itu curug jauuuh juga dari situs Gunung Padang. Untungnya sih jalannya ga semuanya parah. Awal2nya sih jalannya bagus, aspal lumayan aga mulus, terus lama2 jadi jalan khas kebun teh juga, batu, nanjak, turun, nikung, blong, untngnya ga pake acara ujan dulu sebelumnya, kalo pake ujan dulu sebelumnya, bisa abis kena lumpur deh ini motor.

CURUG CIKONDANG DARI SAMPING

CURUG CIKONDANG 2

Udah aga lama jalan, ahirnya mulai ketemu beberapa persimpangan, aga2 bingung juga, untungnya ada orang yang mau kesana juga, jadi kita tinggal ngikutin ajah. Ternyata "Tinggal ngikutin" tuh ga segampang kata2nya. Jalannya, medan nanjaknya lumayan juga, angkotnya ampir2 ga bisa naek, motor juga beberapa kali mau jatoh. Setelah aga2 sedikit ngos-ngosan, nyampe juga kita di curug yang dimaksud. Dati pinggir jalan keliatan sih, ga terlalu bagus, mana udah jauh, cape, belom makan, hueeehh kaya ilang semangat.

VIEW KE BAWAH

JALAN TURUN KE CURUG

Ahirnya setelah parkir n sedikit ganjel perut, kita jalan ke Curug Cikondang. Hueeeh buat nyampe ke depan curug masih harus turun lagi lumayan jauh, huaaah cuapeee. Awalnya sempet ragu buat turun, soalnya udah sore, mendung banget, kurang bagus, repot naeknya, laper belom makan. Tapiii dipikir2 udah nyampe sini, tanggung deh, lagain klopun ujan, saya kan pake motorm ga ada bedanya mu ke ujanan sekarang apa nanti pas pulang, ahirnya hajar eh turun ke Curug Cikondang.

FOTO KELUARGA @CURUG CIKONDANG GA KUMPLIT JUGA SIH :(

Kalo pas udah di depan Curug sih, bagus juga ko, tadi mungkin kita cuman ngintip setengahnya ajah, makanya kurang nilainya. Ahirnya kita foto-foto cuman bentar sih soalnya udah mendung parah. Setelah usaha naek lagi yang lumayan ngos-ngosan, siap2 pualng ke Cianjur. Baruuu uga beberapa meter, ujan gede ga pake basa-basi. Ahirnya setelah susah payah pake jas ujan segala macem, sampe tas dititip semua di angkot, tetep ajah kebasahan. Dan ternyatanya lagi jarak dari curug ke jalan raya utama masih jauh n bukan jalan yang dilewatin pas pertama kali dateng. Untungnya ujannya labil, berenti2 dulu jadi ga ujan sepanjang jalan. Yang pake motor sekarang jalannya didepan n lumayan jauh ama angkot.

Begitu ketemu sama jalan raya utama, udah ga terlalu ujan, cuman gerimis kecil ajah. Sumpahnya begitu ketemu jalan raya, bener2 buta deh ada dimana, masih di Cianjur tapi ga tau dibelah mananya. Sepanjang jalan sempet ngintip viewnya, baguuus bangeeeet, view ke arah Kota Cianjur, kita masih lumayan tinggi. Aga2 curiga juga ini jalan yang ke arah Cianjur selatan, soalnya jalannya parah nanjak n nikungnya, udah gitu jalannya jelek n sepi, tapi masih ga berani ngira2, pokonya ikutin ajah jalannya. Kalo liat di penunjuk jarak sih kota kecamatan paling deket itu Cibeber, hadoooh dimana pula itu???

