Dya Iganov

Senin, 25 April 2011

TRIP IJEN-BALURAN-PAPUMA PART 2

Sabtu, 3 April 2010
Makin lama, jalan makin sepi, ga kerasa udah ampir 12, ya ampun seharian di jalan, belom nyampe juga ke tempat tujuan? Apa kabar hiking kita nanti? Dan jalanan pun bener2 udah berubah total. Setelah ngelewatin pertigaan antara jalan ke Bondowoso-jalur pendakian Raung-dan jalur yang kita lewatin, sekarang jalanan udah nanjak, gelap, kanan-kiri hutan, ga ada sinyal, jalan jelek abis, udara dingin. Lengkaplah sudah setting ilm horor! Yap, kita jalan di tengah2 hutan yang entah ada dimana, jalan hutan yang ga berujung, dari semua temen saya g ada yang tau jalannya bener atow ngga, kita sih terus aja deh. Makin lama makin masuk ke dalem hutan, jalan makin jelek n nanjak, malahan beberapa kali mobil berenti gara2 ga kuat nanjak. Ya ampuuun, jangan sampe deh kita harus turun atow mogok!!! Udah aga jah di dalem hutan ada gubug kayu kecil, satu-satunya, kayu gelondongan, dan truk!! Ya ampun tempat apa ini? sumpah parno banget saya waktu itu, d tengah hutan ga jelas gini ada juga yah gubug? Gelap sih, kaya ga berpenghuni n kondisi truknya juga udah rusak. Ahirnya kita tetep lanjut, sampe ahirnya ada papan yang isinya tulisan dan kelewat. Ahirnya kita berenti beberapa meter dari papan itu. 2 orang dari kita turun buat mastiin tulisan apa. Ternyata untungnya jalan yang kita lewatin ini bener. Ahirnya kita lanjutin lagi. Sekitar i jam, jalan jadi makin bagus, udah ga banyak lubang-lubang lagi kaya tadi, pemandangan di kanan jalan pun udah ganti dari hutan jadi jurang dengan background deretan pegunungan. Pemandangan malem yang cukup ajib ditambah terang bulan, deretan gunung2 di kanan jalan jadi makin keluar aura mistisnya. Kereeen banget. Ahirnya ga lama, kita sampe di pos penjagaan, setelah minta ijin, kita langsung menuju tempat parkir mobil. Sekitar jam 2 kita istirahat sebelum nanti kita mulai pendakian jam 3 subuh, biar nyampe puncak pas matahari terbit.

Foto Keluarga di Puncak Ijen
Kabut tipis di Puncak Ijen
Berasadi Eropa :D
Ini nih Kawah Ijennya

Jam set 3 lebih kita udah bangun, udara dingin bangeeet, tapi masih bisa saya tahan sih, setelah siap2 jam 3 lebih kita mulai nanjak. Katanya sih 2 Km pertama itu nanjak terus, waduh bener ajah baru lewat 1 km saya udah ngos2an. Tapi untungnya di tengah ada tempat buat istriahat sambil nunggu temen2 lain yang masih di belakang. Jam 5 kita semua udah nyampe puncak, wuaaah pertama kalinya saya muncak lagi setelah hiking perdana jaman SMA. Begitu nyampe jam 5 langit disana udah aga terang, pemandangannya kereeen banget plus bisa liat Kota Banyuwangi, Situbondo dll, kawah Ijen yang bener2 gedeeee. Tapi sayang, ternyata sunrise kita ketutupan sama gunung yang persis ada di depan kita (haha).Ahirnya seperti biasa kita foto2, puas foto2 kita turun sekitar jam 8.

Ini looh gunung yg ngalangin sunrise nya

Di Ijen kita semua sempetin buat mandi sebelum ahirnya jam 10 kita lanjutin lagi jalannya. Ternyata sekarang kita ke Situbondo, ke TN Baluran! Wow TN yang selama ini santer sama cerita2 mistisnya, dan emang 2x ke Bali saya lewatin hutan ini, bener2 menyeramkan, sepi, kesannya dingin dan bawaannya pengen cepet2 keluar dari hutan itu. Nah, sekarang, kita bkalan jelajah ke dalem hutannya. Bener2 penasaran.

Ternyata jalur dari Ijen ke Banyuwangi beda sama jalur yang semalem kita lewatin. Setelah tanya2, ternyata jalur yang tadi malem kita lewatin itu bukan jalur umum, biasanyajalur itu cuman dipake sama orang2 kehutanan aja, dan jalan yang sekarang kita lewatin ini lebih pendek n lebih cepet nyampe ke Bayuwangi. Emang sih tanjakan di jalur yang satu ini lebih berat dari jalur yang tadi malem, sampei2 kita semua harus turun dari mobil n jalan dulu biar mobil bisa naek. Fiuuh.

