Dya Iganov

Senin, 25 April 2011

GUNUNGKIDUL TRIP PART 2

Minggu, 30 Mei 2010
Setelah pamitan, beres-beres, n rundingan tempat yang mau kita datengin, karena ternyata banyak dari itenary yang berubah, jam 5 kita bener-bener pergi dari rumah. Tapi perjalanan ke pantainya berasa lamaaa banget, udah terang kita masih juga ada di jalan. Malahan kita sampai di Pantai Sepanjang udah ampir jam 7! Yaaah, gagal lagi deh sunrisenya.Emang sih jalan dari rumah tempat kita nginep ke Pantai Sepanjang ini aga jauh,haru balik lagi ke titik awal kita dateng dari Gunungkidul ke Pantai Baron, tapi disini kita ambil arah yang beda dari yg kita lewatin kemarin. Pantai Sepanjang masih kebilang sepi, ga ada siapa-siapa lagi selain kita, pantainya juga masih bersih baget, tipikal pantai yang ga ada bebatuan. Ujung pantai ini dibatesin sama tebing yang cukup tinggi sama pantai di sebelahnya. Tapi kalau ke ujung yang satunya ga ada pemisah, ga ada bangunan, jadi keliatan jelas ujung Pantai Sepanjang yang dbatasin sama batu karang denga ombak yang tinggi. Ombak di Pantai Sepanjang juga cukup tinggi, jadi kita disini hanya foto-foto saja.

Pantai Sepanjang yang bersih

Tebing Pantai Sepanjang edit

Selesai foto-foto, kita lanjut ke pantai berikutnya, yaitu Pantai Drini. Jalan dari Pantai Sepanjang ke Pantai Drini g terlalu jauh, hanya kondisi jalan waktu saya lewat kesana cukup jelek, batu dan tanah. Ahirnya sampailah kita di Pantai Drini. View dari tempat parkir biasa-biasa ajah, malahan sama sekali ga ada WC yang tersedia. Oke, WC banyak, tapi semuanya pintunya di tutup dan di gembok! Karena view dari tempat parkir kurang begitu bagus, kita nerobos ke belakang bangunan-bangunan penduduk dan nerobos Eceng gondok.Dan ternyataaaa viewnya juaraaa, dengan hampara eceng gondok yang cukup panjang, ditambah ngelewatin aliran air yang ngebagi daratan pantai ini jadi 2 bagian, plus pulau kecil yang jaraknya ga terlalu jauh dan dibatesin sama air. Kalau air lagi surut, kita bisa ko nyebrang dari pantai ke pulau ini. Di pulau karang ini juga udah di fasilitasin sama tangga menuju atas pulau batu karang ini, jadi ga usah susah-susah manjat kaya di Siung. Sayangnya kita dateng pagi-pagi pas air lagi pasang.

Seneng sama pantai yang masih ijo :)

Jalanannya udah dipenuhin air hehe

Pantai dan Pulau kecil

Ujung Pantai Drini, lebih bagus view ke arah sini

Foto di tengah-tengah Pantai Drini, love this spot

Selesei foto-foto & nikmatin bagusnya Pantai Drini,kita pergi ke tempat tujuan selanjutnya, yaitu Goa Jomblang. Yap ini dia lokasi caving kita. Sebenernya aga ragu & males juga caving, soalnya saya bener-bener minim pengetahuan tentang caving, teknik-tekniknya, peralatannya, dan safety prosedurnya. Tapi, ya masa saya misah dari rombongan??

