Dya Iganov

Senin, 25 April 2011

LIBURAN SURABAYA

Awalnya bisa keliling2 di Jawa Timur tu cuman gara2 iseng2 chating ama 2 ade sepupu saya, Nunuy & Ayu yg iseng2 pengen nobrolin liburan smesteran bareng2, jarang2 kita ngumpul selaen Lebaran. Mulai dari ke Krakatau, Anyer, muter2 Bandung, sampe Ujungkulon! Sampe ahirnya ada alternatif laen dari Bi Opi, gimana kalo kita semua liburan ke Surabaya, nginep di rumah Om Ahmad, yang kebeneran lagi dines di Surabaya. Dari sana kita nanti d ajak k Bromo, Malang, Batu, Madura! wow, artinya bakal ngelewatin jembatan Suramadu yang lagi heboh2nya d omongin soalnya baru selesei di bangun.

Senin, 6 Juli 2009

Saya berangkat dari Bandung buat nginep semalem di rumah Nunuy sebelom besoknya ketemuan di Gambir sama Ayu n Reza.Yap, kita bakalan ke Surabaya pake kereta. Wow banget! pengalaman pertama n pergi jauh tanpa mamah-papah n bareng sepupu pula! So exited. Well, ga banyak yg dikerjain di hari senin ini, aplagi h-2 pemilu presiden, males dah pergi2an di Jakarta. Hmmmm malemnya saya d ajak makan2 ama Kk sepupu saya, Mas Dimas. Walhasil kita ber-4 (Mas Dimas,, Nunuy, Adly, saya) ngpi2 di cofee toffe. Mmmmm langsung jatuh cinta deh ama minuman di tempat ini, variasi kopi harga miring. Sekitar jam 10, kita sampe rumah Nunuy lagi, tidur, simpen tenaga buat perjalanan panjang besok.

Selasa, 7 Juli 2009

Jam set 6 kita pergi dari rumah ke stasiun Gambir d anter Om Yudi. Adly ga ikut, katanya sih g mau, sama kaya Nabila, masih belom tau enaknya jalan2 hehe. Kita naek kereta jam 9, janjian ama Ayu & Reza di Dunkin Donouts seklaian sarapan n kayanya tempat paling aman buat kita yang baru pertama pergi2an sendiri kaya gini. Jam 7, Ayu & Reza dateng, kita sarapan + ngobrol2 sambil beli2 makanan buat di cemil di kereta nanti. Hmmm beruntungnya kita d beliin tiket kereta Argo Anggrek, full fasilitas, bakalan nyaman deh.

KERETA ARGO ANGGREK JAKARTA-SURABAYA

Singkat cerita, jam set 9 kita udah stand by di atas, begitu kereta dateng, kita langsung masuk, dan untungnya lagi kita dapet kursi di paling belakang, jadi aga sedikit leluasa klo ngobrol. Hmm dari Gambir, kereta sempet berenti sebentar di beberapa stasiun sampe ahirnya bener2 keluar dari Jakarta. Cuaca cukup panas waktu itu, saya yg duduk di samping jendela lumayan takut item juga nih hehe. Begitu keluar dari daerah Subang mu ke arah Cirebon, viewnya udah mulai banyak sawah, hijau semua plus tambahan view gunung di keajuhan, bener2 bikin lupa sama panasnya matahari di pantura jam 12 siang! Selama di kereta cuman saya ama Reza yang ga tidur, saya pake kesempatan ini buat puas2in manjain mata ngeliat view pemandangan yang beda dari yang biasa saya liat kalo pake mobil. Kita sampe di stasiun Semarang sekitar jam 5. Kereta berenti aga lama di Semarang. Enaknya pake kereta Argo itu, ga banyak berenti n jadi prioritas. Tapi begitu lepas magrib, tiba2 Nunuy ama Ayu muntah2, mabok perjalanan. Emang sih mereka jarang jalan jauh2, apalagi pake kendaraan umum. Jauhpun biasanya pake pesawat atow mobil pribadi, beda banget sama saya yang tahan banting hehe. Skitar lepas Magrib, kita keluar dari Solo, sayang di luar udah gelap, jadi g bisa liat apa2. Kita sampe di Stasiun Pasar Turi, Surabaya sekitar jam 10 malem. Om Ahmad udah stand by, jadi kita g usah repot2 nyari. Yeaaayyy ahirnya saya nginjekin kaki di Surabaya juga!

