Dya Iganov

Sabtu, 30 April 2011

HIKING RIWEUH + NEKAT BURANGRANG

Sebenernya sih yang rencanain hiking ini temen2 HMPL yang pas mau naik Burangrang pas malem taun baru, tapi karna 1 dan lain hal, jadinya di pending. Kalo udah di pending yaaa biasanya suka ga jadi, ahirnya dengan penuh kenekatan dijadiinlah hiking ke Burangrang ini. Awalnya sih lumayan, ada lebih dari 5 orang, tapi H-2 tiba2 nyusut jadi cuman ber-4. Yo weslah daripada ga jadi, sedikit pun berangkat! H-2 persiapan list logistik n peralatan yang dipunya, itug2an ongkos. Hari Sabtu rencana berangkat jam 1, soalnya saya harus beresin n nyerahin laporan TA dulu ke rumah dosen, atow malah bimbingan. Jadi sepakat yang laen kumpul jam 10, saya beres bimbingan.


Full Team sebelum berangkat dari Kosan

Sabtu, 29 Januari 2011

Ternyata saya ga bimbingan, jadi bisa jam 10 kumpul di kosan Dhobit. Jam 10 saya telepon 1 temen saya, katanya ada yang udah siap & ada yang belum (masalah klasik). Ahirnya saya minta temen saya nganter saya dulu ke rumah dosen buat ngasiin berkas bimbingan sekalian ambil tenda di tempat senior. Singkatnya jam 11 saya dan temen saya baru balik lagi ke kosan.Ternyata di kosan juga belum siap2 semua, ahirnya kita belanja logistik dulu. Ternyatanya lagi, kita ga dapet kompor. Waduh! Gimana ini, udah mu berangkat ga ada kompor?? Ahirnya dengan sedikit ide, diakalinlah kompornya kita buat sendiri dari potongan kaleng minuman. Kalau kompor di akalin, berarti harus ada panci & spirtus. Ahirnya salah 1 temen saya pinjem panci ke rumah temen dan 1 lagi cari spirtus. Sambil nunggu yang ngambil panci, kita ber-3 makan siang dulu. Jam 1 lebih ahirnya kia siap berangkat, hmmm aga2 was-was juga sih, soalnya takut ujan n prediksi naik n jalur masih sedikit ngawang2.

Kita start dari kosan Dhobit pake angkot Cicaheum-Ledeng. Jalanan lumayan lancar,jadi kita nyampe terminal Ledeng sekitar jam setengah 3. Dari Terminal Ledeng sambung angkot jurusan Ledeng-Parongpong. Ngetemnya 1 abad! Angkot ini baru jalan kalo udah penuh semua. Ahirnya dengan rempongnya kita juga nahan panaaas n pengaaap di angkot. Ahirnya setelah ngetem sekitar 1/2jam, ni angkot jalan juga.Perjalanan ke atas, lumayan lama,selain jalannya nanjak, kecil, rusak pula, ada beberapa penumpang yang turun di tengah perjalanan.

Sekitar jam setengah 4 kita sampe di Terminal Parongpong,buat sampe Komando, kita naek angkot lagi. Daan angkot yang ini juga sama ajah ngetemnya, untungnya ga sampe nunggu penumpang penuh. Jam 4 kurang kita udah sampe di Komando. Kata warga disitu sih klo naek ojeg sampe ke Pos Lawang Angin bayar 10rb,hmmm berhubung kita modal pas2an, jadi kita mutusin buat jalan. Kalo jalan bisa sekitar 1 jam.

Jalanlah kita dari bawah, jalannya lumayan nanjak. 15 menit pertama udah mulai ngos-ngos-an, maklumlah ini hiking perdana, setelah terakhir hiking Jayagiri-Tangkuban parahu tahun 2005 dulu! Di tengah2 kita cari minuman di kaleng, untungnya ada warung yang jualan (dari sekian warung ga ada jualan minuman kaleng). Jalan sampe pertigaan ke perumahaan real estate, jalan setapak kecil lewat rumah penduduk, dan jalan utama yang belok ke kanan nyusurin kebun warga.