Resort disamping Jomblang

Tempat kita nginep setelah kejebak di dasar jurang

Ternyata perjalanan dari Drini ke Jomblang lumayan jauh, dan kita sempet nyasar ke arah Goa Kalisuci yang emang udah beken di Gunungkidul karena kita nyusurin aliran sungai bawah tanah di gua itu. Jalan menuju Gua Jomblang ini kebilang cukup susah aksesnya, kita pisah dari jalur utama ke arah rumah-rumah penduduk. Sampai ujung rumah-rumah penduduk, perjalanan dilanjutkan dengan ngikutin jalan yang kanan-kirinya kebun warga, sampai ahirnya ada 1 belokan dengan papan "Jalur Gerilya Jend. Sudirman" kalo nemu itu, berarti jalurnya bener! Setelah belok di papan tersebut, jalan makin kecil, yang tadinya cukup pas banget 2 mobil papasan, sekarang menyempit sampai pas untuk 1 mobil saja dengan perkerasan jalan batu. Di kiri viewnya kebun-kebun warga yang cukp luas, dan di kanan kita viewnya adalah JURANG!! Yak, jelas banget bukit-bukit di Gunungkidul yang masih rimbun sama pepohonan, dan ga keliatan ada bangunan satu pun. Kita mulai ragu sama jalannya, tapi kata Bapa supir, memang bener kesini jalannya.

Ini mulut gua nya, udah ciut liatnya juga

Ahirnya sekitar jam setengah 11 kurang, kita sudah sampai di lokasi. Ternyata disana ada semacam resort yang baru jadi yang memang khusus untuk tempat chek point orang-orang yang mau caving. Setelah siap-siap kita langsung ke TKP dipandu operator kita. Ternyata mulut Goanya bener-bener guedeeee, kaya abis kejatohan meteor. Dan disekeliling gua hanya kebun-kebun g ada bangunan lain. Saya semakin ciut begitu liat mulut guanya.

Kloter 2, sebelum turun ke jurang :D

Setelah dikasih instruksi, satu per satu teman-teman saya mulai turun. Saya ahirnya minta ijin ga ikut turun, awalnya sih di bolehin, tapi atas ajakan dan paksaan temen-temen saya yang lain ahirnya saya mau turun,dengan syarat paling terakhir. Ahirnya giliran saya turun. Oya, kita turun ini dengan bantuan teknik SRT (Single Rope Technic). Baru juga 2 langkah turun, kaki udah gemeteran dan lemes, view ke bawah itu looh juraaang, dan jalannya pun curam banget, licin karena itu jalur air, jadi pijakan kita di batu harus campur sama lumpur.Haduuuh!! Dengan bantuan susah payah operator, ahirnya sampailah saya di titik dimana kaki udah ga bisa napak kemana-mana lagi, artinya kita harus ngeluncur pake 1 tali.Kalo yang sering liat film action, ada adegan orang-orang turun dari helikopter pake 1 tali, nah, itu juga yang kita lakuin di Gua ini. Bedanya, di bawah kita bukan bangunan ataupun tanah datar, tapi jurang, klo salah ngelangkah ya jatoh.

Lintasan ke-2, praktekin SRT = Susaaaah

Full Team sesaat setelah turun tebing

Trek maut Jomblang-Grubug

Begitu semua peralatan selsei dipasang, nyali saya ciut lagi.Gimana bisa saya gelantungan di atas 1 tali?? ya ampun, ahirnya saya coba, tapi ko ga turun-turun?? yang ada malah saya stuck di bebatuan. Ahirnya saya di tarik ke atas lagi, ambil nafas sebentar, dan ahirnya nyoba lagi. Temen-temen saya di bawah udah ngasih support buat turun, okelah, saya coba lagi. Sediki-sedikit saya geser tangan kanan saya, dan yak, badan saya brhasil turun! Ternyata gini toh tekniknya! Ahirnya dengan kaki,lutut kebentur-bentur tebing, badan kebanjur air yang netes dari akar-akar pohon ke bebatuan, saya berhasil gabung sama yang lain di bawah. Gemeteran dan lemes banget rasanya. Dan malu juga ternyata cuman saya yang heboh! haha

Mulut Gua Grubug

Oke selesei istirahat sebentar dan foto-foto, kita lanjut ke Gua Grubug, yang pintu masuknya dari bawah sini. Jalan ke Gua Grubug penuh lumpuuuuur, soalnya abis ujan lumayan gede tadi malam, saya yang hanya pakai sendal jepit, tukeran sandal dengan temen saya. Sampailah kita di mulut Gua Grubug. Kata opertor kita, beberapa meter dari mulut gua ini banyak banget kelelawarnya, jadi kita diharapkan ga berisik. Mulut guanya cukup besar, dengan permukaan gua di bawah permukaan jalan, jadi ya harus turun tangga lagi. Untungnya di dalem gua udah ada treknya, susunan batu-batu yang ngarahin jalan dari mulut gua sampai ke ujung gua.