Dari stasiun kita d ajak makan Rawon. Kaki lima sih, tapi ruamenyaaaa!! Emang enak lagi ni rawonnya (biar cuman makan nasi ama kuahnya doank) tapi puedesnya poll, ditambah Surabaya yg panas! Hmmm tempat makannya ini lumayan strategis, di deket taman yg emang rame sama anak2 muda plus emang disitu tempat angkringan2 kuliner. Kenyang makan, kita menuju rumah. Sebelum ke rumah, di ajak muter2 dulu, liat Surabaya di malam hari. Nah, saya baru tau klo dari tadi kita jalan dari stasiun sampe tempat makan n ahirnya muter2, jalannya gede2 semua, plus tertib lagi, wuiih kalah deh Bandung! Ahirnya jam 11 tng kita sampe di rumah, di daerah Margorejo. Sesudah d kasih tau kamar masing2 n besok katanya kita bakalan ke Bromo, ga basa-basi deh, mandi trus tidur. Ahm nyaman banget rasanya

Rabu, 8 Juli 2009

Hal yang pertama dipikirin begitu bangun tidur adalah, BROMO! Yap, hari ini kita bakal jalan2 ke Bromo. (sssttt padahal ini hari pemilu loh) hihihi Jam 9 Pa Nanang dateng ke rumah, n kita langsung siap2. Perjalanan ke Probolinggo kira2 3 jam, jadi kemungkinan kita sampe sana jam 12an. Penasaran banget ama Bromo. Sepanjang jalan alhamdulillah lancar, hanya macet di pertigaan kelar tol (Lumpur Lapindo), saya baru tau tu lumpur Lapindo, Tapi kalo mau liat lumprnya langsung, kita harus bayar 10rb buat masuk, parkir, n sewa ojek. Waduh, ga jadi deh, mending lanjut k Bormo ajah. Ahirnya sekitar jam set 12 kita mulai masuk jalan kecil ke arah Bromo. Hampir aja mobil kita d tabrak sama mobil laen di tikungan. Konyolnya, kita udah berenti buat ngasih jalan, tapi g tau kenapa tu mobil dari arah sebrang ko kaya ga bisa ngendaliin stir, hampir nabrak mobil kita. Mobil kita sampe mundur n ampir masuk jurang juga. Fiuuuh ngeri banget!

BROMO TENGAH HARI

Jam 12 pas kita sampe di Bromo. Karna bukan musim liburan, jadi sepi. Nah, disini belom ada yang pernah k Bromo, jadi kita kaya orang linglung mau kemana. Mau nyewa naek kuda, 1 kudanya 100rb PP ke tangga Bromo sampe tempat parkir mobil. Kalo nyewa jeep jatohnya lebih mahal lagi kayanya. Haduuuh binging, ya, ahirnya kita jalan kaki donk ke arah padang pasir Bromo dari tempat parkir mobil!!! Enak sih jalannya turun n banyak pohon, tapi g kebayang nanti naeknya gimana, plus kita pake baju yang bukan buat trekking. Nyampe padang pasir Bromo sekitar jam 1 siang. Waduh, kalo orang2 mah k Bromo itu subuh2 buat liat sunset, lah, kita siang bolong plus jalan kaki pula! Hahaha. Ahirnya kita cuman foto2 disekitar situ ajah, soalnya g tau mu kemana, semuanya serba jauh! Sekeliling kita cuman padang pasir yang dipagerin sama tebing2 gunung yang ga ada putusnya.

PADANG PASIR BROMO SIANG BOLONG

Puas fotot2, saatnya kita pulang yang artinya nanjaaak!! Buat saya, Reza, n Om Ahmad yang udah biasa olahraga n trekking sih masih bisa atur nafas n jaga stamina, tapi Nunuy ngga. D tengah jalan, dia sesek nafas, waduh gimana ini, mana dari tadi g ada yg lewat sama sekali, apa karna udah sore kali yah?? udah ampir jam set 3 juga sih. Ahirnya dengan susah payah kita nyampe, istrahat sebentar, langsung capcus pulang. Hmmm.... ada yg aneh sama Bromo! Ko view yang saya liat langsung ko beda yah ama hasil jepretan temen2 saya yang udah pernah k Bromo??? apa saya salah jalan?? Mana g naympe kawahnya juga! Huah, berarti PR buat balik lagi ke Bromo!

