Dya Iganov

Senin, 25 April 2011

SURVEY TA JOGJA PART 2

Senin, 29 Juni 2010

Jam 4 teng, bangun gara2 inget kalo hari ini emang harus bangun nyubuh. Jam 4 lebih masuk kamar mandi,soalnya bakal gantian ama Ime.Kita berdua selesei jam 5. Jam 5.20, kamar depan 9Mas Egi, Mas Bambang, n Mas Aji (lupa namanya, sumpah) udah ngetok2, nyuruh makan. Pas nyampe ruang makan, aslinya sepiiii banget, cuman ada kita. Ya iyalah jam set 6 gitu, jadwal sarapan di hotel2 kan mulainya jam 7. Udah berasa hotel pribadi ajah, ngambil ini-itu masih banyak n masih anget2, kursi masih kosong, bebas banget lah. Jam 6 kurang, udah pada beres, siap2 berangkat, masuk2in peralatan survey segala macem, pokonya pagi2 rempong deh. Jam 6.15 kita nyampe di depan Plasa Ambarukmo. Aslinya jalanan di Jogja ini biar hari senin juga baru muali rame jam 8an, jam 6 mah kaya belom ada kehidupan, plus jaraknya juga deket2 dengan rute jalur yang ga ribet, jadi kita bisa cepet nyampe tujuan. Berhubung saya sama Ime bagiannya wawancara pejalan kai, jadi sambil nunggu yang pasang n cek alat2, yaaa kita jalan2 n foto2 dulu haha. Jam 7 kurang temen2 dari UGM juga udah pada dateng, briefing n nyari posisi masing2. Jam 7 pas semua udah siap di posisi masing2, saya langsung start mulai wawancara, biar cepet beres, soalnya ada 20 form yang harus d isi. Hadduuuh ini pertama kalinya saya wawancara kaya begini, di daerah orang pula. Ya udahla ya PD ajah.

Nyari mangsa buat di wawancara isi kuesioner

Oke, kunci sukses pertama biar pada mau d wawancara adalah SENYUUUUM. Ternyata orang2 Jogja ramah2 :)). Ternayta yang saya wawancarain tu bukan orang Jogja asli semua, ada Mas-mas tentara yang asli Magelang mu ke rumah temen, ada mahasiswa,seumuran yang asalnya dari Manado, ada Ibu2 sama anaknya yang ternyata dari Flores! Ga sia-sian kesempatan, ahirnya ngobrol tentang Flores sama Ibu2 ini, untungnya Ibu ini lagi nunggu Plasa Ambarukmo buka, ada juga anak SMP yang janjian kepagian ama temen2nya (mangsa yang bagus! daripada bengong, mending saya wawancara hoho).Dan saya baru ngeh klo hari senin ini tu tanggal merah. Setelah liat halte Trans Jogja aga penuh, saya pindah ke sana. Pertama saya wawancara Mas ama Mba di halte dulu. Oya, setiap responden yg udah wawncara saya kasih Beng-beng! hUahhaha... tapi biar gitu, mereka nerimanya seneng, g kaya d Bdg atow Jkt yg katanya klo d kasih Beng2 mah g ada artinya n malah kesannya ngeledek ke kita! Mas ama Mbanya baek banget, mereka nolongin saya nyariin responden, mereka ngasih tau calon penumpang Trans Jogaj yang kira2 masih aga lama nunggu bisnya biar bisa saya wawancara. Malahan Mas ama Mbanya juga ikutan bilang ke penumpangnya buat ngisi kuesioner saya! Baik bangeeeet!! Malah saya becanda2an sama c Mba nya sama Masnya, udah kaya temen lama g ketemu ajah. Malahan c Masnya minta d cariin pacar,sampe niat amu ngasih no hp dia, ckckckc ada-ada ajah. Yap, dan kuesioner saya sisa 10 di jam 9 pagi. Horay!