Ajiib bangeeet deeeeh viewnya

Setelah lewatin tempat kelelawar, jalanan aga nanjak lagi, kali ini kita harus manjat bebatuan yang ada di gua. Permukaan gua naik lagi, dan ga berapa lama, baru deh keliatan view yang bener-bener ngebayar perjuangan kita.Yap, sebongkah batu besar di ujung trek,yang belakangnya jurang, kena sinar matahari dari lubang setinggi 30 meter di atasnya! Kalau trek ini di terusin, bakal ngebawa kita turun ke jurang tempat aliran sungai bawah tanah yang debitnya lagi deres gara-gara ujan tadi malem. Aliran air ini masuk ke sebuah lobang gede yang nantinya bakal keluar di lairan Pantai Baron.

Light @ Gua Grubug

Sssstttt...menurut cerita, jaman dulu lubang yang d atas batu ini tempat ngebuang mayat PKI, jadi otomatis mayat yang dilempar dari atas bakalan ada yang langsung jatuh ke sungai ada juga yang ngehantem batu ini. Heemmmm.....

Oke, lepas dari semua cerita, kita puas-puasin foto ngabadiin view di dalem gua, didalem gua ini juga ada sebagian titik yang jadi rembesan air dari akar pohon, jadi udah bisa ditebak, kita semua basah kuyup. Oke, ternyata udah jam 2, waktunya kita naik lagi. Dan disinilah "Tragedi Jomblang" terjadi

Oke, rencana kita makan siang jam 12 di bawah (setelah turun vertikal maksudnya), tapi entah kenapa sampai kita mau naik lagi makanan ga d oper jugake bawah. Operator kita jumpahnya 3 orang, tapi yang nemenin kita jalan2 di bawah hanya 1 orang, yang 2 stand by di atas dan di tengah. Y sudahlah, masalah makan sih gampang nanti saja setelah kita semua naik, kita makan di resort tadi. Ternyata rencana hanya tinggal rencana.

"Tragedi Jomblang"

Operator yang di tengah turun ke bawah buat bantuin kita ber-11 naik. Kita d ajarin cara naek dengan tetep ngegunain 1 buah tali dan beberapa peralatan lainnya dengan cuman ngandelin kekuatan tangan kita sendiri. Hem, berhubung kita semua pemula, jadi ya aga lama nangkepnya, dan sebelum trip ini berlangsung, kita udah dapet info, kalau masalah naik, kalo ada kesulitan, kita nanti bisa "di kerek"ke atas. Oke, seengganya aga sedikit tenang.

Satu per satu temen-temen saya yang cwo mulai nyoba teknik yang d ajarin, ternyata susah. Ahirnya si operator 2 ngasih teknik lainnya, setelah di coba sama 1 temen saya, ga bisa juga, ahirnya yang ada operator 1 dan operator 2 malah adu pendapat, dan ahirnya c operator 2 naik ke tempat smula. Tinggalah kita dengan c operator 1. Kita liat jam ternyata udah jam 3! Dan ujan mulai turun. Awalnya cuman gerimis, lama-lama jadi ujan lebat! Dan ditengah ujan lebat itu, kita masih aja nyoba naik dengan teknik tadi. Ujan mulai reda, waktu udah nunjukin jam 4 sore! Kita mulai panik, keadaan di sekitar udah mulai aga gelap, plus kita belum makan dari pagi,baju basah, kondisi fisik ama mental udah drop.