Sekitar jam 1 kita sampe di Baluran. Huaaah nagntuk, cape, pegel, ditambah cuaca di luar panas banget, jadi males. Ahirnya kita masuk Baluran. Hadeeh sekitar 4 Km pertama gitu2 ajah, pohon, pohon, pohon, dan pohon. Tapi begitu sampe di KM 9 tiba2 pemandangannya berubah dari hutan jadi padang rumput yang luaaaaas banget. Ga pake lama, mobil langsung merapat, kita semua turun buat foto2, cuaca juga udah ga sepanas tadi, cuaca sore yang enak buat foto2. Puas foto2, kita semua ke area kantor Baluran yang banyak banget monyetnya (ngeri juga takut d cakar, mana gede2 lagi). Beberapa dari kita pergi ke menara untuk ambil view foto. Ternyata view dari atas menara bener2 banguuuuss, pemandangan savana Baluran yang kebeneran lagi ijo keliatan semua dari ujung ke ujung, malahan Gunung Ijen n laut pun keliatan. Disini selain monyet, ada juga rusa n beberapa burung yang dibiarin bebas.

TN Baluran,Afrikanya Indonesia
Jalan menuju pos Baluran

Sekitar jam 3, saya sama beberapa orang ikut cah HP di pos jaga sambil ngobrol2. Dari sana ahirnya kita tau, klo penjaga disana ga lebih dari 5 orang! What di lahan seluas gaban ini cuman ada 5 orang?!! Itu pun klo idah mulai gelap pada pulang n ga ada listrik klo udah sore. Jadi klo uda sore, pakenya Genset. Tapi dibalik kesusahan itu, ternyata Baluran jadi lokasi syuting film n sering juga turis2 kesini, malahan orang Indonesianya belum banyak yg tau. Selama ini Baluran cuman dikenal dari angkernya gara2 dijadiin tempat buang mayat PKI, tempat larinya pemberontak, tahanan perang dsb.

Setelah puas, sekitar jam 4 kita mampir ke Pantai Bama, masuknya ya harus dari Baluran ini, Dari pos tadi skeitar 30 menit dengan kondisi jalan yang kurang mulus tapi masih bisa d lewatin. Karena kita kesana udah terlalu sore, jadi pengunjung di Pantai Bama ini ya cuman kita2 sama monyet2 yang bebas keliaran di pantai. Di kejauhan udah keliatan awan mendung, jadi puas foto2 bentar kita langsung cabut menuju Jember. Sekitar jam set 6 kita udah sampe lagi di jalan raya dan ujan lumayan deres. Perjalanan ke Jember cukup jauh, jadi kita manfaatin buat tidur.

Pantai Bama yang udah sepi

Sekitar jam 8 malem saya kebangun, dan ternyata kita masih ada di jalan, entah dimana. Mobil juga lagi berenti buat beli cemilan2. Kalo dipikir2 dari kita di Ijen,kita belum makan apa-apa ternyata. Ahirnya kita cuman makan makanan beli di mini market aja. Setelah jalan beberapa lama ahirnya sekitar jam 10 kita sampai di Kota Jember. Tapi menurut informasi, lokasi yang mau kita datengin itu masih sekitar 1 jam dari Jember ke arah selatan. Jam 11 kita masih muter2 keluar dari Jember kota, sampe ahirnya jam 12 malem teng kita udah sampe di satu daerah yang katanya lagi udah masuk di sekitar lokasi yang mau kita datengin. Ahirnya dengan modal nekat n muka tebel, beberapa dari kita negtok salah satu rumah warga untuk nanya jalan. Dan ahirnya kita ditunjukin jalan yang sebenernya ga meyakinkan kalo jalan ini jalan tembus ke pantai. Posisi jalan ini di balik bukit, ada portalnya, perkerasan belum lengkap, n malah ngarah ke hutan.
Ahirnya kita coba ikutin jalan yang dimaksud bapa tadi. Bener juga ini jalan yang baru dibuat, dan emang menuju hutan yang ada di bukit di depan kita. Tapi, ga berapa lama, jalan mulai ngarah keluar hutan dan ketemu jalan utama (jalan lama/jalan umum) langsung di samping gerbang masuk menuju Pantai. Setelah bayar retribusi dsb, kita masuk area Papuma, ternyata begitu lewatin gerbang, jalannya langsung nurun tajem. Setelah nurunin bukit, barulah keliatan garis pantai. Berhubung kita dateng jam 12 malem, jadi ya ga terlalu keliatan pantainya, cuman malem itu kebeneran cukup cerah jadi bintang2nya keliatan jelas n banyak banget.