Beraksi di Halte Trans Jogja

Sekitar jam set 11, kuesioner saya laris manis!! Horee!!. Saya pamitan sama Mas n Mba di Halte Trans Jogja buat bantuin ngumpulin data yang lain d depan Ambarukmo. Pamit juga sama ibu warung yang udah saya wawancarin n saya borong kue2nya hehe. Saya sama Ime mampir jalan2 k dalem Ambarukmo ternayta masih sepi , ga serame mall-malld Bdg, jam 11 tu udah lumayan rame, apalagi klo tanggal merah. Jam 11 saya sama Ime k base camp (numpang d rumah penduduk), makan siang, soalnya jam 12-2 ada survey buat perhitungan jam puncak ke-2.Hmmm.. klo jam segini sih, jalanan di sana rame, apalagi motornya, susaah banget nyebrangnya. Jam 12 saya sama Ime bantuin Pa Prapto ngitung kecepatan kendaraan, mayanlah daripada bengong2 ga jelas. Pertama kalinya juga ngitung kecepatan kendaraan pake speed gun, setelah d jelasin cara pake alatnya n cara ngisi form datanya, saya sama Ime langsung meluncur ke TKP. Dan sialnya titik pengamatan saya bener2 ksemprot matahari, ga ada pohon, g g ada peneduh. Wueleeehh 2 jam panas2an deh ceritanya.

Gini nih gayanya Bang Frans yg lagi ngitung volume pejalan kaki

Jam2,survey jam puncak 2 selesei, saya sama Ime balik ke base camp, ngasiin data n d kasih form wawancara buat besok. Ternyata buat besok, karena sendirian, saya sama Ime d kasih masing2 38 form wawancara! Haaaah buseet banyak beneeer! Saya sama Ime d suruh pulang aja istirahat bareng Bu Lia k hotel, karena emag tugas kita juga udah selsei. Sekitar jam 4 kita nyampe hotel, lumayan nyantei2 dulu. Tapi pas periksa2 form kuesioner, lah, form kuesioner kosong yg buat besok punya saya ko g ada??!!! Haduh, mampus ini, apa ketinggalan ya d tempat survey? Panik!! Untungnya pas keluar kamar, ada Bu Ririn ama Mas Aji lagi ngomong2 buat konsumsi besok, soalnya tim surveynya d pecah jadi 2. Kebeneran Bu Ririn ama Mas Aji mau k lokasi lagi jam 6 jemput tim yang masih survey,jadi saya bisa ikut. Setelah jelasin panjang-lebar ke Bu Ririn, ahirnya sepakat jam 5 brangkat dari hotel. Saya langsung mandi, sebenernya ni kepala udah beraaat bangeet, nahan nagntuk n cape kepanasan, tapi mo gimana lagi yah.

Jam 5, kita ber-3 berangkat, untungnya d mobil heboh banget, jadi ilang deh sakit kepalanya. Adaaa ajah yang d omongin, dari mulai 'cacat'nya survey2 kemaren n tadi, smape gosip Anang-Syahrini (weew). Kita muter2 nyari tempat makan buat pesen makanan besok siang, yg d cari nasi padang lagi hehe. Ahirnya setelah muter2 kemana2,nemu 1 rumah makan n fox, dah gitu kita beli martabak telor titipan Bu Lia, sambil jemput tim survey d depanAmbarukmo. Jam 6 kurang 15, saya iseng ke tempat survey, ngeliat yang lagi pada TC kendaraan mukanya pada serius n stress semua! Ternyata, yg ngitung motor bener2 kewalahan, 2 jam udah 8000an motor yang lewat!! Julling, juling deh tu matanya hahaha. Jam 6 survey selesei,setelah briefing sebentar, jam 7 kita bubar n menuju hotel. Ternyata Bapa-bapa yg pulang survey pada lapar, ahirnya Pa Prapto, Pa Taufik,Mas Aji,Bu Ririn, saya pada makan baso d deket stasiun, namanya Baso Pa Gembul! haha Mas Egi sama Mas Bambang milih makan nasi kucing di angkringan samping hotel. Sebelom ke hotel, saya mampir ke toko langganan saya selama d Jogja, gara2 bolak2balik beli pulsa terus, sampe akrab sama penjaganya, plus tu toko bukanya nyubuh banget, jadi bener2 mantep deh, semua keperluan dadakan saya pagi2 bisa d beli disana. Jam 9 seperti biasa udah tidur, saking capenya, soalnya besok juga sama, nyubuh lagi.

