Dya Iganov

Senin, 25 April 2011

GUNUNGKIDUL TRIP PART 1

Ini trip ke-2 kalinya setelah trip Ijen April kemarin. Hmmm trip ini juga g kalah serunya sama yg pertama, soalnya saya bakalan nyobain suatu hal yang baru lagi, yaitu caving! Bukan sembarang caving, ini caving gua vertikal,jadi kita harus turun pake alat2 khusus untuk caving. Selain itu, trip lainnya susur pantai di Gunungkidul, kayanya asiiik

Jumat, 28 Mei 2010
Jumat malam, jam 7 saya janjian ketemuan sama 1 orang temen saya yang berangkat k Jogja dari Bandung juga. Jam 8 malam, kereta berangkat. Untungnya on time.Di kereta juga aga lumayan penuh, soalnya weekend kali yah plus sebagian juga ada yang libur sekolah, ada juga sih yang duduk di lorong-lorong, tapi kondisinya ga separah waktu trip sebelumnya (fiuuh). Tapi d tengah jalan, di sekitar perbatasan Garut-Rancaekek, kereta tiba2 mundur lagi k stasiun di daerah Rancaekek. Ada yang bilang keretanya rusak, harus nunggu gerbong bantuan dari Bandung,adayang bilang, harusnya kereta ga berangkat dulu dari stasiun sebelumnya, ada juga yang bilang keretanya berangkat dari Bandung kecepetan, dll. Hampir 1 jam kereta berenti ga jelas,dan ahirnya perjalanan dilanjutkan. Haduh, saya sama temen saya udah takut ajah bakalan telat sampe Jogjanya. Soalnya meeting point kita di Stasiun Lempuyangan jam 7 pagi! Total rombongan kita semuanya ada 11 orang.1 orang udah ada di Gunungkidul (rumah Mbahnya disana, sekaligus jadi tempat kita nginep di hari pertama),1 orang pake bis dari Banjar, dan sisanya pake kereta dari Jakarta.

Sabtu, 29 Mei 2010
Jam 6, kita sampai di Stasiun Tugu, sempet bingung juga mau makan dimana,ini pertama kalinya ke Jogja sendirian. Begitu keluar stasiun, bingung deh kita ada dimana n Malioboro dimana, ahirnya kita naik becak ke Malioboro, lumayan bayar 10rb, dan ternyata jarak dari stsiun ke Malioboro itu ga nyampe 15 menit jalan kaki! weekksss Tipu deeeh kita. Ahirnya kita sarapan di Malioboro, di pinggir jalan. Suasana Malioboro di Sabtu pagi jam setengah 7 pagi, jalanan masih sepi, kaki lima juga belum ada yang jualan. Selesai makan, sekitar jam 7 kurang, kita ahirnya mutusin naik becak ke Lempuyangan, kita tawar 15rb. Tapi d tengah jalan kita mendadak berubah pikiran, ternyata jalan ke arah Lempuyangan kalo pake becak lumayan juga,sampe-sampe Bapa tukang becakya turun ngedorong becak kita. Karena ga tega, saya sama temen saya sampai nawarin untuk turun dulu dari becak sampe ujung tanjakan, tapi g dibolehin sama Bapanya. Ahirnya kita sepakat buat bayar 20rb sesuai sama harga awal yang ditawarin Bapa tukang becak tadi. Bapa tukang becaknya juga udah aga tua, jadi ga tega.

Ahirnya jam 8 semua anggota trip udah dateng, kita bersih-bersih, mandi, ganti baju, sekaligus sarapan sambil nunggu mobil jemputan yang udah kita sewa. Sekitar jam 10, setelah semua urusan patungan, mampir sana-sini dulu, ahirnya kita keluar dari Kota Jogja. Menurut informasi sih, perjalanan bakal makan waktu 3 jam. Hmmmm kemungkinan sampe pantainya siang bolong lagi kaya waktu saya di Madura.

Ternyata setelah nyampe daerah Patuk, jalanan mulai naik ke perbukitan didaerah selatan Jogja, jalannya ajib banget, baru pertama kalinya saya kesini, ternyata D.I Jogjakarta itu ga sebates Malioboro,Prambanan,Kraton,Borobudur aja. Selain jalannya yang ajib,supirnya pun ramaaaaah banget plus pa supirnya itu asli Gunungkidul, jadi sambil di jalan, sambil di ceritain segala hal tentang Gunungkidul, beda banget sama Pa supir waktu saya trip ke Kawah Ijen. Yap, setelah trip Ijen seleseai, di stasiun Gubeng, bapa supirnya bilang gini ke salah satu temen saya "Mba, Mas, lain kali kalau mau main jangan jauh-jauh ya, nanti nyasar-nyasar lagi." (haha, belom tau bapa itu, kita maenannya sampe ke pelosok pun bisa)

View from Bukit Patuk

Sekitar jam 12an, perjalanan udah mulai masuk daerah hutan-hutan dan ladang-ladang yang jarang penduduknya.Sekitar jam 1, kita sampai di tempat tujuan pertama kita. Yap, Pantai Siung! Teyata lagi banyak yang touring kesini, tapi begtu kita datang, mereka malah udah mau pergi lagi. Di Pantai Siung kita lumayan lama. Kita makan siang di salah satu warung disana.Sebagian dari temen2 saya pesen makanannya sama ikan laut, kebeneran saya g terlalu suka ikan yang di olahnya hanya d goreng aja, saya pesen mie goreng saja (hikz). Menu temen-temen saya yang pasti ada adalah ikan goreng + sambel. Sambel Gunungkidul,jangan ditanya, ajiiib bangeeet deh puedeesnyaaa, tapi sumpah enak banget! Siang bolong, panas-panas udara pantai, makan sambel zuper puedeees sukses bikin keringetan kaya abis jogging 6 keliling.