TREKKING DARI PADANG PASIR BROMO

Di perjalanan pulang kita sempet foto2 di kebun warga, viewnya bener2 kereeeeen!! Juaraaaa!! Foto di pinggir jalan n beli Edelweis. Ga kerasa kita udah mau masuk jalan kota Probolinggo n udah jam 3! Kita belom makan, ahirnya kita mutusin buat makan di Probolinggo. Kenyang makan, kita pulang ke Surabaya. Tapi kena macet lagi di Porong. Walhasih lagi2 nyampe rumah jam 10 malem. Tapi hari ini bener2 puas, ahirnya saya bisa 'ngintip' Bromo juga.

NUMPANG FOTO DI KEBON WARGA

Kamis, 9 Juli 2009

Hari ini g ada rencana apa2, soalnya Om Ahmad harus ngantor n Pa Nanang juga sibuk. Jadi yaa diem d rumah. Tapi d pikir2, jauh2 k Surabaya cuman diem d rumah ajah seharian,haduuh sayang yah..... hmmm saya kan punya temen di Surabaya, namanya Ardya. Temen yg ga sengaja kenalan d FS, sampe ahirnya tuker2an no HP, curhat2an, tapi belom pernah ketemu. Kita kenalan sekitar taun 2007. Y udah ahirnya setelah sms2an, kita janjian di Tunjungan Plasa jam 3 soe. Yap, jam 1 kita d jemput Pa Nanag, soalnya emang kosongnya jam segitu. Saya pergi sama Nunuy, soalnya Reza udah ada janji juga, n Ayu lebih milih diem d rumah. Jam 1 kita d drop ke tempat es krim yg udah kita kecengin dari pas pertama dateng k Surabaya. Ahirnya biar ga ribet, kita janjian disana sama Ardya yg katanya mau dateng ama adenya,Yudha. Ahirnya kita makan es krim n jam 3an kita capcus k TP. Tapi berhubung Ardya pake motor, saya ama Nunuy bingung pake apa,soalnya deket banget tapi jalannya 1 arah,klo mau hemat uang, bisa sih jalan kaki, tapi panas bo! Kalo pake angkot harus 2 kali n nunggunya bukan d depan tempat es krim, ahirnya mutusin naek taxi. Huaaa pertama kali naek taxi di Surabaya b'2 aja ama Nunuy! hoho. Ahirnya kita muter2 di TP sampe kira2 jam set 6, kita pamitan. Pulangnya kita d jemput Om Ahmad di TP, soalnya kantornya Om Ahmad deket TP n klo mu pulang pasti ngelewatin TP. Ok, hari Kamis dilewatin dengan ketemu temen jauh, senangnya.

INI YG NAMANYA ARDYA

Jumat, 10 Juli 2009

MALANG!!! yupz, kita mau capcus k Malang. Tapi Om Ahmad g ikut, Mba Mae yg ikut. Jam 9an kita pergi dari rumah. Pertama kalinya k Malang nih. Dan lagi2 kena macet di Porong zzzzzzz. Ahirnya sekitar jam 11 kurang kita udah masuk Malang, tujuan awal kita ke agrowisata Apel gitu. Tapi berhubung saya ama Nunuy g terlalu minat, jadi ya disana cuman diem d mobil ajah sambil beli Baso Malang nungguin Ayu ama Reza. Udah puas disana, kita lanjut pengen tau Jatim Park, waktu itu emang lagi booming sih, tapi begitu nyampe pintu gerbangnya, d itung2 lumayan mahal juga buat ukuran pergi maen sendiri. Ahirnya kita lanjut ke Coban Rondo d Batu. Wuiih jalan k Batu mantep banget deh. Sepanjang jalan d suguhin pemandangan gunung, ijoooo semua, jalannya juga meskipun kecil, tapi bagus, jadi kaya berasa di Puncak, Jabar.

