Dya Iganov

Senin, 25 April 2011

BANDUNGKU SAYANG, BANDUNGKU MALANG PART 1

Hmm.... tulisan ini dibikin karena sedikit prihatin sama kondisi Bandung. Tapi tulisan ini saya buat berdasarkan pemikiran warga Bandung berdasarkan pengalaman sehari2,bukan berdasarkan pemikiran warga Bandung yang kuliah di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota.

Oke, semuanya memuncak gara2 kejadian KAMIS SIAL kemarin. Kamis Sial kemarin salah satunya adalah hujan besar yang dari siang ampe sore belum berhenti, bahkan magrib pun masih gerimis, dan malamnya hujan lagi. Saya sangat suka hujan, tapi yang saya tidak suka adalah efek dari hujan, yaitu MACET dan BANJIR!

Well, Bandung sendiri sejarahnya geografisnya merupakan suatu cekungan besar. Tapi Bandung yang dulu sama sekarang beda. Kalau dulu hujan besar pun ga masalah, ga akan sampai banjir dimana-mana dan yang pasti ga ada yang namanya macet dimana-mana!

Pertambahan kendaraan bermotor di Bandung emnag pesat banget,tahun 2006, saya mulai pakai motor, di tahun itu, saya mau pergi atau pulang jam berapapun ga akan kena macet parah. Macet ya paling hanyadi titik-titik yang memang sudah jadil langganan macet dari dulu.

Sampai pada tahun 2008, ternyata saya kalau berangkat kuliah sekitar jam set 8 atau jam 8an macet di Sukarno Hatta-Perempatan Samsat udah sampai ke depan pintu gerbang MTC!!! Padahal dulu kalau macet di titik itu, hanya sampai gereja, dan kalau dulu didominasi sama mobil pribadi dan angkot, tapi sekaran didominasi sama motor, disusul kendaraan pribadi, terus angkot!! Phewwww

Sama halnya dengan jam pulang sore hari. Kalau dulu jamannya saya sekolah,dan awal2 kuliah, tahun 2006-2007, di Buah batu yang ke arah lampu merah Samsat baru mulai macet itu jam set 7, tapi sekarang dari jam 4 juga udah macet!!! Dulu juga jam 3 aga penuh sih, soalnya ganti shift pabrik di sekitar situ, tapi ga lama, hanya 1 jam, nah kalau sekarang total jalanan itu macet dari jam 4 sampe jam 7 Malem, ga berenti!!!! GILAAA!!!

Selaen itu masalah banjir yang memperbanyak titik macet, selain genangan air yang bikin kendaraan jalan harus pelan2, efek sesudah banjir, yaitu jalan rusak juga bisa ngehambat laju kenaraan, dan kalo lagi peak hour, volume kendaraan tinggi, kondisi jalan rusak, kecepatan minimum, yaaa ada tundaan malah macet deh jadinya :( Belom lagi hambatan-hambatan samping salah satuya angkot2 sialan yang dengan seenaknya ngetem di lamp merah, tikungan, bahkan sampe di tengah jalan!!! Gebleg!!

Ditambah lagi sekarangbanyak peralihan guna lahan yang tadinya lahan kosong, bahkan sawah, jadi bangunan2 entah apa, yang bikin lahan resapan aer berkurang, jadi, ujan dikit ua banjir atau menggenang deh, ditambah volume kendaraan yang hampir ngelebihin kapasitas jalan di jam-jam tertentu, jadinya muaceeeet deeeeehhh!!!!

Hmm... selain itu Kota Banudng yang udah masuk kategori Kota Metropolitan dengan beberapa kota satelit, pastinya nyumbang banyak banget pengguna jalan n komuter yang bikin volume kendaraan meningkat, nanti ngaruhnya sama kemacetan & perkerasan jalan

Perkerasan?? iyalah, kan perkerasan jalan itu disesuaikansama beban yang lewat di atas jalan itu, dengan traffic counting nanti ketauan berapa sih rata-rata volume kendaraan yang lewat di jalan itu, nanti diseuaikan perkerasannya apa, jenis aspalnya apa, klasifikasi jalannya apa, guna lahan di sekitarnya apa, jadi semuanya sesuai.

Nah, sekarang, kayanya semua udah ga sesuai!! Perlu ditinjau ulang semuanya, tapi lagi2 alasan klasik, GA ADA DANA! Hal-hal kaya gitu butuh dana besar, dan dana besar ga bisa turun dalam waktu 1-2 bulan, tapi mungkin 1-2 tahun atau lebih!!! Weekkksss, keburu ancur deh tu pelayanan jalannya, makin Chaoslah kotanya.

Belum lagi, sekarang udah mulai pembangunan pusat pelayanan primer di Bandung Timur, contohnya Stadion Gedebage, pemindahan Terminal tipe A Cicaheum ke Gedebage yang bikin lahan sawah disana jadi lahan terbangun!! Padahal luas sawah do Gedebage itu luas banget dan biangnya banjir!!! Waktu masih sawah aja banjirnya bisa smpe ke pinggir jalan tol,lah sekarang di bangun Stadion dan Terminal!!!! APA KABAR DRAINASE???!!!

Apakah pihak pengembang udah bsa bikin jaringan drainase yang bagus sampe PD ngebangun lahan sawah di sekitar sana?? Apa mungkin para ahli itu udah analisis lokasi sehingga dapet lokasi dengan tingkat terenda, banjir paling rendah??? Apa iya?? saya tidak yakin. Meskipun IPk saya g gede2 amat, tapi secara singkat saya bisalah memahami sedikt tahapan2 pemilihan lokasi, analisis resiko, kelayakan pembangunan suatu lahan, dll

Dan kayanya kebanyakan bagungan baru di wilayah Bandung kurang atau bahkan ga merhatiin itu semuua. Semuanya berorientasi sama kemudahan akses yang berpengaruh terhadap kemudahan mendapatkan uang, weeekkkssss makin lama, warga Kota Bandung makin dimanja sama kemudahan2 tapi tanpa sadar kualitas lingkungan dan tingkat kenyaman hidup yang sesuai standarnya malah menurun!!

Ckckckc Bandungku sayang, Bandungku malang

Oke, tulisan ini hanya curhatan aja sebagai seorang warga Bandung yang dari masih di perut mamah sampai sebesar ini udah di Bandung, don't take it too serious, kalau mau serius, ikut kuliah di Bidang Perencanaa Wilayah dan Kota ajah, disana lebih serius, lebih sadis, lebih kritis dalam membahas permasalahan-permasalahan perencanaan. OKeeee!!1 Take it easy