Selasa, 30 Juni 2010

Seperti biasa, bangun jam 4 subuh, mandi n siap2, sarapan jam set 6, cabut dari hotel jam 6. Semalem sempet janjian ama Budi sih, katanya dia mu mampir k tempat survey Nad klo dah beres UAS nya. Aga2 jiper juga soalnya harus bisa ngisi 38 kuesioner! Pengen nangis rasanya! Gimana iniii??? D lokasi saya timnya ada Pa Teguh,Mas Egi,Bu Lia, Arif, Bang Frans, Bang Andreas, Dimas, Erna, Hayu (yg laennya lupa, maaf ya teman). Setelah muter2 k halte Trans Jogja (lagi), lumayan dapet banyak 'mangsa', ke bapa2 yang jualan makanan di pinggir jalan. Sambil ngobrol2 sama Bapa n makan gorengan plus minum kopi di situ, sayabaru tau kalo bapanya rumahnya di Bantul katanya(lokasi saya di Kopma UGM, Sleman), dari Bantul subuh2, n biasanya pulangnya sore. Kata Bapa itu, coba minta wawancara ke orang2 yang di salon ama yang lagi makan di kos-kosan samping tempat saya sekarang. Pas nyampe salon, saya minta wawancara bapa2 dan sialnya salah orang, sereeeem,kaya preman! Pertama di tanya2 dari mana, perlunya apa, dsb, tapi ujung2nya malah ngisi kuesionernya sambil di jajanin minuman d warungdepan kos-kosan haha. Hmmm... dah ampir jam 9, saya ahirnya jalan2 cari mangsa lagi, n ketemulah sama duo gila Arif n Dimas. Setelah curhatbaru dikit kuesionernya (dari 38 form, baru belasan yg ke isi), ahirnya, Arif nawarin buat nyebarin kuesinoernya d kampus UGM ajah abis beres survey yg jam 9. Waaah, kesempatan banget!!!

Jam 10, saya pamit ke Ibu Lia buat nyebarin kuesioner di UGM. Saya pergi b'2 Arif pake motor. Tujuan kita pastinya Jurusan Teknik Mesin (Arif, Dimas, Bang Frans jurusan Mesin). Nyampe gedung Mesin yg juga deketan ama TI, langsung deh, Arif mulai nodong temen2nya buat ngisi kuesioner sya. Heheh lumayan loh banyak yg ngisi. Setelah abis dari situ, kita ke Lab Mesin, disana ada asdos, temen2 Arif, sampe dosennya pun d todong juga buat ngisi kuesioner. Huaaaa Thak's God! Ahirnya jam 11 beres, udah lumayan bayak,udah lebih dari 25 form yang ke isi, ahirnya kita balik lagi. Sebelombalik, minta d anter keliling UGM,kapan lagi muter2 disini ga pake nyasar?? hoho

Gini nih makan siang ala kita di lokasi Kopma UGM

Jam set 12 nyampe base camp, makan siang,njam 12 ahirnya lanjut survey lagi.Sebenernya udah males banget buat isi form, tapi gimana lagi yaaah.... hmmm kata Bu Lia, tadi dapet kabar dari Ime, katanya di Balkot tu sepiii banget. Fiuuh untung ajah saya di Kopma UGM heu heu. Ahirnya saya balik lagi ke halte Trans Jogja, setelah sukses maksa Masama Mba disana yang tetep ramah n suka becanda, saya d suruh sama Mba nya ke pos satpam Vokasi UGM, disana banyak satpam suruh aja isi, klo g mau isi,nanti Mba nya yg turun! wah keren! kocak deh.Ahirnya saya k pos satpam, dan ternyata satpam2 disana ramah2 juga, baik2, ga so tegas n so galak kaya d Bandung! Malahan saya sambil ikut nge-cash hp! Plus d tawarin mau internetan ga? (Satpamnya punya laptop bo!, plus wi-fi kebut) kereeen!!! Pas lagi nge-cash, Budi sms. Ternyata pas Nad lagi makan siang, dia ngelewat, tapi g sempet mampir, soalnya maag n langsung pulang (Rumahnya di Bantul). Ahirnya janjian ama Budi jalan2 ntar malem. Nanti dia jemput k hotel.