BBBRRR...AERNYA DINGIIIIN BANGEEET

Ahirnya sampe juga d Coban ROndo. Hmmmm prasarana ama sarananya udah lumayan bagus, banyak monyetnyaaa haha, aernya dingiiiiiiin banget banget banget, tapi berhubung lagi libur sekolah juga, tempatnya lumayan rame, jadi kita g lama2 amat disana. Puas dari Coban Rondo,kita cari makan di daerah Batu. Ahirnya setelah sedikit muter2, kita berenti d Rumah Makan Betania, Batu. Dekornya unik, d bagian depannya d desain kaya gua jaman purba,semua serba kayu n gelaaaap, lampu yg ada cuman lampu2 kecil yg biasa d pake buat tidur, tapi banyak bangeeet. Tapi klo d aera dalemnya sih, standar desain restoran umumnya, tapi tetep negasin kesan kayu, pokonya keren deh. Makanannya juga lumayan enak, betah deh disana. Kenyang makan n puas foto2, kita lanjut cari oleh2 di Batu n pulang. Pas pulang, kena macet lagi deh d Porong. Lepas Porong, kita beli sea food buat makan malem, plus oleh2 makanan buat yg d Bandung n Jkt kita mampir dulu deh k Sidoarjo. Tetep ajah nyampe rumah jam 9 malem lagi. Nyampe rumah langsung mandi n tidur. repare for little long journey tomorrow to Madura.

INI DIA RESORANNYA

Sabtu, 11 Juli 2009

Hari ini kita mau k Madura. Sore sih. Jadi ya dari pagi ampe sore kita males2an d rumah deh. Puas2in nikmatin suasana rumah di Surabaya. Hehe. Ok, sekitar jam 5 Om Ahmad dateng, siap2 n abis magrib langsung capcus ke Madura. Wooow perdana lewat Suramadu! Nyampe Suramadu itu sekitar jam 7 malem. Berhubung baru d bangun, tu jembatan belom ada lampunya n masih sepi klo lewat sana malem2, tapi tetep kereeen. Keiatan banget deh perbedaan P.Jawa ama Madura. D ujung P.Jwa, lampu2 kelap-kelip megah, tapi d ujung P.Madura, masih dominan gelap di kawasan pesisirnya. Ahirnya menginjakkan kaki juga di Madura. Wah, sepanjang perjalan ke Pamekasan, jalannya kecil, sepi, n gelap. Dan kayanya di sisi kiri jalan banyak ketemu jalan yg langsung ketemu pesisir pantai. Sayang malem2, klo masih terang, kayanya bagus deh tu pemandangannya :(. Perjalanan ke Pamekasan makan waktu 3 jam. Sepanjang jalan, ngoceeeeh terus sampe ahirnya kita nyampe deh d rumah ortunya Om Ahmad.

Ternyata disana kita udah d tnggu n udah ada banyak orang, soalnya emang minggunya ada acara tahlilan. Hmmm rumahnya pas banget dpinggir jalan n d pinggir jembatan, jadi klo ada truk lewat, kerasa deh ngegeternya hehe. Malem minggu di Madura sepiiiii. D depan rumah pun jam 11an udah sepi ajah. Kita tidur sekitar jam 12, soalnya udah sepiiii banget banget, jadi ya, tidur aja deh.

Minggu, 12 Juli 2009

Pagi2 jam 7 kita udah bangun n mandi, plus sarapan nasi pincuk + bubur lemu. Wuaaaahh enak banet deh ini makanan, sampe2 nambah 2x semuanya hehe. Hari ini kita mau maen2 k rumah sodaranya Ayu di Dusun Larangan trus mau maen k Pantai. Hmmmmm asik jg nih. Jam 8 kita pergi dari rumah k Dusun Larangan. Viewnya lumayan bagus juga, cuman gersaaaang. Yaaa, namanya juga Madura klo kata Ayu mah hehhe. Tapi g tau kenapa, Madura ga kerasa panas waktu itu. Apa emang lagi dingin atow cuaca d Bandung yg lagi panas jadi sama kaya d Madura???