Ternyata ada 2 orang yang berhasil naik, ahirnya kita minta tolong mereka ber-2 buat beliin makanan buat di drop ke bawah, sementara c operator yang 2 lagi udah menghilang entah kemana semenjak debat teknik naik tadi. Ternyata tiba2 ada orang lain selain temen saya yang ber-2 itu. Mereka sepet nanya keadaan kita di bawah gimana, masih lama atau ngga,karena mereka juga mau pakai lintasan ini. Ternyata itu temen-temen dari Majestic-55 (biasa disingkat M-55),dari salah satu kampus di Jogjakarta sana. Ahirnya setelah rundingan sama temen saya yang ber-2 dan operator 2 yang tadi menghilang entah kemana, temen-temen kita dari M-55 nanti bakalan bantuin kita naik.

Berhubung udah gelap, cuaca makin dingin, n makin gelap, ahirnya kita semua yang ada di bawah masuk ke dalam gua yang ada di deket tempat kita naik sambil nunggu kiriman nasi. Mengingat jarak tempat ini ke permukiman penduduk cukup cukup jauuuh, jadi dari sore jam 5, sarapan+makan siang+makan malem yang di rapel di satu waktu itu baru masuk ke perut kita sekitar jam 7 malem (Hikz).

Selesai makan, sekitar jam 8an, temen-temen dari M-55 ngajarin kita cara naik, hampir sama sih, cuman peralatannya lebih lengkap dan lebih safe! Saya kebagian naik ke-3, sekitar jam 10 malem. Karena kita ber-9 baru, jadi makan waktu naik cukup lama, 1 orang bisa 1-1,5 jam untuk sampe di titik tengah, tempat kaki bisa napak lagi dan lanjutin manjat bebatuan untuk sampei ke atas. Pheewww. Giliran saya,ga usah d tanya deh gimana panik n hebohnya saya waktu naik. Udah gelap, kena air yang jatoh dari tebing-tebing, danternyata susah bangeeet ngangkat badan sendiriiii, di tambah kita kita bener- hanya ngegantungin semuanya ke tali, ga ada pijakan lain. Huaaah

Ahirnya saya sampai di titik tengah, lamaa banget deh rasanya, tapi legaaaa. Ahirnya saya lanjut naik lagi dibantu salah satu temen dariM-55 dan ahirnya jam 11 lebih, hampir setengah 12,saya kembali ngirup udara di atas gua (lebay) hehe. Badan, dari ujung rambut sampe ujung kaki penuh lumpur, basah, udah deh jangan ditanya tampang kita kaya gimana waktu itu, untungnya gelap!

Saya dan beberapa teman saya yang sudah naik lebih dulu, bersih-bersih dan istirahat, untngnya pemilik resort baik hati ngebolehin kita pake pendopo resortnya buat istirahat. Ahirnya sekitar jam 2 subuh, semuanya (temen-temen saya, 3 orang opeator, dan juga temen-temen dari M-55 udah ngumpul semua. Tapi berhubung temen-temen M-55 memang ada kegiatan, jadi sebagian ada yang tetep di sekitar gua.

Besok paginya, sekitar jam 6 kita siap-siap buat pulang ke Jogja, karena acara kita udah beres. Mmmm sebenernya gara-gara insiden Jomblang ini,rencana kita buat tidur di malem ke-2 di Bukit Nglanggeran (Salah satu situs gunung purba di Jogjakarta) harus pupus. Begitu juga ini jadi malem minggu ter-wow seumur idup saya. Gimana ngga, disaat orang-orang lain malem mingguan dengan pacar, teman, atau keluarga, kita terjebak di dasar jurang sedalem 30 m dengan kondisi fisik & mental yang udah drop! Wakakak bener-bener pengalaman yang g akan bisa dilupain deh :)