Saya, Arif, Dimas, Bang Frans, Bang Andreas TC kendaraan jam puncak sore

Jam 3 kuesioner saya udah hampir keisi semua, sisa 6 kuesioner. Y udah ajalah udah abis juga orang2 yang mau ditanya. Ahirnya kata Bu Lia, cukuplah. Y udah deh, jam 4 saya ikutan bantuin yang survey TC. Kebeneran saya bantuin Arif + Dimas, kebagian ngitung kendaraan tidak bermotor. Lumayan juga sambil ngitung sambil ngorbrol2, ga kerasa udah jam 6. Ternyata tim kita d jemputnya setelah nganter tim yang pertama,tapi kelamaan,ahirnya kita mutusin buat naek taxi. Jam set 7 kita nyampe hotel (Seperti biasa, abis survey pasti nyampenya jam set 7)

Ini nih full team survey hari ke-2 Lokasi Kopma UGM, muka kucel semuaaaa

Jam set 8, Budi nyamper ke hotel. Ahirnya kita pergi, tujuan kita ke bukit bintang di jalan arah ke Gunungkidul. DIsinilah kekonyolan terjadi.
Nyampe tempat yang dimaksud jam set 9an. Ternyata Budi juga sama2 belom pernah kesana, jadi kita b'2 kaya orang linglung. Dan ahirnya kita milih 1 tempat. Disana ternyata Budi g makan, cuman minum ajah,saya pesen mie goreng sama minum. Disana cuman saya, Budi, meja di belakang Budi, om-om gitu, sama meja d sebelah kita Om-om gendut,sama supirnya + cwe ga jelas (ntah simpenan, ntah panggilan). Pokonya selama disana suasana ga enak, soalnya c om-om ama cwe ini mengumbar kemesraan banget, jiji liatnya. Saya ama Budi cuman senyum2 masem ajah. Jam 9 kita mutusin buat pulang. Padahal sebenernya view di tempat itu keren bangetlah. Liat Kota Jogja dari kejauhan, dari atas, sampe2 pesawat ajah masih ada di bawah kita posisinya. Lampu2 jalan Kota JOgja yang jaringan jalannya bentuknya grid, keliatan kotak2, terang, terang di tengah2 dengan keadaan di sekelilingnya yang lebih gelap. Ahirnya kita b'2 muter2 Kota Jogja, k alun2 Selatan, ke Keraton, Malioboro, Tugu, Istana Pakualam, dll. Ahirnya pulang k hotel jam 10, langsung input data kuesioner rumah tangga bareng2 ampe jam 12. Zeeez gileee

Rabu, 31 Juni 2010

Lagi, bangun jam 4 n pergi dari hotel jam 6. Lokasi survey terakhir di Jl K.H. Ahmad Dahlan. Disini lagi2 saya yg dapet ngumpulin data kuesioner tunggal,ga tanggung2, 48 Form!!! OMG!!! bisa gilaaaa!Berhubung saya lagi jelek banget mood nya,bawaannya hari itu maleeees bangeeet! Pertama2 wawancarain bapa2 penjual makanan di depan RS, ternyata bapa ini udah jualan nasi lebih dari 10 tahun disitu n juga dulunya pegawai RS, jadi supir mobil ambulance, dan rumahnya di Bantul sana. Ada lagi bapa2 yang ahirnya malah ngobrol n nanya2 saya kuliah dimana, jurusan apa, angkatan berapa, n malah bilang tadinya mau jodohin saya sama keponakannya yg lagi kuliah di Palembang, umurnya g beda jauh sama say, beda 1 taun (wow!!!), ada lagi Ibu2 yang g jadi saya wawancara tapi malahan jadi ngobrol. Ibu ini rumahnya di Bantul juga, malah minta no hp saya n ngasih juga nomer hp dia, katanya sapa tau kapan2 saya maen lagi k Jogja nis amampir d rumahnya (Wadaw). Dan ada lagi ibu2 yang ternyata Ibunya Sabeum Yoyok, yg punya Kenji, toko yg jual alat2 bela diri.Hiaaah ini kan toko yg udah lama saya cari2, ternyata malah g sengaja ketemu. Ahirnya wawancara sama Mba2 yg jaga toko sekalian beli baju n gantungan kunci 2, eeh, sama Mba nya malah d kasih bonus gantungan kunci 1 lagi... waaahh rezekii rezekii ^__^. Trus wawancara ke pegawai RM Padang, pas d samping toko, kebeneran tokonya masih sepi jadi aga nyantei n bisa ngobrol2 bentar ama pegawai2nya, ramah2 n kesannya tu ga kaya yg caper kaya d Bdg!! Kebeneran lagi semua anggota tim survey makan siang disana, jadi ramelah itu RM Padang. Pas giliran saya mau beli lauknya, d kasih ayam yg gede sama Mbanya, katanya sih bonus buat saya (hii asiknyaa)