Jalan sepanjang Komando-Lawang Angin

Kata penduduk yang kita tanya, kita mendingan lewat jalan setapak yang kecil, soalnya lebih pendek jaraknya.Ga jauh dari pertigaan, kita istirahat sambil numpang ke WC di rumah warga. Jam setengah 5 lebih kita jalan lagi. Begitu jalan setapak abis, kita ketemu lagi sama jalan utama, Gunung Burangrang di sebelah kiri udah muali keliatan jelas banget, sambil jalan, sambil foto2, sambil liat2 juga view Kota Bandung di belakang. Ternyata ga sampe 1 jam kita sampai di Lawang Angin, kira2 kita cuman jalan 40 menit. Sebenernya kalau mau pake mobil/motor sampe Lawang Angin bisa banget, soalnya jalannya besar, perkerasaannya juga udah batu & aspal tapi rusak juga.

Di Lawang Angin, ternyata harus ber-ribet-ribet-ria sama Koppasus disitu. Harusnya kita pake surat ijin dululah ke Koppasus Batujajar berapa minggu sebelumnya, trus ga bisa ke Situ Lembang soalnya udah ditutup buat umum dijadiin tempat latihan Koppasuslah, terus ujung2nya sih kita bayar ijin masuk juga.


Ngaso dulu di Lawang Angin

Walk alone @ Lawang Angin

Yaaa... berhubung ini hiking nekat + riweuh + pas-pasan, jadi kita cuman nyumbang 1 orang 5000 (hiikkzz). Ahirnya jam 5 lebih kita jalan lagi. Jalan sih lancar2 aja, sampe pas keluar dari hutan pinus, aga2 bingung juga soalnya jalannya banyak cabangnya n udah mulai gelap. Gelap mau malem + mendung. Untungnya di tengah2 jalan ketemu rombongan yang turun. Ahirnya daripada di terusin, kita cari tempat buat camp soalnya udah magrib juga. Ga jauh dari hutan pinus tadi, kita nemu tempat buat bangun tenda. Anginnya bener2 guedeee banget, sampe ada suara gemuruhnya kaya suara ombak. Tenda beres dibangun sekitar jam setengah 7, beres2 n ahirnya bikin makan.

Sekedar informasi, ternyata kita pinjem panci malahan dikasih katel, sumbu kompor pun gagal n ahirnya sobek baju, trus dari ber-4, cuman 1 yang bawa sleeping bag. Hiahahaha bener2 hiking riweuh + nekat. Untungnya semua bisa diatasin. Jam 8 kita udah beres makan2, dan udah mulai ujan juga dari pas kita masak2 plus anginnya yang tambah gede. Ahirnya kita mutusin buat tidur, soalnya besok jam 4 subuh kita start ke puncak yang emang masih jauh banget.


Bnagun tendaaa

Masak-masak seadanya n diakalin

Ternyata karena 1 dan lain hal,jam 9 saya harus kepaksa kebangun. Angin masih kenceng juga. Entah kenapa malem itu saya 3x kebangundengan 3 mimpi buruk yang nyeremin berhubungan sama hutan. Waduh, saya sih takut fisik saya ga kuat besok pagi kalo istriahatnya ga bener kaya gini. Padahal dari Jumat sama Sabtunya saya bener2 cape ngerjain TA. Ga dapet sinyal pula, weekkkss. Untung saya kebangun ga terlalu lama.

Tapi sekitar jam 11an, ada pendaki yang lewat n saya pun kebanngun lagi soalnya berisik. Ternyata temen2 saya yg cwo pun bangun juga. Jadilah jam 11 itu kita bangun n masak2 lagi, sekalian masak buat sarapan biar tinggal makan n berangkat. Untungnya angin ama ujannya udah berenti. Lumayan dingin juga. Jam 12 kita tidur lagi.Dan saya tetep ga bisa tidur nyenyak. Pasti kebangun lagi kebangun lagi, gara2 kejadian watu jam 9 malem tadi.

Minggu, 30 Januari 2011

Ahirnya jam 4 saya bener2 bangun. Setelah bangunin temen2 saya, makan sedikit, kita muali packing n beres2 tenda. Jam setengah 5 lebih kita mulai jalan lagi. Ternyata medannya lumayan berat, tanjakan terjal dengan tangga dari akar-akar pohin menyambut kita. Baru juga jalan, ga lama ujan lagi, kepaksa kita berenti dulu soalnya jalanan di depan kita jalur aer yang pasti licin banget klo jalan pas ujan. Lumayan lama, jam 5 hampir setengah 6, ujan masih gerimis juga tapi hari udah mulai terang. Ahirnya kita nekat terusin jalan sambil ujan-ujanan.