Siung from the top di siang bolong

View ke laut lepaas

Kenyang makan dan ber-pedes-pedes-ria. Kita mulai deh susur pantainya. Pantai Siung ini salah satu pantai yang di jadiin tempat favorit untuk panjatt tebing, Banyak banget bebatuan yang bisa dijadiin spot untuk panjat tebing. Sayang, waktu kita kesini, lagi g ada yang panjat tebing. Ahirnya kita ajah deh yang panjat tebing (baca: naik ke tebing buat hunting foto). Selagi kita foto-foto ada kejadian ga diharapkan terjadi. Ombak Pantai Siung cukup gede, ditambah ombak langsung ngebentur batu-batu karang yang besar, jadi cipratan airnya cukup besar dan ninggalin genangan air di bebatuan karang. Ada serombongan anak muda (bukan rombongan kita) yang lagi foto-foto, kebetulan lokasi foto mereka di tempat dengan hantaman ombak cukup besar dan ada genangan yang cukup besar juga, ada 2 orang dari mereka entah kepeleset, entah kena ombak,ahirnya jatuh dengan kepala ngebentur ke bebatuan karang. Uuuggghhh

Other side of Siung

The edge of Siung

Ahirnya setelah puas, sekitar jam 3, kita pergi dari Pantai Siung ke pantai selanjutnya. Di Gunungkidul sendiri, garis pantainya cukup panjang, jadi pantai disini juga cukup banyak, sayangnya ga semua pantai punya akses yang bagus, dari segi jarak, prasarana jalan, sarana jalan kaya papan petunjuk dan lampu jalan, sampe rutenya yang sedikit berputar-putar sedikit menyusahkan buat yang perginya ga terlalu santai.

Whole Siung

Rencananya kita mau ngunjungin 1 pantai yang cukup unik, dimana nelayannya kalau mau nyebrang pake kerekan dari tebing yang 1 ke tebing yang lain.Yap, Pantai Timang. Tapi ternyata menurut informasi warga, jarak ke pantai itu dari jalan utama cukup jauh, ditambah jalannya rusak,dan waktu itu udah jam 4. Ahirnya kita mutusin buat skip pantai tersebut dan ahirnya pilihan jatuh ke Pantai Wediombo.

Siung atow Wediombo yah??

Sampai di Wediombo sekitar jam setengah 5 lebih dan ternyata baru selesai hujan. Ternyata letak tempat parkirnya ada di atas tebing, jadi kalau mau ke pinggir pantai harus turun tebing dulu. Viewnya bagus sih, sayangnya tangga turunnya ga terlalu terawat waktu saya kesana. Banyak batu-batu yang udah berserakan dimana-mana, ada genangan airnya, belum lagi di jalan dekat ke arah pantainya, tanahnya becek, warung-warung juga udah sepi, dan kayanya ga tertata rapih. Kamar mandi pun gelap dan sebagian pintunya di kunci. Suasana Wediombo waktu kita datang udah lumayan sepi. Di pantai hanya da 3 orang anak kecil, dan beberpa nelayan yang lagi mancing aga ketengah. Air pantai lagi surut, jadi kita bisa aga ke tengah. Di Wediombo juga banyak batu-batu besar dan tebing yang kita jadiin spot-spot buat foto-foto. Sekalian kita nunggu sunset di Wediombo yang ternyata ga keliatan gara2 kehalangan bukit-bukit. Hiaah udah d tungguin ternyata gagal. Ya sudahlah ahirnya kita pulang pas menjelang magrib. Ahirnya kita mutusin buat langsung ke rumah Mbahnya Mba Fitri. Dan baru jalan beberapa menit, ujan donk. Untungnya begitu sampe rumah Mbahnya Mba Fitri, ujannya berenti.

Gagal sunset di Wediombo

With Kk Sepupu, nunggu sunset di Wediombo

Setelah rundingan,ahirnya kita makan dulu di pinggir Pantai (Aduh, lupa nama pantainya) di rumah makan tempat sodaranya Mba Fitri kerja. Ahirnya kita makan malem dengan 2 ekor ikan dengan berat 4 Kg untuk 13 orang dan pastinyaaa sambal Gunungkidul yang zupeer puedeeeesss.Manyus deh makan malam kita. Oya, karena ada yg g suka ikan, jadi sebagian ada yang pesen Mie Goreng, dobel pula.Tapi ternyata ikan seberat 2 Kg + Sambel khas Gunungkidul bisa nglahin rasa ga suka temen2 kita yg ga suka ikan, termasuk saya hoho. Enaaaak bangeeet, malahan yang tadi pesen mie gara2 ga suka ikan, sampe banyak banget deh tu ngabisin ikannya hoho. Terimakasih buat makan malem mewahnya tapi murah meriah

Makan malem mewah :)

Sudah kenyaaaang
Abis makan, biasaa... jalan2 bentar ke arah Mercusuar,tapi belom juga sampe ujung bates daratan, eh, gerimis. Ahirnya kita bayar makan n pulang k rumah Mbahnya Mba Fitri. Begitu masuk mobil, langsung deh ujan gede, tapi cuman setengah jalan aja. Sampe rumah, ga ujan, ahirnya kita giliran mandi. Jam 11an kita udah bersih semua, waktunya istirahat, waduh, nyamuk dsini bener-bener ga nahan deh, ganaaaas n guede-guede. Kita tidur nyenyak banget,soalnya ujan guedeee banget pas malem-malemnya plus ternyata mati lampu pula sampe subuh.