TC Kendaraan jam puncak siang, gini nih gayanya,semua yg lewat sini pasti nengok

Sampe jam set 3an kuesioner masih banyak, ahirnya saya jalan aga jauh. Nyebrang ke counter hp. Disana ada Mas-mas yg jaga 3 orang, setelah isi n ngobrol2, c Mas nya ngasih saya stiker esia, katanya kenag2an dari Jogja hahaha ada2 aja, terus ada Mang Beca yg tadi saya wawancara, malah ngajak temennya biar saya wawancarain temennya, horeee nambah deh kuesionernya. Ada lagi bapa2 tentara yang lagi nganter rombongan ibu2 k RS saya wawancarin, ada yg punya toko roti plus karyawan2nya saya mintain isi juga, ada juga PKL.

Survey volume penyebrang & kecepatan penyebrang

Udah jam 3 tapi masih aja banyak form yg kosong. Ahirnya akal terakhir, semua tim survey yg dari UGM saya todong juga suruh ngisi. Lumayan dari 48 kosong 8 ajah. Fiuuuhh bener2 kuesioner gilaa!! Tapi dari situ saya jadi kenalan lebih deket lagi sama beberapa dari mereka, ada Adi, Bang Frans, Bang Andreas, Bang Edu, Arif, Dimas, Erna. Ahirnya setelah temen2 dari UGM ngisi form kuesioner, saya cukupin ajah deh wawancara kuesionernya, cpeee. Ahirnya saya bantuin Adi ama Bang Frans TC kendaraan ajah, dan lagi2 kebagian kendaraan tidak bermotor plus truk n bis. Okeeee, jam 6, selesei sudahdurvey hari ini n sekaligus selsei sudah survey di Jogja. Besok waktunya pulang k Bdg. Sebenernya pengennya pulang Jumat.Sabtu pake kereta, apa daya kereta idamanku penih semuaaaa, sampe harus WL pas mesen tiket,soalnya dari senin kemaren udah minggunya libur anak sekolah! Zeeeezzz.

TC Kendaraan jam puncak sore. Yippi ada sayanya

Kamis. 1 Juli 2010

Rencana pulang k Bdg jam 9. Jam 8 pada beli oleh2 Bapia, saya sih lebih milih buat tidur lagi bentar di kamar. Oya, berhubung Pa Prapto, Pa Taufik, Bu Ririn, n Ime ga pulang, soalnya ada survey ke-2 dengan tema penelitian yang beda, jadi yaaaa bisa leha2 bentar deh. Jam 9 teng, saya d bangunin Mas Egi n nyuruh siap2 pulang. Dan ahirnya jam 9 lebih, kita keluar dari Jogja. Ah, will be missing Jogja n all its people. Semoga Lebaran nanti saya bisa k Jogja, dan semoga saya bisa ketemeu temen2 d Jogja lagi, sekalian silaturahmi. Cuaca d jalan selama keluar dari Jogja bener2 bikin galau. Yap, mendung, sesekali gerimis, hitu terus sampe Bandung. Sebelum keluar Jogja,saya pamit sama semua temen2 saya yang udah baik hati selama saya di Jogja, Im, Budi, Bang Qiqi (biar lagi d Kalimantan, kita sms-an, padahal klo lagi d Jogja, Nad rencana mau nambah liburan di Jogja tuh hehe), Penjaga warung sebelah hotel, Bang Frans, Arif, Bang Edu, and Adi. Bener2pengalaman pertama saya survey sendiri tanpa sodara2 Planologi.

Bang Edu, Ibu Lia, Ime,Saya,foto terakhir di hotel sebelom pulang ke Bandung