Istirahat setelah lewatin pos 1

Mari nanjaaaak

Semangat menuju puncak

Jalanannya ternyata mulai terjal tapi untung lumayan banyak bonus. Wooow ini baru hiking yang benerannya! Ahirnyakita nyampe juga di pos 1. Ya ampun udah terang begini barudi pos 1?? Ahirnya ga berlama-lama di pos 1,kita lanjut dan disambut sama trek yang lumayan curam dengan jalur batu dan akar-akar pohon,l icin abis bekas ujan semalem n tadi pagi. Belepotan lumpur deh ahirnya. Ga jauh dari situ, kita ketemu camp pendaki lain. Jalan terus ahirnya jam setengah 7 kita smape di 1 tempat yang cukup datar. Menurut informasi pendaki lain sih, kita bakal nemuin jalan yang turun 3x buat smape puncak. Puncak yang paling tinggi itu setelah lewati jalan yang turun 3x. Sementara kita baru ketemu 1 jalan kaya gitu setelah nanya sama pendaki lain. Dan ternyata jarak dari tempat kita nanya itu masih 2 jam lagi ke puncak. Wooow! Sebenernya sih fisik n waktu saya masih oke-oke aja, cuman ada 1 temen saya yang harus ke Jakarta siang ini. Jadi setelah pertimabangan ini-itu, kita hanya sampe di tempat kita berenti, entah pos berapa.


Jalan menuju puncak yang belom sempet terlewati

Full team di pos

Mirip arca

Kita disana sekitar 1 jam, nyemil2, foto2, istirahat sambil ngumpulin tenaga buat turun. Jam setengah 8 kita start turun. Ternyata eh ternyata view sepanjang perjalanan turun ini yang baguuus.Ke kanan kita bakalan liat Kota Bandung-Cimahi, ke kiri kita bakalan liat hutan2, Situ Lembang, dan waduk di kejauhan di arah belakang kita. Jadi klo kita naik, kita ngebelakangin landscapenya. Dan jauh di Timur sana, berjejer cantik gunung2, mulai dari Patuha, Malabar, Haruman, Wayang (kecil), Papandayan,dan gunung yang paling saya 'incer' Cikuray! Huaaaah makinlah ngiler saya ke Cikuray ngeliat bentuknya yang biru di kejauhan sana. View ke depan kita hutan di lereng Gunung Tangkubanparahu. Betah pokonya ngeliat view selama perjalanan turun. Sayangnya kita ga bisa lama2 soalnya harus ngejar sampe ke Bandung sebelum jam 12.


Situ Lembang di kejauhan

View ke arah Bandung Timur,Gunung Manglayang, Bukittunggul di kejauahan

Sayang sekali, belum nyampe puncaknya, belum puas liat view dari trek Burangrang, ini jadi gunung yang wajib didatengin lagi! Ahirnya kita sampedi pintu masuk hutan pinus, sekitar jam 9an.Kita sempet istirahatn foto2 dulu disitu, soalnya udah deket kalau dari sini. Sampe di Pos Koppasus Lawang angin jam 10.


Korban ber-Jatuhan

Korban jatoh ke-2

Lanjut jalan kaki ke Komando. Kita sempet mampir di warung buat nyemiln bersih2.Cuacanya lumayan terik, bikin kita jadi lemes n ngantuk. Ahirnya kita naek angkot juga jam 11 ke Terminal Parongpong.Dari Terminal Parongpong ke Terminal Ledeng. Dari Terminal Ledeng ke kampus tercintah.Sepanjang di angkot udah ngantuuuuk banget, plus geraaah! Rempong banget deh pokonya di tambah tas2 kita yang gede2. Untungnya angkot selama perjalanan pulang ag sepenuh n sesumpek pas perjalanan pergi.


Legaaa setelah keluar dari hutan

Gayanya ga naaahaaaan

Terkapar begaya

Sekitar jam setengah 1 kita sampe di kampus,n berhubung masih ada sisa uang, kita rame2 beliin minuman di Cafe kita tercinta (huahaha). Dan hiking riweuh+nekat Burangrang pun selesei. Yap, hiking ini bisa d itung survey buat hiking selanjutnya bareng HMPL.


View Kota Bandung dari Lawang Angin

Dengan sisa tenaga menyusur pulang

Walk with friends never make you feel tired, no matter how far it is

Bye Burangrang, I will back again,I hope :)