1 TAUN LEBIH GA TRIP BARENG, AHIRNYA NGE-TRIP BARENG JUGA

Bener2 jauuuh dari Kota Cianjur, perasaan ini jalan ga nyampe2 deh, ke Cibeber pun ga nyampe2, ahirnya sekitar jam 5an, kita nyampe di alun2 Kec. Cibeber. Entah dimana juga sih, sepiii, untungnya ujannya udah berenti, malah di daerah sini sih belum ujan, jalanannya masih kering, kaya dari mana ajah deh kita basah2an jadinya. Berenti sebentar di warung depan aun2 sambil nunggu angkot lewat. Lumayan jauh juga angkotnya. Begitu angkotnya lewat, kita langsung geber lagi ke arah Kota Cianjur. Ternyata eh ternyata bensin motor lumayan sekarat, dan dodolnya lagi tas yang isinya uang n hp ikutan disimpen di angkot, jadi ajah lumayan hariwang. Haddeehh mana ga tau ini belah mananya Cianjur. Hajar aja deh.

GODAIN OM-OM PENJAGA CURUG :P

Begitu magrib ahirnya kita sampe juga di Terminal Pasirhayam, hiaaaah ternyata bener tebakan saya, ini arah ke Sindangkerta, Cianjur selatan, pantesan jalannya ajib!! Nebak2 sih antara keluar dari arah Sindangkerta atow di daerah Warungkondang. Begitu udah ketemu sama yg pake angkot, langsung ke RM Padang buat makan siang skaligus makan malem n ganti baju buat kita. hhhrrrr Tapi berhubung udah feeling klo pulang ntar keujanan, jadi baju yg diganti atasnya ajah.

Selesei Sholat Magrib, pamitan n kembali ke alam masing-masing. Baruuu juga beberapa meter belok dari arah terminal ke arah Kota Cianjur ujan gede (lagi) ga pake basa-basi, untungnya deket sama pos pemadam kebakaran n pintunya dibuka. Dan ga pake basa-basi juga kita ahirnya masuk kesana neduh. Lumayan lama juga ni ujan, sampe ahirnya jam 8 klo ujannya aga reda kita bakalan terus jalan aja deh. Untungnya sih sebelum jam set 9 ujannya lumayan reda n ga jauh dari situ ada pom bensin,isis bensin sekaligus ternyata kita ber-4 ngiam pengen makan Indomie. Ahirnya klo nanti ada warung yg jual Indomie begitu keluar Cianjur, langsung berenti.

Ternyata begitu keluar Cianjur ujan lagi, jadi yaaa mau ga mau begitu nemu warung Indomie ya berenti. Pas kita berenti di warung Indomie saya baru ngeh pas abis mesen kalo di warung itu isinya cwo semua!!! Cwenya cuman saya n temen saya. Aga2 ngeri juga sih soalnya tu cwo2nya lagi pada maen kartu, kayanya sih supir truk ama supir angkot yang lagi pada ga narik. Huidiiih udah takut ajah klo sampe ada yang mabok. Untungnya sih dari tampang kita ber-4, dari penampilannya udah mengkhawatirkan banget, muka kucel, kelaperan, basah semua, ditambah lagi otak udah konslet semua ngobrol g ada yg nyambung, ilfil deh kayanya kalo mu macem2 juga heehe.

Jam 9an kita berangkat lagi, ujannya juga udah aga reda, pualng sih rada dikebut, soalnya udah malem n masih harus mampir ke kampus buat ambil motor 1 lagi baru bisa pulang. Ahirnya begitu sampe lampu merah tol-Padalarang kita udah misah. Dan ahirnya saya berhasil sampe rumah jam set 11 kurang, langsung bersih2, menggigil keujanan, langsung deh tidur.

Ckckck bener2 trip 1 hari yang full day, dari subuh sampe hampir tengah malem, tapi seru n ada kesan sendiri buat saya pribadi. Terimakasih buat semua temen2 yang ikutan trip ini, Dony partner motor, Jaka-Nunu sesama naek motor dri Bdg, K'Fid yg juga pake motor cuman ikut rombongan Jkt, sama yg udah boncengin n ujan2an selama di Cianjur. Ahiiiyy....