Kita mutusin untuk tidur tanpa nyewa penginepan (setelah berunding antara nyewa atow ngga), ada yang tidur di pinggir pantai dengan modal matras dan sleeping bag, ada yang tidur di pos dengan modal sleeping bag, ada juga yang tidur d mobil (saya tidur di mobil). Yap, sayang sekali g tau kenapa begitu sampai di pantai, badan saya menggigil, suhu udara menurut saya bener2 turun drastis, padahal kata temen2 yang laen, cuaca disana bisa dibilang hangat. Bayangin, saya sampai pake jaket yang lumayan tebel, sementara yang laen hanya pake jaket biasa dan ada yang mandi malah.

Jam 2an kita semua mencar untuk cari lapak tidur. Ga berapa lama, saya bangun, liat langit udah mulai terang. Waduh, gawat, gagal liat sunrise ini. Tapi ternyata begitu liat jam, ternyata baru jam setengah 5!. Oya, ini di Timur, pasti bakal lebih cepet terangnya. Kita semua langsung cabut ke pantai, bener2 baguuuuuus. Dan ahirnya kita berhasil dapet sunrise setelah gagal dapet sunrise di puncak Gunung Kawah Ijen. Matahari makin terik, tapi ternyata masih sekitar jam 6 pagi. Kondisi pantainya sendiri masih bisa dibilang bersih, kapal2 nelayan disini punya bentuk yang unik, di pinggiran pantai memang disediain tempat untuk pasang tenda. Jadi, pantai ini salah satu tempat kemping favorit. Selain itu, kamar mandi dan tempat makannya juga lumayan banyak. Ternyata pantai ini dibatesin sama tebing. Ada jalan ke atas tebing yang dibalik tebing ini kita bisa liat sisi pantai yang satu lagi. Bener2 keren, malah kata satu temen saya, view Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) ini hampir mirip sama Uluwatu nya Bali. Well, ga perlu jauh2 ke Bali juag yah,lumayan.

Sunrise & Fisherman s boat @ Papuma Jember
Papuma di satu sisi
Papuma di sisi lainnya
Salah satu sebaran batu-batu di Papuma

oke, puas narsis2an, kita mandi, sarapan, itung2an biaya, dan ahirnya jam 10 kita langsung meluncur menuju Surabaya. Menurut informasi sih, kalau lancar perjalanan dari Jember ke Surabaya bisa makan waktu 6 jam!. So klo kita pergi jam 10, kemungkinan nyampe jam 4. Sementara ada beberapa dari kita yang pake kereta jam 4.40 waduh!

Ternyata perjalanan cukup lancar, yaa, biar sempet salah jalan pas mau masuk ke Jember kota, tapi untung ga terlalu jauh. Rute pulang kita ternyata ga lewat Probolinggo kota, kita motong jalan lewat Lumajang n keluar di pinggir Probolinggo yang udah hampir masuk Pasuruan. Ternyata view di daerah Lumajang bener2 kereeen! Di tambah lagi kita ngelewatin pintu masuk ke TNGBTS!! RANU KUMBOLO!! Waaah, jadi ngileeer, sayang kita hanya numpang lewat aja sekarang.

Batu-batu besar yg jadi landmark Papuma

Oke, kita sampai di Surabaya sekitar jam 15.30, langsung makan dulu di Lontong Balapan di belakang Stasiun Pasar Turi. Selesai makan, sayaikut rombongan Bandung yang pulang pake kereta di Stasiun Gubeng. Dan perjalanan panjang pertama saya pun harus selesai di Stasiun Gubeng. Kebetulan saya naeik kereta jam 19.00, dan 4 orang temen saya pakai kereta yang jam 15.40. Dan ini juga pertama kalinya saya nunggu sendirian dan lama di stasiun di kota yang jauh dari kota asal saya, pertama kalinya juga pulang sendiri pake kendaraan umum dengan waktu tempuh 1 malem, dan pertama kainya naik kereta Turangga! My favorite train. Keretanya bersihm harum, nuansa hijau, dan yang pasti beda baget sama kereta Kertajaya yg membawa saya dari Stasiun Senen ke Stasiun Pasar Turi hehe. Dan ahirnya saya sampai di Bandung besoknya jam 7.

Lontong Balapan di Stasiun Pasar Turi, farewel luch to Surabaya :)

Thanks for the great moments n experience, temen2 yang hebat, yang seru, yang rame,dan yang pasti di tunggu trip selanjutnya.

Model2 ST di Puncak Ijen
Hampir kumplit di Pantai Bama *kurang Ayah Imam yg lg k WC :D
Foto keluarga *kumplit di Savana Baluran
Foto yg d ambil buat bikin rusuh ABG yg lagi pacaran di pinggir tebing