BAJU KITA BIASA AJA DEH PERASAAN

Nyampe deh d rumah sodaranya Ayu, tapi ko ini orng2 pada ngeliatin semua. OMG, perasaan baju kita biasa ajah deh n Om Ahmad kan asli sana, duh duh duh. Sambil ngobrol2 kita d suguhin teh ama cemilan asli sana. Kuenya enak2 loh,tapi tehnya aga unik. Tehnya ada rasa kelapanya haha. Enak sih kalo kata saya mah n baru pertama nyoba. PUas ngobrol2, kita lanjut jalan k rumah Mbah siapaaa gitu, duh miris liatnya,udah tua, tinggal d rumah cuman b'2, kondisi rumah pun g terlalu baik (yah, masalah klasik d pedesaan, ironis, miris).

Jam 9 kita bener2 capcus dari Dusun Larangan menuju SUmenep. Yap, kita mau k Pantai Lombang, Sumenep yg katanya pohon2 pinggir pantainya bukan bakau, tapi pohon cemara, cemara udang! Perjalanan makan waktu sekitar 3 jam. Wuaah baru pertama kali liat Madura, tiap pasar pasti lagi ada transaksi jual-beli sapi! Sapinya lucu2 n gede2! Ahrnya kita k daerah yg bener2 pinggiran, jarang rumah, n pemandangannya udah laut n pulau2 kecilnya,keren banget! Plus tambak2 garam yg luas g kehalangan apa2, viewnya bener2 bikin betah deh, sayang siang2, jadi panaaaas.

PANTAI LOMBANG

POHON CEMARA UDANG

Sekitar jam 12 kita sampe Sumenep, isi perut dulu, makan kikil yg terkenal se-Madura. Berhubung saya g suka Kikil, jadi ya bengong aja deh. Jam 12 capcus ke Pantai, dari Sumenep ke Lombang perlu waktu sekitar 1-2 jam lagi. Jalannya kecil tapi bagus. Plus aga nyasar2 dikit sih, Om Ahmad lupa jalannya. Biar jauh, tapi bener2 deh nikmatin perjalannya, viewnya juara! Jam set 2 lebih kita sampe d pantainya. Adem,banyak pohon, n bener, cemara udang. Kita d pantai g lama2 cuman foto2 ajah, panas bo! Tengah hari bolong maen d pantai!. Puas foto2, minum es kelapa dulu dooonk biar tambah seger.Ahirnya jam 3 kita capcus lagi ke Pamekasan. Ternyata dari pintu Pantai Lombang ke jalan utama ada jalur yg lebih singkat dari yg kita lewatin tadi. Jadi intinya tadi pas pergi, kita salah jalur! Wakakaka. Sampe daerah Bluto, kita berenti bentar buat foto2. Viewnya keren banget dah, jalannya aga nurun kaya dari bukit gitu, veiw k depan itu langsung laut plus pulau2 kecil! Kereeeeennn!!!

BLUTO,SUMENEP, MADURA

Jam 5 nyampe rumah d Pamekasan, karna kecapean, kita ber-4 ketiduran jadi g ikut Tahlilan. Jam 7 kita pamit pulang k Surabaya. Huaaah gonna miss Madura for a long time! Lagi2 kita lewatin Suramadu malem2, g liat apa2 deh. Nyampe rumah sekitar jam 11 malem, ga basa-basi langsung mandi n tiduuuurrrrr!

Senin, 13 Juli 2009

Last day di Surabaya.Yap, hari ini kita pulang k Jkt. Berhubung pas naek kereta Ayu ama Nunuy mabok, jadi kita pulangnya pake pesawat. Wow, pertama kai naek pesawat, kaya apa yah rasanya?? *katro banget sih gw hahaha. Pesawatnya jam 7 malem. Sekitar jam 10, Saya, Nunuy, n Ayu mampir k Museum Kapal Selam. Nah, hari ini baru bener2 aga kerasa panasnya Surabaya. Puas foto2 dan segala macem, kita balik lagi k rumah. Nyampe rumah sekitar jam 2an. Kita istirahat n packing. Jam 4 udah d jemput Pa Nanang lagi buat d anter k Bandara. Ternyata dri rumah k Bandara g terlalu jauh juga sih, soalnya langsung bablas tol. Om Ahmad g bisa nganter soalnya masih kerja. Bener2 deh kita ber-4 kaya anak ilang d Bandara. Ahirnya kita baru bener2 masuk pesawat jam set 7. Jam 7 take off. Bye Surabaya... Hope I'll see you again with another amazing trip and story