Oke, balik lagi ke cerita, sekitar jam 7, setelah pamit dan ngucapin banyak-banyak terimakasih sama temen-temen M-55 dan para operator, kita pergi menuju Jogja. Berhubung kita laper n masih ada di Gunungkidul, kita mau sarapan sekaligus cemil-cemil makanan di Gunungkidul, yaitu BELALANG! Wauuuuww! Pertama kalinya lagi. Ahirnya kita sampe di satu rumah makan, setelah sarapan, barulah kita buka cemilah kita, belalang goreng. Waduuuuh aga ngeri juga mkannya, kepala n matanya itu looh sereeem. Ahirnya dengan memotong dulu kepalanya, saya makan juga tu belalang goreng yang udah di kasih bumbu. Rasanya sih biasa aja, karena digorengnya kering banget n udah diolah pake bumbu. Kita ber-11 nyobain. Setelah kenyang, kita ke terminal Wonosari buat nganter Mba Fitri yang balik lagi ke rumah Mbahnya di Gunungkidul.

Ditengah jalan, beberapa cwo mulai ngeluh gatel-gatel, dan ternyata kena alergi makan belalang. Tapi ada 1 orang temen saya yang alergi aga aneh, kalo yang 2 orang alerginya di muka, lah, dia alerginya (maaf) di bokong buahahaha. Untung ada temen saya yang bawa obat alergi. Yak, slesei sudah acara alergi dan nganter temen saya ke terminal Wonosari. Masih jam setengah 9, dan ngegantiin 1 tineary yang gagal, ahirnya kita mutusin buat maen-maen ke Prambanan sambil nunggu siang jam 1 (bis temen-temen yang ke Jakarta berangkat jam 2 siang dari Jogja)

Makan Belalang @ Warung Mbak Jirak, Gunungkidul

Berhubung ada 1 temen saya yang belum dapet tiket pesawat, jadi dia mutusin untuk ga ikut k Prambanan dan berjuang cari tiket ke bandara. Ahirnya kita pisah sama Bapa Supir yang sabar, ramah, dan baik hati dan 1 temen saya itu di Prambanan. Selama di Prambanan kita abisin stok tenaga buat foto-foto. Hmm sampe Prambanan, kita ber-9 langsung jadi pusat perhatian. Gimana ngga, orang-orang ke Prambanan dandanannya rapih, gaya, lah, kita bawa-bawa keril, pakean jga biasa-biasa, bawaan banyak,ber-sendal jepit dan sendal gunung,pokonya kaya mau hiking di Prambanan.

Hiking di Prambanan

Jam setengah 1, puas foto-foto, kita makan siang, dan jam 1 kita pisah di halte Trans Jogja. Saya dan Kk sepupu saya lanjutin jalan ke kontrakan temen kk sepupu saya di deket UPN Veteran, karena saya pulang ke Bandung pake kereta jam 8 malam. Hmmm pisah sama temen-temen yang ke Jakarta, berarti selsei sudah petualangan kita di Gunungkidul.

Halte, farewell

Jam 2 siang saya sudah sampai di kontrakan Abang (temen kk sepupu saya), setelah madi dan bersih-bersih, saya dan kk sepupu saya ketiduran, dan bangun pas magrib. Selepas magrib, saya d anter ke stasiun sama Abang dan kk saya. Jaraknya lumayan, bayangin kita ber-3 pake motor mio, dengan 2 helm, walhasil kontrakan-Stasiun lewat jalan tikus, dan kk saya terpaksa harus turun dulu buat ngehindarin polisi wakakak. Sebelum ke stasiun, saya makan dulu nasi kucing di belakang stasiun. Hmm saking laparnya, saya sampe nambah 2x, enak juga sih hehehe. Jam setengah 8, saya di antar ke stasiun, dan jam 8 saya sudah ada di dalam kereta dengan kepingan-kepingan pengalaman, pelajaran, dan pastinya teman-teman baru.

Satu hal yang pasti dari trip kali ini, saya dapet temen-temen baru lagi, selain temen 1 trip, tapi juga temen dari M-55, dan juga Abang di Jogja. Dan yang pasti, meskipun kita pergi dengan konsep berbagi biaya agar murah, tapi tetep "safety first" ga boleh ditinggalin

Oke, trip kali ini bener-bener jadi trip paling berkesan. Terimakasih buat semua temen-temen yang ikut di trip ini, semoga kita bisa ketemu lagi di trip selanjutnya.